Bacaterus / Film Barat / Inilah 10 Film Bertema Agama dengan Pesan-Pesan Religius

Inilah 10 Film Bertema Agama dengan Pesan-Pesan Religius

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Cerita dalam sebuah film bisa diangkat dari tema apapun, salah satunya agama. Banyak film-film yang mengangkat tema mengenai satu agama tertentu atau sering juga disebut dengan film bergenre religi. Selain memberi hiburan, film-film semacam ini seringkali juga memberi pesan edukasi dan nilai-nilai religi bagi para penontonnya.

Selain membawa nilai-nilai religi, dari film-film tersebut kita juga bisa belajar mengenai keberagaman umat beragama. Simak 10 rekomendasi film dengan tema agama yang seru untuk ditonton berikut ini!

1. Kingdom of Heaven (2005)

Kingdom of Heaven (2005)

Kingdom of Heaven merupakan film bergenre drama sejarah yang disutradarai oleh Ridley Scoot. Film ini bertabur aktor dan aktris ternama Hollywood, seperti Liam Neeson, Orlando Bloom, Eva Green, dan Edward Norton. Pada tahun perilisannya, film ini juga berhasil memenangkan sejumlah penghargaan.

Film Kingdom of Heaven mengangkat cerita tentang Perang Salib. Perang Salib merupakan perang antar agama yang terjadi di tanah Eropa pada abad pertengahan. Dalam film ini, Perang Salib diceritakan dari sudut pandang seorang pandai besi bernama Balian. Di situs IMDb, film ini memperoleh rating sebesar 7,2.

2. Malcolm X (1992)

Malcolm X (1992)

Malcolm X merupakan nama tokoh muslim yang cukup berpengaruh di dunia dan dikenal karena perjuangannya untuk hak-hak asasi manusia. Kisahnya diangkat dalam sebuah film berjudul Malcolm X di tahun 1992. Film ini disutradarai oleh Spike Lee sementara tokoh Malcolm diperankan oleh aktor Denzel Washington.

Dalam film ini, dikisahkan mulai dari masa Malcolm kecil saat ayahnya yang pendeta dibunuh oleh kaum kulit putih. Malcolm kemudian menjadi pecandu narkoba dan ia mendapat hidayah untuk masuk Islam saat berada di penjara. Semenjak itu, ia aktif dalam memperjuangkan HAM dan kesetaraan. Di situs IMDb, film ini memiliki rating 7,7.

3. The Kite Runner (2007)

The Kite Runner (2007)

The Kite Runner merupakan sebuah film bergenre drama yang diadaptasi dari sebuah novel  karya Khaled Khosseini dengan judul yang sama. Versi film dari The Kite Runner disutradarai oleh Marc Foster dan dibintangi beberapa aktor cilik seperti Khalid Abdalla.

Film The Kite Runner berlatar suasana perang di Afghanistan. Tokoh utama film ini, Amir, adalah seorang anak yang menghabiska masa kecil di Kabul, Afghanistan. Amir ikut menyaksikan kejatuhan monarki, eksodus massal ke Pakistan, hingga munculnya rezim Taliban. Di IMDb, film ini memperoleh rating 7,6.

4. Heaven Is for Real (2014)

Heaven Is for Real (2014)

Film Heaven Is for Real adalah sebuah film drama keluarga yang mengangkat tema dan nilai-nilai agama. Film ini merupakan karya adaptasi dari sebuah buku berjudul sama yang ditulis oleh Pasto Tood Burpo dan Lynn Vincent. Heaven Is for Real disutradarai oleh Randall Wallace dan dibintangi Greg Kinnear serta Kelly Reilly.

Film ini bercerita tentang seorang anak empat tahun yang mengaku berkunjung ke Surga ketika ia tidak sadarkan diri saat melakukan operasi. Dalam perjalanannya menuju Surga, ia mengaku bertemu Yesus dan malaikat-malaikat yang bernyanyi untuknya. Di situs IMDb, film ini memperoleh rating 5,8.

5. The Last Temptation of Christ (1988)

The Last Temptation of Christ (1988)

The Last Temptation of Christ merupakan film karya sutradara kenamaan Hollywood, Martin Scorsese. Film bergenre drama religi ini merupakan adaptasi novel dengan judul yang sama karya Nikos Kazantzakis. Film ini membawa Martin Scorsese masuk menjadi nominasi Best Director pada ajang Academy Award.

Kisah dalam film The Last Temptation of Christ berfokus pada kisah kehidupan Yesus Kristus dan perjuangannya. Dalam film kamu akan melihat bagaimana Yesus berjuang melawan berbagai macam bentuk godaan  yang muncul dari dalam dirinya. Film The Last Temptation of Christ mendapat rating 7,6 di situs IMDb.

6. My Name is Khan (2010)

My Name is Khan (2010)

Bollywood juga memiliki film bertema agama yang cukup menarik perhatian. Film tersebut berjudul My Name is Khan. Film ini dibintangi aktor dan aktris ternama Bollywood seperti  Shah Rukh Khan dan Kajol. Meskipun produksi Bollywood, namun hampir 90% lokasi pengambilan gambar film ini dilakukan di Amerika.

Film My Name is Khan bercerita tentang kisah keluarga Muslim di Amerika yang harus mendapat perlakuan buruk semenjak kejadian 911. Khan, seorang pria Muslim yang juga imigran dari India dan memiliki keterbelakangan mental berniat untuk bertemu presiden Amerika untuk menyatakan dirinya bukan teroris. Film ini memperoleh rating 8 di IMDb.

7. God’s Not Dead (2014)

God’s Not Dead (2014)

Berbeda dengan film-film bertema agama lainnya, film God’s Not Dead memasukkan unsur-unsur religi dan keimanan terhadap Tuhan dalam sebuah film bergenre drama komedi. God’s Not Dead terisnpirasi dari buku dengan judul yang sama karya Rice broocks. Film ini merupakan karya sutradara Harold Cronk dan dibintangi oleh Kevin Sorbo dan Shane Harper.

Dikisahkan Joosh, seorang mahasiswa yang mempertahankan keyakinannya bahwa Tuhan masih hidup pada dosennya yang percaya Tuhan telah mati. Untuk melakukan debat itu, Josh harus mempertaruhkan imannya, hubungan dengan kekasihnya, dan masa depannya dimana ia akan dikeluarkan dari kampus jika kalah berdebat. Film ini memperoleh rating 4,7 dari IMDb.

8. American East (2008)

American East (2008)

American East merupakan film bergenre drama yang rilis pada tahun 2008. Film ini diisutradarai oleh Hesham Issawi dan dibintangi aktor-aktor seperti Sayed Badreya, Tony Shalhoub, dan Sarah Shahi yang menjai tiga pemeran utama yang menceritakan tiga sudut pandang yang berbeda dalam film tersebut.

American East bercerita tentang keluarga muslim yang ingin membuka usaha restoran khas Timur Tengah di kota Los Angeles bersama sahabatnya yang merupakan seorang pebisnis. Di situs IMDb, film ini memperoleh rating 6,3.

9. Body of Lies (2008)

Body of Lies (2008)

Body of Lies adalah film bergenre action thriller yang mengangkat tema agama didalamnya. Film ini disutradarai oleh Ridley Scott dan dibintangi oleh aktor-aktor kenamaan Hollywood, seperti Leonardo DiCaprio dan Russell Crowe. Film Body of Lies berfokus tentang isu terorisme.

Diceritakan Roger, seorang agen CIA melacak seorang teroris di Iraq bernama Al-Saleem. Dalam tugasnya, Roger terluka dan membuatnya diobati oleh perawat bernama Aisha. Pertemuannya dengan Aisha menyadarkan Roger bahwa Islam tidak seperti yang dipercayai kebanyakan kaum Barat selama ini. Di situs IMDb, film ini memperoleh rating 7,1.

10. The Ten Commandments (1956)

The Ten Commandments (1956)

Film The Ten Commandments merupakan film bergenre drama sejarah dengan mengangkat kisah agama pada masa Nabi Musa. Film ini disutradarai oleh Cecil B Demille. Film ini berhasil masuk ke dalam tujuh kategori Academy Award tahun 1957, salah satunya adalah nominasi untuk Best Picture.

The Ten Commandments berlatar pada masa Mesir Kuno dan menceritakan mengenai kisah Nabi Musa yang telah mengetahui takdirnya sebagai bangsa Yahudi. Musa atau Moses kemudian menjalani takdirnya dan menerima misi untuk menjadi pembebas bagi bangsanya. Film ini memperoleh rating 7,8 dari IMDb.

Itulah film-film bertema agama dengan nilai-nilai religi yang bisa membuatmu mengenal lebih jauh tentang keberagaman agama yang ada di dunia. Dari 10 film tadi, manakah yang menjadi favoritmu? Bagikan tanggapanmu di kolom komentar ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *