Bacaterus / Lagu Persahabatan / 10 Lagu Tentang Perpisahan Sekolah, Barat dan Indonesia!

10 Lagu Tentang Perpisahan Sekolah, Barat dan Indonesia!

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Ada perjumpaan, ada juga perpisahan. Ungkapan itu akan terasa nyata ketika kita tiba di hari perpisahan sekolah. Teman-teman yang biasanya kita jumpai dari pagi sampai sore di sekolah, akan berpencar. Kita nggak akan melakukan kegiatan yang sama di tempat yang sama lagi. Semua akan dihadapkan pada pilihan masing-masing dan sulit untuk dipertemukan secara lengkap.

Untuk membuat suasana perpisahan sekolah lebih terasa, ada lagu-lagu yang mewakili perasaan kita. Kita akan terbawa emosi untuk merasakan kebahagiaan akhirnya lulus sekaligus kesedihan karena berpisah dengan teman-teman.

Lagu untuk Perpisahan Sekolah

* sumber: www.ocregister.com

Mau tahu lagu-lagu yang enak? Ini dia 10 lagu tentang perpisahan sekolah, barat dan indonesia! Catat judulnya dan jangan lupa diputar saat acara perpisahan, ya.

1. Tulus – Monokrom


Dalam beberapa tahun terakhir, nama Tulus sebagai penyanyi solo pria terasa sulit untuk digeser dari jajaran penyanyi papan atas. Suara yang lembut, lirik yang menyentuh serta musik yang mudah dinikmati menjadi ciri khasnya. Nggak mengherankan kalau lewat tiga albumnya, dia langsung meraih perhatian, penggemar yang banyak, dan berbagai penghargaan.

Lagu Tulus yang berjudul Monokrom dapat dijadikan lagu perpisahan sekolah. Nadanya mudah dinyanyikan serta liriknya yang indah tentang ucapan terima kasih atas kehadiran bisa mewakili suasana yang ada. “Di manapun kalian berada. Kukirimkan terima kasih, untuk warna dalam hidupku dan banyak kenangan indah. Kau melukis aku.”

2. Chantal Kreviazuk – Leaving on a Jet Plane


Beberapa mengenal lagu Leaving on a Jet Plane dari film Armageddon. Ya, ada adegan A.J. Frost menyanyikan lagu ini pada kekasihnya, Grace. Tepatnya ketika dia akan terbang ke luar angkasa. Lagu ini juga masuk ke dalam soundtrack film dengan dinyanyikan Chantal Kreviazuk. Sementara itu, lagu aslinya dinyanyikan dan diciptakan oleh penyanyi asal Amerika, John Denver.

Leaving on a Jet Plane bisa memancing orang-orang untuk ikut bernyanyi. Nada yang indah dengan lirik menceritakan perpisahan merupakan perpaduan pas untuk perpisahan sekolah. Apalagi kalau dinyanyikannya bersama teman-teman yang akan segera berpisah, rasa senang dan sedih akan bercampur aduk. Oh babe, I hate to go!

3. Sheila On 7 – Sebuah Kisah Klasik


Siapa yang nggak kenal dengan Sheila On 7? Band asal Yogyakarta yang hits dari tahun 90-an ini punya lagu-lagu yang masih digandrungi oleh orang-orang. Bahkan saking hebatnya, yang belum lahir ketika mereka berkarya banyak yang menyanyikan lagu-lagunya. Lirik yang ringan untuk dicerna serta nada yang mudah menempel menjadi andalan mereka.

Salah satu lagu Sheila On 7 yang cocok untuk perpisahan sekolah adalah Sebuah Kisah Klasik. Lirik yang bercerita tentang perpisahan ini bisa membuat kita bernyanyi-nyanyi walau merasa sedih akan berpisah. Semua kenangan-kenangan di sekolah akan menjadi kisah klasik bagi kita, seperti yang dikatakan lagu ini.

4. Project Pop – Ingatlah Hari Ini


Project Pop dikenal dengan lagu-lagunya yang berlirik kocak. Ingatlah Hari Ini juga mengangkat ciri khas tersebut. Lagu yang diambil dari album Pop OK ini bercerita tentang momen perpisahan yang nggak mau kita sia-siakan. Walau liriknya seperti sebuah candaan tapi lagu ini sangat mewakili kalau kamu ingin lagu tentang perpisahan sekolah.

Alih-alih menggunakan lirik serius, mereka lebih memilih diksi yang dekat dengan kehidupan sehari-hari. Suasana sedih ketika perpisahan nggak tercermin dari nada-nada bahagianya. Tapi lirik ‘Jika tua nanti kita telah hidup masing-masing, ingatlah hari ini’ terasa begitu dalam walau mudah untuk dinyanyikan.

5. American Authors – Best Day of My Life


Banyak yang mengatakan kalau masa-masa sekolah adalah masa-masa paling menyenangkan. Nggak ada beban, yang ada hanyalah rutinitas belajar, bermain bersama teman, mengejar gebetan, sampai pacaran. Walau terasa berat saat menjalaninya, kita akan menyadari bahwa hari-hari itu berlangsung dengan cepat dan kita tiba di waktu perpisahan.

Lagu American Authors yang berjudul Best Day of My Life bisa jadi lagu yang tepat kalau kamu ingin lagu tentang perpisahan sekolah. Musik yang ceria dan nada-nada yang bisa dinyanyikan bersama merupakan beberapa alasannya. Terutama ketika bersama-sama menyanyikan lirik ‘This is gonna be the best day of my life’.

Baca juga: 10 Rekomendasi Lagu Tentang Sahabat untuk Perpisahan Sekolah

6. Fun ft. Janelle Monae – We Are Young


Sebagian masa muda kita dihabiskan di tempat bernama sekolah. Masa-masa kita masih naif dan belajar tentang banyak hal. Yang ada di pikiran adalah bagaimana rutinitas dari Senin sampai Jumat bisa dinikmati. Dengan adanya teman-teman membuat kita bisa melewati berbagai momen dengan lebih mudah.

Untuk menggambarkan keindahan masa muda di sekolah, maka yang cocok adalah lagu yang bernada ceria. Lagu Fun ft. Janelle Monae yang berjudul We Are Young merupakan salah satu yang bisa mendeskripsikannya. Sekolah merupakan saat kita merasa muda dan bisa menghabiskannya dengan bersenang-senang dengan teman-teman. ‘Tonight, we are young!’.

7. Capital Cities – Safe and Sound


Menghabiskan waktu bersama teman sekolah merupakan masa-masa yang nggak begitu saja bisa dilupakan. Kita merasa mempunyai orang sepenanggungan dan bisa berjuang bersama melewati berbagai rintangan. Mereka juga yang menguatkan dan membantu ketika kita sedang kesusahan. Bahkan kita punya mimpi masing-masing yang menurut kita bisa diwujudkan suatu hari.

Lagu Safe and Sound milik Capital Cities bisa menjadi pilihan kalau kamu mencari lagu tentang perpisahan sekolah. Musik yang mengajak berdansa dan irama yang memancing kita bernyanyi merupakan alasannya. Lirik ‘You could be my luck, even if the sky is falling down, I know that we’ll be safe and sound’ akan terasa manis untuk dinyanyikan, entah sendiri atau bersama.

8. Wiz Khalifa ft. Charlie Puth – See You Again


Perpisahan sekolah bisa jadi merupakan momen terakhir kita bersama teman-teman. Kita harus berpisah dengan mereka untuk melanjutkan hidup masing-masing. Jalan berbeda yang diambil bukan berarti kita berpisah selamanya. Awal yang baru bukanlah alasan untuk melupakan yang sudah bersama-sama dengan kita.

Lagu Wiz Khalifa ft. Charlie Puth yang berjudul See You Again merupakan salah satu lagu wajib kalau kamu ingin lagu tentang perpisahan sekolah. Nada dan liriknya yang emosional bisa menggambarkan bahwa suatu saat nanti kita akan bertemu lagi. ‘We’ve come a long way from where we began Oh I’ll tell you all about it when I see you again When I see you again’.

9. Various Artists – Kemesraan


Ada banyak momen yang akan terus teringat bersama teman-teman sekolah. Dari mulai tertawa bersama sampai momen menyedihkan. Ketika perpisahan tiba, maka bisa jadi kesempatan untuk bertemu mereka akan sulit untuk dilakukan di masa depan. Oleh karena itu, kita nggak mau cepat-cepat melewatkan momen tersebut.

Lagu Kemesraan memang termasuk lagu klasik yang sering diputar. Tapi bukan berarti nggak relevan lagi untuk diputar, apalagi kalau kamu mencari lagu tentang perpisahan sekolah. Lirik ‘Kemesraan ini janganlah cepat berlalu, kemesraan ini inginku senang selalu’ masih sangat cukup mewakili perasaan kita ketika menghadapi perpisahan sekolah.

10. Queen – We Are the Champions


Waktu yang kita habiskan di sekolah bukan hanya terdiri dari waktu yang menyenangkan tapi ada juga yang nggak menyenangkan. Setiap orang pasti melewati rintangan yang berbeda-beda untuk bisa lulus. Usaha yang keras itu perlu diapresiasi karena kita berhasil menjadi juara dalam perjuangan masing-masing.

Lagu Queen yang berjudul We Are the Champions adalah pilihan tepat kalau kamu mencari lagu tentang perpisahan sekolah. Bagaimana pun kita baru saja melewati berbagai rintangan. Walau sudah dirilis dari tahun 1977, lagu ini masih mampu menggambarkan apa yang kita rasakan tentang perpisahan sekolah. ‘We are the champions, my friend.’

Itu dia 10 lagu tentang perpisahan sekolah yang bisa menggambarkan dua emosi yaitu kebahagiaan dan kesedihan. Lagu-lagu itu bisa menemani momen-momen terakhir bersama teman-teman sekolah. Kamu punya rekomendasi lagu tentang perpisahan sekolah yang lain? Ayo bagikan di kolom komentar! Barat atau Indonesia nggak masalah, teman-teman!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *