Bacaterus / lagu / 10 Lagu Tentang Kematian dengan Lirik yang Menyayat Hati

10 Lagu Tentang Kematian dengan Lirik yang Menyayat Hati

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Mendengarkan lagu adalah hal yang kerap dilakukan seseorang untuk menghilangkan rasa bosan. Selain dapat membuat para pendengar bahagia, beberapa judul lagu juga diketahui dapat membawa perasaan sedih yang menyayat hati. Salah satunya adalah lagu tentang kematian.

Kematian sendiri memang kerap menjadi inspirasi bagi para musisi dalam menciptakan lagu. Nah, beberapa lagu tentang kematian yang akan Bacaterus bahas di bawah ini bisa membuat hatimu terenyuh.

Lagu Tentang Kematian

Apakah ada lagu kesukaanmu yang masuk dalam list? Biar kamu tahu. Yuk, simak daftarnya sebagai berikut.

1. Selamat Jalan Kekasih – Rita Effendy


Selamat jalan kekasih merupakan sebuah lagu karya musisi kenamaan Bebi Romeo. Lagu yang dipopulerkan oleh penyanyi Rita Effendy di era tahun 1990-an ini mengisahkan tentang kesedihan seorang wanita yang telah ditinggalkan oleh sang kekasih untuk selama-lamanya.

Kepergian pasangan yang sangat dicintai telah membuatnya merasakan kehilangan yang sangat dalam. Nah, karena liriknya yang menyentuh, lagu ini pun sempat dijadikan sebagai soundtrack untuk film berjudul ‘Si Doel The Movie’ dan dinyanyikan oleh penyanyi muda berbakat Wizzy pada 2018 silam.

2. Lirih – Ari Lasso


Siapa yang tidak kenal Ari Lasso?  Mantan vokalis Dewa 19 ini memang telah lama berkecimpung di dunia musik yang telah membesarkan namanya. Ari Lasso sendiri merupakan salah satu penyanyi solo yang kerap menuai decak kagum dari para pendengar musik tanah air.

Nah, salah satu lagu bertema kematian yang cukup populer dibawakan olehnya berjudul Lirih. Lirih merupakan lagu yang terdapat dalam album Selalu Ada yang dirilis pada tahun 2006.

Meskipun lagu ini menceritakan tentang orang tua yang kehilangan anaknya, namun tidak sedikit pula yang menganggap bahwa lagu tersebut sangat pas bagi mereka yang telah kehilangan orang terkasih.

3. Bila Tiba – Ungu


Lagu tentang kematian selanjutnya datang dari grup band Ungu berjudul Bila Tiba. Bila Tiba  merupakan salah satu lagu yang terdapat dalam soundtrack untuk film Sang Kyai yang dirilis pada tahun 2013 silam. Lirik lagunya yang  dalam memberi pesan yang kuat pada manusia mengenai kematian yang tidak bisa dihindari.

Nah, lagu ini sendiri seolah mengingatkan kita bahwa kelak nafas, mata dan mulut tidak akan lagi berfungsi karena kematian. So, meski liriknya cukup sederhana, namun para pendengar akan merasakan getaran yang dapat mengingatkan kita pada sang pencipta.

4. I’ll See You Again – Westlife


Grup boyband asal Irlandia ini memang cukup populer pada tahun 90-an. Selain memiliki paras menawan, kelima personil Westlife pun memiliki kualitas vokal yang baik. Sejumlah lagu populer miliki mereka telah berhasil menempati puncak tangga lagu hampir di berbagai belahan dunia.

Nah, salah satu lagu tentang kematian yang dinyanyikan oleh Shane Filan dan kawan-kawan berjudul I’ll See You Again. Lagu ini terdapat dalam album yang telah dirilis tahun 2003 berjudul Where we are. Lagunya sendiri bercerita tentang ungkapan perpisahan pria pada wanita yang telah pergi meninggalkannya untuk selama-lamanya.

5. My Immortal – Evanescence


Lagu berikutnya datang dari grup band asal Amerika, Evanescence. Grup band yang berdiri tahun 1995 ini memang cukup populer sejak merilis album panjang berjudul Fallen pada tahun 2003 silam.

Nah, salah satu lagu tentang kematian yang cukup terkenal adalah My Immortal. Lagu yang sempat menempati ukuran ke-7 di tangga lagu Amerika ini merupakan salah satu soundtrack untuk film superhero, Daredevil.

Lagunya sendiri bercerita tentang seorang perempuan yang telah ditinggal pergi oleh kekasihnya serta membutuhkan waktu lama untuk menghapus kepedihan karenanya.

Baca juga: Inilah 10 Rekomendasi Lagu Tentang Perpisahan Terbaik

6. Bila Waktu T’lah Berakhir – Opick


Aunur Rofiq Lil Firdaus, atau yang akrab disapa Opick adalah salah satu penyanyi sekaligus pencipta lagu bertema religi. Kepiawaiannya dalam menciptakan lirik lagu serta melodi yang indah memang kerap sukses membius perhatian para penggemar.

Bila Waktu Telah Tiba adalah lagu bertema kematian yang terdapat dalam album The Best of Opick yang telah dirilis pada tahun 2011.

Lagunya sendiri berisi pesan tentang ajal yang senantiasa menghantui setiap manusia. Dengan lirik yang menyentuh, lagu ini memang sanggup membuat para pendengar sadar bahwa waktu untuk hidup akan semakin berkurang.

7. Tears of Heaven – Eric Clapton


Lagu tentang kematian yang berhasil meraih 3 Grammy Award untuk 3 kategori yang berbeda pada tahun 1992 berjudul Tears of Heaven yang dinyanyikan oleh Eric Clapton. Lagu tersebut merupakan ungkapan perasaan sedihnya karena telah ditinggalkan sang buah hati yang masih berusia 4 tahun.

Dengan lirik yang sangat menyentuh, lagu ini memang bisa membuat para pendengar ikut merasakan kepedihan yang dirasakannya sebagai orang tua. Meskipun lagu ini telah dirilis beberapa tahun silam, namun tak ada salahnya memutar kembali lagu hits yang satu ini.

8. See You Again – Wiz Khalifa ft. Charlie Puth


Satu lagu tentang kematian lainnya berjudul See You Again. Lagu ini merupakan sebuah lagu yang dipersembahkan untuk Paul Walker, aktor yang Furious 7 yang tewas akibat kecelakaan. See You Again merupakan salah satu soundtrack dari film Furious 7.

Lagu yang dinyanyikan apik oleh Wizz Khalifa dan Charlie Puth ini memang cukup berhasil menyita perhatian para pendengar. Hal itu dibuktikan dengan keberhasilannya bertengger di puncak tangga lagu dunia.

9. Tak Ada Yang Abadi – Noah


Lagu selanjutnya datang dari grup band tanah air yang cukup populer, yaitu Noah. Noah sendiri memang kerap berhasil menyihir para pendengar musik tanah air dengan karya-karyanya.

Nah, salah satu lagu bertema kematian yang cukup populer dibawakan oleh Ariel dan kawan-kawan berjudul Tak Ada Yang Abadi. Lagu ini dirilis pada tahun 2008 dalam album Sebuah Nama Sebuah Cerita.

Lagunya sendiri seolah mengingatkan kita bahwa tidak ada kehidupan yang abadi di dunia ini. Meski lirik dalam lagunya cukup sederhana, namun tetap memiliki makna yang cukup dalam.

10. So Far Away – Avenged Sevenfold


Lagu terakhir adalah So Far Away yang dibawakan oleh grup rock asal Amerika, Avenged Sevenfold. Lagu yang dirilis pada tahun 2010 lalu ini merupakan salah satu lagu yang terdapat  dalam album Nightmare.

Pada awalnya lagunya sendiri diciptakan oleh Synyster Gates untuk mengenang kematian sang kakek. Namun, selanjutnya So Far Away dipersembahkan untuk drummer Avenged Sevenfold, The Rev.

Lagu ini merupakan bentuk kerinduan para personil pada sang drummer yang diketahui bernama asli James Owen Sullivan yang telah meninggal pada tahun 2009 silam.

Nah, itulah 10 lagu tentang kematian dengan lirik yang menyayat hati. Semoga referensi lagu yang telah Bacaterus bahas di atas bisa menambah daftar lagu tentang kemarin dalam playlist kamu.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *