bacaterus web banner retina

10 Lagu Ini Menceritakan tentang Sedihnya Cinta Beda Agama

Ditulis oleh Resti Zamiatunisa - Diperbaharui 10 November 2020

Perbedaan keyakinan memang menjadi tembok paling sulit untuk ditembus terutama di Indonesia. Banyak sekali pasangan yang akhirnya kandas hanya karena perbedaan keyakinan. Akan tetapi,  Tidak sedikit pula yang akhirnya berhasil sampai ke pelaminan. Semua bergantung kepada keyakinan masing-masing.

Lagu Cinta Beda Agama

* sumber: www.alphamen.asia

Untuk kamu para pejuang cinta beda agama, berikut ini 10 Lagu bertemakan cinta beda agama yang bisa menjadi teman disaat galau melanda.

1. Marcell – Peri Cintaku


Lagu yang dipopulerkan oleh Marcell ini dirilis pada tahun 2011 dengan judul ‘Peri Cintaku’. Masuk kedalam Album Marcell And The Story Continues, Lagu ini menjadi sangat populer pada masanya. Lirik yang menggambarkan kekuatan cinta sepasang kekasih, namun tak mungkin berlanjut membuat siapapun yang mendengarnya terenyuh.

Aku untuk kamu, kamu untuk aku. Namun, semua apa mungkin iman kita yang berbeda. Tuhan memang satu, kita yang tak sama. Haruskah aku lantas pergi, meski cinta takkan bisa pergi... Begitulah penggalan lirik dari lagu ‘Peri Cintaku’ yang dapat membuat kedua mata kamu berkaca-kaca.

2. Virzha - Kita Yang Beda


Tuhan kita cuma satu, kita yang berbeda hingga tak mungkin menyatu, cinta yang terluka. Kuterima semua ini sebagai rahasia biar kusimpan selamanya, Kau di hatiku... Penggalan lagu dari Virzha ini mewakili para pejuang cinta beda agama. Memiliki lirik yang begitu kuat, membuat siapapun yang mendengarkan akan ikut bersedih.

Lagu ini menceritakan bagaimana akhirnya rasa cinta harus kalah oleh tembok besar bernama agama. Lagu yang diliris tahun 2015 ini masuk kedalam album ‘Satu’ milik Virzha. Lagu yang diciptakan oleh Naga vokalis Ada Band ini memang sangat cocok saat dinyanyikan oleh Virzha dengan suara serak yang khas, sehingga membuat lagu ini semakin terasa perih.

3. Vierratale – Faith


Cinta kita mengapa beda agama... begitulah bait pertama dari lagu ‘Faith’ milik Band Vierratale. Band yang semula bernama Vierra ini akhirnya merilis singel terbarunya pada tahun 2015. Mengusung konsep cinta beda agama, lagu ini bernuansa pop-rock Jepang. Lagu yang konon terinspirasi dari personel Vierratale sendiri.

4. The Finest Tree - Melebur Beda


Kaka-beradik Cakka dan Elang Nuraga ini tergabung sebagai The Finest Tree, duo band yang diproduseri oleh Eross Candra dibentuk pada tahun 2012. Di tahun yang sama, TFT juga mengisi OST untuk film karya Hanung Bramantyo berjudul ‘Cinta Tapi Beda’. Seperti judul filmnya, lagu ini juga menceritakan tentang hubungan sepasang kekasih yang terhalang perbedaan keyakinan.

Percaya dengan yang kau rasakan, merasakan itu cinta. Percaya kebaikan Tuhan. Percayakan doa pada Tuhanmu, Akupun mencoba dengan caraku.... Seperti itulah penggalan lirik lagu Melebur Beda yang dinyanyikan oleh jebolan ajang pencarian bakat Idola Cilik 2, Cakka Nuraga.

5. Sasha Sloan – Hurt


Lagu selanjutnya dinyanyikan oleh penyanyi asal Amerika, Sasha Sloan. Dirilis pada tahun 2018, lagu ini masuk kedalam Album Sad Girl milik Sasha. Berjudul Hurt, lagu ini juga dapat mewakili perasaan kamu para pejuang cinta beda agama. Meskipun, lagu ini tidak secara gamblang bercerita tentang  cinta beda agama.

I freak out every time we get closer, 'Cause I'm scared that it's just gonna hurt... Sama seperti penggalan lirik dari lagu tersebut, cinta dengan perbedaan keyakinan memang tidak mudah. Kamu selalu ketakutan ketika cintamu semakin kuat, karena kamu tahu itu hanya akan memberikan kesakitan pada akhirnya, tapi kamu tidak mau melepaskannya.

Baca juga: Baper Abis, 10 Lagu Tentang Relakan Cinta untuk Orang Lain

6. Seventeen - Jalan Terbaik


Lagu selanjutnya yang juga bertemakan tentang cinta beda agama adalah ‘Jalan Terbaik’ karya Band Seventeen. Masuk kedalam album ‘Hebat’ yang dirilis tahun 2008, lagu ini juga menjadi hits pada zamannya. Di lihat diakhir music videonya, sebuah perpisahan terkadang memang menjadi jalan yang terbaik bagi pasangan yang berbeda keyakinan.

Hanya luka jika kita bersama, karena jalan ini memang berbeda... seperti penggalan dalam lirik lagu ‘Jalan terbaik’, cinta beda agama juga terkadang hanya menyisakan rasa sakit di akhir, karena harus menerima kenyataan bahwa memang tidak bisa untuk bersama.

7. Tere - Mengapa Ini yang Terjadi


Memiliki nama asli Theresia Ebenna Ezeria Pardede atau lebih dikenal dengan nama Tere. Penyanyi yang sempat booming diawal tahun 2000-an ini juga memiliki sebuah lagu yang bercerita mengenai sebuah perbedaan yang menjadi jurang dalam sebuah hubungan dua insan manusia. Lagu tersebut berjudul ‘Mengapa ini yang terjadi’.

Dinyanyikan duet bersama Valent, lagu ini juga cocok didengarkan untuk kamu para pejuang cinta beda agama. Karena tak seharusnya perbedaan menjadi jurang, bukankah kita diciptakan untuk dapat saling melengkapi?... seperti itulah penggalan lirik dari lagu ‘Mengapa Ini yang Terjadi’, yang mungkin dapat mewakili perasaan kamu yang sedang memikirkan perjalanan cintamu.

8. Samsons – Perbedaan


Grup band yang terkenal dengan single ‘Kenang Terindah’ , ternyata juga memiliki sebuah lagu yang bercerita tentang cinta beda agama. Album kedua milik Band Samsons bertajuk ‘Penantian Hidup’ ini memiliki sebuah lagu yang dapat mewakili kamu para pejuang cinta beda agama.

Berjudul ‘Perbedaan’, penggalan lirik dari lagu tersebut tak kalah sedih dan menyayat hati. Sudahlah kita tak mungkin untuk bersama, perbedaan membuat kita terpisah.. seperti itulah sepenggal lagu Perbedaan yang dipopulerkan oleh Band Samson.

9. Vidi Aldiano feat Prilly Latuconsina – Tak Bisa Bersama


Dirilis pada tahun 2016, lagu ‘Tak bisa bersama ini’ ada di album ‘Persona’ Vidi Aldiano yang kemudian dinyanyikan ulang pada tahun 2020 dengan menggandeng Prilly Latuconsina untuk menjadi patner duetnya. Vidi menulis lagu tersebut berdasarkan kisah nyata dari seorang temannya.

Lama sudah kau dan kumencoba 'tuk tentukan arah, terus menunggu salah satu iman kita menyerah. Haruskah kuterus mencoba... Sepenggal lirik dari lagu tersebut ternyata cocok untuk mewakili para pejuang cinta beda agama, dimana terkadang menunggu memang menjadi salah satu alasan untuk terus bertahan.

10. Hannah Montana – I’ll Always Remember You


Terkenal dengan nama Hannah Montana saat masih kecil, setelah beranjak dewasa ia lebih dikenal dengan nama Miley Cyrus. Memilik banyak sekali lagu-lagu yang populer, salah satunya adalah I’ll Always Remember You. Dirilis pada tahun 2010, lagu ini juga menjadi salah satu OST dari film Hannah Montana.

Tidak secara jelas menceritakan cinta beda agama, tetapi jika kamu meresapi kata per kata dari lirik lagu tersebut. Lagu ini juga bisa mewakili kamu para pejuang cinta beda agama, dimana pada akhirnya kamu harus melepaskannya. With so much joy but so much pain, and it's so hard to say goodbye... Sepenggal lirik dari lagunya yang akan membuat kamu menangis.

Itu tadi 10 lagu bertemakan cinta beda agama yang bisa menjadi teman disaat galau melanda. Lagu mana nih yang paling buat kamu sedih dan ingin menangis?, tulis di kolom komentar dibawah ya. Kalo kamu punya lagu rekomendasi lain dengan tema yang sama jangan lupa tulis juga di kolom komentar dibawah.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram