10 Lagu yang Pas untuk Didengarkan Saat Hujan Turun

Ditulis oleh Syuri

Cuaca adalah hal yang cukup sering dikeluhkan. Terlalu panas? Mengeluh. Terlalu dingin? Mengeluh. Begitu pula ketika hujan turun, sering kali kita mengatakan "Yah.. Hujan." Karena, hujan bisa menjadi alasan rencana kita batal hari itu, atau mungkin memori yang tak mau diingat tiba-tiba datang lagi tanpa diundang. Walau, tentu ada saja orang yang menyukai hujan dan menanti-nanti kehadirannya.

Kalau hujan-hujan entah kenapa suasana hati ikut melow.. galau.. Kamu begitu juga, nggak? Wajar saja. Bukan cuma kamu, para musisi juga banyak, kok, yang menulis lagu tentang hujan. Berlindung di bawah atap, mencari kehangatan di antara dentuman suara hujan, kita bisa mendengarkan lagu-lagu pilihan terbaik di bawah ini yang pas banget di dengarkan saat hujan turun.

Ada lagu yang bisa membawa mood makin mendayu-dayu, tapi ada juga yang membangkitkan semangat, kok. Inilah 10 lagu untuk didengarkan saat hujan versi Bacaterus.

1. RM - forever rain

RM dari BTS mengeluarkan mixtape-nya yang teranyar pada tahun 2018 bertajuk "Mono". Total ada tujuh lagu dalam mixtape ini, salah satunya "forever rain". Lagu terakhir dalam mixtape "Mono" ini ada video klip yang bisa kamu tonton di YouTube resmi BTS di BigHit Labels.

"forever rain" adalah lagu dengan tempo yang lambat, tidak seperti rap RM kebanyakan. Lagu ini lebih menekankan penyampaian yang emosional. Meskipun ada berbagai instrumen di sepanjang lagu, yang paling menonjol adalah ketukan drum yang berat dan melodi piano yang tenang. Benar-benar jenis lagu yang cocok didengarkan sambil merenung saat hujan.

Best lyrics: I wish it would rain all day long, because I wish someone else would cry in my stead. I wish it would rain all day long, because then people don’t stare at me.

2. Nadin Amizah - Bertaut

Nadin Amizah adalah penyanyi dan penulis lagu yang sedang naik daun. Gadis kelahiran Bandung pada tahun 2000 ini telah merilis banyak lagu melalui platform Spotify, Apple Music, dan YouTube. Lagu-lagu Nadin dikenal memiliki lirik yang dalam dan tajam, serta permainan diksi yang menarik.

Dalam albumnya yang berjudul "Selamat Ulang Tahun", ada lagu yang diberi panggilan "Bertaut" oleh Nadin. Lagu ini menceritakan ikatan ibu dan anak. Bagi yang kadang 'gengsi' mengungkapkan rasa sayang dan kagumnya pada sang ibu, bisa diwakilkan banget melalui lagu ini.

Best lyrics: Bun, kalau saat hancur ku disayang, apalagi saat ku jadi juara. Saat tak tahu arah kau di sana, menjadi gagah saat ku tak bisa.

3. The Carpenters - Rainy Days and Mondays

The Carpenters adalah grup duo vokalis dan instrumental asal Amerika yang terdiri dari saudara kandung Karen dan Richard Carpenter. Mereka menggabungkan vokal kontralto Karen dengan keterampilan harmonisasi, aransemen, dan komposisi Richard. Menghasilkan gaya musik lembut yang berbeda dari grup kebanyakan pada masa itu.

Sebenarnya dari segi musik dan lirik, banyak lagi The Carpenters yang enak didengarkan saat hujan, tapi pilihan Bacaterus jatuh pada "Rainy Days and Mondays". The Carpenters tahu bahwa tidak ada yang membuat kamu merasa lebih reflektif dan eksistensial selain kombinasi hujan dan hari Senin.

Best lyrics: Talkin' to myself and feelin' old. Sometimes I'd like to quit, nothin' ever seems to fit. Hangin' around, nothin' to do but frown. Rainy days and Mondays always get me down.

4. Banda Neira - Yang Patah Tumbuh, yang Hilang Berganti

* sumber: www.imajidea.com

Banda Neira adalah grup musik ber-genre folk yang terdiri dari Ananda Badudu dan Rara Sekar. Berawal dari proyek 'iseng-isengan' saja, grup ini berhasil menciptakan beberapa hits seperti "Di Atas Kapal Kertas", "Ke Entah Berantah", "Kau Keluhkan", "Sampai Jadi Debu", dan "Yang Patah Tumbuh, Yang Hilang Berganti".

Lagu yang terakhir kami sebutkan dirilis pada tahun 2016 silam. Lagu ini mengajarkan arti kehidupan dan mengajak kita semua untuk jangan pernah menyerah dengan keadaan. Sayang, grup duo ini telah bubar. Walaupun begitu, kita masih bisa mendengarkan karya mereka melalui banyak platform musik.

Best lyrics: Yang patah tumbuh, yang hilang berganti. Yang hancur lebur akan terobati. Yang sia-sia akan jadi makna. Yang pernah jatuh 'kan berdiri lagi. Yang patah tumbuh, yang hilang berganti.

5. V - Winter Bear

*Sumber: https://soundcloud.com/user-750629603/winter-bear-v

"Winter Bear" adalah single yang dirilis oleh V BTS pada 2019 lalu. Lagu ini secara garis besar romantis. Namun, seiring berjalannya lagu, liriknya menjadi semakin simbolis dan cukup menantang untuk diuraikan. Mungkin kamu sudah tahu dari acara Nat Geo, kalau beruang berhibernasi di musim dingin. Mereka tidur untuk waktu yang lama dan bangun kembali pada musim semi.

Dalam lagu ini, V menulis lirik 'sleeps so happily' pada significant person yang dia maksud, sehingga mengingatkannya pada beruang musim dingin. Di dunia nyatanya, pada waktu kecil dulu, V dipanggil 'honey bear' oleh orang tuanya.

Sehingga metafor beruang ini memiliki arti yang mendalam bagi V sendiri. Tapi, ada juga ARMY (fans BTS) yang berspekulasi kalau lagu ini V persembahkan untuk mendiang neneknya, berharap neneknya beristirahat dalam bahagia.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram