Best Friend for Life, 10 Lagu Tentang Dalamnya Persahabatan

Ditulis oleh Glen Sahetapy

Biasanya, tali persahabatan terjalin dengan spontan entah sejak kecil, ketika sekolah, kuliah, atau bahkan di dunia kerja. Bisa jadi karena kesamaan sifat, hobi, atau justru karena perbedaan, hingga saling mengisi satu sama lain. Dan beruntunglah kamu, jika kamu memiliki banyak sahabat yang mungkin tidak sering menyapa lewat pesan singkat seperti ‘lagi dimana’, ‘temenin gue dong’, ‘makan di luar yuk’ dan lain-lain.

Karena mungkin, tidak semua orang memiliki sahabat yang begitu dekat, yang bisa mengajaknya jalan-jalan, bicara dari hati ke hati sambil mentraktir kopi, atau melakukan berbagai hal fun lainnya bersama-sama. Bukan hanya bersenang-senang bersama, tapi mungkin juga ada yang mau membantu kamu disaat kamu tengah gundah.

Lagu tentang Persahabatan

* sumber: www.lovesove.com

Lagu romantis atau patah hati mungkin sering ditemukan. Namun lagu tentang persahabatan selalu terkenang-kenang seperti 10 lagu berikut ini.

1. Sahabat Sejati – Sheila On 7

YouTube video

Dan, Seberapa Pantas, atau Sephia mungkin adalah beberapa dari sekian lagu Sheila on 7 yang begitu populer di masanya, hingga saat ini. Tapi, kita sangat suka dengan lagu Sahabat Sejati. Bukan apa-apa, dengan nada rock yang kental nan menghentak, lagu ini juga mengangkat tema persahabatan yang mungkin jarang-jarang dibawakan oleh musisi lain.

Seorang sahabat tidak membuat sobatnya merasa mellow. Jadi, nada lagu ini rasanya pas sekali untuk menyatakan semangat sebuah persahabatan. Yang jelas, SO7 menyampaikan sebuah energi positif tentang jalinan persahabatan dari lagunya ini. Baru mulai kok rasanya sudah kangen pada teman-teman ya? Wajar, itulah namanya ‘Sahabat Sejati’.

Best line: ‘Remas sayapku jangan pernah lepaskan. Bila ku ingin terbang, terbang meninggalkanmu’

2. I’ll Stand by You – The Pretenders

YouTube video

The Pretenders merupakan sebuah band rock asal Inggris yang aktif sejak tahun 1978. Pada tahun 1994, band yang digawangi oleh rocker wanita Chrissie Hynde sebagai vokalisnya ini merilis sebuah lagu berjudul I’ll Stand by You. Sepintas saat menyimak lagu ini, kita akan berpikir bahwa ini adalah sebuah lagu cinta tentang seseorang yang begitu sangat mendukung orang yang ia kasihi.

Siapa yang menyangka bahwa lagu milik The Pretenders ini bukan hanya bisa dinikmati di saat-saat romantis, tapi juga sebagai pernyataan dukungan seseorang terhadap sahabatnya untuk melampaui masa-masa yang sulit. Cinta bukan hanya untuk pasangan saja bukan? Bisa untuk keluarga, dan jika kamu tidak mencintai sahabatmu, mana mungkin kalian bisa sedekat sekarang sejak masa sekolah. Setuju?

Best line: ‘And when, when the night falls on you baby, you're feeling all alone, you're wandering on your own, I'll stand by you

3. Untuk Sahabat – Audy & Nindy

YouTube video

Audy Item adalah salah satu penyanyi solo Indonesia yang dikenal dengan lagu-lagu cintanya yang bikin ‘baper’. Pada tahun 2003, putri dari musisi jazz terkemuka Jopie Item ini berkolaborasi bersama solois cantik Nindy, dan meluncurkan lagu bertitel Untuk Sahabat. Dirilis sebagai kampanye dari sebuah produk kecantikan, dengan cepat, Untuk Sahabat menjadi sebuah anthem persahabatan bagi kaum wanita.

Selain nada yang mudah diingat, lagu ini bisa dikatakan ‘menggebrak’ dengan bait pertama liriknya yang mengatakan, ‘biarkan saja, kekasihmu pergi’. Kata-kata singkat tersebut seolah menggugah agar seseorang tidak terlalu larut dalam kesedihan. Nada yang riang dari kedua penyanyi bersuara lembut dan merdu ini seolah mengobati hati dan mengingatkan kita pada kekuatan dari ikatan persahabatan.

Best line: ‘Biarkan saja kekasihmu pergi, teruskan saja mimpi yang kau tunda’

4. I’ll Be There – The Jackson 5

YouTube video

Dari segi kesuksesan, lagu ini dinilai sebagai salah satu single terbaik milik The Jackson 5, grup musik yang beranggotakan mendiang raja pop dunia Michael Jackson dan kakak-kakaknya. Meski terdengar romantis, tapi lagu yang dirilis pada tahun 1970 ini justru begitu terkesan sangat berarti saat dihubungkan dengan jalinan persahabatan.

Bukan apa-apa, lirik I’ll Be There memang terkesan ‘gombal’. Tapi di satu sisi, keluarga Jackson sepertinya juga mampu menyampaikan pesan bahwa lagu yang pernah dibawakan ulang oleh penyanyi Mariah Carey ini bukan hanya sekedar berbicara tentang asmara. Tapi juga mengingatkan bagaimana kehadiran kita dapat begitu sangat berarti bagi orang lain. Terutama, untuk sahabat kita.

Best line: ‘I'll be there to protect you, with unselfish love that respects you

5. Kepompong – Sind3ntosca

YouTube video

Masih ingat bagaimana kamu pertama kali mengenal sahabat kamu? Lantas, mungkin pernah ada kekonyolan dan kekocakan yang kalian lakukan bersama. Mungkin juga dengan kompak kalian pernah menyukai orang yang sama. Hingga, kadang juga ada perdebatan yang terjadi antara kalian. Bisa jadi, itu adalah beberapa hal yang langsung terbayang dalam kepala kamu begitu mendengar lagu ini.

Tidak mengherankan jika lagu milik Sind3ntosca yang dirilis pada tahun 2007 ini begitu booming pada masanya. Bait-bait awal dari lagu yang dibawakan oleh solois bernama asli Jalu ini langsung mengingatkan kita akan jalinan persahabatan yang kita miliki. Dan semoga saja, kamu selalu memiliki hubungan yang baik dengan sahabat-sahabat kamu.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram