Bacaterus / Lagu Romantis / 10 Lagu Paling Romantis Sepanjang Masa yang Asik Didengar

10 Lagu Paling Romantis Sepanjang Masa yang Asik Didengar

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Cinta adalah bahasa universal yang bisa diekspresikan dalam banyak cara. Tapi, yang paling umum dan bisa menyatukan semua orang? Tentu saja musik! Lagu-lagu romantis memang paling pas didengarkan saat kita sedang jatuh cinta. Tapi, walaupun tidak sedang deep in love, terkadang mendengarkan lagu romantis bisa membuat hati merasa senang. Mungkin karena teringat kisah cinta yang dulu.

Lagu-lagu romantis di bawah ini cocok dimasukkan ke playlist kamu untuk memberikan ‘ledakan emosional’ pada saat kamu belajar, bekerja, atau di perjalanan. Ini dia 10 lagu paling romantis sepanjang masa dalam Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Bahasa Jepang, dan Bahasa Korea rekomendasi Bacaterus.

1. Elvis Presley – Can’t Help Falling In Love

King of rock n’ roll, Elvis Presley, meninggalkan banyak sekali lagu romantis untuk kita nikmati. Bahkan generasi selanjutnya pun pasti masih mendengarkan lagu-lagunya. Salah satu lagu Elvis yang paling romantis, sekaligus menjadi lagu paling romantis di dunia, adalah “Can’t Help Falling In Love”. Lagu ini juga merupakan salah satu lagu pernikahan paling populer.

Well, “Can’t Help Falling In Love” akan selamanya dianggap sebagai salah satu lagu romantis terbesar dalam sejarah. Lirik seperti “Wise men say only fools rush in, but I can’t help falling in love with you. Take my hand, take my whole life too. For I can’t help falling in love with you” membuat siapa saja yang dinyanyikan pasti kelepek-kelepek.

2. Celine Dion – My Heart Will Go On [OST. Titanic]

Sepertinya semua orang tahu dengan film yang satu ini, lah, yaa.. “Titanic” adalah film yang masih sering ditayangkan di televisi bahkan hingga saat ini masih diperbincangkan banyak orang. Cerita cinta yang tragis antara Rose DeWitt Bukater dan Jake Dawson memang nempel banget di benak semua orang yang pernah menonton film ini. Kalau sudah nonton, kamu pasti tahu theme song film ini, “My Heart Will Go On”.

Lagu ini dinyanyikan oleh penyanyi asal Kanada, Celine Dion, lalu disusun oleh James Horner, dan liriknya ditulis oleh Will Jennings. Lagu ini juga merupakan single dari album studio berbahasa Inggris kelima Dion, “Let’s Talk About Love” yang dirilis tahun 1997.

Karena dijadikan soundtrack film blockbuster, ini menjadi hit balada cinta internasional. Pada saat peluncurannya, “My Heart Will Go On” mendapatkan peringkat #1 tangga lagu ternama di 20 negara, termasuk Australia, Denmark, Finlandia, Prancis, Jerman, Swiss, Inggris, dan Amerika Serikat.

3. Lionel Richie ft. Diana Ross – Endless Love

Lagu paling romantis sepanjang sejarah selanjutnya adalah “Endless Love” yang dipopulerkan oleh Lionel Richie ft. Diana Ross. Keduanya adalah penyanyi tersohor dalam genre R&B. Lirik lagu ini sangat menyentuh, seperti “I’ve found, I’ve found in you, my endless love..” Dalam balada yang ditulis oleh Lionel ini menyiratkan yang dinamakan ‘rasa cinta tanpa akhir’ sepasang kekasih.

Lagu ini pernah di-cover juga oleh penyanyi R&B Luther Vandross dan Mariah Carey, penyanyi genre country Shania Twain, serta Kenny Rogers (teman sekaligus rekan kerja Richie) juga merekam lagu ini. Menurut Billboard, lagu ini (yang versi original-nya) sebagai duet lagu terhebat sepanjang masa

4. Shania Twain – You’re Still The One

“You’re Still The One” yang dinyanyikan oleh Shania Twain juga sangat romantis. Penyanyi asal Kanada ini merilis lagunya pada Januari 1998 dalam single country ketiga dari album Shania Twain “Come on Over”. Selain menduduki peringkat teratas di tangga lagu dunia, lagu ini juga diakui sebagai single Shania Twain yang paling sukses. Lagu ini juga pernah di-cover oleh Harry Styles dan Kacey Musgraves, loh!

5. Righteous Brothers – Unchained Melody

“Unchained Melody” adalah lagu yang dirilis pada tahun 1955, sudah cukup lama, ya? Dibawakan oleh Righteous Brothers, lagu ini dikomposisi oleh Alex North dan ditulis oleh Hy Zaret. Lagu ini sebenarnya merupakan theme song film penjara yang tidak banyak diketahui orang berjudul “Unchained” (1955) dan pertama kali dinyanyikan oleh Todd Duncan.

Menurut administrator penerbitan lagu, ada lebih dari 1.500 rekaman lagu “Unchained Melody” telah dibuat oleh lebih dari 670 artis dalam berbagai bahasa. Karena telah menjadi ‘standar’ dan salah satu lagu yang paling banyak direkam pada abad ke-20, Righteous Brothers juga turut merilis lagu ini dalam versi mereka.

Dari ratusan rekaman yang dibuat, versi Righteous Brothers yang rilis pada Juli 1965, dengan lagu solo oleh Bobby Hatfield, menjadi ‘standar jukebox’. Rekaman hasil The Righteous Brothers ini mencapai putaran kedua popularitas besar ketika lagunya digunakan dalam film “Ghost” pada tahun 1990.

6. Kla Project – Belahan Jiwa

* sumber: www.kompasiana.com

Siapa di sini penikmat lagu pop lokal sebelum tahun 2000? Kalau begitu, kamu pasti tahu KLa Project! Dari album mereka yang dirilis tahun 1997, yaitu “KLAkustik 2”, ada satu lagu yang romantiiiissss banget. Judulnya adalah “Belahan Jiwa”.

Sekarang pun, lagu ini masih enak banget didengarkan, apalagi saat kamu sedang suntuk, lagi ada di tengah kemacetan, atau sedang bersantai di rumah. Band yang terdiri dari Katon Bagaskara, Adi Adrian, Ari Burhani, dan Romulo Radjadin (Lilo) ini memang something else.

7. Slank – Ku Tak Bisa

Jika menyebutkan band yang sangat berpengaruh di Indonesia, kita tidak bisa mendiskreditkan Slank. Band yang beranggotakan Bimbim, Kaka, Ridho, Ivanka, dan Abdee ini memang iconic banget. Selain lagu-lagu yang ‘berat’, Slank juga punya beberapa balada cinta, seperti “Ku Tak Bisa”.

Siapa bilang band hard rock dan blues tidak bisa melow? Lagu ini menceritakan salah satu dari pasangan yang ingin putus, tapi ia tidak bisa hidup tanpa si pasangannya itu. “Tapi ku tak bisa jauh.. Jauh darimu”, begitu lah penggalan liriknya. Kamu pasti bacanya sambil nyanyi, kan?

8. BTS – Propose

Selanjutnya, ada lagu yang romantis dari boy group asal Korea Selatan, BTS. Hampir semua album BTS ada intro dan outro, jadi kaya lagu pengawal dan lagu pengakhir untuk album tersebut gitu~ Baik intro dan outro berdurasi pendek (1-2 menitan saja). Album ke-2 extended BTS yang bertajuk “Skool Luv Affair Special Addition” menghadirkan judul intro yg sama seperti albumnya.

Sedangkan outro-nya berjudul “Propose”. Lagu ini ditulis oleh produser BigHit, yaitu Slow Rabbit dan Pdogg, tapi member BTS yaitu Jin juga ikut menulisnya, loh! Track ini menunjukkan cinta yang polos dan juga naif khas cinta anak sekolah.

Lagu ini sangat bold. Laki-laki yang menjanjikan untuk memberikan semua yang mereka miliki kepada orang tersayangnya. Lagu ini sangat romantis terlepas ini menceritakan cinta monyet ataupun bukan.

9. Utada Hikaru – First Love

“First Love” yang dirilis pada tahun 1999 ini dinyanyikan oleh Utada Hikaru yang merupakan kelahiran Jepang-Amerika. Lagu ini disertifikasi platinum ganda karena berhasil menembus angka 800.000 eksemplar. Lagu ini memang romantis, tapi lebih kepada lagu patah hati. Lagu ini juga digunakan sebagai OST drama Jepang “Majo no Jōken” dan ditampilkan dalam game ritme PlayStation 2 “Unison”.

10. Ed Sheeran – Perfect

Terakhir, ada lagu Ed Sheeran yang berjudul “Perfect”. Walaupun belum terlalu lama dirilis, lagu ini pasti bakal menjadi lagu romantis yang abadi sepanjang masa, sih. Kamu pasti sering mendengar orang yang bernyanyi untuk pacarnya, melamar kekasihnya, atau lagu di pesta pernikahan membawakan lagu ini. Lagu “Perfect” ini menceritakan tentang cinta antar sahabat waktu kecil yang berubah menjadi soulmate saat mereka dewasa.

Dari lagu ini juga, semua pendengar dapat memetik kalau Ed Sheeran jatuh cinta dengan Cherry Seaborn (bintang di music videonya) dan memang telah begitu selama sebagian besar hidupnya. Fakta bahwa Ed menyanyikan lagu ini dan menjadikan kekasihnya sebagai bintang di mv “Perfect” membuat lagu ini semakin terasa romantis karena berdasarkan kisah nyata.

Banyak banget lagu romantis yang cocok didengarkan saat suasana hatimu sedang jatuh cinta. Bukan hanya lagu barat, ada juga lagu Korea hingga lagu Indonesia romantis dengan lirik yang menyentuh hati. Nah, mana lagu romantis favoritmu? Tuliskan di kolom komentar, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *