Bacaterus / Film Kriminal / 10 Rekomendasi Film Bertema Penjara, Kamu Wajib Nonton!

10 Rekomendasi Film Bertema Penjara, Kamu Wajib Nonton!

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 September 2019

Penjara memang bukan tempat yang menyenangkan, tapi penjara bisa jadi tema yang menarik untuk difilmkan. Sampai saat ini sudah banyak sekali film tentang penjara dengan berbagai genre, tapi hampir semuanya memiliki inti cerita yang serupa yaitu upaya meloloskan diri atau kabur dari penjara.

Meski demikian, ada juga beberapa film bertema penjara dengan kisah yang sedikit berbeda, bahkan memiliki cerita lucu yang menggelitik. Penasaran dengan filmnya? Yuk, baca dulu 10 rekomendasi film bertema penjara di bawah ini.

1. The Great Escape (1963)

The Great Escape (1963) (Copy)

Film “The Great Escape” merupakan hasil karya sutradara John Sturges dan dibintangi oleh sederet aktor papan atas kala itu, seperti Steve McQueen, James Garner dan juga Richard Attenborough. Film ini sendiri terinspirasi dari kisah nyata tentang upaya pelarian besar-besaran yang dilakukan tentara Inggris dari kamp tawanan milik Jerman saat Perang Dunia II.

Cerita bermula dari sejumlah tentara Inggris yang ditahan di kamp Jerman, termasuk seorang perwira bernama Bartlett yang lihai meloloskan diri. Bartlett kemudian menyusun rencana untuk melarikan diri bersama ratusan tahanan lainnya dengan cara membuat terowongan bawah tanah.

Meskipun diangkat dari kisah nyata, film ini tetap diwarnai sejumlah unsur fiksi. Sang penulis naskah bahkan memasukkan bumbu komedi sehingga film ini terlihat lebih menarik, misalnya pada adegan ketika para tahanan kompak mengecoh sipir agar rencana besar mereka tidak ketahuan.

2. Escape from Alcatraz (1979)

Escape from Alcatraz (1979) (Copy)

Lagi-lagi diangkat dari kisah nyata, film garapan Don Siegel ini terinspirsi dari kisah pelarian tiga narapidana yang berhasil kabur dari Alcatraz, sebuah pulau sekaligus penjara dengan tingkat keamanan super tinggi. Tiga napi tersebut adalah Frank Morris, Clarence, dan John Anglin.

Frank Morris yang merupakan narapidana perampokan bank diperankan oleh aktor kawakan Clint Eastwood. Frank Morris sendiri digambarkan sebagai seorang laki-laki jenius dengan IQ tinggi. Ia kemudian membentuk tim dan mulai menyusun rencana untuk meloloskan diri dari penjara.

Usaha yang dilakukan adalah dengan membuat lubang pada dinding beton dengan sendok yang sudah dimodifikasi sehingga lebih tajam. Usaha meloloskan diri dari penjara pun bukan pekerjaan mudah dan membutuhkan waktu lama. Di dunia nyata, ketiga napi tersebut benar-benar berhasil kabur, hanya saja informasi tentang keberadaan mereka di dunia luar masih simpang siur.

3. The Shawshank Redemption (1994)

The Shawshank Redemption (1994) (Copy)

Film ini menceritakan tentang kehidupan seorang narapidana bernama Andy Dufresne (Tim Robbins) yang berteman dengan napi lain bernama Ellis Redding alias Red (Morgan Freeman). Andy sendiri harus menjalani hukuman seumur hidup setelah dituduh membunuh istri dan selingkuhannya. Tapi kehidupan penjara yang sangat keras membuat Andy jadi bulan-bulanan narapidana lainnya.

Film ini  tak hanya terfokus pada kehidupan narapidana, tapi juga menyorot kebusukan kepala penjara yang punya kejahatannya sendiri.  Dengan cerita yang kompleks,  “The Shawshank Redemption” berhasil menjadi salah satu film terbaik sepanjang masa. Film ini bahkan mendapat rating yang nyaris sempurna dan menuai banyak pujian dari para kritikus film.

4. The Green Mile (1999)

The Green Mile (1999) (Copy)

Film “The Green Mile” memiliki cerita yang sedikit berbeda dari film-film bertema penjara pada umumnya. Bukan soal upaya meloloskan diri, film ini justru lebih fokus pada sosok Paul Edgecomb (Tom Hanks), seorang kepala sipir yang bertugas di penjara khusus tahanan hukuman mati.

Paul lalu bertemu dengan seorang tahanan bernama John Coffey yang dituduh memperkosa dan membunuh anak kecil. Di balik sosoknya yang menyeramkan, John Coffey justru menunjukkan perilaku yang sangat lembut. Ia bahkan mau menolong orang dengan kekuatan misteriusnya. Hal inilah yang kemudian membuat Paul sempat ragu, apakah John Coffey pantas dihukum mati?

5. The Experiment (2001)

The Experiment (2001) (Copy)

Film Jerman ini tidak benar-benar menceritakan tentang penjara, namun kehidupan di dalamnya cukup tergambar dengan jelas. “The Experiment” mengangkat kisah tentang eksperimen simulasi penjara yang melibatkan banyak orang, baik yang berperan sebagai napi maupun sebagai sipirnya.

Kisah ini diawali dengan seorang sopir taksi bernama Tarek Fahd (Moritz Bleibtreu) yang tertarik mengikuti eksperimen karena tergiur dengan hadiah uangnya. Setidaknya ada 20 peserta yang akhirnya mau mengikuti eksperimen dan berbagi peran layaknya kehidupan di penjara.

Simulasi awalnya berjalan dengan baik, namun konflik akhirnya muncul ketika peserta yang berperan sebagai sipir terlalu mendalami perannya dan bertindak seperti penjaga penjara sungguhan. Tak tahan dengan sipir yang seperti diktator, Tarek beserta tahanan lainnya pun memberontak.

Film garapan Oliver Hirschbiegel ini rupanya terinspirasi dari kisah nyata sebuah eksperimen yang pernah dilakukan di Stanford Prison, Amerika Serikat, tahun 1971. Saat itu eksperimen hanya mampu berjalan selama enam hari dan terpaksa dihentikan karena keadaannya mulai tidak kondusif.

6. In Hell (2003)

In Hell (2003) (Copy)

Sesuai dengan judulnya, film “In Hell” menceritakan kehidupan di dalam penjara yang digambarkan seperti neraka. Film garapan Ringo Lam ini dibintangi oleh aktor spesialis film laga, Jean-Claude Van Damme serta sejumlah aktor lainnya seperti Lawrence Taylor dan Lloyd Battista.

Film “In Hell” berpusat pada seorang tokoh bernama Kyle LeBlanc yang ditahan di penjara Rusia karena telah menghabisi nyawa pria yang membunuh istrinya. Kyle pun harus menghadapi kehidupan penjara yang sangat keras, pasalnya narapidana sengaja diadu berkelahi sedangkan para sipir menikmatinya sambil bertaruh uang.

7. Cell 211 (2009)

Cell 211 (2009) (Copy)

Inti cerita dari film “Cell 211” adalah tentang seorang polisi yang menyamar sebagai tahanan dan berbaur dengan narapidana lain. Tapi ini bukan tentang polisi yang sengaja menyamar demi mendapatkan informasi, melainkan seorang polisi baru yang terjebak di dalam penjara dan terpaksa berpura-pura menjadi napi untuk menyelamatkan diri.

Film Spanyol ini diawali dengan kisah Juan Oliver (Alberto Ammann) yang ingin memberikan kesan baik di tempat kerjanya yang baru. Sehari sebelum resmi masuk kerja, Juan berkeliling penjara bersama beberapa petugas, tapi tiba-tiba ada reruntuhan yang terjatuh dan mengenai Juan hingga ia terluka cukup parah.

Petugas lalu membawa Juan ke dalam sel 211 yang sedang kosong. Di waktu yang sama, para tahanan berhasil keluar dari sel dan membuat kerusuhan. Juan yang masih terluka ditinggalkan di dalam sel dan terjebak dalam kekacauan. Saat harus berhadapan dengan pemimpin napi, Juan pun terpaksa mengaku sebagai tahanan demi menyelamatkan dirinya.

8. Law Abiding Citizen (2009)

Law Abiding Citizen (2009) (Copy)

Film “Law Abiding Citizen” yang digarap oleh sutradara F. Gary Gray ini seolah membongkar bagaimana bobroknya sebuah hukum di Amerika. Film ini diawali dengan seorang laki-laki jenius bernama Clyde Shelton (Gerard Butler) yang mengalami perampokan di rumahnya. Tak hanya itu, istri dan sang anak dibantai oleh dua perampok keji tepat di depan matanya sendiri.

Dua perampok bernama Darby dan Ames diadili, tapi keduanya nyaris bebas karena kurangnya bukti. Seorang jaksa penuntut hukum, Nick Rice (Jamie Foxx), akhirnya melakukan negosiasi dengan terdakwa. Hasilnya, Ames mendapat hukuman mati sedangkan Darby yang terang-terangan membunuh keluarga Shelton justru hanya dipenjara .

Shelton tidak terima dan melakukan serangkaian aksi balas dendam dengan skenario yang rapi. Walau akhirnya Shelton berhasil ditangkap dan dipenjara, pembunuhan terus saja terjadi. Nick Rice yakin bahwa Shelton adalah pelakunya, tapi ia tidak memiliki cukup bukti untuk menjerat Shelton sekaligus menghentikan aksi balas dendamnya.

9. Escape Plan (2013)

Escape Plan (2013) (Copy)

Sesuai dengan judulnya, film ini berkisah tentang upaya meloloskan diri dari penjara. Ray Breslin (Sylvester Stallone) dikenal sebagai seorang penguji keamanan penjara, pekerjaannya adalah menyamar sebagai napi dan mencari kelemahan dari penjara yang ia tempati.

Suatu hari Breslin mendapat tawaran pekerjaan untuk menjadi napi di sebuah penjara bernama The Tomb. The Tomb sendiri punya tingkat keamanan super ketat, bahkan lokasinya pun sangat dirahasiakan. Breslin akhirnya benar-benar “dijebloskan” ke dalam The Tomb. Tapi yang mengejutkan, Breslin rupanya memang sengaja dijebak agar tak bisa kabur dari penjara tersebut.

Breslin awalnya kesulitan untuk mencari kelemahan penjara yang ia tempati. Untungnya ia bertemu dengan seorang napi bernama Rottmayer (Arnold Schwarzenegger) dan keduanya pun mulai bekerja sama untuk meloloskan diri dari penjara.

10. Miracle in Cell No. 7 (2013)

Miracle in Cell No. 7 (2013) (Copy)

Film terakhir dalam daftar ini jauh berbeda dari 9 film sebelumnya yang lebih mengarah ke genre thriller dan action. Film “Miracle in Cell No.7” justru sarat akan unsur komedi, tapi dijamin bisa membuat penontonnya merasa sedih, bahkan mungkin menangis di akhir ceritanya.

Film ini bercerita tentang Yong Goo (Ryu Seung-ryong), seorang ayah yang memiliki keterbelakangan mental. Yong Goo kemudian dijebloskan ke dalam penjara dengan tuduhan penculikan, pelecehan seksual sekaligus pembunuhan terhadap seorang anak kecil, padahal Yong Goo tidak melakukan semua kesalahan tersebut.

Singkat cerita, Yong Goo kemudian bersahabat dengan beberapa narapidana di dalam penjara. Cerita lucu bercampur haru pun dimulai ketika para napi berusaha membantu Yong Goo untuk bertemu putri kecilnya, Ye Seung.

Dengan segala cara, akhirnya Ye Seung berhasil menerobos masuk ke penjara dan berkumpul lagi dengan sang ayah. Sementara itu, para napi juga yakin kalau Yong Goo tidak bersalah sehingga mereka pun berusaha membantu Yong Goo agar bebas dari penjara.

Nah, itu dia 10 rekomendasi film bertema penjara, mulai dari yang menegangkan hingga yang mengharukan. Film tentang penjara sebenarnya masih sangat banyak, jadi kalau kalian punya rekomendasi lainnya, jangan ragu untuk berbagi di kolom komentar, ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar