Bacaterus / Lagu Persahabatan / Best Friend for Life, 10 Lagu Tentang Dalamnya Persahabatan

Best Friend for Life, 10 Lagu Tentang Dalamnya Persahabatan

Ditulis oleh - Diperbaharui 23 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Biasanya, tali persahabatan terjalin dengan spontan entah sejak kecil, ketika sekolah, kuliah, atau bahkan di dunia kerja. Bisa jadi karena kesamaan sifat, hobi, atau justru karena perbedaan, hingga saling mengisi satu sama lain. Dan beruntunglah kamu, jika kamu memiliki banyak sahabat yang mungkin tidak sering menyapa lewat pesan singkat seperti ‘lagi dimana’, ‘temenin gue dong’, ‘makan di luar yuk’ dan lain-lain.

Karena mungkin, tidak semua orang memiliki sahabat yang begitu dekat, yang bisa mengajaknya jalan-jalan, bicara dari hati ke hati sambil mentraktir kopi, atau melakukan berbagai hal fun lainnya bersama-sama. Bukan hanya bersenang-senang bersama, tapi mungkin juga ada yang mau membantu kamu disaat kamu tengah gundah.

Lagu tentang Persahabatan

* sumber: www.lovesove.com

Lagu romantis atau patah hati mungkin sering ditemukan. Namun lagu tentang persahabatan selalu terkenang-kenang seperti 10 lagu berikut ini.

1. Sahabat Sejati – Sheila On 7


Dan, Seberapa Pantas, atau Sephia mungkin adalah beberapa dari sekian lagu Sheila on 7 yang begitu populer di masanya, hingga saat ini. Tapi, kita sangat suka dengan lagu Sahabat Sejati. Bukan apa-apa, dengan nada rock yang kental nan menghentak, lagu ini juga mengangkat tema persahabatan yang mungkin jarang-jarang dibawakan oleh musisi lain.

Seorang sahabat tidak membuat sobatnya merasa mellow. Jadi, nada lagu ini rasanya pas sekali untuk menyatakan semangat sebuah persahabatan. Yang jelas, SO7 menyampaikan sebuah energi positif tentang jalinan persahabatan dari lagunya ini. Baru mulai kok rasanya sudah kangen pada teman-teman ya? Wajar, itulah namanya ‘Sahabat Sejati’.

Best line: ‘Remas sayapku jangan pernah lepaskan. Bila ku ingin terbang, terbang meninggalkanmu’

2. I’ll Stand by You – The Pretenders


The Pretenders merupakan sebuah band rock asal Inggris yang aktif sejak tahun 1978. Pada tahun 1994, band yang digawangi oleh rocker wanita Chrissie Hynde sebagai vokalisnya ini merilis sebuah lagu berjudul I’ll Stand by You. Sepintas saat menyimak lagu ini, kita akan berpikir bahwa ini adalah sebuah lagu cinta tentang seseorang yang begitu sangat mendukung orang yang ia kasihi.

Siapa yang menyangka bahwa lagu milik The Pretenders ini bukan hanya bisa dinikmati di saat-saat romantis, tapi juga sebagai pernyataan dukungan seseorang terhadap sahabatnya untuk melampaui masa-masa yang sulit. Cinta bukan hanya untuk pasangan saja bukan? Bisa untuk keluarga, dan jika kamu tidak mencintai sahabatmu, mana mungkin kalian bisa sedekat sekarang sejak masa sekolah. Setuju?

Best line: ‘And when, when the night falls on you baby, you’re feeling all alone, you’re wandering on your own, I’ll stand by you

3. Untuk Sahabat – Audy & Nindy


Audy Item adalah salah satu penyanyi solo Indonesia yang dikenal dengan lagu-lagu cintanya yang bikin ‘baper’. Pada tahun 2003, putri dari musisi jazz terkemuka Jopie Item ini berkolaborasi bersama solois cantik Nindy, dan meluncurkan lagu bertitel Untuk Sahabat. Dirilis sebagai kampanye dari sebuah produk kecantikan, dengan cepat, Untuk Sahabat menjadi sebuah anthem persahabatan bagi kaum wanita.

Selain nada yang mudah diingat, lagu ini bisa dikatakan ‘menggebrak’ dengan bait pertama liriknya yang mengatakan, ‘biarkan saja, kekasihmu pergi’. Kata-kata singkat tersebut seolah menggugah agar seseorang tidak terlalu larut dalam kesedihan. Nada yang riang dari kedua penyanyi bersuara lembut dan merdu ini seolah mengobati hati dan mengingatkan kita pada kekuatan dari ikatan persahabatan.

Best line: ‘Biarkan saja kekasihmu pergi, teruskan saja mimpi yang kau tunda’

4. I’ll Be There – The Jackson 5


Dari segi kesuksesan, lagu ini dinilai sebagai salah satu single terbaik milik The Jackson 5, grup musik yang beranggotakan mendiang raja pop dunia Michael Jackson dan kakak-kakaknya. Meski terdengar romantis, tapi lagu yang dirilis pada tahun 1970 ini justru begitu terkesan sangat berarti saat dihubungkan dengan jalinan persahabatan.

Bukan apa-apa, lirik I’ll Be There memang terkesan ‘gombal’. Tapi di satu sisi, keluarga Jackson sepertinya juga mampu menyampaikan pesan bahwa lagu yang pernah dibawakan ulang oleh penyanyi Mariah Carey ini bukan hanya sekedar berbicara tentang asmara. Tapi juga mengingatkan bagaimana kehadiran kita dapat begitu sangat berarti bagi orang lain. Terutama, untuk sahabat kita.

Best line: ‘I’ll be there to protect you, with unselfish love that respects you

5. Kepompong – Sind3ntosca


Masih ingat bagaimana kamu pertama kali mengenal sahabat kamu? Lantas, mungkin pernah ada kekonyolan dan kekocakan yang kalian lakukan bersama. Mungkin juga dengan kompak kalian pernah menyukai orang yang sama. Hingga, kadang juga ada perdebatan yang terjadi antara kalian. Bisa jadi, itu adalah beberapa hal yang langsung terbayang dalam kepala kamu begitu mendengar lagu ini.

Tidak mengherankan jika lagu milik Sind3ntosca yang dirilis pada tahun 2007 ini begitu booming pada masanya. Bait-bait awal dari lagu yang dibawakan oleh solois bernama asli Jalu ini langsung mengingatkan kita akan jalinan persahabatan yang kita miliki. Dan semoga saja, kamu selalu memiliki hubungan yang baik dengan sahabat-sahabat kamu.

Referensi: ‘Kau jauhi diriku karena sesuatu. Mungkin ku terlalu bertindak kejauhan. Namun, itu karna ku sayang’

Baca juga: Ini 10 Lagu Indonesia Tentang Hangatnya Persahabatan

6. See You Again –Wiz Khalifa ft. Charlie Puth


Dari daftar kita kali ini, See You Again mungkin adalah salah satu lagu tentang persahabatan yang akan membuat kita begitu tersentuh. Betapa tidak, karena lagu yang menjadi salah satu soundtrack dalam film Furious 7. Yang di mana, salah satu bintangnya yaitu Paul Walker telah meninggal dunia dalam sebuah peristiwa kecelakaan.

Dalam lagu mereka, Wiz Khalifa dan Charlie Puth menuturkan tentang sebuah jalinan persahabatan yang begitu kental, bahkan mungkin lebih layak disebut sebagai sebuah jalinan persaudaraan. Dan satu hal yang menarik, lagu ini juga berkesan dewasa karena ada lirik yang secara tidak langsung menyatakan bahwa mereka begitu mengasihi keluarga masing-masing. So Sweet, ya?

Best line: ‘How could we not talk about family when family’s all that we got? Everything I went through you were standing there by my side

7. Ingatlah Hari ini – Project Pop


Apakah kamu punya nama sebutan yang sebenarnya agak berbau mengejek tapi malah jadi panggilan sayang dari sahabat kamu? Jika iya, itu tanda bahwa kamu dan dia bersahabat dekat. Lagu dari Project Pop yang satu ini mengingatkan kita bagaimana antara sahabat kadang memang sering saling mencela. Tapi jika tidak, rasanya kita tidak diperhatikan oleh sahabat kita.

Kejujuran adalah salah satu elemen dalam persahabatan. Apakah itu berbentuk candaan, teguran, kadang juga kritik, selama datang dari sahabat kita, kita selalu bisa menerima itu semua dengan lapang dada. Dibawakan dengan jenaka, Ingatlah Hari Ini menyampaikan pesan bahwa jangan sampai kita melupakan jalinan persahabatan sampai kapan pun.

Best line: ‘Jika tua nanti kita telah hidup masing-masing, ingatlah hari ini’

8. Count on Me – Bruno Mars


Mungkin ada diantara kamu yang merasa bahwa sebenarnya, kamu bukan orang yang tepat untuk menasihati sahabat kamu. Tapi, jika butuh second opinion dia selalu datang pada kamu terlebih dahulu, dari pada menemui orang lain. Kadang memang, sahabat kita sebenarnya bukan butuh nasihat, tapi dia hanya ingin memastikan bahwa dia ‘tidak sendirian’.

Seperti kata Bruno Mars dalam lagunya yang berjudul Count on Me ini. ‘You can count on me like one two three, I’ll be there’. Istilahnya, dalam lagu ini Bruno seperti menyampaikan bahwa kita adalah orang pertama yang selalu siap menemani sahabat kita. Dengan aransemen minimalis, Count on Me bisa dikatakan sebuah lagu tentang jalinan persahabatan yang terdengar begitu manis.

Best line: ‘If you tossin’ and you’re turnin’ and you just can’t fall asleep, I’ll sing a song beside you

9. Sebuah Lagu – Payung Teduh


Gambaran tentang apa yang sering kamu lakukan bersama sahabat kamu seolah terlukis dengan jelas lewat lagu milik Payung Teduh ini. Karena pada saat bertemu sahabat, tidak ingin rasanya kita cepat-cepat berpisah. Mulai dari curhat hingga kisah supranatural dibahas habis-habisan seperti tidak ada hari esok. Kadang, kitapun belum puas. Dan bisa jadi, dibahas lagi dalam pertemuan-pertemuan selanjutnya.

Sebuah Lagu merupakan single Payung Teduh yang menjadi pengisi soundtrack film animasi Ralph Breaks the Internet: Wreck It Ralph 2. Lagu ini juga merupakan debut dari vokalis baru Payung Teduh, Marsya Ditia yang merupakan manajer dari band ini. Dan lantunan suara Marsya rasanya membuat kita ingin mengontak para sahabat dan nongkrong bareng mereka.

Best line: ‘Seduhan teh dan persahabatan melunturkan lelah. Jam dinding tak berjarum sudah larut, kaki enggan melangkah’

10. Umbrella – Rihanna


Wajar memang jika para kritikus memasukkan lagu yang turut diciptakan oleh rapper Jay-Z yang merupakan produser dari Riri sebagai salah satu lagu terbaik tahun 2007. Pada masanya, lagu ini mendapat airplay yang sangat tinggi. MTV, radio, bahkan kemanapun kamu pergi, lantunan suara Rihanna yang bersanandung ‘ella, ella, eh, eh’ pasti terdengar.

Mungkin kita tidak ‘ngeh’ bahwa lagu ini menyampaikan tema persahabatan. Kurang menyentuh? Coba simak salah satu bagian liriknya yang berbunyi: ‘now that it’s raining more than ever. Know that we’ll still have each other, you can stand under my umbrella’. Lirik tersebut menyampaikan bahwa dalam kondisi yang sangat sulit sekalipun, seorang sahabat akan melindungi kamu dan setia berdiri disebelah kamu.

Best line: ‘You can run into my arms, it’s okay, don’t be alarmed, come into me

Lagu yang menyentuh, tidak selamanya hadir dengan aransemen mendayu-dayu. Seperti daftar lagu kita kali ini. Namun jika diperhatikan liriknya, ada saja kata-kata yang selalu mengusik hati, dan membuat kita bersyukur, bahwa kita dikelilingi oleh orang-orang baik yang mengenal kita luar-dalam.

Lagi pula, sudah sepantasnya kita menularkan aura positif untuk sahabat-sahabat kita, terutama di saat dia membutuhkannya. Coba ingat-ingat lagi, pasti ada saja persitiwa dimana saat kamu membutuhkan seseorang sebagai pelipur lara, sahabat kamu yang kadang dijuluki sebagai ‘si pengganggu’ datang, dan dengan segala tingkahnya, berhasil membuat kamu kembali ceria.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *