Bacaterus / lagu / 10 Lagu Tentang Alam Tentang Pentingnya Menjaga Lngkungan

10 Lagu Tentang Alam Tentang Pentingnya Menjaga Lngkungan

Ditulis oleh - Diperbaharui 24 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Alam memang kerap menjadi sumber inspirasi bagi para musisi. Hal itu dapat dilihat dari banyaknya lagu bertema alam yang kerap dirilis. Selain dapat menumbuhkan semangat bagi para pendengar, beberapa judul lagu bertema alam bahkan dapat mengingatkan kita untuk lebih peduli dan cinta kepada lingkungan.

Nah, dari sekian banyak lagu bertema alam, kali ini Bacaterus akan mengulas beberapa judul lagu yang dapat mengingatkan manusia akan pentingnya menjaga alam semesta. Apakah ada lagu favoritmu yang masuk ke dalam list? Yuk, kita simak ulasannya dalam artikel di bawah. Berikut adalah daftarnya.

1. Cerita Tentang Gunung dan Laut – Payung Teduh

Payung Teduh

* sumber: www.thejakartapost.com

Band indie yang terbentuk pada tahun 2007 ini memang telah berhasil memikat para penikmat musik tanah air. Sejak merilis lagu pertama mereka yang berjudul Angin Pujaan Hujan. Band yang beranggotakan 4 personil ini mulai mendapat banyak perhatian dari masyarakat tanah air, khususnya bagi penggemar musik bergenre folk-pop.

Nah, salah satu lagu dari Payung Teduh yang berhasil membius para penikmat musik tanah air berjudul Cerita Tentang Gunung dan Laut. Lagu bertema alam yang telah dirilis pada tahun 2010 silam ini memang cukup menarik. Selain memiliki lirik yang dalam, melodi lagu yang tenang mampu menggetarkan hati para pendengar.

2. Mahameru – Dewa19

Dewa19

* sumber: era.id

Grup band legendaris yang telah malang melintang di kancah musik Indonesia ini memang selalu berhasil menarik perhatian para penggemar. Dewa19 adalah salah satu band yang kerap menjadi barometer musik tanah air. Selain mengangkat tema percintaan, grup band yang digawangi oleh Ahmad Dhani ini pun kerap mengangkat tema lain seperti pada judul lagu Mahameru.

Lagu yang cukup terkenal dikalangan para pendaki gunung ini terdapat dalam album berjudul Format Masa Depan yang telah dirilis tahun 1994. Lirik lagunya sendiri menceritakan mengenai perjalanan pendakian Gunung Mahameru yang mengagumkan. Nah, bagi kamu yang ingin mendengar alunan merdu dari Ari Lasso, maka lagu bertema alam ini memang wajib untuk kamu dengar.

3. Cahaya Bulan – Eross Ft. Okta

Eross Ft. Okta

* sumber: lokadata.id

Eros Chandra memang bukan nama asing di dunia musik tanah air. Gitaris dari grup Sheila On 7 ini memang kerap berhasil menciptakan hits untuk setiap karyanya. Nah, salah satu lagu bertema alam yang juga kerap diputar ketika sedang berpetualang di alam bebas berjudul Cahaya Bulan.

Selain sebagai soundtrack untuk film populer, lagu yang banyak menceritakan tentang alam dan juga pegunungan ini pun sering kali dijadikan soundtrack oleh para pendaki yang ada di tanah air. Dengan lirik lagu yang menyentuh dan enak di dengar, lagu ini memang bisa membawa kenangan tersendiri bagi para pendengar.

4. Where Do The Children Play? – Cat Steven

Cat Steven

* sumber: www.baltimoresun.com

Cat Steven adalah penyanyi asal Inggris yang namanya cukup populer di dunia. Musisi yang mengusung lagu folk rock ini memang kerap membawakan lagu bertema kehidupan dan juga lingkungan. Salah satu judul lagunya yang cukup terkenal adalah Where Do The Children Play?

Lagu ini terdapat dalam album berjudul Tea For The Tillerman yang dirilis pada tahun 1970. Meski lagu tersebut terbilang lawas, namun lagunya sendiri seolah tidak lekang oleh waktu. Lagu ini menggambarkan situasi alam yang semakin buruk akibat ulah tangan manusia. Hal itu membuat anak-anak harus kehilangan tempat untuk bermain.

Nah, dengan dawai gitar yang merdu, lagu ini memang bisa membawa pendengar untuk sedikit merenung mengenai tindakan yang dapat merusak alam.

5. Alam Bukan Tempat Sampah – Fiersa Besari

Fiersa Besari

* sumber: cirebon.pikiran-rakyat.com

Lagu bertema alam selanjutnya berjudul Alam Bukan Tempat Sampah. Lagu ini dinyanyikan oleh penulis sekaligus pencipta lagu Fiersa Besari. Dari judul lagunya saja kita sudah dapat mengambil pesan positif dari lagu tersebut. Bila kamu menyimak lebih dalam lirik lagunya, maka kamu seolah diajak untuk merenung mengenai kehidupan di alam.

Caranya menyampaikan kampanye lingkungan melalui lirik dan melodi memang bisa menggugah hati para pendengar untuk lebih peduli terhadap alam dan makhluk hidup yang ada di sekitarnya.

6. Puisi Alam – Fourtwnty

Fourtwnty

* sumber: www.mldspot.com

Lagi selanjutnya datang dari Fourtwnty yang berjudul Puisi Alam. Lagu yang telah dirilis pada tahun 2015 silam ini bercerita tentang keindahan alam beserta isinya. Fourtwnty memang kerap mengangkat alam sebagai inspirasi dalam setiap lagunya. Dengan alunan musik yang menenangkan, lagu ini memang dapat membawa imajinasi para pendengar.

Jika kamu seorang petualang, maka Puisi Alam bisa menjadi salah satu lagu yang wajib ketika kamu melakukan petualangan di alam bebas. Selain menenangkan, lagu ini juga dapat membawa semangat baru.

7. World On Fire – Sarah Mclachlan

Sarah Mclachlan

* sumber: www.forbes.com

World On Fire merupakan lagu bertema alam dan kemanusian yang diciptakan dan dinyanyikan oleh penyanyi asal Kanada, Sarah Mclachlan. Lagu yang telah dirilis pada tahun 2004 ini memiliki pesan yang cukup baik bagi manusia. Dalam lirik lagunya Sarah seolah mengajak para pendengar untuk bersama menjaga keseimbangan jiwa untuk kehidupan yang lebih baik.

Penyanyi yang memiliki suara khas ini memang kerap berhasil memukau para penggemar dengan kemampuannya membuat lirik dan aransemen lagu. So, tidak heran jika ia berhasil mendapat penghargaan sebagai penulis lirik terbaik di ajang penghargaan musik dunia.

8. Fall On Me – R.E.M

R.E.M

* sumber: www.vulture.com

Lagu bertema alam selanjutnya datang dari grup band asal Amerika, REM. Lagu yang telah dirilis pada tahun 1991 ini memang cukup berkesan, terutama bagi mereka yang tumbuh bersama grup band tersebut. Fall On Me sendiri merupakan sebuah lagu yang terinspirasi dari hujan asam dan pengaruhnya terhadap lingkungan.

Meski sempat memiliki makna ambigu dalam liriknya, namun liriknya sendiri memiliki pesan yang cukup kuat mengenai penindasan yang kerap terjadi dalam kehidupan.

9. Idioteque – Radiohead

Radiohead

* sumber: bicaramusik.id

Salah satu lagu bertema lingkungan selanjutnya datang dari grup band Radiohead yang berjudul Idioteque. Idioteque dirilis pada tahun 2000 dalam album ke-4 mereka yang berjudul Kid A. Idioteque sendiri merupakan sebuah lagu yang terinspirasi dari pemanasan global yang terjadi di Bumi.

Hal itu bisa dilihat dari beberapa lirik dalam lagunya yang menyinggung gagasan tentang trend teknologi yang didorong oleh ketamakan. Thom Yorke, sang vokalis memang terkenal sangat suka mengangkat isu-isu terkait lingkungan.

10. Earth Song – Michael Jackson

Michael Jackson

* sumber: www.clickondetroit.com

Siapa yang tidak kenal dengan legenda dunia Michael Jackson? King of pop yang populer dengan gerakan tari Moonwalk-nya ini juga sempat membawakan sebuah lagu bertema alam yang bisa menggetarkan jiwa. Earth Song adalah salah satu lagu yang menceritakan kehancuran alam yang disebabkan oleh ulah manusia.

Lagu Earth Song memiliki lirik menyentuh yang dapat membuat para pendengar merinding saat mendengarnya. Dengan kualitas vokal yang prima, Michael Jackson memang berhasil membawa lagu yang telah dirilis pada 1982 memuncaki tangga lagu dunia dan berhasil meraih prestasi di ajang penghargaan musik dunia.

Nah, itulah 10 lagu tentang alam yang dapat mengingatkan manusia akan pentingnya menjaga lingkungan. Semoga daftar lagu yang telah Bacaterus bahas di atas bisa menjadi referensi lagu yang menarik untuk kamu dengar.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *