Bacaterus / Lagu Romantis / Terlibat Cinta Segitiga? Lagu-Lagu Ini Cocok untuk Kamu

Terlibat Cinta Segitiga? Lagu-Lagu Ini Cocok untuk Kamu

Ditulis oleh - Diperbaharui 22 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Pernah mengalami suka pada seseorang dan ternyata, sahabatmu juga menyukai orang yang sama, hingga hubungan pertemanan pun menjadi canggung? Cinta segitiga bisa jadi akan membawa kamu ke dalam sebuah situasi yang membingungkan. Didiamkan semakin jadi, ditindaklanjuti malah ada yang merasa terluka.

Semoga hal itu tidak terjadi pada kamu. Namun, cinta segitiga adalah sebuah tema yang cukup menarik ketika diangkat dalam sebuah kisah film layar lebar maupun layar kaca.

Lagu Cinta Segitiga

* sumber: leosystem.news

Dan tentu saja, banyak lagu-lagu yang bertemakan cinta segitiga. Meskipun para pendengarnya tidak mengalami hal serupa, tapi lagu-lagu tersebut begitu melekat di telinga. ini dia 10 lagu yang bisa dikatakan cukup populer dan mengangkat tema cinta segitiga.

1. Bizarre Love Triangle – New Order


Lagu ini diciptakan dan dipopulerkan oleh grup musik new wave legendaris asal Inggris yaitu, New Order. Pertama kali diluncurkan pada 5 November 1986, lagu ini cukup unik karena tidak ‘to the point’ menceritakan bagaimana situasi sebuah cinta segitiga. Tapi, lebih kepada ungkapan perasaan seorang pria yang diam-diam kagum pada seorang wanita yang bukan kekasihnya.

Kesan cinta segitiga yang terdapat dalam lagu ini hanya dapat dilihat dari judul lagunya saja. Meski datang dari era disko, lagu ini tentunya tidak akan terdengar asing di telinga kamu, karena Bizarre Love Triangle telah dibawakan kembali oleh banyak musisi seperti The Black Eyed Peas, Stabbing Westward, hingga versi akustik dari grup Frente! yang turut mempopulerkan lagu ini di tahun 90-an.

Best line: “Every time I see you falling I get down on my knees and pray. I’m waiting for that final moment you say the words that I can’t say

2. Aku Cinta Kau dan Dia – Ahmad Band


Mungkin bisa dikatakan, lagu ini menjadi soundtrack kisah cinta segitiga bagi mereka para remaja yang tumbuh akhir tahun 90-an. Dipopulerkan oleh Ahmad Band, lagu ini diciptakan oleh maestro lagu melankolis Bebi Romeo dan dirlis pada tahun 1998. Lagu ini dapat ditemukan dalam album bertitel Ideologi Sikap Otak dari grup milik Ahmad Dhani ini yang meluncur dipasaran pada tahun yang sama.

Aku Cinta Kau dan Dia adalah sebuah lagu yang menuturkan ‘curhat’ pria yang ditinggalkan oleh seseorang yang –sebenarnya- ia cintai, karena dirinya sendiri telah memiliki pasangan. Singkatnya, lagu ini mengisahkan tentang situasi patah hati karena mengalami kisah cinta segitiga. Dan lebih baik berpisah demi kebaikan semua pihak.

Best line: “Memang salahku yang tak pernah bisa meninggalkan dirinya ‘tuk bersama kamu”

3. Treat You Better – Shawn Mendes


Sempat viral di Indonesia sebagai lagu ‘Badak dan Ikan’, Treat Me Better merupakan single dari penyanyi belia asal Canada, Shawn Mendes yang dapat ditemukan dalam album kedua milik Shawn, Illuminate. Kata-kata ‘badak dan ikan’ yang muncul, aslinya adalah potongan lirik bagian final dari refrain lagu ini yang berbunyi ‘better than he can’. Dan sepertinya, kita langsung tahu, tentang apa lagu ini sebenarnya.

Treat You Better adalah sebuah lagu cinta yang bertutur tentang seorang pria yang hadir sebagai sosok orang ketiga dalam sebuah kisah cinta segitiga. Berbeda dengan lagu dengan tema sejenis yang mungkin memiliki nada mendayu-dayu seolah berusaha menyentuh hati para pendengarnya, lagu milik Shawn Mendes ini memang lebih menghentak. Dan seolah berusaha meyakinkan bahwa si pria adalah yang terbaik dibanding kekasih sang wanita.

Best line: ‘’Cause I know I can treat you better than he can. And any girl like you deserves a gentleman

4. Andai Aku Bisa – Chrisye


Chrisye merupakan salah satu maestro musik Indonesia. Lahir di Jakarta 16 September 1949, pelantun Badai Pasti Berlalu ini menghembuskan nafas terakhirnya pada 16 September 2007 silam. Berkarir sejak tahun 1977, banyak karya dari sang maestro yang tentunya membekas di hati para penggemar musik Indonesia. Dan salah satunya, lagu yang berkisah tentang cinta segitiga ini.

Aransemen klasik yang mendayu-dayu dan suara nan khas disertai dengan iringan orkestra epik dalam lagu ini memang mampu membuat para pendengarnya auto baper, meski mungkin tidak mengalami apa yang dilantunkan Chrisye dalam lagu ini. Andai Aku Bisa mengisahkan tentang seorang yang ‘secara tidak sengaja’ menyeret orang lain dalam kehidupan cintanya, sementara ia juga telah memiliki pasangan.

Best line: ‘Bukan maksud aku membawa dirimu, masuk terlalu jauh ke dalam kisah cinta, yang tak mungkin terjadi’

5. Careless Whisper – George Michael


Mendiang George Michael memulai karirnya bersama gurp duo bernama Wham!, bersama dengan Andrew Ridgeley. George memiliki begitu banyak lagu memorable, dan salah satunya adalah Careless Whisper yang sangat tersohor. Intro saxophone dari lagu tersebut begitu terkenal, dan sekarang sering dipakai untuk menyimbolkan adegan mesra dalam video para konten kreator.

Entah mengapa, Careless Whisper selalu diidentikan dengan adegan mesra. Tapi sebenarnya, lagu ini mengisahkan tentang perasaan seseorang ketika saling jatuh hati dengan kekasih dari temannya sendiri. Ehem… yang langsung memutar lagu ini mungkin merasa related. Seether, grup rock asal Afrika Selatan juga pernah membawakan kembali lagu ini. Dan menurut band tersebut, mereka iseng membawakan lagu ini sebagai candaan untuk merubah kesan melankolisnya menjadi sangar.

Best line: ‘I should’ve known better than to cheat a friend and waste the chance that I’d been given. So I’m never gonna dance again the way I danced with you

Baca juga: 10 Lagu Tentang Cinta Terlarang, untuk Dia yang Tak Bisa Dimiliki

6. Cinta dan Rahasia – Yura ft. Glenn Fredly


Dari segi teman, lagu yang satu ini memiliki kemiripan dengan Careless Whisper. Karena, sama-sama mengisahkan tentang kisah cinta segitiga, yang terjadi dalam tali persahabatan. Di satu sisi, lagu yang dirilis pada tahun 2014 lalu ini juga memiliki kesamaan tema dengan Treat You Better milik Shawn Mendes.

Letak kemiripannya adalah, orang yang disukai sepertinya diperlakukan dengan kurang baik oleh pasangannya. Dan tentunya, lagu beraransemen akustik ini semakin terasa bikin ‘baper’, dengan hadirnya suara mendiang Glenn Fredly. Cinta dan Rahasia juga adalah lagu yang membesut nama Yura sebagai salah satu musisi papan atas Indonesia.

Best line: ‘Bukan kuingin merebutmu dari sahabatku. Namun kau tahu cinta tak bisa, tak bisa kau salahkan’

7. Leave Your Lover – Sam Smith


Sulit memang rasanya ketika secara emosional kamu telah begitu dekat dengan seseorang, tapi pada kenyataannya, si dia sebenarnya telah menjalin hubungan dengan orang lain. Dengan segala perasaan yang kamu miliki, mungkin kamu berharap –dan seandaikan bisa ngomong langsung- rasanya kamu ingin bilang, ‘tinggalkan dia’.

Itulah perasaan yang dilukiskan oleh lagu dari penyanyi asal Inggris, Sam Smith dalam lagunya Leave Your Lover. Harus diakui, penyanyi bersuara lembut nan melankolis ini mampu membuat mereka yang mendengarkan lagu-lagunya terbawa dalam lirik yang ia bawakan. Dengan kata-kata familiar yang related, Lagu ini bisa menjadi ‘lagu kebangsaan’ yang tepat untuk kasus cinta segitiga.

8. Kutunggu Kau Putus – Sheryl Sheinafia ft Ariel NOAH


Kali ini adalah lagu yang mengangkat tentang kisah cinta segitiga, yang bertemakan tentang seseorang yang lama-lama jatuh cinta pada sahabatnya karena ia mengetahui bahwa sang sahabat menjalani sebuah hubungan yang tidak menentu. Pernah memutar lagu ini di aplikasi ponsel dan mengulangnya terus-menerus? Memang lagunya enak, kok. Dan mungkin… uhuk…kamu mengalami apa yang dilantunkan oleh Sheryl Sheinafia dan Ariel NOAH…

Sebenarnya, lagu ini jauh dari kesan mendayu-dayu. Bahkan denting aransemen musik akustiknya cenderung ceria dan memberi kesan jenaka. Tapi kocak rasanya memang, jika orang yang biasa curhat pada kamu malah jadi membuat kamu suka pada dia. Atau diam-diam suka. Cinta segitiga memang adalah sebuah pertentangan dalam hati, tapi Sheryl sukses membawakannya dengan naif dan terdengar ringan.

Best line: ‘Maafkan aku jadi suka sama kamu. Awalnya curhat lama-lama kucemburu’

9. Cardigan – Taylor Swift


Taylor Swift adalah seorang musisi yang fenomenal. Dan pada 24 Juli 2020, penyanyi yang memulai karirnya sebagai musisi country ini merilis album anyarnya yang diberi judul Folklore tanpa pengumuman maupun strategi promosi terlebih dahulu. Dan Cardigan merupakan single pertama dalam album yang menyuguhkan 16 lagu tersebut.

Cardigan kurang lebih menceritakan bagaimana rasanya menjadi orang ketiga. Kemudian ada kesan guilty pleasure yang disampaikan, tapi juga berkesan ‘nyinyir’. Lagu ini dipuji oleh para kritikus karena gaya penyampaiannya yang puitis. Dan secara keseluruhan, album Folklore juga dinilai sebagai album terbaik milik Taylor Swift.

Best line: ‘But I knew you. Playing hide-and-seek and giving me your weekends

10. Orang Ketiga – HIVI!


Berkenalan, menjadi dekat dan suka –bahkan suka banget- pada seseorang namun sekonyong-konyong, si dia malah menjalin hubungan dengan orang lain. Mungkin kamu ingin marah rasanya. Beranggotakan Neida Aleida (vokal), Ilham Aditama (vokal), Febrian Nindyo (vokal/gitar) dan Ezra Mandira (vokal/gitar), grup HIVI! memang selalu berhasil menyuguhkan gejolak asmara dengan manis dalam lagu-lagu mereka.

Orang Ketiga menyampaikan sebuah kegundahan ketika orang yang kamu sukai malah bersanding dengan orang lain. Lantas, kebingungan menghantui. Apakah rasa itu harus dipendam, atau maju terus pantang mundur hingga melakukan ‘kudeta’. Sekali lagi, lagu yang related dengan kebanyakan orang. Dan, kegalauan ini disampaikan HIVI! dengan nada-nada yang tidak akan membuat mereka yang mendengarnya merasa sedih.

Best line: ‘Namun tiba-tiba kau ada yang punya, hati ini terluka. Sungguh ku kecewa, ingin ku berkata…”

Saat terjerat cinta segitiga, mungkin ada orang yang mengatakan bahwa, sudah tinggalkan saja, cari yang lain. Namun mungkin, ada juga yang akan menyemangati dengan quote populer tersebut: ‘sebelum ada janur kuning, gas terus’.

Dan jika harus disuruh memilih, nasihat mana yang harus kamu ikuti, kami akan menjawab –juga dengan quote yang familiar- yaitu: ‘yang mana yang kamu anggap baik, itulah yang kamu pilih’. Itulah dia beberapa lagu bertemakan cinta segitiga. Sambil memutar lagu-lagu tersebut, mungkin kamu mau mencurahkan isi hati kamu. Silahkan, ada kolom komentar yang terbuka untuk kamu.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *