Bacaterus / Lagu Romantis / 10 Lagu Sedih Tentang Cinta Bertepuk Sebelah Tangan

10 Lagu Sedih Tentang Cinta Bertepuk Sebelah Tangan

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Apakah ada yang lebih menyakitkan selain momen ketika kamu menginginkan seseorang, tapi orang tersebut tidak menginginkanmu kembali? Atau, pernahkah kamu mengejar seseorang yang kamu sukai, tapi seseorang itu tidak peduli sedikit pun denganmu?

Sepertinya setiap orang pernah merasakannya, paling tidak sekali dalam hidupnya. Hal ini bisa membuat kamu jadi nggak mood ngapa-ngapain, inginnya menyendiri, dan dengerin lagu melow.. Iya, gak?

Demi hati-hati yang retak, Bacaterus udah ngumpulin 10 lagu wajib patah hati yang bisa jadi national anthem kamu. Karena, terkadang dengan mendengarkan dan menyanyikan lagu galau, kesedihanmu bisa tercurahkan dan itu akan membantumu untuk bangkit lagi. Inilah 10 lagu tentang cinta bertepuk sebelah tangan yang baperin banget.

1. Dewa – Pupus

* sumber: www.dream.co.id

Sepertinya seluruh masyarakat +62 bakal setuju kalau lagu “Pupus” milik band Dewa ini merupakan lagu wajib buat para pejuang cinta sendiri. “Aku mencintaimu lebih dari yang kau tahu, Meski kau takkan pernah tahu. Aku persembahkan hidupku untukmu, Telah kurelakan hatiku padamu, Namun kau masih bisu diam seribu bahasa..“. Beuh, syahdu banget.

Ketika kamu sudah mengorbankan segalanya buat dia, tapi dia sama sekali tidak menyadari perbuatanmu. Atau, lebih parahnya dia sadar, tapi pura-pura tidak tahu. Sangat menyakitkan, bukan? Liriknya yang puitis, dalam, dan melodi yang sendu, “Pupus” adalah lagu paling tepat untuk menyuarakan isi hatimu yang sedang dilanda cinta satu sisi.

Dengerin juga: Dewa – “Risalah Hati” & “Pupus” by Hanin Dhiya

2. Ada Band – Haruskah Kumati

Mati.. Terdengar berlebihan memang, mati demi orang lain. Tapi, maksud Ada Band denngan lagu mereka yang berjudul “Haruskah Kumati” ini bukan mendukung hal itu, loh! Lagu ini penuh metafora, dan juga hiperbola. Jangan sampai kamu beneran mati demi cinta, deh, nggak banget. Ingat, jodohmu sudah dipersiapkan Tuhan, dan dia akan dikirim padamu saat waktunya tepat. Jadi, bersabarlah, ya?

Author pikir, yang mati di sini bukan raga, tapi jiwa. Maksudnya, karena terus-terusan tidak dihargai perjuangannya, kamu pun kehilangan kepercayaan diri dan juga semangat, sehingga jiwamu pun mati. “Haruskah ‘ku relakan hidupku? Hanya demi cinta yang mungkin bisa membunuhku?“. Tentu saja jawabannya: tidak.

Dengerin juga: “Setengah Hati” by Ada Band. Lagu ini kuran glebih sama, tentang cinta yang bertepuk sebelah tangan. Atau lebih tepatnya, ketika pasangan kita sudah berkurang rasa cintanya dan beralih tidak setia. Sedangkan kamu masih berusaha bertahan.

3. Maliq & d’Essential – Untitled

Penggemar jazz, ada lagu galau paling kece buatmu. Maliq & d’Essential merilis lagu berjudul “Untitled” pada tahun 2005 silam. Judulnya memang untitled, alias tidak berjudul, jadi jangan bingung. Justru, ini daya tariknya.

Ketika biasanya lagu harus memiliki judul yang menarik dan mudah diingat agar lebih komersil, beberapa musisi malah meutuskan untuk memberi judul untitled untuk lagunya, termasuk Maliq & d’Essential.

Lagu yang tak berjudul dari Maliq ini mengisahkan cinta yang tak berbalas. Rasa kagum yang berubah jadi suka, lalu ego pun lahir dan rasa ingin memiliki tak terbendung lagi. Padahal, kamu baper juga karena dia membuka pintu masuk. Tapi, ternyata itu semua hanya mixed signal saja…

Ketika, Kurasakan sudah, Ada ruang di hatiku yang kau sentuh. Dan ketika, Ku sadari sudah, Tak selalu indah Cinta yang ada. Mungkin memang Ku yang harus mengerti, Bila ku bukan yang ingin kau miliki..

4. Taylor Swift – You Belong With Me

Swifties! Sepertinya kita semua tahu, kalau Taylor Swift itu ratunya lagu jatuh cinta dan lagu patah hati juga, paket lengkap, deh. Lagu-lagu Tay seringkali berdasarkan pengalamannya sendiiri, jadi, lagu-lagunya ngena banget! Seperti lagu “You Belong With Me” yang dirilis pada tahun 2008 ini. Dengan genre pop country, lagu ini sebenanrya terdengar seperti fun song. Tapi, liriknya broooow, sediiiiii.

Jika dilihat dari music video-nya, lagu ini menceritakan kisah cinta sahabat sejak kecil. Sayangnya rasa suka ini hanya satu arah (ataukah begitu?). Ketika kamu adalah si cupu di sekolah, yang menyukai si ganteng famous.

Keadaan diperparah dengan gebetan kamu sudah punya pacar dan dia tipe Regina George alias it girl di sekolah (dan kebetulan evil juga). Tapi, di akhir MV-nya mereka happy ending, kok, and I hope you get your own happy ending too someday!

Dengerin juga: Taylor Swift – “Teardrops On My Guitar”

5. Kahitna – Andai Dia Tahu

Andai dia tahu..“, dari judul dan penggalan liriknya saja sudah ketebak banget ini lagu tentang apa. “Andai Dia Tahu” kebetulan merupakan lagu klasiknya Kahitna yang masih sering didengarkan oleh orang-orang sampai sekarang. Bahkan masih banyak yang suka cover juga.

Lagu legendaris, sih, ini. Kamu akan dibawa flashback pada masa sekolah ketika kamu naksir teman atau mungkin kakak kelasmu. Tapi, mereka tidak tahu perasaanmu, atau bahkan tidak tahu kamu sama sekali.

6. PADI – Kasih Tak Sampai

Padi adalah salah satu band tersohor Indonesia. Sempat vakum lama, sekarang Padi kembali dengan nama Padi Reborn, yay! Padi menyanyikan lagu lamanya untuk re-debut ini, salah satunya adalah ” Kasih Tak Sampai”.

Ini adalah lagu yang mereka rilis pada tahun 2001 dengan genre indie alternatif. Kasih tak sampai bukan berarti belum confess dalam lagu ini, tapi rasa cinta yang telah tersampaikan, tapi tidak bisa menuju akhir yang diidamkan.

7. UNGU – Cinta Dalam Hati

Cidaha.. alias Cinta Dalam Hati. Lagu yang dilantunkan oleh band Ungu ini sempat ngehits pada masanya, menjadi lagu andalan para ABG masa itu untuk bergalau ria. “Mungkin ini memang jalan takdirku, Mengagumi tanpa dicintai“.

Lagu ini mengajarkan, kalau cinta tak harus selalu berbalas maupun memiliki. Karena, seseorang bisa datang ke hidupmu untuk membuatmu jadi lebih dewasa, jadi semangatlah!

8. Sheila On 7 – Berhenti Berharap

Sheila On 7 punya lagu buat sahabat, buat selingkuhan, dan buat kamu yang sedang patah hati. “Berhenti Berharap” yang dirlis pada tahun 2003 ini menjadi Ost. film “30 Hari Mencari Cinta”, loh. Sama seperti lagu Ada Band di atas, lagu SO7 yang satu ini juga penuh metafora dan hiperbola.

Tapi, itu yang menggambarkan betapa dalamnya rasa sakit hati dan kecewamu terhadapnya. Lagu ini menggambarkan akhirnya kamu jadi bigger person, bisa dimengerti dari lirik “Aku pulang tanpa dendam. Kuterima kekalahanku, Kusalutkan kemenanganmu“.

Dengarkan juga: Sheila On 7 – “Pemuja Rahasia”

9. James Arthur – Can I Be Him

Sekarang ada lagu dari musisi pop asal Inggris, James Arthur. single “Can I Be Him” ia rilis dalam album keduanya yang bertajuk “Back from the Edge”. Sepertinya James benar-benar pop off di sini. Ia mengerahkan yang terbaik, hingga kita sebagai pendegar bisa merasakan rasa rindu yang James selipkan ke dalam lagunya. Liriknya seperti ini:

I swear that very word you sing, you wrote them for me, like it was a private show
But I know you never saw me
When the lights come on and I’m on my own, will you be there to sing it again?
Could I be the one you talk about in all your stories, can I be him?

10. Adele – Chasing Pavements

* sumber: www.bbc.co.uk

Terakhir, ada lagu dari diva dunia, Adele. Lagu-lagu Adele selalu berkenaan tentang patah hati, dan itu ditelan mentah-mentah oleh semua orang secara global karena penyampaian Adele yang luar biasa. Suara Adele yang sangat indah dan powerfull, lirik lagunya yang dalam, melodi lagu yang high class, tidak ada orang yang tidak suka lagu Adele.

Lagunya Adele yang berjudul “Chasing Pavements” ini diilhami dari pengalaman pribadi Adele yang diselingkuhi oleh kekasihnya dulu. Lagu ini menyiratkan rasa cintanya yang penuh untuk kekasihnya, tapi ia tidak mendapatkan perlakuan yang sama. Justru, kekasihnya itu malah mengkhianatinya.

Chasing pavements sendiri berarti mencoba mencapai sesuatu yang sudah ditakdirkan untuk gagal, alias harapan yang tidak ada gunanya. Jika kamu berpikir dengan logika, kamu akan mengatakan menyerah saja.

Tetapi cinta adalah hal yang tidak masuk akal, dan seringkali hati mengatakan jangan menyerah. Lagu ini sangat tepat menggambarkan perasaanmu yang galau mau berhenti atau terus memperjuangkan kisah cintamu.

Ada banyak lagu cinta bertepuk sebelah tangan yang cocok menggambarkan suasana hatimu, tapi 10 lagu di atas adalah lagu terbaik versi Bacaterus. Kalau kamu punya lagu lain yang lebih nyessss bisa tuliskan di kolom komentar, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *