Bacaterus / lagu / 10 Lagu Teresa Teng yang Paling Terkenal & Harus Didengar

10 Lagu Teresa Teng yang Paling Terkenal & Harus Didengar

Ditulis oleh - Diperbaharui 21 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jika ditanya, siapa penyanyi Cina paling terkenal? Orang-orang akan menjawab Wong Ka Kui, Andy Lau Tak-wah, dan Teresa Teng. Bahkan Teresa Teng dianggap sebagai salah satu penyanyi pop Cina paling berpengaruh sepanjang masa. 鄧麗君 (Teresa Teng) adalah salah satu penyanyi berbahasa Cina yang paling terkenal di dunia. Ia juga sering dipanggil dèng lì jūn.

Selama masa aktifnya, ia telah merilis lagu dan tampil dalam bahasa Mandarin, Kanton, Hokkien, Jepang, Inggris, bahkan Indonesia, loh! Beberapa lagu berbahasa Indonesia yang pernah dinyanyikan oleh Teresa adalah “Sekuntum Mawar Merah”, ” Cinta Suci”, “Dayung Sampan”, dan “Selamat Jalan Kekasih”.

Sejarah Singkat Teresa Teng

Wanita kelahiran tahun 1953 di Taiwan ini telah menunjukkan bakat musik sejak kecil. Tapi, terobosan terbesarnya di dunia entertainment adalah ketika ia tampil di acara pencarian bakat TV pada tahun 1968. Karena datang dari keluarga militer, ia sering tampil untuk tentara, sehingga ia pun mendapat julukan “The Soldiers’ Sweetheart”.

Apakah Teresa Teng menikah? Ia tidak pernah menikah, meskipun ia pernah menjalin cerita romantis bersama beberapa orang terkenal. Tapi, pacar Teresa yang paling booming adalah bintang film Jackie Chan. Setelah kematiannya pada tahun 1995 akibat serangan asma (meninggal pada usia 42), Teresa diberi pemakaman kenegaraan di Taiwan karena sudah mengharumkan nama negaranya.

Mengapa dèng lì jūn begitu populer? Mendiang dikenal sebagai artis pertunjukan patriotik yang balada dan pertunjukannya sangat kuat. Karya-karyanya merevolusi budaya populer Tiongkok selama era 1970-an dan 1980-an.

Ia dikenal karena balada “When Will You Return?”, “As Sweet as Honey”, dan “The Moon Mewakili My Heart”. Berikut adalah 10 lagu hit terbaik Teresa Teng selama karir bernyanyinya selama 27 tahun.

Lagu Terbaik Teresa Teng

Ada 10 lagu yang paling terkenal dari Teresa Teng dan harus didengarkan saat sedang waktu luang. Berikut beberapa lagu Teresa Teng terbaik versi Bacaterus.

1. 月亮代表我的心 (The Moon Represents My Heart)

* sumber: www.mamababymandarin.com

Siapa yang tidak mencintai lagu Teresa Teng yang satu ini? “月亮代表我的心” atau “The Moon Represents My Heart” adalah lagu terfavorit sepanjang masa. Lagi ini sangat populer pada tahun 80-an di Tiongkok, tapi menyebar ke tanah Asia lainnya yang ada orang Tionghoa-nya.

Bagi yang suka mendengarkannya semasa kecil pasti selalu terngiang-ngiang, deh. Buat yang sedang belajar bahasa Mandarin, lagu ini cocok banget buat sing a song karena liriknya simpel dan mudah dilafalkan.

Oh ya, saking terkenalnya, lagu ini sampai banyak sekali yang menyanyikan ulang. Seperti Andy Lau, Jon Bon Jovi, Siti Nurhaliza, Hong Jin Young, David Archuleta, dan Kenny G. Lagu “The Moon Represents My Heart” juga menjadi lagu karaoke paling populer di Singapura, dan menurut The New York Times, merupakan lagu pop Mandarin paling terpopuler sepanjang masa.

2. 甜蜜蜜 (Tián mì mì)

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=hfGpfijG3WU

Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai “Sweetly” atau “As Sweet As Honey”, “Tian Mi Mi” adalah lagu Cina Mandarin yang dirilis pada tahun 1979. Musiknya sendiri diadaptasi dari lagu gambang kromong tahun 1940-an, yaitu “Dayung Sampan” yang dipopulerkan oleh pesinden Dasimah. Wah, ternyata ada hubungannya dengan Indonesia, nih!

Lalu, pada tahun 1978 ketika sedang tur di Asia Tenggara, Teresa mengcover lagu “Dayung Sampan” tersebut yang ternyata tak hanya populer di Indonesia tapi di Singapura juga. Saking digemarinya, judul lagu ini diangkat menjadi judul film “Almost a Love Story (Tian Mi Mi)”. Kamu juga bisa mendengar “Tian Mi Mi (Sweet As Honey)” versi terbaru yang dinyanyikan oleh solois Luhan (mantan personil EXO).

3. 我只在乎你 (I Only Care About You)

* sumber: www.yoyochinese.com

我只在乎你 (dibaca: wǒ zhǐ zài hu nǐ) adalah lagu yang sempurna untuk mengekspresikan hasrat membara yang Anda miliki untuk orang terkasih, hehe. Ini merupakan lagu yang cocok dinyanyikan di pesta pernikahan juga. Suara Teresa begitu murni bagai malaikat di lagu ini.

Nampaknya seperti Teresa sedang mencurahkan isi hatinya melewati lirik lagu yang dramatis. Saking mengena di hati, kamu masih bisa mendengar lagu ini dinyanyikan oleh orang-orang di Cina, Jepang, hingga Malaysia.

4. 我和你 (You and I)

* sumber: sg.carousell.com

Lagu Teresa Teng yang paling terkenal selanjutnya adalah “我和你 (You and I)”. Ini adalah lagu romantis yang manis. Tapi, berbeda dengan “Tian Mi Mi”, “You and I” merupakan lagu sedih. Lirik seperti “Without you, my life will lose its meaning” sudah bisa menjadi sneak peek lagu ini seperti apa. Sayangnya lagu ini tidak seterkenal lagu-lagu sebelumnya yang sudah dibahas di atas.

5. Goodbye My Love

Lagu Teresa Teng yang dirilis pada tahun 1975 ini berjudul “再見我的愛人 (zài jiàn wǒ de aì rén” atau “Good Bye My Love”. Ini adalah salah satu hit pada awal karir Teresa Teng. Lagu tentang cinta ini pertama kali dirilis di album Jepang Teresa pada tahun 1975. Sebenarnya ini adalah cover dari lagu penyanyi veteran Jepang, Ann Lewis.

Lagu yang dinyanyikan dalam versi Cina oleh Teresa ini menggambarkan ketidakberdayaan dan kesedihan dua kekasih yang terpisah. Ini sekaligus merupakan lagu Teresa Teng yang paling menyedihkan dan paling membuat pendengarnya berderai air mata. Teresa bahkan menangis beberapa kali saat menampilkan lagi ini di atas panggung.

6. When Will You Return?

* sumber: genius.com

“When Will You Return?” adalah lagu Tiongkok yang pertama kali dinyanyikan oleh Zhou Xuan pada tahun 1937, lalu dinyanyikan kembali oleh Teresa Teng. Lagu ini malah menjadi sangat melekat dengan Teresa Teng melalui versinya yang dirilis pada 1979.

Geremie R. Barmé, penulis “In the Red: On Contemporary Chinese Culture” pun mengatakan kalau lagu ini versi Teresa Teng-nya sebagai “ode nostalgia”. Lagu yang berjudul asli “何日君再來 (Hé Rì Jūn Zài Lái)” ini pun dimasukkan dalam list lagu memorial Teresa Teng.

7. The Story of a Small Town

Teresa juga pernah merilis lagu sebagai OST film yang berjudul sama, yaitu “The Story of a Small Town”. Film Taiwan produksi Hsiao Chung Productions pada tahun 1979 tersebut menceritakan tentang sebuah keluarga yang tinggal di kota kecil.

Aktor sekaligus penyanyi Kenny Bee berperan sebagai anggota keluarga pria yang dibebaskan dari penjara. Ia lalu jatuh cinta dengan seorang wanita yang tuna wicara yang diperankan oleh Lin Feng-Jiao atau yang beken dengan nama Joan Lin.

8. Wishing We Last Forever

Lagu Teresa yang paling terkenal selanjutnya adalah 淡淡幽情 (Dàndàn yōuqíng). Teresa memasukkan lagu ini ke album Cina Mandarinnya yang rilis pada tahun 1983. Album ini terdiri dari 12 lagu, dan salah satunya adalah “Wishing We Last Forever” ini.

Semoga Kita Bersama Bersama Selamanya. Dengan kutipan puisi oleh penulis dinasti Song Su Shi dan musik yang disusun oleh musisi Taiwan Vincent Liang, lagu ini menjadi legendaris.

9. Smoke Gets in Your Eyes

* sumber: open.spotify.com

Lagu ke-9 ada “Smoke Gets in Your Eyes”. Ini lagi romantis yang berakhir sedih. Liriknya kurang lebih seperti ini:

“They asked me how I knew
My true love was true
I of course replied
Something here inside cannot be denied

They said someday you’ll find
All who love are blind
Oh, when your heart’s on fire
You must realize
Smoke gets in your eyes

So I chaffed them and I gaily laughed
To think they could doubt my love
Yet today my love has flown away
I am without my love

Now laughing friends deride
Tears I can not hide
Oh, so I smile and say
When a lovely flame dies
Smoke gets in your eyes
Smoke gets in your eyes”

10. Copacabana

Lagu terakhir ini sebenarnya bukan lagu original Teresa Teng. Bisa dilihat dari judul aslinya yang sudah berbahasa Inggris, bukan terjemahan. Ini adalah lagu Barry Manilow – “Copacabana”. Tapi, lagu yang versi Teresa Teng sempat ngehit pada masanya sehingga bisa dikategorisasikan sebagai lagu Teresa yang terkenal.

Ada banyak lagu yang dinyanyikan oleh Teresa Teng dan daftar di atas adalah 10 lagu terbaik yang wajib kamu dengarkan. Apakah kamu pernah mendengarkan salah satu lagunya?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *