Bacaterus / lagu / 10 Lagu Lawas Malaysia yang Hits di Indonesia Tahun 90an

10 Lagu Lawas Malaysia yang Hits di Indonesia Tahun 90an

Ditulis oleh - Diperbaharui 22 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Musik adalah bahasa paling universal di dunia. Kita nggak harus jago bahasa Korea untuk bisa menikmati lagu-lagu Korea. Untuk banyak orang, musik adalah alat bantu terbaik dalam mengungkapkan perasaan. Kadang kita nggak selalu punya cara mengungkapkan isi hati, musiklah yang membantu kita melakukannya.

Dari sekian banyak negara di dunia, Malaysia bisa dibilang negara yang paling banyak kemiripannya dengan Indonesia. Nggak heran kalau lagu Malaysia juga bisa hits di Indonesia. Pun sebaliknya, banyak sekali lagu Indonesia yang hits di Malaysia, terutama di era 90an. Mau tahu lagu apa saja? Inilah 10 lagu lawas Malaysia yang hits di Indonesia tahun 90an.

1. Slam – Gerimis Mengundang

Slam - Gerimis Mengundang

* sumber: 1.bp.blogspot.com

Kemungkinan besar, kamu sering mendengar judul lagu ini, ‘Gerimis Mengundang’. Mungkin kamu belum tahu kalau itu adalah judul lagu lawas Malaysia yang sempat hits di Indonesia tahun 90an. Lagu ini pertama kali dipopulerkan tahun 1995 oleh Slam, grup musik asal Malaysia. Uniknya, banyak orang tahu lagu ini tapi nggak tahu judul dan penyanyinya.

Coba simak baris pertamanya, ‘Kusangkakan panas berpanjangan. Rupanya gerimis, rupanya gerimis mengundang, ah ha ha ha.’ Kalau kamu pernah mendengar mungkin waktu membaca lirik itu kamu ikut bernyanyi di dalam hati. Ya, lagunya memang sangat mudah diingat. Warna musik khas melayu berpadu kata-kata sederhana tapi bermakna adalah kuncinya.

2. UK’S – Di Sana Menanti Di Sini Menunggu

UK'S - Di Sana Menanti Di Sini Menunggu

* sumber: i.ytimg.com

Kamu pasti pernah mendengar lagu ini atau malah pernah menyanyikannya tanpa disadari. Lagu ini dirilis dan dipopulerkan tahun 1994 oleh UK’S atau sering juga disebut Ukays, grup musik asal Malaysia. Lagu ini hits di Indonesia pada masanya. Menariknya, lagu ini kembali hits belakangan ini di kalangan anak-anak muda.

‘Sungguh ku merasa resah. Untuk menilai sesuatu yang indah. Namun ku ada pepatah yang aku gubah. Di sana hanyalah menanti.’ Ya, kemungkinan besar kamu baca lirik itu sambil nyanyi di dalam hati. Ada dua alasan utama lagu ini kembali populer, Via Vallen dan Tiktok. Sekarang kamu tahu kalau sebenarnya lagu ini adalah lagu lawas Malaysia yang hits di Indonesia tahun 90an.

3. Exists – Mencari Alasan

Exists - Mencari Alasan

* sumber: 3.bp.blogspot.com

Kalau kamu pergi ke warung kopi yang banyak orang nongkrong sambil main gitar, kemungkinan besar kamu akan mendengar mereka menyanyikan lagu ini. Lagu ini seperti nggak tergerus jaman. Dipopulerkan oleh Exists di tahun 1996, sampai sekarang lagu ini masih sering diputar.

‘Manis di bibir, memutar kata, malah kau tuh akulah segala penyebabnya. Siapa terlena pasti kan terpana, bujuknya, rayunya, suaranya, yang menyimpan simpati dan harapan.’ Terdengar akrab kan di telinga? Reff lagu ini memang susah dilupakan. Kamu pasti sering mendengar, kan? Warna musik dan liriknya memang sangat mudah diterima, nggak heran kalau jadi hits.

4. Siti Nurhaliza – Betapa Ku Cinta Padamu

Siti Nurhaliza - Betapa Ku Cinta Padamu

* sumber: i.ytimg.com

Kayaknya akan kurang lengkap kalau membahas lagu lawas Malaysia yang hits di Indonesia tahun 90an, tapi nggak melibatkan Siti Nurhaliza. Kalau kamu nggak tahu Siti Nurhaliza, kemungkinan besar ibumu yang tahu. Bisa dibilang, Siti Nurhaliza adalah penyanyi Malaysia yang paling berpengaruh di Indonesia.

Waktu rilis di tahun 1997, lagu Betapa Ku Cinta Padamu bisa dengan mudah diterima oleh ibu-ibu. Padahal, teknologi masih sangat terbatas. Di masa itu, kalau ada acara karaoke, pastilah ada satu atau dua ibu-ibu yang bernyanyi, ‘Andainya engkau ku miliki, terdahulu sebelumnya. Andai ku curah rasa ini, mungkin kini, ku kan tenang di sampingmu.’

5. Search – Isabella

Search - Isabella

* sumber: img.discogs.com

Kemungkinan besar, reff dari lagu ini menempel di kepalamu. ‘Dia Isabella lambang cinta yang lara. Terpisah kerana adat yang berbeza. Cinta gugur bersama daun daun kekeringan. Dia Isabella lambang cinta yang lara. Terpisah kerana adat yang berbeda. Cinta gugur bersama daun daun kekeringan’ Terdengar akrab bukan?

Mungkin kamu mengenal lagu ini dinyanyikan oleh ST 12, suara Charly memang cocok untuk menyanyikan lagu-lagu Melayu. Sebenarnya, lagu ini dirilis tahun 1989. Dipopulerkan oleh Search, grup musik asal Malaysia. Lagu ini sempat hits di Indonesia di tahun 90an karena Search memang punya penggemar yang cukup besar di Indonesia.

6. Stings – Adakah Kau Setia

Stings - Adakah Kau Setia

* sumber: lh3.googleusercontent.com

Bukan, ini bukan Sting musisi Inggris yang punya nama asli Gordon Matthew Thomas itu. Ini Stings, grup musik asal Malaysia yang populer di era 90an. Bukan cuma di Malaysia, Stings juga punya banyak penggemar di Indonesia. Makanya, lagu-lagu mereka cukup hits meski di sini meski nggak semua.

Salah satu lagu mereka yang paling hits di Indonesia tahun 90an adalah lagu berjudul Adakah Kau Setia yang dirilis tahun 1996. Liriknya terasa jujur dan sederhana. ‘Sejak aku mengenali dirimu. Bermacam dugaan yang kuhadapi. Adakala tersentuh rasa hati. Adakala cemburu melukai. Namun aku tempuhi dengan sabar’ Mudah dicerna, kan?

7. Sheila Majid – Ku Mohon

Sheila Majid - Ku Mohon

* sumber: 4.bp.blogspot.com

Sheila Majid adalah penyanyi asal Malaysia yang juga populer di Indonesia. Lagu-lagunya banyak yang hits di Indonesia pada tahun 90an. Sheila Majid juga sering berkolaborasi dengan para musisi Indonesia seperti Erwin Gutawa sampai Vina Panduwinata. Salah satu lagunya yang hits di Indonesia tahun 90an berjudul Ku Mohon.

‘Setiap hari ku, mohon agar Kau sentiasa. Memberi ku ketenangan, dalam hati kekuatan. Menempuhi segala, dugaan yang mencabar ini. Pasti, punya ertinya.’ Mungkin kamu familiar dengan liriknya? Ya, lagu ini dinyanyikan ulang oleh afgan di tahun 2014. Anugerah Industri Muzik (AIM) ke-7 tahun 2000, lagu ini dianugerahi Susunan Muzik Terbaik dalam Lagu dan Lagu Terbaik.

8. Iklim – Suci dalam Debu

Iklim - Suci dalam Debu

* sumber: i.ytimg.com

Iklim adalah grup musik asal malaysia yang meraih puncak kejayaannya di tahun 90an. Penggemarnya cukup banyak di Indonesia. Lagu-lagu mereka memang sangat ramah dan nyaman di telinga orang Indonesia. Ada beberapa lagu yang hits di Indonesia tahun 90an, bahkan ada juga yang sampai hari ini lagunya masih sering diputar.

Judul lagu Iklim yang hits di Indonesia tahun 90an adalah Suci Dalam Debu. Banyak orang tahu lagunya tapi nggak tahu judul dan penyanyinya. Kamu mungkin pernah mendengar sebait lirik yang berbunyi, ‘Suatu hari nanti, pasti kan bercahaya, pintu akan terbuka, kita langkah bersama.’ Ya itulah lagu Iklim yang berjudul Suci Dalam debu.

9. Ziana Zain – Puncak Kasih

Ziana Zain - Puncak Kasih

* sumber: i.ytimg.com

Seperti Siti Nurhaliza dan Sheila Majid, Ziana Zain adalah penyanyi asal Malaysia yang cukup besar di Indonesia. Tahun 90an adalah puncak karirnya. Dia banyak merilis lagu-lagu hits di era itu. Nggak cuma di Malaysia, tapi lagu-lagunya juga sempat menjadi hits di Indonesia. Penggemarnya didominasi oleh perempuan meski nggak sedikit juga laki-laki yang menyukai lagunya.

Lagu-lagu Ziana Zain punya karakter yang khas, liriknya selalu terdengar puitis. Salah satu lagunya yang paling hits di Indonesia adalah Puncak Kasih. Lagu itu dibuka dengan, ‘Dalam air, tenang. Arus menyusur, damai. Sesekali embun yang menitis, memecah.’ Kalau kamu belum pernah dengar lagunya, cobalah dengarkan.

10. Amy Search feat. Inka Christie – Cinta Kita.

Amy Search feat. Inka Christie - Cinta Kita

* sumber: cdn2.tstatic.net

Lagu ini punya peran besar dalam melambungkan nama Inka Christie, salah satu penyanyi terbaik Indonesia dia tahun 90an. Nggak cuma bikin Search terkenal di Indonesia, tapi lagu ini juga bikin Inka Christi terkenal di Malaysia. Duet mereka dirilis tahun 1991 dan langsung mendapat perhatian banyak orang.

Lagu ini membuktikan kalau Amy Search dan Inka Christie memang bukan penyanyi biasa. Karakter suara mereka yang khas dengan nada-nada tingginya berhasil memikat banyak orang. ‘Andai dipisah, laut dan pantai, tak akan goyah, gelora cinta.’ Familiar kan dengan liriknya? Ya, lagunya memang masih sering diputar dan dicover banyak orang sampai hari ini.

Itulah 10 lagu lawas Malaysia yang hits di Indonesia tahun 90an. Lagu-lagu yang bikin kita bernostalgia kalau didengarkan hari ini. Ada lagu yang kamu suka nggak? Kalau lagu favoritmu belum tertulis, kamu bisa ikut menambahkan di kolom komentar yang disediakan, teman-teman. Ayo berbagi dan bernostalgia sama-sama.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *