Bacaterus / Film Romantis / 8 Rekomendasi Film Tentang Cinta Beda Agama yang Bikin Baper

8 Rekomendasi Film Tentang Cinta Beda Agama yang Bikin Baper

Ditulis oleh - Diperbaharui 8 April 2019

Memang benar cinta tidak mengenal perbedaan apapun. Cinta bisa hadir tanpa batasan usia, bahasa, ras, sampai dengan agama. Perbedaan agama bukan penghalang bagi dua orang untuk saling jatuh cinta. Namun, perbedaan kepercayaan tersebut biasanya menjadi ‘jurang’ untuk masa depan hubungan cinta dua orang insan.

Kali ini, Bacaterus akan membahas seputar film yang mengangkat tema tentang cinta beda agama. Film-film tersebut tidak hanya berasal dari luar negeri saja, tetapi juga ada yang dari Indonesia. Penasaran? Yuk, catat judul filmnya dan baca review singkatnya berikut ini.

1. Solomon & Gaenor [1999]

Solomon & Gaenor

Rekomendasi film cinta beda agama yang pertama adalah Solomon & Gaenor. Film berbahasa Wales ini dirilis pada tahun 1999 dan masuk dalam nominasi Oscar. Sesuai dengan judulnya, film ini menceritakan tentang kisah cinta terlarang antara Solomon, pemuda Yahudi Ortodoks, yang jatuh cinta dengan Gaenor, seorang gadis non-Yahudi.

Pada awalnya, Solomon menutupi identitasnya sebagai pria Yahudi. Sementara Gaenor telah memperkenalkan Solomon kepada keluarganya. Setelah perkenalan dengan keluarga Gaenor, Solomon mengalami pergumulan iman. Gaenor juga menuntut Solomon untuk memperkenalkan dirinya kepada keluarganya.

Kisah cinta antara Salomon dan Gaenor terus mengalami intrik. Belum lagi Gaenor didapati sedang mengandung anak Solomon, pria yang belum resmi menjadi suaminya. Akankah keduanya bersatu? Atau justru kisah cinta keduanya harus berakhir tragis? Temukan jawabannya dengan menonton film romantis ini.

2. Cin(T)a [2009]

Cin(T)a

* sumber: cinemapoetica.com

Yang satu ini adalah film nasional yang juga mengangkat tema cinta beda agama. Sayangnya, film berjudul Cin(T)a ini kurang laris di pasaran. Padahal, tema yang diangkat oleh film ini masih sering terjadi di kalangan masyarakat kita.

Cin(T)a mengisahkan tentang Cina (Sunny Moon), pemuda keturunan Tionghoa asal Medan yang  lugu dan pantang menyerah. Cina jatuh cinta pada seorang gadis muslim keturunan Jawa, Annisa (Saira Jihan). Pada awalnya, Annisa adalah gadis pemurung yang tidak bahagia meskipun memiliki paras cantik dan ketenaran. Kehadiran Cina lah yang menjadi pelipur lara bagi Annisa.

3. Little Jerusalem [2005]

Little Jerusalem

Setiap orang tentu ingin memiliki pasangan yang seiman. Akan tetapi, cinta bisa singgah di hati siapa saja, termasuk di hati kedua insan yang memiliki kepercayaan berbeda, seperti Laura (Fanny Valette) dan Djamel (Hédi Tillette de Clermont-Tonerre).

Laura merupakan gadis Yahudi Ortodoks yang merupakan mahasiswa jurusan filsafat. Kehidupan Laura dipenuhi dengan intrik kakak perempuannya, Mathilde, dan suaminya. Namun, suatu hari Laura bertemu dengan Djamel, seorang pemuda muslim. Keduanya saling jatuh cinta meskipun mereka tahu bahwa sulit untuk bisa bersatu.

Ketika Djamel memperkenalkan Laura kepada keluarganya, yang terjadi justru keluarga Djamel dan mengatakan terus terang bahwa Laura harus memeluk agama yang sama dengan Djamel jika mereka ingin menikah. Djamel yang berada di posisi sulit akhirnya memutuskan hubungan dengan Laura lantaran ia pun tidak ingin Laura berpindah agama.

4. Assalamualaikum Beijing [2014]

Assalamualaikum Beijing

* sumber: cinemapoetica.com

Pada awalnya, Asmara (Revalina S. Temat) menjalin hubungan dengan Dewa (Ibnu Jamil). Sayangnya, hubungan mereka kandas lantaran Dewa telah menghamili rekan kerjanya yang bernama Anita (Cynthia Ramlan). Akibat patah hati, Asmara meninggalkan tanah air untuk menerima tawaran pekerjaan di Beijing, Cina.

Dalam perjalanan, Asmara bertemu dengan Zhongwen (Morgan Oey). Zhongwen jatuh cinta kepada Asmara sekaligus tertarik untuk mempelajari agama islam. Akhirnya, Zhongwen memutuskan menjadi mualaf dan harus menerima konsekuensi diusir dari keluarga besarnya.

Pengorbanan Zhongwen tersebut masih harus diuji. Asmara ternyata divonis menderita sindrom antibodi antifosfolipid yang mengakibatkan kekentalan darah. Sadar tak ingin membebani Zhongwen, Asmara meninggalkan pria tersebut. Zhongwen yang sangat mencintai Asmara akhirnya memutuskan untuk mencari gadis tersebut.

5. Sabah [2005]

Sabah

Film yang satu ini menceritakan tentang Sabah, wanita muslim berusia 40 tahun yang merupakan imigran dari Suriah. Bersama dengan ibu dan kakak laki-lakinya, Majid, Sabah tinggal di Toronto. Suatu waktu ketika Sabah berenang di kolam renang. Tak disangka-sangka, di sana Sabah bertemu dengan seorang pria bernama Stephen dan menjalin hubungan pertemanan dengannya.

Hingga satu malam Sabah menginap bersama Stephen dan keduanya bercinta. Ketika Sabah kembali ke keluarganya ia mengatakan telah menjalin hubungan dengan Stephen. Pengakuan Sabah tidak dapat diterima oleh Majid dan Sabah pun diusir dari keluarga.

Berbeda dengan film cinta beda agama lainnya, percintaan antara Sabah dan Stephen ini berakhir bahagia. Walaupun awalnya disematkan intrik yang panjang, toh akhirnya keduanya bisa berbahagia bersama.

6. Cinta Tapi Beda [2012]

Cinta Tapi Beda

Dari judulnya saja tentu Anda sudah menebak bahwa film ini menceritakan tentang kisah cinta yang terhalang oleh perbedaan. Kisah cinta yang diceritakan dalam film ini berkutat pada Cahyo (Reza Nangin), seorang chef di Jakarta yang lahir di keluarga muslim taat. Cahyo patah hati dan berusaha melupakan mantan kekasihnya.

Kepiluan hati Cahyo sirna setelah ia bertemu dan mengenal Diana (Agni Pratistha), gadis asal Padang yang menganut agama Katolik. Keduanya jatuh dan cinta dan berpacaran. Bahkan, Cahyo dan Diana sama-sama serius ingin melangkah ke jenjang pernikahan.

Hubungan cinta Cahyo dan Diana terhalang oleh restu Ayah Cahyo. Tak hanya itu saja, keluarga besar Diana pun menentang hubungan mereka dan menjodohkan Diana dengan pemuda lain yang seiman. Meskipun mustahil, akankah Cahyo dan Diana bisa bersatu dalam ikatan pernikahan?

7. David & Layla [2005]

David & Layla

Terinspirasi dari kisah nyata hubungan sepasang Muslim-Yahudi bernama Alwan Jaff dan suaminya, David Ruby, film David & Layla merupakan film yang masuk dalam puluhan nominasi festival film. Sinopsis film ini menceritakan tentang hubungan pria Yahudi dan wanita muslim yang sama-sama tinggal di New York.

David dan Layla bertemu lalu jatuh cinta satu sama lain meskipun berbeda keyakinan. Di tengah-tengah hubungan mereka, muncul ancaman bahwa Layla harus segera dideportasi lantaran statusnya yang hanya seorang pengungsi. Di sini, Layla menghadapi dilema untuk mempertahankan cintanya dengan David atau menikahi pria yang bisa memberikannya status kewarganegaraan.

8. 3 Hati Dua Dunia, Satu Cinta [2010]

3 Hati Dua Dunia, Satu Cinta

* sumber: www.kineforum.org

Film yang dibintangi oleh Reza Rahadian ini sangat layak untuk ditonton. 3 Hati Dua Dunia, Satu Cinta mengangkat tentang tema percintaan beda agama sampai dengan restu orang tua yang menjadi penghalang cinta tersebut.

Diceritakan Rosid (Reza Rahadian), pemuda yang mencintai seni dan berambut kribo. Rosid lahir di keluarga muslim yang taat. Sementara Delia (Laura Basuki) adalah gadis katolik yang kepincut cinta Rosid. Keduanya sangat rasional dalam menyikapi perbedaan. Akan tetapi, orang tua keduanya sama-sama tidak menyetujui hubungan mereka.

Berbagai usaha dilakukan oleh orang tua Rosid dan Delia untuk memisahkan mereka, mulai dari mengirim Delia sekolah di Amerika sampai menjodohkan Rosid dengan wanita muslimah berparas cantik. Namun, cinta mereka berdua terlalu kuat. Cari tahu akhir kisah cinta Rosid dan Delia dengan menonton film 3 Hati Dua Dunia, Satu Cinta.

Rekomendasi film cinta beda agama ini sangat layak untuk Anda tonton. Selain kisah cintanya bikin baper, kita juga bisa menyaksikan perjuangan dan pengorbanan kedua tokoh beda agama dalam film-film ini.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar