Bacaterus / Lagu Romantis / Lepaskan Rindumu dengan 10 Lagu Tentang LDR Ini, Yuk!

Lepaskan Rindumu dengan 10 Lagu Tentang LDR Ini, Yuk!

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Musik tidak mengenal batasan bahasa maupun jarak. Kamu dan pasanganmu bisa mendengarkan lagu yang sama walaupun berjarak ratusan bahkan ribuan kilometer berjauhan. Rasanya tetap sama, bukan? Tiap lantunan melodi dan lirik dari setiap lagu sangat bisa menyiratkan apa yang ada di hati. Kamu dan si dia bisa tukar kirim lagu yang mewakilkan perasaan rindu masing-masing.

Terkadang sebuah lagu, atau lebih, bisa membantu kamu menikmati kesedihan saat kehilangan kehadiran sang kekasih. Di lain waktu, kamu mungkin membutuhkan lagu yang ceria untuk mengingatkan dan menguatkan hubungan jarak jauh kamu. Bagaimana pun naik turunnya perasaan kamu selama LDR, Bacaterus punya top 10 lagu tentang LDR yang paling pas di hati.

1. RAN — Dekat di Hati

* sumber: hot.detik.com

Kalau ngebahas LDR pasti lagu ini langsung terlintas di benak kamu. Ya, lagu RAN dari album “Hari Baru” yang rilis pada tahun 2013 ini sangat disukai banyak orang. Bahkan lagu ini juga populer di luar negeri dan jadi ‘lagu wajib’ kalau ada musisi luar yang show di sini. Coba kalian ingat-ingat, pasti lagu yang dinyanyikan musisi impor kalau tidak lagu Noah yang “Separuh Aku” pasti lagu RAN yang “Dekat di Hati”.

Seperti 2PM yang membawakan lagu RAN ini sebagai persembahan buat para fans Indonesia. ASTRO juga kalau tidak salah menyanyikan lagu “Dekat di Hati” di konser mereka di Indonesia. Lagu ini memang easy listening, easy to follow, dan liriknya itu ngena banget di hati. Bahkan yang pacarnya lagi nggak jauh juga ikut-ikutan baper mendengarkannya. Lagu ini juga menjadi OST. film “Remember When” (2014).

Liriknya dan music video-nya “Dekat di Hati” memang ditujukkan banget buat para pelaku LDR. Jauh di mata, dekat di hati.. Begitulah reff lagunya. Dengarkan juga 心はすぐそばに (Kokoro Wa Sugu Soba Ni) alias “Dekat di Hati” versi Jepang yang dinyanyikan RAN!

2. Pasto — Aku Pasti Kembali

* sumber: www.smule.com

Kalau lagu ini pas banget dinyanyikan sama pihak yang pergi jauh. Pasto adalah grup musik asal Indonesia yang berdiri pada tahun 2002. Member-nya di antara lain ada Bayu, Rudolph, Meltho, dan Rayen Pono.

Kalau ada yang ingat, Pasto dibentuk dari ajang pencarian bakat “Bintang Cari Bintang” yang tayang di Trans TV pada 2002 silam. Nama Pasto diusulkan oleh mendiang Glenn Fredly karena memiliki arti ‘semangat’ dan ‘tak kenal lelah’. Lirik lagu Pasto “Aku Pasti Kembali” adalah sebagai berikut:

Waktu telah tiba, Aku kan Tinggalkan kamu tuk sementara
Kau dekap aku, Kau bilang jangan pergi
Tapi ku hanya dapat berkata, Aku hanya pergi tuk sementara
Bukan tuk meninggalkanmu selamanya, Aku pasti kan kembali pada dirimu
Tapi kau jangan nakal, Aku pasti kembali

3. Vanessa Carlton — A Thousand Miles

“A Thousand Miles” menceritakan tentang rasa kehilangan orang yang dicintai karena tidak hadir secara fisik di sisinya. Saking rindu dan membutuhkannya, rasanya sanggup walaupun harus berjalan ribuan mil hanya untuk bisa bersama si sayang.

And I need you, And I miss you, And now I wonder If I could fall into the sky. Do you think time would pass me by? Cause you know I’d walk a thousand miles If I could just see you tonight“. Kalau kamu, rela berjalan ribuan mil juga nggak, demi ketemu pacar?

4. Cello — Pergi Untuk Kembali

Pada tanggal 2 Januari 2018 lalu, Ello dinyatakan mendapatkan hukuman 1 tahun penjara akibat penyalah gunaan narkotika. Setelah menghabiskan 9 bulan di tempat rehabilitasi ketergantungan, putra mendiang penyanyi pop legendaris Diana Nasution ini kembali dengan nama baru.

Ia mengubah nama panggungnya dari Ello menjadi Cello, tetap diambil dari namanya sendiri yaitu Marcello Tahitoe. Cello comeback dengan lagu recycle miliknya sendiri yang berjudul “Pergi untuk Kembali”.

Ku akan pergi meninggalkan dirimu. Selamat tinggal kasih, Sampai kita jumpa lagi. Aku pergi takkan lama, Hanya sekejap saja. Ku akan kembali lagi, Asalkan engkau tetap menanti“. Begitulah liriknya. Sepertinya lagu ini juga cocok sekali dengan Cello yang pergi sebentar dan kembali lagi. Cello juga seakan-akan menyanyikan ini untuk kekasihnya, Aurelie Moeremans.

5. Kerispatih — Lagu Rindu

* sumber: medium.com

Sebelum berganti personil, Kerispatih punya banyak sekali lagu hits. Salah satunya adalah “Lagu Rindu”.  Judulnya sudah sangat jelas mendeskripsikan isi lagunya, sih. Lagu ini bercerita tentang seseorang yang merindukan kekasihnya.

Tapi, karena ia tak pandai berkata-kata, ia justru mengungkapkannya lewat lagu. (Justru jadinya lebih romantis, ya?). “Tahukah engkau, wahai langit? Aku ingin bertemu membelai wajahnya“. Saking kangennya, sampai curhat sama alam, kalau kamu gitu juga nggak? Hihi.

6. BTS — Spring Day

Lagu LDR selanjutnya datang dari BTS yang berjudul “봄날 (Spring Day)”. Uniknya, lagu ini cocok untuk menggambarkan rasa kangen pada pasangan, teman, maupun orang tua yang sedang jauh atau sudah pergi selama-lamanya.

Jadi, lagu “Spring Day” ini versatile banget dan cocok didengarkan dalam banyak situasi. Kamu bisa menemukan lagu ini di album BTS yang bertajuk “You Never Walk Alone” yang rilis pada tahun 2017.

I miss you. When I say that, I miss you more. Even though I’m looking at your photo, I still miss you. Time is so cruel, I hate how things go between us. Now seeing each other for once is So hard between us“. Duh, jleb banget nggak, sih, liriknya? Lagu ini memang ajaib.

Selain mengantarkan BTS memenangkan Golden Disk Award Song Division dan Mnet Asian Music Award untuk Video Musik Terbaik, “Spring Day” juga tidak pernah meninggalkan Melon (layanan musik daring, semacam Spotify-nya Korea Selatan) semenjak perilisannya. Hingga kini, belum pernah ada lagu yang bertahan selama “Spring Day” (sudah tiga tahun lebih) di chart.

7. Fiersa Besari — Rumah

* sumber: genius.com

Dikenal sebagai penulis dan telah melahirkan 6 novel, Fiersa Besari juga aktif sebagai content creator dan musisi. Sebelumnya, kiprah Fiersa di dunia musik sudah mulai sejak tahun 2009, di mana ia menjadi vokalis band indie. Debutnya sebagai penyanyi solo dimulai pada tahun 2012 dengan album self-produced-nya.

Lagunya yang berjudul “Rumah” cocok banget dilantunkan buat para pejuang LDR. Inti lagunya kurang lebih sama dengan lagu Pasto, tapi dengan penyampaian dan lirik yang berbeda tentunya. Karena, “Sejauh apa pun kita, Hatiku tertinggal disebelahmu“. So sweet!

8. Marion Jola ft. Rizky Febian — Tak Ingin Pisah Lagi

Pertemuan kedua insan ini di suatu acara membuahkan collabs yang apik. Lagu berjudul “Tak Ingin Pisah Lagi” begitu syahdu dinyanyikan oleh Marion Jola dan Rizky Febian. Chemistry mereka saat bernyanyi dan perform pun sangat harmonis, membuat para pendengar ikut baper alias kebawa perasaan!

Lagu ini juga sangat realistis karena tidak menceritakan manis-manisnya percintaan saja, karena perjalanan cinta tidak selalu mulus. Walaupun begitu, pasangan tersebut bisa menemukan happy ending-nya. Kalau masa LDR-mu sudah berakhir, cocok banget nyanyiin lagu ini berdua dengan pacar, hehe.

9. Simple Plan ft. KOTAK — Jet Lag

Kamu tahu nggak, Simple Plan pernah duet dengan musisi lokal yaitu KOTAK? Lebih tepatnya, Simple Plan menyanyikan lagu hit mereka, yaitu “Jet Lag” bersama KOTAK karena mereka mengadakan konser di Indonesia pada 2012 silam. Konser ini merupakan bagian dari rangkaian tur Simple Plan yang bertajuk “Get Your Heart on Tour Concert”.

Selain berkolaborasi, KOTAK juga menjadi band pembuka pada konser Simple Plan. Mereka juga menyanyikan lagu “Jet Lag” bersama di konser tersebut. Seperti yang jelas tertera pada judulnya, “Jet Lag” menceritakan tentang pasangan yang terpaut jarak dan waktu.

10. Raisa — LDR

Terakhir, ada lagu yang judulnya benar-benar “LDR”. Lagu ini dinyanyikan oleh penyanyi cantik, Raisa. Menurut kabar, Raisa menulis lagu ini atas pengalaman pribadi. Dulu, ia pernah menjalin cinta secara long distance, tapi kandas. Lagu ini juga terinspirasi dari kisah teman-teman Raisa yang menjalani LDR. Lagunya dibuka dengan, “Hallo, Aku kangen”, uwu banget, kan?

Nah, dengan 10 lagu tadi bisa membuat LDR semakin bikin kamu kangen sama orang tersayang, kan? Kalau kamu lebih suka mendengarkan lagu yang mana? Atau punya lagu favorit yang lebi jleb? Bisa beri rekomendasinya di kolom komentar, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *