Bacaterus / Lagu Romantis / 10 Lagu Tentang Mantan yang Bikin Inget Sama Masa Lalu

10 Lagu Tentang Mantan yang Bikin Inget Sama Masa Lalu

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Terkadang, ketika kita dipertemukan dengan seseorang, ia belum tentu ditakdirkan untuk tinggal. Siapa tahu ia hanya singgah sebentar untuk mengajarkan kamu banyak hal. Wajar kalau kamu sedih, tapi tak perlu ditangisi berlebihan. You have to move on with your life. Karena, suatu saat nanti, kenangan ini bisa jadi sesuatu yang membuat kamu tersenyum ketika mengingatnya.

Kangen pada mantan itu wajar. Karena, walau bagaimanapun juga, ia pernah menjadi bagian dalam kehidupan kamu. Bacaterus punya rekomendasi lagu untuk didengarkan dikala rindu pada si ex alias si mantan. Eh, kalau kamu masih ada rasa *dendam* pada sang mantan juga bisa mendengarkan lagu-lagu di bawah ini, loh.

1. DAY6 — Congratulations

Sepertinya hampir 80% diskografi band asal Korea ini merupakan lagu galau karena patah hati, setuju, My Day (sebutan fans Day6)? Lagu debut Day6 yang berjudul “Congratulations” menguatkan statement ini. Lagu ini menjadi international anthem buat semua orang yang patah hati karena sang mantan kekasih yang sudah pindah ke pelukan orang lain. Lagu ini mencakup beragam emosi seperti luka dan amarah.

Lagu yang dinyanyikan oleh Sungjin, Jae, Young K, Wonpil, dan Dowoon ini seakan-akan mengatakan semua hal yang kamu harap bisa kamu ucapkan dengan lantang kepada orang-orang yang telah menyakiti hatimu. Dengarkan juga lagu Day6 lainnya yang cocok buat didengarkan saat kangen mantan, seperti “You Were Beautiful”, “Letting Go”, dan “Shoot Me”.

2. Adele — Someone Like You

Debut pada tahun 2007 dengan membawakan lagu “Daydreamer” belum membawa nama Adele hingga kancah dunia. Tapi, melalui lagunya yang rilis pada tahun 2011 yaitu “Someone Like You”, ia menjadi soul singer yang dikenal di seluruh belahan bumi.

Lagu ini ditulis oleh Dan Wilson dan Adele sendiri. Saking suksesnya, lagu ini pernah memuncaki posisi no. 1 di Billboard Hot 100. Lagu ini terinspirasi dari pengalaman pribadi Adele yang diputuskan oleh kekasihnya dulu.

3. Kahitna — Mantan Terindah

* sumber: www.youtube.com

Band legendaris Indonesia, Kahitna, merupakan sahabat baik kita yang sedang jatuh cinta maupun yang sedang patah hati. Karena, Kahitna punya semua lagu yang relatable buat kita semua. Salah satu lagu yang abadi dari Kahitna adalah “Mantan Terindah”.

Setiap kali manggung, Kahitna pasti membawakan lagu ini. Terus, lagu ini masih sering di cover sampai sekarang oleh orang-orang. Lagu ini menceritakan tentang sang mantan yang dulu minta putus tapi sekarang minta balikan lagi, huft.

4. Taeyeon — Fine

Suara emas Taeyeon SNSD cocok untuk membawakan lagu genre apa saja. Jika kamu sedang ingin menangis, atau berteriak sambil menangis, karena sedang merasa tidak baik-baik saja, coba dengarkan “Fine” by Taeyeon. Lagu ini menggambarkan hubungan kekasih yang sudah berubah, tak sehangat dulu lagi.

Ketika kamu memberikan seluruh cinta dan perhatianmu padanya, tapi ia berubah dan seakan-akan tidak peduli lagi padamu, itulah yang ingin Taeyeon sampaikan. Walaupun akhirnya putus, kamu masih belum bisa move on secepat itu dan merasa hatimu masih sakit karena “It’s not fine..“.

5. Lyla — Mantan Kekasih

* sumber: www.dictio.id

Lyla mungkin identik dengan vokalisnya, yaitu Naga. Tapi, sekarang Naga sudah hengkang dan bergabung dengan Ada Band. Tapi, lagu-lagu Lyla yang masih ada suara Naga-nya masih iconic. Beberapa lagu band Lyla masih dipakai sebagai OST FTV di channel SCTV. Makanya, walaupun lagunya sudah lama, kamu bakal masih sering mendengarnya.

Salah satu lagu Lyla yang memorable banget adalah “Mantan Kekasih”. Lagu ini menceritakan tentang kamu dan dia yang sudah putus, tapi kalian tidak berjauhan, mungkin karena hidup kalian masih ada di satu tempat dan juga circle pergaulan yang sama.

Liriknya “Kau masih bisa ku lihat, Suaramu masih ku dengar, Namun kenyataan ini mengharukan, Seseorang disana telah memilikimu, Aku kan berdosa bila merindukanmu“. Eaaak sedih-sedih gimana, gitu kan?

6. Little Mix — Shout Out to My Ex

“Shout Out to My Ex” adalah lagu dari girl grup asal Inggris, yaitu Little Mix. Grup ini beranggotakan Perrie Edwards, Jesy Nelson, Leigh-Anne Pinnock, dan Jade Thirlwall. Mereka adalah grup jebolan acara televisi The X Factor (UK) Season 8. Lagu buat mantan yang nge-beat ini dirilis pada tahun 2016 dan sempat memasuki #1 UK Singles Chart dan bertahan selama 3 minggu di puncak grafik.

Lagu ini di-cowriting oleh Little Mix juga. Lalu, ketika Perrie ditanya apa makna dari lagu ini, ia memilih bungkam. Jesy lalu angkat bicara, kalau lagu ini diciptakan untuk semua orang. Karena, ia percaya setiap orang punya mantan yang buruk.

Lagu ini seperti smack on their face yang mengatakan kalau kamu tidak butuh dia. Namun, karena Perrie no comment, orang-orang jadi berspekulasi kalau lagu ini ditujukan untuk Zayn, mantan tunangan Perrie.

7. Rossa — Hati Yang Kau Sakiti

Lagu ini naik daun lagi setelah dipakai sebagai OST sinetron Indosiar. Banyak sekali meme dan video lucu yang menggunakan lagu ini juga. Bukan maksud mengejek, tapi karena liriknya yang sedih ini jadi sangat identik dengan sinetron-sinetron channel televisi tersebut yang dikenal (terlalu) dramatis, haha.

Dibalik itu, lagu “Hati Yang Kau Sakiti” ini benar-benar sedih, loh. Lagu ini menceritakan tentang kekasih yang mendua. Akhirnya, kamu yang menyerah, “Ku menangis membayangkan Betapa kejamnya dirimu atas diriku.. Kau duakan cinta ini, Kau pergi bersamanya..”.

8. Katy Perry — Thinking Of You

Lagu galau selanjutnya datang dari Katy Perry. Ini lagu lawas, sih, tapi masih enak banget didengar sampai sekarang. Judulnya” Thinking Of You”. Lagu ini agak complicated sebenarnya. Jadi, kamu sudah putus dengan si mantan, tapi kamu masih belum bisa ngelupain dia walaupun kamu sudah sama orang baru.

Karena, dulu kamu pikir si mantan ini bukan ‘yang terbaik’, sehingga kamu mencari lagi yang lain. Tapi, ternyata dialah yang terbaik dari yang terbaik, tapi kamu sudah terlanjur membuangnya dan terpaksa stuck dengan pilihan keduamu yang ternyata tidak sesempurna mantan yang kamu campakkan. Intinya lagu ini tentang penyesalan karena mencampakkan kekasih yang dulu~

9. Beyoncé — Irreplaceable

Kalau lagu yang ini maknanya mirip dengan “Shout Out to My Ex”. Lagu ini menggambarkan, pasanganmu membuat kesalahan dan kamu ‘membuangnya’.

Lalu, dia berkata kamu bodoh karena telah membuangnya, kamu tidak akan menemukan orang lain seperti dirinya lagi, kamu tidak akan bisa menggantikan dirinya. Lalu, kamu menjawab, kamu sudah tergantikan. “So don’t you ever for a second get to thinking You’re irreplaceable“.

10. Siti Badriah — Undangan Mantan

Bagaimana rasanya ditinggal mantan menikah? Tidak sedikit orang yang mengalaminya. Kalau kamu pernah merasakannya juga, coba dengarkan lagu Siti Badriah yang judulnya “Undangan Mantan”.

Lagu dangdut kadang dipandang sebelah mata oleh sebagian pihak. Padahal, lagu dangdut itu banyak yang liriknya dalem banget. Banyak juga lagu dangdut yang galau, cuma dikemas dengan musik taktaradungtak sehingga terkesan tidak sedih, padahal sedih.

Nah, apakah sekarang kamu mulai mengenang masa lalu bersama mantan setelah mendengarkan lagu ini? Sebenarnya masih banyak lagu nyessss untuk mengenang mantan, tapi 10 lagu di atas adalah lagu pilihan terbaik dari kamu. Ayo, sebutkan lagu tentang mantan favoritmu!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *