Bacaterus / Film Action / 8 Urutan Film Fast and Furious yang Dirilis Sejak Tahun 2001

8 Urutan Film Fast and Furious yang Dirilis Sejak Tahun 2001

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 April 2020

Kalau bicara soal film aksi, biasanya film itu didominasi oleh baku tembak atau baku hantam. Namun Fast and Furious menjanjikan pengalaman yang berbeda. Masih seputar kriminalitas, ada baku tembaknya, ada juga baku hantamnya, tapi yang menjadi pembeda adalah mobil-mobilnya. Semua film Fast and Furious yang dirilis sejak 2001 selalu berhasil memanjakan pecinta mobil.

Rangkaian film ini punya dua tokoh sentral, Dominic Toretto yang diperankan oleh Vin Diesel dan Brian O’Conner yang diperankan oleh Paul Walker. Keduanya punya latar belakang yang berbeda. Dom adalah pembalap jalanan, sementar Brian merupakan seorang polisi yang menyamar. Satu hal yang sama-sama mereka sukai adalah mobil.

Meski berasal dari dunia yang berbeda, pada akhirnya mereka selalu berdiri di sisi yang sama. Kenapa bisa demikian? Kisah mereka bisa dinikmati dengan menonton rangkaian filmnya,. Sebaiknya film ini ditonton secara berurutan. Inilah urutan film Fast and Furious yang dirilis sejak 2001.

1. The Fast and Furious [2001]

The Fast and Furious

* sumber: www.imdb.com

Dalam operasi gabungan antara Kepolisian Los Angeles dan FBI, Brian ditugaskan untuk menyelidiki kelompok pembalap jalanan yang menjadi dalang pembajakan truk. Brian menyamar sebagai pekerja toko sampai bisa berhadapan dengan pembalap jalanan paling disegani, Dom.

Brian tidak mengira kalau pertemuannya dengan Dom akan mengubah arah hidupnya. Bahkan, Brian sampai rela melupakan tugasnya sebagai polisi demi menyelamatkan Dom. Waktu yang kamu luangkan untuk menonton film ini tidak akan sia-sia. Kalau kamu menyukai film ini, kemungkinan besar kamu akan memburu sekuel berikutnya.

2. 2 Fast 2 Furious [2003]

2 Fast 2 Furious

* sumber: www.imdb.com

Petualangan Brian berlanjut. Dia sedang dalam pelarian karena membiarkan Dom lolos pada film pertama. Brian menghabiskan waktu dengan balapan sambil memasang taruhan tinggi. Suatu malam, dia tertangkap oleh mantan bosnya di FBI. Brian ditawari sebuah perjanjian untuk membersihkan catatan hitamnya.

Kali ini, dia bekerja sama dengan Roman yang merupakan teman sekaligus mantan tahanan. Mereka membuat perjanjian dengan FBI untuk menghabisi Verone. Masalahnya, Verone bukan orang sembarangan. Untuk bisa mendekati Verone, mereka harus melalui tahapan tertentu yang luar biasa sulit.

3. The Fast and Furious: Tokyo Drift [2006]

The Fast and Furious Tokyo Drift

* sumber: www.imdb.com

Untuk yang satu ini, bukan cuma filmnya yang menjadi perbincangan, tapi juga soundtrack-nya. Pada waktu perilisannya, lagu Tokyo Drift banyak dijadikan ringtone ponsel. Bisa dikatakan, lagunya lebih dikenal dibanding filmnya. Bahkan banyak yang tidak nonton filmnya tapi sangat menyukai lagunya.

Seri yang ini cukup berbeda karena mengambil latar tempat di Tokyo, Jepang, ditambah gaya balap yang tidak seperti biasanya, drift. Banyak tokoh baru bermunculan sementara tokoh lama tidak kelihatan. Kali ini tentang Sean yang lari ke Tokyo demi menghindari jeratan hukum di Amerika.

Di Tokyo, dia masuk ke dalam arena dunia balap ilegal dan berusaha merajai arena itu. Setelah berproses, Sean berhasil menjadi pembalap jalanan yang tangguh di arena itu. Suatu hari, dia kalah dalam sebuah balapan dan itu menyeretnya ke dalam bahaya besar. Film ini tidak melibatkan tokoh lama, tapi mengandung keterkaitan untuk film selanjutnya.

4. Fast and Furious [2009]

Fast and Furious

* sumber: www.imdb.com

Di film keempat ini, Dom menjalani hidup sebagai buronan. Bersama kelompoknya, dia membajak truk bermuatan bensin di Republik Dominika. Dia meninggalkan adiknya, Mia, dan juga pacarnya, Letty di Los Angeles. Suatu waktu, Dom menerima telepon dari Mia yang mengabari kalau Letty tewas karena kecelakaan.

Di sisi lain, Brian sedang menyelidiki sindikat narkoba. Sindikat itu dipimpin oleh Arturo Braga. Kasus inilah yang membuat Brian dan Dom bertemu kembali. Dom merasa kematian Letty janggal dan kecurigaannya mengarah ke Braga. Akhirnya mereka bekerja sama untuk memburu Braga.

5. Fast Five [2011]

Fast Five

* sumber: www.imdb.com

Ada tokoh baru yang muncul di film kelima ini, yaitu Dwayne Johnson yang berperan sebagai Hobbs, agen federal tangguh. Dia ditugaskan untuk memburu Dom dan kelompoknya yang menjadi buronan. Sebelumnya, Dom sempat dikirim ke penjara menggunakan bus. Namun, Brian dan teman-teman Dom berhasil membebaskan Dom di tengah perjalanan.

Mereka berkumpul kembali lalu beraksi bersama di Brazil. Rencananya, mereka akan merampok uang milik pimpinan sindikat narkoba yang juga menguasai kota, Hernan Reyes. Reyes bukan orang sembarangan, bahkan polisi pun berpihak padanya. Merasa terancam, Reyes memindahkan uangnya, brankas besar miliknya disimpan di kantor polisi.

6. Fast and Furious 6 [2013]

Fast and Furious 6

* sumber: www.imdb.com

Kali ini yang menggerakkan cerita adalah Hobbs. Dia sedang memburu sebuah kelompok penjahat internasional yang dipimpin oleh Owen Shaw. Mereka sangat berbahaya dan mengancam keamanan dunia. Demi misinya, Hobbs meminta bantuan kepada Dom dan kelompoknya.

Saat itu, Dom berniat pensiun dan hidup menikmati uang hasil rampokannya di Brasil. Hobbs menawarkan pengampunan penuh jika Dom mau membantunya memburu Owen Shaw. Tidak hanya itu, Hobbs juga memberi kabar kalau Letty yang dikira telah meninggal ternyata masih hidup. Bahkan, Letty bergabung dengan kelompok Shaw.

Apa yang menarik dari film keenam ini? Kita bisa melihat aktor Indonesia ikut beraksi. Ya, Joe Taslim bermain sebagai Jah, salah satu dari anak buah Owen Shaw. Banyak yang bilang kalau film ini adalah film Fast and Furious yang paling matang dari segi penulisan cerita. Juga banyak hal-hal yang tidak bisa ditebak selama film berlangsung.

7. Furious 7 [2015]

Furious 7

* sumber: www.imdb.com

Sebenarnya, Dom sudah hidup tenang. Dia mendapat pengampunan penuh sekaligus mendapatkan Letty kembali. Hidupnya terasa lengkap. Ada keluarga yang setia, kekasih, dan tentu saja uang yang berlimpah. Ketenangannya terusik karena ternyata Ian Shaw, saudara kandung Owen Shaw, berusaha menuntut balas kepada Dom dan keluarganya.

Owen Shaw terbaring tanpa daya di rumah sakit gara-gara ulah Dom dan keluarganya. Ian Shaw berjanji akan menuntut balas kepada semua orang yang telah melukai adiknya. Di waktu yang sama, Dom dan keluarganya harus menyelamatkan program pemerintah yang akan jadi petaka kalau jatuh ke tangan orang yang salah.

8. The Fate and Furious [2017]

The Fate and Furious

* sumber: www.imdb.com

Film kedelapan ini adalah film paling emosional. Sebelum perilisannya, para penggemar film Fast and Furious harus menerima kabar duka. Paul Walker meninggal karena sebuah kecelakaan mobil. Pada saat kejadian, film ini belum sepenuhnya selesai. Akhirnya adegan yang tersisa diselesaikan dengan bantuan teknologi dan adik Paul Walker.

Dalam film ini, anggota keluarga Dom kaget karena Dom membelot. Dia mengkhianati keluarganya dan terlibat ke dalam aksi terorisme. Ternyata dia dijebak oleh wanita misterius bernama Chiper. Anggota keluarga Dom harus bersatu untuk mengagalkan rencana Chiper yang ingin meluncurkan bom nuklir.

Demikianlah urutan film Fast and Furious yang bisa jadi pilihan kamu mengisi waktu luang. Fast and Furious kurang lebih seperti James Bond atau Mission Impossible yang menyeguhkan cerita berbeda di setiap filmnya, tapi tetap satu benang merah.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *