Bacaterus / Lagu Romantis / Inilah 10 Rekomendasi Lagu Tentang Perpisahan Terbaik

Inilah 10 Rekomendasi Lagu Tentang Perpisahan Terbaik

Ditulis oleh - Diperbaharui 22 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Perpisahan adalah sesuatu yang nggak menyenangkan buat semua orang, tapi pasti akan dialami oleh semua orang. Selama hidup, kita pasti pernah mengalami berbagai macam perpisahan. Sejak kecil sampai dewasa, yang namanya perpisahan nggak akan pernah menjadi mudah. Perpisahan selalu meninggalkan rasa yang cukup dalam.

Banyak seniman yang meluapkan emosi tentang perpisahan menjadi sebuah karya. Entah itu foto, novel, sampai lagu. Menikmati karya-karya itu cukup ampuh meringankan perasaan. Karya yang paling mudah dinikmati orang adalah lagu. Kamu butuh rekomendasi lagu tentang perpisahan? Inilah 10 rekomendasi lagu tentang perpisahan terbaik.

1. Peterpan – Semua Tentang Kita

Peterpan - Semua Tentang Kita

* sumber: www.liriklagu.id

Sejak kemunculannya melalui lagu Mimpi yang Sempurna, nama Peterpan terus melejit. Band asal Bandung ini bisa dengan mudah menyentuh hati penggemarnya. Lagu-lagu yang mereka ciptakan terasa begitu dekat, dalam, dan indah. Ada satu lagu peterpan tentang perpisahan yang bisa menemani kamu. Judulnya, Semua Tentang Kita.

Lagu ini dibuka dengan petikan gitar yang halus, rapi, dan terasa melankolis. Lalu masuklah suara khas Ariel yang melantunkan lirik, ‘Waktu terasa semakin berlalu tinggalkan cerita tentang kita.’ Lagunya memang sudah terasa dalam bahkan sejak baris pertama. Kalau lagi galau-galaunya, coba dengarkan waktu kamu lagi sendirian.

2. Sheila On 7 – Sebuah Kisah Klasik

Sheila On 7 - Sebuah Kisah Klasik

* sumber: 4.bp.blogspot.com

Siapa sih yang nggak kenal band legendaris asal Yogyakarta ini? Mayoritas anak-anak 90an pasti tumbuh dewasa dengan diiringi lagu-lagu Sheila on 7. Lagu-lagu mereka memang bisa dibilang lengkap. Ada lagu bahagia, ada romantis, lagu sedih juga ada. Kalau kamu ingin lagu yang secara spesifik bercerita tentang perpisahan, judulnya Sebuah Kisah Klasik.

Untuk anak-anak 90an, lagu ini cukup nempel di kepala. Maklum, lagu ini sering banget dibawakan pas perpisahan sekolah atau pembubaran panitia. Reff lagu ini cukup melegenda, enak buat dinyanyikan keras-keras. ‘Sampai jumpa kawanku, semoga kita selalu, menjadi sebuah kisah klasik untuk masa depan.’ Suara Duta menyanyikan baris ini akan awet di kepalamu, teman-teman.

3. Endank Soekamti – Sampai Jumpa

Endank Soekamti - Sampai Jumpa

* sumber: soekamti.com

Masih band dari Yogyakarta, Endank Soekamti juga punya lagu tentang perpisahan yang cukup melegenda berjudul Sampai Jumpa. Liriknya, singkat dengan pemilihan kata yang sederhana. Namun, ketika didengarkan deretan kata-kata itu mengantarkan kata-kata yang cukup dalam. Kalau dengar lagu ini, kamu pasti nggak tahan buat ikut nyanyi juga.

Lagu ini cocok didengarkan sendirian di dalam kamar, kalau memang kamu lagi pengen sendiri. Kalau seandainya kamu ingin mendengarkan bareng teman-teman pun lagunya tetap bisa menyempurnakan kegalauan. ‘Datang akan pergi. Lewat kan berlalu. Ada kan tiada, bertemu akan berpisah.’ Sederhana tapi mendalam, keren ya?

4. Project Pop – Ingatlah Hari Ini

Project Pop - Ingatlah Hari Ini

*

Kalau lagu tentang perpisahan biasanya dibuat dramatis dan melankolis, Project Pop bikin lagu yang beda. Nada-nada lagu ini terasa sangat ceria, tapi nggak sampai kehilangan makna perpisahan itu sendiri. Barangkali, lagu ini memang dibuat supaya perpisahan bisa dikenang sebagai proses yang menyenangkan.

Soal lirik pun lagu ini berbeda dengan lagu tentang perpisahan lainnya. Lirik lagu ini agak panjang, dan kata-kata yang dipilih adalah kata yang biasa kita ucapkan sehari-hari. ‘Kamu sangat berarti, istimewa di hati, selamanya rasa ini. Jika tua nanti kita telah hidup masing-masing, ingatlah hari ini.’ Dengar lagu ini, bikin mata jadi basah, tapi bibir tersenyum kecil.

5. Mocca – I Remember

Mocca - I Remember

* sumber: i.ytimg.com

Orang yang belum tahu Mocca mungkin akan mengira ini lagu Barat karena berbahasa Inggris. Nggak, Mocca itu band asal Bandung. Mocca disukai pendengar karena lagu-lagunya yang easy listening. Makna yang tersirat di dalam lagunya mudah dicerna, bahkan kita nggak perlu jago bahasa Inggris buat bisa memaknai lagunya.

Kalau lagu tentang perpisahan, cobalah dengar lagu Mocca yang berjudul I Remember. Lagu ini dibuka dengan, ‘I Remember. The way you glanced at me, yes I Remember.’ Suara vokal khas Arina bikin lagu jadi menggigit. Lagu ini seperti ungkapan seseorang yang sedang melawan sakitnya perpisahan dengan kenangan-kenangan manis yang dia punya.

6. Fun – We Are Young

Fun - We Are Young

* sumber: i.ytimg.com

Salah satu hal yang paling sulit dari perpisahan adalah, kita nggak selalu bisa menjawab pertanyaan singkat, ‘bagaimana selanjutnya?’ Sepertinya Fun paham banget soal itu, maka dibuatlah lagu ini. Banyak orang bingung bagaimana caranya melangkah setelah perpisahan. Kalau itu yang kamu rasakan, dengarkanlah lagu ini, teman-teman.

Untuk ukuran lagu tentang perpisahan, lagu ini agak meledak-ledak. Cocok banget kalau kamu lagi galau terus ingin meluapkan perasaan itu. Pasang headset, putar lagu ini, lalu bernyanyilah biar lega. ‘Tonight we are young. So let’s set the world on fire. We can burn brighter than the sun.’

7. James Blunt – Goodbye My Lover

James Blunt - Goodbye My Lover

* sumber: img.discogs.com

James Blunt adalah salah satu solois pria yang paling berjaya di tahun 2000an. Hari ini, namanya mungkin mulai meredup, tapi nggak demikian dengan karya-karyanya. Lagunya selalu khas, lembut dan didominasi oleh petikan-petikan gitar. Lagu-lagu James Blunt adalah pilihan terbaik kalau kamu lagi pengen duduk-duduk sendirian di balkon rumah.

Goodbye My Lover salah satu lagu James Blunt yang paling populer pada masanya. Pada masa itu, remaja-remaja yang baru mengalami perpisahan kemungkinan besar akan memutar lagu ini berulang-ulang. Nggak heran, lagu ini memang menggigit sejak baris pertama, ‘Did I disappoint you? Or let you down? Should I be feeling guilty or let the judges frown?’

8. Charlie Puth ft. Wiz Khalifa – See You Again

Charlie Puth ft. Wiz Khalifa - See You Again

* sumber: i.ytimg.com

Lagu ini memang langsung populer sejak dirilis seiring dengan film Furious 7 yang sudah ditunggu-tunggu. Bercerita tentang betapa perpisahan meninggalkan kekosongan yang begitu menyakitkan bagi setiap orang yang mengalaminya. Lirik dari lagu ini berhasil mewakili perasaan banyak orang.

Alunan musiknya lembut, tapi liriknya dibuat padat. Mendengarkan lagu ini seperti mendengarkan seseorang bermonolog tentang perpisahan yang dialaminya. It’s been a long day without you, my friend. And I’ll tell you all about it when I see you again. We’ve come a long way from where we began. Oh I’ll tell you all about it when I see you again. When I see you again.’

9. Natasha Bedingfield – Unwritten

Natasha Bedingfield - Unwritten

* sumber: img.discogs.com

Natasha Bedingfield adalah salah satu solois wanita yang cukup melegenda. Lagu yang dirilis tahun 2004 ini bercerita tentang perpisahan dari sudut pandang orang yang menjadi sangat apatis karena perpisahan. Dia banyak mempertanyakan sesuatu, tapi nggak tahu harus bertanya pada siapa.

Lirik yang paling ikonik dari lagu ini adalah satu baris yang berbunyi, ‘The rest is still unwritten.’ Lirik yang terdengar sederhana, tapi cukup kuat untuk menggambarkan kerapuhan kita sebagai manusia. Baris itu pula yang menjadi penutup untuk lagu ini. Kosakata yang digunakan mudah dicerna orang awam kok, alun melodinya juga terasa lembut di telinga.

10. Air Supply – Goodbye

Air Supply - Goodbye

* sumber: img.youtube.com

Dari semua lagu yang diulas di artikel ini, lagu inilah yang paling legendaris. Kalau kamu nggak tahu Air Supply, mungkin Bapak atau Ibumu yang tahu. Ya, karya yang bagus memang selalu abadi. Lagu yang dirilis tahun 1993 ini akan tetap indah untuk didengarkan sekarang. Bahkan 10 tahun lagi.

Goodbye karya Air Supply bukan cuma enak didengarkan, tapi juga terasa hangat di hati. Lagu ini seperti memahami betapa sedihnya kita yang harus menghadapi perpisahan. Baris pertama lagunya berbunyi, ‘I can see the pain living in your eyes, and I know how hard you try. You deserve to have so much more.’ Cukup bikin ambyar, teman-teman.

Waduh, sudah 10 lagu tentang perpisahan nih. Ada lagu Barat, ada juga lagu Indonesia. Tentunya selain lagu-lagu di atas, masih banyak lagu tentang perpisahan yang belum diulas. Lagu andalanmu ada nggak? Kalau belum ada, berbagi referensi yuk? Kamu bisa menuliskan lagu tentang perpisahan andalan kamu di kolom komentar, teman-teman.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *