Sinopsis & Review Akhirat: A Love Story, Cinta Sejoli di Akhirat

Ditulis oleh Suci Maharani R
Akhirat: A Love Story
3.7
/5
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Pernahkah kamu berpikir, sebenarnya seperti apa sih akhirat itu? Mungkin sedikitnya kamu bisa melihat akhirat dengan cara yang berbeda.

Inilah petualangan Mentari dan Timur, pasangan berbeda keyakinan ini saat menjelajah akhirat sambil mencari jawaban apa yang mereka inginkan. Selama di akhirat, keduanya mendengarkan kisah roh lain sambil berpikir, apakah mereka harus memilih mati atau tidak?

Akhirat: A Love Story (2021) adalah film bergenre fantasi yang ditulis dan disutradarai oleh Jason Iskandar. Film ini mendapatkan rating cukup menjanjikan yaitu 6.9/10 di iMDb dan mendapatkan respon positif dari banyak orang. Salah satunya mengenai kisahnya yang mengharukan, serta kemistri Adipati Dolken dan Della Dartyan yang sangat luar biasa.

Lalu, bagaimana sih kisah Mentari dan Timur saat mereka terjebak di akhirat? Untuk mengetahui jawabannya, kamu wajib membaca sinopsis dan reviewnya di bawah ini.

Sinopsis

sinopsis akhirat a love story_
Tahun Rilis 2021
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Adipati Dolken Della Dartyan

Sudah lama semenjak Mentari (Della Dartyan) dan Timur (Adipati Dolken) menjalin hubungan asmara secara diam-diam.

Sebenarnya alasan kenapa mereka harus backstreet, karena mereka memiliki kepercayaan yang berbeda. Mentari berasal dari keluarga muslim yang hidup serba berkecukupan, keluarganya bisa dikatakan sangat menjaga marwah sebagai umat muslim yang taat.

Sementara Timur terlahir dari keluarga beragama Kristen, di mana sang ibu menjadi salah satu orang penting di gereja. Sejak kecil Timur dan adiknya diajarkan untuk menjadi umat yang taat, makanya mereka bisa tumbuh menjadi anak yang baik dalam kesederhanaan dan tanpa sosok ayah. 

Suatu hari, Timur dan keluarganya tidak sengaja berpapasan dengan keluarga Mentari di salah satu rumah makan padang. Meski ibu mereka terlihat akrab, sebenarnya hubungan mereka tidaklah sebaik saat mereka bercengkrama.

Namun ada satu hal yang menarik perhatian Timur; ia melihat seorang pria duduk disamping Mentari dan hal ini membuatnya cemburu. 

Tak ingin menyembunyikan hubungannya lagi, Timur nekat untuk datang ke perayaan 25 tahun pernikahan orang tua Mentari.

Hal ini membuat Mentari mendapatkan pertentangan dari ibunya, karena ia merasa bahwa Timur bukanlah imam yang cocok untuk sang putri. Begitu pula reaksi ibu Timur, wanita ini merasa Mentari tidak hanya berbeda dari keyakinan, tapi kehidupan mereka juga berseberangan.

Hari itu Timur dan Mentari yang sedang merasa sedih, berniat untuk mencari udara segar sambil menjernihkan pikiran.

Namun kejadian nahas menimpa mereka, malam itu keduanya mengalami kecelakaan hingga keduanya dinyatakan koma. Namun kisah Timur dan Mentari tidak berhenti begitu saja, ternyata mereka kembali dipertemukan di alam lain. 

Timur terbangun sebuah hutan dan mendapati dirinya sedang ditunggui oleh seorang pria yang membawa papan list. Pria itu berkata bahwa Timur berada di “akhirat” dengan status yang belum jelas, pasalnya pria ini belum mati, tapi ia juga tidak hidup.

Timur mengingat soal Mentari, ia mencari tahu apakah sang kekasih juga berada di list yang sama dengannya. 

Namun Timur tidak mendapati nama Mentari, hingga ia berlari tidak karuan di sekitar hutan untuk mencari Mentari. Keduanya dipertemukan lagi, namun mereka sangat bingung kenapa bisa berada di hutan dan di sisi yang berlainan.

Para penjaga mengatakan, bahwa Mentari dan Timur memiliki keyakinan yang berbeda, sehingga jalan akhir mereka pun berbeda. Tak terima dengan hal ini, Timur dan Mentari memutuskan untuk kabur dan mencari jalan untuk bisa kembali ke tubuh mereka.

Perjalan ini membuat mereka bisa kembali ke dunia, namun keduanya hanya bisa menyentuh benda mati. Mereka tidak bisa menyentuh benda hidup maupun berkomunikasi dengan keluarga masing-masing. 

Anehnya mereka bertemu dengan roh lainnya. Bedanya mereka tidak memiliki tanda seperti yang dimiliki oleh Mentari dan Timur.

Dari para roh yang mereka temui, Mentari dan Timur mendapati rasa gundah, ketika harus memilih untuk hidup atau mati? Jika mereka memilih untuk mati, di alam ini mereka bisa bersatu dan tidak akan terpisahkan oleh perbedaan apa pun. 

Timur sudah pasrah dan menginginkan untuk hidup abadi bersama Mentari di alam ini, sementara si perempuan berpikir sebaliknya. Mentari juga ingin hidup bahagia bersama Timur, namun perempuan ini tidak kuasa melihat tangis kesedihan kedua orang tuanya. Kira-kira keputusan apa yang akan dipilih oleh Mentari dan Timur di akhirat ini? 

Cinta Beda Keyakinan yang Dekat dengan Realita

kisah cinta beda keyakinan_

Belakangan ini banyak sekali orang yang membagikan kisah cinta beda agama mereka di beberapa media sosial seperti Twitter.

Ada banyak kisah cinta beda agama yang mengharukan, yang dialami oleh orang biasa hingga para selebriti, sehingga premis yang diangkat dalam Akhirat: A Love Story (2021) memang terasa sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari.

Apalagi belakangan ini wacana soal pernikahan berbeda keyakinan sedang menjadi hot topik di masyarakat. Apa yang terjadi pada Timur dan Mentari dalam film Indonesia ini mungkin sedang dialami oleh beberapa orang, sehingga saat menonton film ini akan timbul perasaan emosional yang besar.

Cinta yang terhalang perbedaan keyakinan memang jauh lebih menyakitkan, karena akhirnya sudah terlihat jelas. 

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram