bacaterus web banner retina
Bacaterus / Hiburan / 10 Lagu Tentang Anak yang Menyentuh dan Bisa Bikin Baper

10 Lagu Tentang Anak yang Menyentuh dan Bisa Bikin Baper

Ditulis oleh Aditya Putra - Diperbaharui 11 Mei 2021

Seiring dengan berjalannya waktu, kita akan memasuki fase-fase hidup yang baru. Dari mulai masa ketika balita, masuk sekolah, kuliah, bekerja kemudian menikah. Bukan waktu yang sebentar sampai kita tiba di fase yang baru itu melainkan butuh waktu bertahun-tahun. Tapi ketika sudah melewati itu semua, seringkali waktu jadi terasa begitu cepat.

Bagi yang sudah menikah, fase yang akan dilewati selanjutnya adalah mempunyai anak. Akan ada anggota keluarga baru yang merupakan darah dan daging dari kedua orang tuanya. Nggak jarang kalau anak dijadikan inspirasi untuk membuat lagu oleh para musisi. Bersendu ria, yuk! Inilah 10 lagu tentang anak yang bikin baper.

1. Anang & Krisdayanti – Timang-Timang

* sumber: wallpapersqq.net

Anang dan Krisdayanti merupakan dua nama besar di blantika musik Indonesia. Keduanya sudah lama menjadi penyanyi dan banyak lagunya yang sukses secara komersial. Ketika masih berstatus sebagai suami-istri, mereka pernah merilis lagu berjudul Timang-Timang. Lagu itu didedikasikan untuk anak pertama mereka, Aurel.

Lagu Timang-Timang dirilis pada tahun 1998 dan menjadi bagian dari album Buah Hati. Lagu bergenre pop ini mempunyai nada yang mudah diingat. Sementara itu, liriknya berisi kebahagiaan mereka dikaruniai seorang anak dan harapan mereka untuk anaknya kelak agar menyayangi saudara-saudari dan sesama.

2. Stevie Wonder – Isn’t She Lovely

* sumber: i.pinimg.com

Stevie Wonder dikenal dengan kemampuannya menghasilkan musik dalam berbagai genre. Dia bisa menciptakan dan menyanyikan lagu pop, soul, R&B, funk sampai jazz. Dia termasuk salah satu musisi yang produktif sampai menghasilkan 26 album yang sudah dirilis. Di album kedelapan belas yang berjudul Songs in the Key of Life, ada lagu tentang anak yang berjudul Isn’t She Lovely.

Wonder menciptakan Isn’t She Lovely sebagai perayaan atas kelahiran anaknya yang bernama Aisha Morris. Lagunya sendiri dimulai dengan suara tangisan bayi kemudian diakhiri dengan rekaman ketika dia memandikan Aisha. Liriknya bercerita tentang kegembiraannya mempunyai anak bahkan mencantumkan arti dari nama sang anak yaitu kehidupan.

3. Virgoun – Surat Cinta untuk Starla

* sumber: 1.bp.blogspot.com

Pada tahun 2016 yang lalu, nama Virgoun mencuat setelah merilis single berjudul Surat Cinta untuk Starla. Virgoun yang tergabung dengan Last Child, langsung menggebrak lewat proyek solonya. Lagu bergenre pop yang dibuatnya itu langsung digemari oleh penggemar musik. Setelah dirilis, lagunya nyaris selalu diputar di berbagai tempat, dari mulai radio, minimarket, sampai kafe.

Surat Cinta untuk Starla dibuat Virgoun sebagai sebuah eksperimennya dalam menulis lagu. Dia mendedikasikan lagu ini untuk sang anak, Starla, dan berharap akan menjadi warisan ketika anaknya besar nanti. Lirik romantis menggambarkan kebahagiaannya mempunyai buah hati bersama sang istri. Hal itu menambah manis lagunya yang bernada indah.

4. Billy Joel – Lullabye (Goodnight, My Angel)

* sumber: media.pri.org

Billy Joel adalah seorang musisi besar dari Amerika. Dia dikenal dengan lagu-lagu pop dan rock yang soft. Di album River of Dreams yang dirilis tahun 1993, ada lagu yang bercerita tentang anak. Lagu itu berjudul Lullabye (Goodnight, My Angel). Bahkan lagu tersebut dijadikan single keempat dari albumnya.

Lullabye pada awalnya bukanlah lagu tentang anak. Joel berniat menulis lirik tentang seseorang yang merasa hilang kepercayaannya. Dua kali mengubah lirik, dia akhirnya merasa yakin untuk menulis tentang anaknya, Alexa Ray Joel. Ketika itu Alexa masih kecil, dan Joel merasa nada dan musik lagu ini terasa tepat kalau dipadukan dengan lirik yang manis tentang sang anak.

5. Andien – Belahan Jantungku

* sumber: i.ytimg.com

Andien merupakan salah satu penyanyi Indonesia yang konsisten menelurkan karyanya dari waktu ke waktu. Pada tahun 2017, dia merilis album berjudul Metamorfosa. Di dalam album itu ada sebuah lagu berjudul Belahan Jantungku. Lagu tersebut dibuat oleh Tulus sementara Andien menulis liriknya.

Lagu Belahan Jantungku menceritakan tentang perasaan cinta Andien untuk sang anak. Ketika lagu diciptakan, sang anak belum lahir tapi Andien merasa sudah menyayangi sang anak. Dia kemudian menuangkan perasaannya lewat lirik lagu. Dengan balutan gitar akustik, lagu ini terasa begitu manis terdengar.

6. Sheila On 7 – Khaylila’s Song

* sumber: i.ytimg.com

Sepanjang karirnya, Sheila On 7 sering menciptakan lagu yang mudah diingat dengan genre dan lirik yang sangat variatif. Sebagian besarnya adalah tentang cinta. Salah satunya adalah cinta pada anak. Hal itu tergambar dari lagu mereka yang berjudul Khaylila’s Song yang muncul sebagai trek terakhir di album Pejantan Tangguh.

Eross membuat lagu ini untuk sang keponakan sekaligus anak asuhnya, Khaylila. Nggak mengherankan kalau lirik lagu yang dibuatnya berisi harapan dan pesan untuk Khaylila ketika dia besar. Di antaranya harapan agar sang anak bisa membebaskan orang tertindas dari rasa takut dan memberikan kedamaian pada semua orang.

7. David Bowie – Kooks

* sumber: img.over-blog-kiwi.com

David Bowie dikenal dengan kemampuannya menggunakan persona nyentrik selain produktivitasnya dalam menciptakan lagu. Di album Hunky Dory yang dirilis tahun 1971, ada sebuah lagu berjudul Kooks. Lagu itu dibuat sebagai dedikasi untuk sang anak yang baru lahir yaitu Duncan Jones.

Penggunaan judul Kooks mungkin membingungkan sebagian orang. Kooks yang berarti kutu buku sempat menjadi julukan untuk Bowie. Oleh karena itu, dia ingin sang anak bisa mengingat julukan ayahnya. Liriknya bercerita tentang keinginan Bowie melihat sang anak tumbuh besar dan dia akan melakukan apa saja demi bisa melindunginya.

8. Iwan Fals – Galang Rambu Anarki

* sumber: disk.mediaindonesia.com

Iwan Fals dikenal dengan keberaniannya menyuarakan kritik baik itu sosial maupun yang ditujukan pada pemerintah. Tapi bukan berarti dia nggak pernah menghasilkan sesuatu yang bersifat personal. Buktinya, di album Opini yang dirilis tahun 1982, dia mempunyai lagu berjudul Galang Rambu Anarki yang merupakan nama sang anak.

Yang unik dari lagu Galang Rambu Anarki adalah liriknya. Kalau biasanya lagu tentang anak menggunakan lirik yang manis, Iwan Fals memilih untuk menggunakan ciri khasnya. Dia merayakan kehadiran sang anak sebagai sebuah gambaran yang terjadi ketika itu. Harga susu mahal, BBM naik, bayi kurang gizi dibahas di dalam liriknya.

9. Kanye West – Only One (Ft. Paul McCartney)

* sumber: i.ytimg.com

Dalam sedekade terakhir, rasanya nama Kanye West sebagai seorang rapper mengungguli para kompetitornya. Bukan hanya dalam urusan musik, tapi juga bagaimana cara dia membangun citranya. Untungnya hal itu diimbangi dengan produktivitasnya di dunia musik yang terjaga dengan baik. Di balik gayanya, dia pernah merilis lagu yang manis dengan judul Only One.

Paul McCartney, sang legenda hidup, diikutsertakan dalam penulisan lagu ini bersama beberapa penulis lagu kepercayaan West. Lagu bergenre soul ini menampilkan lirik yang manis. West mendedikasikan lagu ini untuk anaknya, North. Uniknya, liriknya sendiri bercerita tentang pesan yang mungkin disampaikan dari sudut pandang ibunya West, Donda.

10. John Lennon – Beautiful Boy (Darling Boy)

* sumber: societyofrock.com

Mendengar nama John Lennon akan terbayang sosok pria berkacamata bulat yang sering blak-blakan kalau ngomong. Sejak Beatles bubar, dia mengeksplorasi berbagai jenis musik dalam proyek solonya. Tapi, dia nggak melupakan spesialisasinya dalam menciptakan lagu dengan nada yang mudah diingat. Hal itu terjadi sampai album terakhirnya, Double Fantasy.

Di album Double Fantasy, ada lagu berjudul Beautiful Boy (Darling Boy). Lagu itu ditulis Lennon dan didedikasikan untuk putranya, Sean. Ide awal liriknya berawal dari ketika sang anak mengalami mimpi buruk. Hal itu memancing John untuk datang dan menenangkannya. Akhirnya dia menulis lirik yang berisi tentang kebahagiaannya atas kehadiran Sean di dunia ini.

Itu dia 10 lagu tentang anak. Tentu masih banyak lagu bertema serupa yang pernah dirilis tapi nggak masuk ke dalam daftar di atas. Adakah lagu di atas yang juga kesukaanmu? Atau punya lagu lain yang nggak kalah enaknya dengan lagu-lagu di atas? Kalau ada, tulis di kolom komentar ya, biar sendunya bisa menular ke teman-teman pembaca yang lain!

Tag: , , ,
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram