bacaterus web banner retina

10 Lagu yang Pas untuk Didengarkan Saat Hujan Turun

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 23 Desember 2020

Cuaca adalah hal yang cukup sering dikeluhkan. Terlalu panas? Mengeluh. Terlalu dingin? Mengeluh. Begitu pula ketika hujan turun, sering kali kita mengatakan "Yah.. Hujan." Karena, hujan bisa menjadi alasan rencana kita batal hari itu, atau mungkin memori yang tak mau diingat tiba-tiba datang lagi tanpa diundang. Walau, tentu ada saja orang yang menyukai hujan dan menanti-nanti kehadirannya.

Kalau hujan-hujan entah kenapa suasana hati ikut melow.. galau.. Kamu begitu juga, nggak? Wajar saja. Bukan cuma kamu, para musisi juga banyak, kok, yang menulis lagu tentang hujan. Berlindung di bawah atap, mencari kehangatan di antara dentuman suara hujan, kita bisa mendengarkan lagu-lagu pilihan terbaik di bawah ini yang pas banget di dengarkan saat hujan turun.

Ada lagu yang bisa membawa mood makin mendayu-dayu, tapi ada juga yang membangkitkan semangat, kok. Inilah 10 lagu untuk didengarkan saat hujan versi Bacaterus.

1. RM - forever rain

10 Lagu yang Pas untuk Didengarkan Saat Hujan Turun 97

RM dari BTS mengeluarkan mixtape-nya yang teranyar pada tahun 2018 bertajuk "Mono". Total ada tujuh lagu dalam mixtape ini, salah satunya "forever rain". Lagu terakhir dalam mixtape "Mono" ini ada video klip yang bisa kamu tonton di YouTube resmi BTS di BigHit Labels.

"forever rain" adalah lagu dengan tempo yang lambat, tidak seperti rap RM kebanyakan. Lagu ini lebih menekankan penyampaian yang emosional. Meskipun ada berbagai instrumen di sepanjang lagu, yang paling menonjol adalah ketukan drum yang berat dan melodi piano yang tenang. Benar-benar jenis lagu yang cocok didengarkan sambil merenung saat hujan.

Best lyrics: I wish it would rain all day long, because I wish someone else would cry in my stead. I wish it would rain all day long, because then people don’t stare at me.

2. Nadin Amizah - Bertaut

10 Lagu yang Pas untuk Didengarkan Saat Hujan Turun 99

Nadin Amizah adalah penyanyi dan penulis lagu yang sedang naik daun. Gadis kelahiran Bandung pada tahun 2000 ini telah merilis banyak lagu melalui platform Spotify, Apple Music, dan YouTube. Lagu-lagu Nadin dikenal memiliki lirik yang dalam dan tajam, serta permainan diksi yang menarik.

Dalam albumnya yang berjudul "Selamat Ulang Tahun", ada lagu yang diberi panggilan "Bertaut" oleh Nadin. Lagu ini menceritakan ikatan ibu dan anak. Bagi yang kadang 'gengsi' mengungkapkan rasa sayang dan kagumnya pada sang ibu, bisa diwakilkan banget melalui lagu ini.

Best lyrics: Bun, kalau saat hancur ku disayang, apalagi saat ku jadi juara. Saat tak tahu arah kau di sana, menjadi gagah saat ku tak bisa.

3. The Carpenters - Rainy Days and Mondays

10 Lagu yang Pas untuk Didengarkan Saat Hujan Turun 101

The Carpenters adalah grup duo vokalis dan instrumental asal Amerika yang terdiri dari saudara kandung Karen dan Richard Carpenter. Mereka menggabungkan vokal kontralto Karen dengan keterampilan harmonisasi, aransemen, dan komposisi Richard. Menghasilkan gaya musik lembut yang berbeda dari grup kebanyakan pada masa itu.

Sebenarnya dari segi musik dan lirik, banyak lagi The Carpenters yang enak didengarkan saat hujan, tapi pilihan Bacaterus jatuh pada "Rainy Days and Mondays". The Carpenters tahu bahwa tidak ada yang membuat kamu merasa lebih reflektif dan eksistensial selain kombinasi hujan dan hari Senin.

Best lyrics: Talkin' to myself and feelin' old. Sometimes I'd like to quit, nothin' ever seems to fit. Hangin' around, nothin' to do but frown. Rainy days and Mondays always get me down.

4. Banda Neira - Yang Patah Tumbuh, yang Hilang Berganti

10 Lagu yang Pas untuk Didengarkan Saat Hujan Turun 103

* sumber: www.imajidea.com

Banda Neira adalah grup musik ber-genre folk yang terdiri dari Ananda Badudu dan Rara Sekar. Berawal dari proyek 'iseng-isengan' saja, grup ini berhasil menciptakan beberapa hits seperti "Di Atas Kapal Kertas", "Ke Entah Berantah", "Kau Keluhkan", "Sampai Jadi Debu", dan "Yang Patah Tumbuh, Yang Hilang Berganti".

Lagu yang terakhir kami sebutkan dirilis pada tahun 2016 silam. Lagu ini mengajarkan arti kehidupan dan mengajak kita semua untuk jangan pernah menyerah dengan keadaan. Sayang, grup duo ini telah bubar. Walaupun begitu, kita masih bisa mendengarkan karya mereka melalui banyak platform musik.

Best lyrics: Yang patah tumbuh, yang hilang berganti. Yang hancur lebur akan terobati. Yang sia-sia akan jadi makna. Yang pernah jatuh 'kan berdiri lagi. Yang patah tumbuh, yang hilang berganti.

5. V - Winter Bear

10 Lagu yang Pas untuk Didengarkan Saat Hujan Turun 105

*Sumber: https://soundcloud.com/user-750629603/winter-bear-v

"Winter Bear" adalah single yang dirilis oleh V BTS pada 2019 lalu. Lagu ini secara garis besar romantis. Namun, seiring berjalannya lagu, liriknya menjadi semakin simbolis dan cukup menantang untuk diuraikan. Mungkin kamu sudah tahu dari acara Nat Geo, kalau beruang berhibernasi di musim dingin. Mereka tidur untuk waktu yang lama dan bangun kembali pada musim semi.

Dalam lagu ini, V menulis lirik 'sleeps so happily' pada significant person yang dia maksud, sehingga mengingatkannya pada beruang musim dingin. Di dunia nyatanya, pada waktu kecil dulu, V dipanggil 'honey bear' oleh orang tuanya.

Sehingga metafor beruang ini memiliki arti yang mendalam bagi V sendiri. Tapi, ada juga ARMY (fans BTS) yang berspekulasi kalau lagu ini V persembahkan untuk mendiang neneknya, berharap neneknya beristirahat dalam bahagia.

Best lyrics: Looks like a winter bear, you sleep so happily. Imagine your face say hello to me. 'Til all the bad days they're nothing to me. With you, winter bear.

6. Efek Rumah Kaca - Desember

10 Lagu yang Pas untuk Didengarkan Saat Hujan Turun 107

Pecinta musik indie mana suaranya? Pasti kamu tahu Efek Rumah Kaca, dong. Grup band yang debut pada tahun 2001 ini terdiri dari Cholil Mahmud (vokalis utama & gitar), Poppie Airil (vokalis latar & bass), serta Akbar Bagus Sudibyo (drum & vokal latar).

Lagu-lagu Efek Rumah Kaca dikenal sering menyinggung isu sosial dan lirik yang menyentuh. Saat hujan, coba play lagu mereka yang berjudul "Desember", deh. "Aku selalu suka sehabis hujan di bulan Desember" adalah penggalan liriknya.

Best lyrics: Aku selalu suka sehabis hujan dibulan Desember. Selalu ada yang bernyanyi dan berelegi dibalik awan hitam. Semoga ada yang menerangi sisi gelap ini. Menanti seperti pelangi setia, menunggu hujan reda.

7. Tori Kelly - Paper Hearts

10 Lagu yang Pas untuk Didengarkan Saat Hujan Turun 109

Siapa, nih, tim galau kalau hujan? Buat yang kangen mantan, ada lagu yang recommended banget, nih. Dari Tori Kelly yang berjudul "Paper Hearts". Lagu ini sudah cukup lama dirilis tapi masih enak banget didengar, lebih tepatnya pada 2013 lalu dalam album Tori Kelly "Foreword".

Makna lagu ini adalah, saat kamu mencari dan mengharapkan cinta, orang yang tepat tidak selalu menjadi orang pertama yang kamu temui. Walaupun akhirnya kalian harus berpisah, semoga perpisahan itu tidak membuat hubungan kalian menjadi hancur. Dan, kenangan yang tersisa memang bisa saja pahit, tapi layak untuk dikenang.

Best lyrics: Pictures I'm living through for now, trying to remember all the good times. Our life was cutting through so loud. Memories are playing in my dull mind. I hate this part paper hearts, and I'll hold a piece of yours. Don't think I would just forget about it.

8. Utopia - Hujan

10 Lagu yang Pas untuk Didengarkan Saat Hujan Turun 111

"Rinai hujan basahi aku temani sepi yang mengendap", lirik ini mengawali lagu Utopia yang berjudul "Hujan". Walaupun berisi tentang mantan, lagu ini memiliki musik yang ceria, sehingga membuat kita tidak terlalu galau.

Cocok untuk mengingat memori tentang si dia tapi dalam kenangan yang indah, bukan yang menghancurkan hati. Terutama jika kamu punya sejarah khusus bersama dia saat hujan turun, lirik lagu ini cocok banget dan bakal bikin kamu senyum-senyum sendiri!

Best lyrics: Aku selalu bahagia saat hujan turun. Karena aku dapat mengenangmu untukku sendiri.

9. Sheila On 7 - Berhenti Berharap

10 Lagu yang Pas untuk Didengarkan Saat Hujan Turun 113

* sumber: halonusa.com

Band legendaris Indonesia ini memang selalu menciptakan masterpiece. Semua lagunya terasa relatable banget. Seperti lagu yang berjudul "Berhenti Berharap" ini. Menceritakan dalam sebuah hubungan, jangan mempertahankan seseorang jika mereka memang tidak worth it untuk dipertahankan. Lagu ini mengajarkan kita semua untuk tahu kapan waktunya berhenti berharap.

Best lyrics: Aku berhenti berharap dan menunggu datang gelap. Kenapa ada derita bila bahagia tercipta? Aku pulang tanpa dendam, kuterima kekalahanku, kusalutkan kemenanganmu.

10. Gene Kelly - Singin' in the Rain

10 Lagu yang Pas untuk Didengarkan Saat Hujan Turun 115

* sumber: entertainment.time.com

Lagu klasik yang satu ini nggak boleh kamu lewatkan untuk didengar saat hujan. Penampilan Gene Kelly dalam film klasik ini menceritakan tentang kebahagiaan di balik air yang menetes dari awan. Karena, Gene Kelly sedang merasakan jatuh cinta, jadi dia tidak peduli walaupun cuaca sedang 'tidak bersahabat'. Lagu ini begitu ikonik dan masih sering dinyanyikan ulang oleh penyanyi masa kini dalam pertunjukkan teater.

Best lyrics: I'm singing in the rain. What a glorious feeling, I'm happy again. I'm laughing at clouds so dark up above. The sun's in my heart and I'm ready for love.

Beberapa lagu di atas ada yang berjudul hujan, bertemakan hujan, atau punya melodi dan lirik yang pas buat didengarkan saat hujan. Kalau ultimate song kamu buat didengarkan sambil melamun saat hujan turun apa, nih?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram