Bacaterus / Lagu Romantis / Nyelekit & Nyeleneh, 10 Lagu Tentang Drama Perselingkuhan

Nyelekit & Nyeleneh, 10 Lagu Tentang Drama Perselingkuhan

Ditulis oleh - Diperbaharui 23 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Tentunya, ada berbagai alasan yang membuat seseorang selingkuh, selain alasan-alasan standar nan basi seperti ‘kamu beda dibanding dia’, ‘aku juga enggak tahu kenapa…’, ‘itu terjadi begitu saja’, dan…, ya, terserah. Mungkin, kita selalu berpikir bahwa yang diselingkuhi lah yang menjadi korbannya. Tapi menurut kami, belakangan baru akan terlihat bahwa semua adalah korban.

Itulah mengapa, saat mendengar tentang lagu yang bertemakan tentang perselingkuhan, bagai efek pinball, semuanya terkena dampaknya. Tersentuh, tersinggung, marah, atau gundah gulana. Bahkan yang tidak mengalami juga bisa turut merasakan perihnya.

Lagu tentang Perselingkuhan

* sumber: globalnews.ca

Sekarang, kami akan mengajak kamu untuk menyimak daftar 10 lagu yang menyampaikan tentang perselingkuhan. Yuk, coba dengarkan lagu-lagu ini jika kamu memang sedang terlibat dalam drama perselingkuhan.

1. I’m Not the Only One – Sam Smith


Apa yang dinyanyikan oleh Sam Smith akan terdengar begitu melankolis, apalagi dia memiliki suara halus yang mendayu-dayu. Dan ketika ia menyanyikan sebuah lagu dengan tema perselingkuhan, entahlah, mungkin ada yang hingga menangis karena mendengarnya. Berbicara tentang lagu yang mengangkat tema perselingkuhan, I’m not the Only One tentu akan masuk daftar teratas.

Lagu ini merupakan single ketiga dari debut album Sam Smith yang bertitel In the Lonely Hour yang dirilis pada tahun 2014. Dan I’m not the Only One adalah lagu perselingkuhan yang dewasa. Dari awal liriknya, Sam telah menyinggung bahwa cerita perselingkuhan dalam lagunya terjadi dalam sebuah hubungan pernikahan. Yang membuat lagu ini terdengar lirih adalah, karena orang yang diselingkuhi memilih untuk bertahan.

Best Line: ‘I have loved you for many years, maybe I am just not enough

2. Jika Cinta Dia – Geisha


Geisha bisa jadi adalah salah satu ratu mellow Indonesia. Lagu-lagunya tidak jarang begitu menusuk perasaan. Coba saja dengarkan Remuk Jantungku, Lumpuhkan Ingatanku, Terpaksa Sendiri dan lain-lain. Dan pada tahun 2009, Geisha merilis single pertama mereka, Jika Cinta Dia yang merupakan salah satu lagu dalam album perdana milik band asal Riau ini, Anugerah Terindah.

Wajar jika lagu dari Geisha ini memang cukup membuat hati terkoyak. Karena, liriknya menuturkan tentang bagaimana begitu perihnya seorang wanita yang mengetahui bahwa pasangannya telah berselingkuh. Di tambah lantunan suara Momo yang khas dan berkesan manja, Jika Cinta Dia bisa menjadi sebuah anthem bagi mereka yang tengah diselingkuhi.

Best line: ‘Kau datang padanya tak pernah kutahu, kau tinggalkan aku disaat ku butuh kan mu’

3. Part of Me – Katy Perry


Penyanyi ini kadang tampil dengan gaya yang unik, mungkin sedikit nyeleneh, tapi harus kita akui bahwa lagu-lagu dari kekasih aktor tampan Orlando Bloom ini memang bukan hanya enak, tapi juga asyik dan tentu saja romantis. Dan rupanya, Katy Perry memiliki cara sendiri untuk mengungkapkan tentang hubungan perselingkuhan.

Part of Me merupakan single utama Katy dari album Teenage Dream: The Complete Confection, sebuah album re-issue dari album Teenage Dream yang dirilis pada tahun 2012. Berhasil menembus peringkat pertama di tangga lagu Billboard, Part of Me mendendangkan tentang seseorang yang menolak untuk di madu, dan memilih untuk meninggalkan pasangannya.

Best line: ‘Throw your sticks and your stones, throw your bombs and your blows, but you’re not gonna break my soul

4. Sephia – Sheila on 7


Pada masanya, anak gaul tahun 2000 akan menyebut selingkuhan seseorang dengan kode: ‘Sephia’. Alasannya, tentu saja karena lagu dari band asal Yogyakarta ini. Sephia memang menceritakan tentang seorang pria yang memiliki wanita idaman lain yang bernama sesuai judulnya. Namun, lagu ini mengisahkan tentang bagaimana sang pria memilih untuk meninggalkan selingkuhannya tersebut.

Namun ternyata, ada cerita yang sedikit seram dibalik penciptaan lagu yang ditulis oleh Eross, gitaris SO7 ini. Di kutip dari Kompasiana, konon, Eross menulis lagu tersebut karena terinspirasi dari fansnya yang telah meninggal dunia.  Entah benar atau tidak, yang jelas, Sephia adalah salah satu lagu memorable bagi para remaja akhir 90-an hingga awal 2000 sebagai ‘lagu kebangsaan’ tentang perselingkuhan.

Best line: ‘Kekasih sejatimu takkan pernah sanggup untuk melupakanmu’

5. Cry Me A River – Justin Timberlake


Standar sih, mungkin ada diantara kamu yang sepertinya telah mencurahkan segala perasaan dan perhatian untuk si dia, tapi tahu-tahu saja dia malah memilih ‘pergi’ dengan orang lain. Lantas, setelah kamu memilih untuk bertindak, dia malah mengemis-ngemis minta untuk dimaafkan. Jangan langsung memutar lagunya karena merasa related. Kita berbincang-bincang dulu sejenak.

Kasus di atas adalah yang dikisahkan oleh Justin Timberlake dalam lagunya ini. Cry Me A River merupakan lagu hasil garapan JT bersama produser kenamaan Timbaland. Lagu yang terdapat dalam debut album JT yang diberi judul Justified ternyata terinspirasi dari hubungan terdahulu suami dari Jessica Biel ini, dengan mantan kekasihnya, siapa lagi kalau bukan Britney Spears. OK, silahkan putar lagunya.

Best Line: ‘Now you tell me you need me when you call me on the phone. Girl, I refuse. You must have me confused with some other guy

Baca juga: 10 Lagu Tentang Cinta Terlarang, untuk Dia yang Tak Bisa Dimiliki

6. Aku Bukan Pilihan – Iwan Fals


Kita sudah membahas tentang beberapa lagu bertemakan perselingkuhan yang memiliki gaya penyampaian dan dari sudut yang berbeda-beda. Bagaimana jika musisi legendaris Indonesia seperti Iwan Fals yang membuat lagu bertemakan perselingkuhan? Ternyata tidak kalah mendayu-dayu dan mencakar hati rasanya.

Meski membuat yang mendengarnya auto baper, Iwan Fals yang dahulu terkenal akan lagu-lagu kritik sosialnya menyampaikan ketegasan dibalik kegundahan dan pertanyaan tentang menjadi orang ketiga. Aku Bukan Pilihan merupakan sikap hati seorang pria yang memilih lebih baik kehilangan orang yang dikasihinya dari pada terlibat dalam cinta segitiga.

Best line: ‘Tinggalkan saja diriku yang tak mungkin menunggu jangan pernah memilih, aku bukan pilihan’

7. Unfaithful – Rihanna


Pada tahun 2006, Rihanna melepas album keduanya yang diberi judul A Girl Like Me. Unfaithful merupakan single kedua dalam album tersebut yang bercerita tentang perselingkuhan. Namun uniknya, Rihanna disini menyampaikan suara hati seseorang yang lebih memilih untuk tidak melanjutkan hubungan gelapnya.

Meskipun terdengar mellow dengan menampilkan nada-nada minor, dan dengan judul yang dalam Bahasa Indonesia begitu gamblang ‘tidak jujur’, Unfaithful justru menyiratkan ketegasan bahwa sebuah perselingkuhan begitu menyakitkan bagi mereka yang diduakan. Atau singkatnya, lagu ini melantunkan tentang seseorang yang kapok dalam menjalani hubungan terlarang.

Best line: ‘And I know that he knows I’m unfaithful. And it kills him inside

8. Salah – Potret


Melly Goeslaw merupakan salah satu maestro musik tanah air yang terkenal akan lagu-lagunya cintanya yang bisa bikin kita ‘termehek-mehek’. Contohnya, lagu-lagu ciptaannya yang didedikasikan untuk film Ada Apa Dengan Cinta, juga Cinta Sejati yang dilantunkan oleh Bunga Citra Lestari. Namun bersama Potret, Teh Melly seringkali menghadirkan lagu yang agak nyeleneh.

Selingkuh-menyelingkuhi. Mungkin itulah yang disampaikan oleh Potret dalam lagu yang dirilis pada tahun 1997 ini. Terdapat dalam album Potret II, Salah menjadi single utama album kedua grup band yang digawangi oleh Teh Melly bersama sang suami Anto Hoed, Aksan Sjuman, Nikita Dompas, dan Merry Kasiman. Kisah perselingkuhan yang impas. Bisa dibilang seperti itu.

Best line: ‘Selama ini aku pun mendua tapi kau tak tahu, sayang’

9. One Last Time – Ariana Grande


Agak lucu memang saat membaca lirik lagu milik Ariana Grande yang satu ini. Kurang lebih, lagu ini menyampaikan pengakuan seorang gadis yang tidak sempurna dalam mencintai kekasihnya. Sehingga, akhirnya sang kekasih pun selingkuh. Si gadis pun memohon untuk diberi kesempatan terakhir untuk membuktikan bahwa ia sebenarnya mencintai kekasihnya itu.

Lantas, seperti ada pesan tersirat bahwa sang gadis juga melakukan perselingkuhan. Sekali lag,  sepertinya ini adalah masalah selingkuh-menyelingkuhi. Lagu yang terdapat dalam album kedua Ariana yang berjudul My Everything ini merupakan ciptaan DJ kenamaan asal Perancis, David Guetta. Tentu saja tidak ada kesan sedih dalam lagu karena menghadirkan irama electronic dance music yang ceria.

Best Line: ‘Baby, I don’t care if you got her in your heart. All I really care is you wake up in my arms’

10. Cemburu – Dewa 19


Curhat orang ketiga. Mungkin itu adalah kata-kata yang tepat untuk menggambarkan lagu dari salah satu band kenamaan Indonesia, Dewa 19 ini. Menjadi salah satu lagu dalam album Bintang Lima, Cemburu terasa kocak karena menggambarkan bagaimana emosi yang meluap-luap dari seseorang melihat pasangannya bermesraan dengan… kekasih aslinya…

Ya, agak sedikit membingungkan memang. Siapa juga yang menyuruh untuk menjadi selingkuhan. Tapi disitulah letak keunikan lagu ini. Dan kali ini, Ahmad Dhani dan kawan-kawan tidak menyampaikan kisah cinta segitiga dengan aransemen yang mellow, seperti yang pernah dilakukan Dhani bersama Ahmad Band. Aku Cinta Kau dan Dia, masih ingat kan?

Best line: ‘Meskipun aku pacar rahasiamu, meskipun aku selalu yang kedua. Tapi aku manusia yang mudah sakit hatinya’

Mungkin memang beberapa lagu di atas mewakili mereka yang entah berselingkuh, diselingkuhi atau menjadi selingkuhan. Dan tentu saja, setiap orang juga mengambil sikap yang berbeda ketika harus berhadapan dengan kasus seperti ini.

Tidak mengherankan, jika lagu-lagu di atas juga seolah mengungkapkan tentang perselingkuhan dari sudut pandang dan juga, perasaan yang berbeda-beda. Kami tidak menerima curhat, tapi jika kamu ingin menyampaikan sesuatu, ada kolom komentar yang siapa tahu bisa menjadi media untuk menumpahkan apa yang kamu rasakan 😉

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *