Bacaterus / lagu / 10 Rekomendasi Lagu Barat Tahun 2000an Yang Enak Didengar

10 Rekomendasi Lagu Barat Tahun 2000an Yang Enak Didengar

Ditulis oleh - Diperbaharui 20 Januari 2020

Jika kamu tumbuh bersama musik-musik di era tahun 2000an, kamu pasti sudah tak asing lagi dengan lagu-lagu bergenre metal, rock alternatif dan hip hop. Berbagai genre musik ini memang bisa dikatakan sangat populer pada periode tersebut.

Seperti halnya di negara Amerika, yang memberikan pengaruh paling besar dalam dunia musik internasional, banyak penyanyi dari berbagai genre yang mencapai kesuksesannya di era ini. Jika ingin tahu lebih lanjut, inilah beberapa lagu tahun 2000an yang paling populer dan masih enak didengar bahkan sampai sekarang.

1. This Love – Maroon 5

This Love - Maroon 5

* sumber: www.youtube.com

Siapa yang tak tahu band beraliran pop rock asal California bernama Maroon 5 ini? Siapa sangka, band yang sebelumnya bernama Kara’s Flower ini sudah mulai berkarier sejak tahun 1994, lho.

Secara resmi, Maroon 5 mengeluarkan album pertamanya yang bertajuk Songs About Jane pada bulan Juni 2002. Salah satu single yang menjadi hits di era tersebut ialah single keduanya yang berjudul This Love. Suara piano yang mendominasi serta alunan musik dari gitar yang berulang membuat lagu ini sangat enak didengar.

2. Here Without You – 3 Doors Down

Here Without You - 3 Doors Down

* sumber: www.imdb.com

Tahun 2000an memang identik dengan band pop-rock dari Amerika. Salah satu yang sudah lama tak terdengar lagi karyanya yakni band 3 Doors Down. Mungkin anak milenial tahu, 3 Doors Down pernah hits di tahun 2003 dengan single lagu berjudul Here Without You.

Lagu dari album kedua 3 Doors Down bernama Away From The Sun ini sukses besar dan memperoleh sertifikat platinum di Amerika dan Australia. Belum lagi Here Without You menjadi hit nomor satu yang paling banyak diputar di stasiun radio khususnya di Amerika. Lagu ini sangat cocok untuk kamu yang sedang galau.

3. Boulevard of Broken Dreams – Green Day

Boulevard of Broken Dreams - Green Day

* sumber: www.imdb.com

Band pop-rock lainnya yang juga sangat eksis di tahun 2000an yakni Green Day. Band yang memulai karier di tahun 1986 ini sangat terkenal di tahun 2003. Hal ini berkat single hitnya yang berjudul Boulevard of The Broken Dreams, yang merupakan bagian dari album ke-7 mereka.

Walaupun lagu ini bukan merupakan lagu original dari Green Day, Boulevard of Broken Dreams berhasil menjadi lagu ke-9 dengan penjualan tertinggi di dunia dalam kurun waktu 2000-2009. Belum lagi lagu ini memenangkan Grammy Award kategori Record of The Year dan MTV Video Music Award di tahun yang sama.

4. Irreplaceable – Beyonce

Irreplaceable - Beyonce

* sumber: en.wikipedia.org

Selain lagu-lagu beraliran pop-rock, genre lain yang juga identik dengan tahun 2000an adalah hip hop dan R&B. Beyonce adalah salah satu penyanyi hip hop yang mendulang kesuksesan di tahun 2003.

Beyonce memutuskan bersolo karier, setelah sebelumnya sukses bersama sebuah vocal group bernama Destiny’s Child dengan member lainnya, yaitu Kelly Rowland, dan Michelle Williams.

Era ini merupakan masa kejayaan Beyonce dengan lagu-lagunya yang selalu menjadi hits dan diputar dimana-mana. Salah satu lagunya yang enak didengar bahkan sampai sekarang yaitu Irreplaceable yang merupakan single hits dari album keduanya berjudul B’Day (2006).

Irreplaceable mengandung alunan musik dari petikan gitar akustik yang lembut serta dipadukan dengan hentakan drum modern, membuat lagu ini sangat enak untuk didengar. Seperti kebanyakan lagu Beyonce lainnya, Irreplaceable juga mengangkat tema woman empowerment.

5. We Belong Together – Mariah Carey

We Belong Together - Mariah Carey

* sumber: en.wikipedia.org

We Belong Together merupakan single kedua dari album Mariah Carey berjudul The Emancipation of Mimi yang dirilis tahun 2005. Lagu ini diciptakan dengan aransemen musik piano dengan beat yang sederhana, sehingga lagu ini terdengar sangat enak.

Lagu yang juga ditulis oleh Mariah Carey ini menerima banyak penghargaan, di antaranya dari MTV Video Music Award dan Grammy Award ke-48.

Lagu We Belong Together menceritakan tentang keputusasaan seorang wanita yang meminta kekasihnya untuk kembali. Wah, cocok nih untuk kamu yang sedang merasakan kegalauan karena mantan.

6. Empire State of Mind – Jay Z Feat. Alicia Keys

Empire State of Mind - Jay Z Feat. Alicia Keys

* sumber: en.wikipedia.org

Empire State of Mind merupakan hits single yang dinyanyikan rapper Jay-Z bersama penyanyi Amerika, Alicia Keys. Lagu yang merupakan bagian dari album ke-11 Jay-Z yang berjudul Blue Print ini dirilis di tahun 2009. Lagu ini populer dan terbilang sukses di berbagai negara, termasuk Amerika, Kanada, Italia, dan Swedia.

Empire State of Mind merupakan kombinasi lagu balad dan rap dengan alunan musik orkestra dan irama yang menghentak. Kombinasi musik inilah yang kemudian membuat lagu ini unik dan bisa dinikmati pecinta musik dari berbagai genre.

7. Cry Me A River – Justin Timberlake

Cry Me A River - Justin Timberlake

* sumber: en.wikipedia.org

Justin Timberlake merupakan pentolan grup boyband N’SYNC yang memutuskan untuk bersolo karir di tahun 2002 lewat album perdananya yang berjudul Justified. Salah satu single yang menjadi hits dikala itu adalah lagu yang berjudul Cry Me A River.

Cry Me A River diciptakan dengan menggabungkan berbagai instrumen dan unsur musik, seperti piano, gitar, beatbox, dan mengambil inspirasi dari musik Arab dan Latin. Lagu ini mengisahkan seorang pria patah hati yang berusaha move on dari mantan kekasihnya.

8. Bring Me To Life – Evanescence

Bring Me To Life - Evanescence

* sumber: www.imdb.com

Bring Me To Life merupakan lagu dari sebuah band rock asal Amerika, Evanescence dari album debut mereka yang berjudul Fallen di tahun 2003. Lagu ini mengombinasikan unsur musik metal, rap, serta rock alternatif. Lagu ini terdengar sangat berbeda dari lagu-lagu lain yang sedang hits saat itu.

Perpaduan musik metal dan rap dalam lagu ini dianggap sesuatu yang unik, baru dan belum pernah ada sebelumnya. Tak heran, kepopuleran lagu Bring Me To Life membawanya sukses dengan banyak penghargaan termasuk Grammy Awards kategori Best Hard Rock Performance.

9. Girlfriend – Avril Lavigne

Girlfriend - Avril Lavigne

* sumber: www.imdb.com

Avril Lavigne adalah penyanyi wanita berdarah Kanada-Prancis yang memulai karir di usia muda, yakni 15 tahun. Avril identik dengan lagu-lagu beraliran pop-punk yang sukses mewarnai dunia musik di era 2000-an. Salah satu lagunya yang terkenal saat itu, Girlfriend yang dirilis tahun 2007.

Lagu ini dikatakan sebagai lagu yang sangat catchy dan mewakili perasaan kebanyakan kaum remaja di tahun 2000-an. Girlfriend mendulang sukses di berbagai negara termasuk Amerika, Kanada, dan Australia. Tak heran lagu ini termasuk dalam lagu dengan penjualan tertinggi sepanjang tahun 2007.

10. Thousand Miles – Vanessa Carlton

Thousand Miles - Vanessa Carlton

* sumber: www.imdb.com

Thousand Miles adalah lagu yang ditulis dan dinyanyikan oleh penyanyi pop asal Amerika, Vanessa Carlton. Lagu ini sangat populer di tahun perilisannya, tahun 2002. Thousand Miles merupakan lagu Vanessa satu-satunya yang berada di 10 besar chart Billboard 100.

Tak hanya di Amerika, lagu ini juga meraih sukses di berbagai belahan dunia, termasuk Inggris, Australia, dan Belanda. Lagu yang didominasi oleh alunan musik piano dan orkestra ini menceritakan tentang cinta yang hilang dan belum sempat terungkapkan.

Nah, itulah 10 lagu yang sempat hits di tahun 2000-an dan masih enak didengar sampai saat ini. Masih banyak lagu hits lain yang mungkin kamu ingat dan pernah populer di periode tersebut. Untuk kamu, Bacaterus telah membahas sejumlah lagu Barat yang enak didengar lainnya dari tahun 70an, 80an, dan 90an.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *