Bacaterus / Lagu Romantis / Baper Abis, 10 Lagu Tentang Relakan Cinta untuk Orang Lain

Baper Abis, 10 Lagu Tentang Relakan Cinta untuk Orang Lain

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Tidak mudah memang jika mesti merelakan seseorang yang membuat kamu jatuh hati untuk bersanding dengan orang lain. Tapi tenang, ada berita baik untuk kamu yang sedang patah hati karenanya. Hasil riset ahli dari Monmouth University, New Jersey, Amerika Serikat menemukan bahwa seseorang dapat move on dari patah hati hanya dalam waktu 3 bulan saja.

Lucunya, sebuah studi lain yang diterbitkan di Journal of Scientific Report menyebutkan, mendengarkan lagu sedih saat patah hati justru akan sangat membantu kamu untuk memulihkan perasaan dengan lebih cepat.

Lagu Tentang Relakan Cinta untuk Orang Lain

* sumber: www.independent.co.uk

Jadi, sepertinya tidak ada salahnya bila sekarang, kami akan berbagi daftar lagu tentang merelakan seseorang untuk orang lain. Supaya kamu yang mengalami bisa cepat move on.

1. Jealous – Labrinth


Memang, kebanyakan orang menganggap bahwa lagu ini merupakan sebuah ungkapan galau yang luar biasa. Suara Labrinth yang khas dan denting pianonya memang bikin hati bergetar. Bukan apa-apa, lagu dari Labrinth ini bisa dibilang memang menggambarkan bagaimana suasana hati seorang pria yang merelakan seseorang yang ia kasihi pergi dari sisinya.

Memang, syair dari penyanyi asal Inggris ini tidak terang-terangan mengatakan bahwa mantan kekasihnya telah bersama orang lain, tapi secara ‘tipis-tipis’ ia mengungkapkan rasa cemburunya sekaligus kerelaan jika memang dia telah bersanding dengan yang lain. Intinya, lagu yang dirilis pada tahun 2014 ini mengungkapkan rasa ‘legowo’ atas perasaan kehilangannya.

Best line: ‘And I told you when you left me, there’s nothing to forgive

2. Biar Menjadi Kenangan – Reza Artamevia ft. Masaki Ueda


Sebenarnya, lagu yang dirilis pada tahun 2000 ini mengisahkan tentang cinta segitiga atau perselingkuhan. Ada gambaran yang menyiratkan bahwa sang wanita yang diwakili oleh Reza Artamevia sepertinya sudah kadung merasa memiliki. Namun, sang pria memilih untuk melepaskannya, bahkan mengakui bahwa mereka tidak bisa menjadi sepasang kekasih. Sadis.

Tapi, lirik yang dilantunkan Masaki Ueda juga menjelaskan bahwa sang pria memang sudah ada yang punya, guys. Hingga akhirnya, demi kebaikan bersama, pasangan dalam lagu ini memilih untuk saling merelakan. Biar Menjadi Kenangan terdapat dalam album kedua Reza yang bertitel Keabadian, dan diproduseri oleh Ahmad Dhani.

Best line: ‘Aku dan kamu takkan tahu, mengapa kita tak berpisah. Walau kita takkan pernah satu’

3. When I Was Your Man – Bruno Mars


Ketika terlambat menyadari bahwa diri kamu sendiri adalah penyebab hubungan kalian berakhir, hingga harus merelakan si dia bersama yang lain. When I Was Your Man bisa dikatakan sebuah ungkapan penyesalan seorang pria karena ketidaksempurnaannya dalam mencintai. Hingga akhirnya, ia hanya bisa meratapi, lantas merelakan kenyataan bahwa pasangannya telah bersama dengan orang lain.

When I Was Your Man adalah salah satu lagu yang berada dalam Unorthodox Jukebox, album kedua Bruno yang dirilis pada tahun 2012. Lagu ini ia ciptakan saat dihantui oleh rasa takut akan kehilangan kekasihnya, Jessica Caban. Pelajaran yang dapat dipetik dari lagu ini adalah, curahkan perasaan dan waktumu untuk si dia, selama kalian masih memadu asmara, sebelum menyesal nantinya.

Best line: ‘My pride, my ego, my needs, and my selfish ways. Caused a good strong woman like you to walk out my life

4. Demi Cinta – Kerispatih


Harus diakui, ketika kamu simak lagu ini seraya menyerapi liriknya dengan seksama apalagi sembari menyaksikan video klipnya yang memilukan, dijamin kamu akan menemukan bahwa lagu ini memang membuat hati ‘ambyar’. Lagu milik Kerispatih era Sammy Simorangkir sebagai vokalis ini dirilis pada tahun 2008.

Coba deh, baca bait-bait awal dari Demi Cinta. Disitu, Badai dan kawan-kawan menyiratkan bahwa lagu yang mereka bawakan ini adalah tentang sebuah hubungan cinta yang berkesan ‘tidak sehat’. Sehingga, sang pria akhirnya memilih untuk merelakan kekasihnya bersama orang lain yang ia nilai, akan membuat sang wanita memiliki kehidupan asmara lebih baik.

Best line: ‘Jika memang ini yang terbaik untuk diriku dan dirinya kan ku t’rima semua demi cinta’

5. Someone Like You – Adele


Setelah terpaksa merelakan si mantan bersanding dengan orang lain, mungkin kamu juga setidaknya berharap bahwa hubungan kalian –sebagai orang yang saling mengenal- akan baik-baik saja. Kurang lebih, hal itulah yang disampaikan dalam lirik yang dilantunkan penyanyi asal Inggris, Adele dalam lagunya yang sangat terkenal ini.

Someone Like You menuturkan bagaimana seorang wanita yang telah merelakan perpisahannya dengan sang mantan kekasih yang kini telah menikah. Dalam liriknya, Adele juga dengan lantang menyampaikan bahwa si wanita sanggup menemukan seseorang yang kurang lebih sama dengan mantannya tersebut. Dan selalu berharap yang terbaik untuk orang yang pernah mampir dalam kehidupannya itu.

Best line: ‘Never mind, I’ll find someone like you. I wish nothing but the best for you, too

Baca juga: 10 Lagu Sedih Tentang Cinta Bertepuk Sebelah Tangan

6. Sempat Memiliki – Yovie & Nuno


Yovie Widianto adalah salah satu maestro musik tanah air yang selalu sukses membuat kita untuk memutar lagunya berulang-ulang tanpa merasa bosan sambil terus bersenandung. Dan, Sempat Memiliki merupakan salah satu lagu ciptaannya yang menceritakan tentang merelakan seseorang yang telah bersama dengan orang lain.

Meski lagu yang diluncurkan pada tahun 2007 ini terdengar seperti mencurahkan rasa kehilangan yang teramat dalam, kita juga dapat mengetahui bahwa kemudian, sang pria dapat merelakan perpisahan dirinya dengan sang kekasih. Lantas, ada ungkapan rasa rindu, malahan perasaan ‘masih sayang’ tersirat di dalamnya.

Best line: ‘Engkau mengatakan merindukan diriku lagi. Ingin kusampaikan, ku tak hanya sekedar itu’

7. I Will Always Love You – Whitney Houston


Salah satu lagu klasik yang ada di daftar lagu-lagu tentang merelakan seseorang untuk orang lain. Diciptakan dan dibawakan oleh penyanyi country legendaris Dolly Parton pada tahun 1974, pada tahun 1992, salah satu diva dunia yaitu mendiang Whitney Houston membawakan kembali lagu ini sebagai soundtrack utama film yang ia bintang bersama aktor kawakan Kevin Costner, yaitu The Bodyguard. Lagu lama yang tidak bisa tidak untuk dimasukkan saat berbicara tentang merelakan seseorang untuk orang lain.

Dari bait-bait awal liriknya saja, kita akan langsung tahu, tentang apa lagu ini sebenarnya. Keunikan dari lagu ini adalah, sang wanita terang-terangan mengatakan bahwa dia akan melepas kekasihnya karena ia tahu, sang kekasih tidak lagi mencintainya. Tapi di satu sisi, refrain-nya mengatakan bahwa si wanita tetap mengasihi mantan kekasihnya tersebut.

Best line: ‘So, goodbye. Please, don’t cry. We both know I’m not what you, you need

8. Cinta Sendiri – Kahitna


Pemenang dari daftar lagu kali ini adalah Yovie Widianto. Kami terpaksa harus menahan beberapa lagu ciptaan keyboardist Kahitna dan Yovi & Nuno ini untuk tidak dimasukkan. Karena bisa-bisa, lagu karya beliau akan mendominasi daftar kita ini, guys. Cinta Sendiri dari Kahitna mengisahkan tentang cinta yang bertepuk sebelah tangan, hingga akhirnya, si pria memilih untuk mundur teratur.

Bagi kamu mengalami cinta yang ‘digantung’, atau tengah berada dalam situasi ‘friendzone’, mungkin lagu ini akan terasa sangat menohok. Jika itu adalah kamu, silahkan dengarkan lagu ini dengan menanggung resiko sendiri. Lantas, tentu saja konklusi dari lagu ini adalah, sang pria memilih untuk beranjak, merelakan pasangannya dengan orang lain.

Best line: ‘Biar aku yang pergi bila tak juga pasti. Adakah selama ini aku cinta sendiri’

9. Lose You To Love Me – Selena Gomez


Terpaksa melepaskan meski masih sayang, atau, saking cintanya terpaksa merelakan kekasihnya bersama orang lain, mungkin menjadi tema beberapa lagu dalam daftar kita. Jika berbicara tentang merelakan seseorang untuk orang lain, lagu milik Selena Gomez yang dirilis pada tahun 2019 ini menyampaikan pesan tersebut dengan tegas. Malahan, cukup lantang.

Dengan meyakinkan, Selena Gomez melantunkan lagu yang mengungkapkan bahwa dirinya akan merasa lebih baik tanpa kehadiran sang kekasih dalam kehidupannya. Tanpa mengajak pendengarnya untuk menjadi mellow, lirik lagu ini mengatakan bahwa si wanita harus merelakan kekasihnya bersama orang lain, agar dia dapat lebih mencintai dirinya sendiri. Pesan yang cukup dalam memang.

Best line: ‘We’d always go into it blindly. I needed to lose you to find me

10. Apalah (Arti Menunggu) – Raisa


Raisa pernah membawakan ulang lagu Mantan Terindah karangan Yovie Widianto –yang nyaris masuk dalam daftar ini- dan tampaknya, kita harus mulai menyematkan gelar ‘raja move on’ untuk sang keyboardist. Apalah (Arti Menunggu) merupakan single pertama Raisa ketika penyanyi cantik ini baru saja memulai karirnya di tahun 2011.

Lagu ini adalah hasil ciptaan Adrianto Ario Seto yang juga merupakan salah satu produser dari album Raisa yang memiliki titel sama dengan nama sang musisi. Mungkin bisa dikatakan, lagu ini sebuah pernyataan ‘lelah mencintai’ dari seorang wanita karena kemungkinan, kekasihnya lambat laun telah berpaling hati. Sehingga, ia memilih untuk merelakan kehilangan pasangannya itu.

Best line: ‘Dahulu kaulah segalanya. Dahulu hanya dirimu yang ada di hatiku. Namun sekarang aku mengerti, tak perlu ku menunggu sebuah cinta yang semu’

Bagaimana, apakah daftar lagu-lagu kita kali ini dapat melengkapi playlist lagu galau kamu di Spotify? Meskipun kebanyakan lagu-lagu tersebut hadir dengan nada yang mendayu-dayu, beberapa diantaranya juga justru menebar aura positif bagi mereka yang mendengarnya.

Tentu saja tidak baik untuk terus larut dalam kesedihan. Namun, jangan juga kamu sok strong dalam menghadapi patah hati kamu seperti berusaha melawan atau malah melarikan diri dari perasaan itu. Karena daftar lagu kita kali ini cukup bikin perasaan bonyok, kamu boleh mencurahkan sedikit perasaan kamu di kolom komentar yang ada di bawah.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *