Bacaterus / Lagu Persahabatan / Ini 10 Lagu Indonesia Tentang Hangatnya Persahabatan

Ini 10 Lagu Indonesia Tentang Hangatnya Persahabatan

Ditulis oleh - Diperbaharui 22 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Memiliki sahabat yang bisa selalu ada untuk membantumu dan menjadi yang paling mengerti tentang kamu tentu akan menjadi hal yang menyenangkan. Bersama sahabat, kamu bisa menjadi apa adanya dirimu dan kalian akan melewati segala hal bersama-sama. Persahabatan merupakan hal yang tidak ternilai harganya.

Indahnya persahabatan juga seringkali menjadi inspirasi bagi para musisi untuk menciptakan karya lagu dengan tema persahabatan. Bagi kamu dan sahabatmu, berikut 10 lagu Indonesia tentang persahabatan agar kalian bisa lebih memaknai arti seorang sahabat.

1. Sahabat Sejati – Sheila on 7


Pegang pundakku jangan pernah lepaskan

Bila ku mulai lelah, lelah dan tak bersinar

Remas sayapku jangan pernah lupakan

Bila ku ingin terbang, terbang meninggalkanmu

Sahabat Sejati merupakan salah satu hits single dari band legendaris Indonesia, Sheila on 7. Lagu ini diciptakan oleh sang gitaris, Eross Candra. Lagu ini menjadi salah satu track dalam album album kedua Sheila on 7 yang dirilis tahun 2000 dengan judul Kisah Klasik Untuk Masa Depan.

Sahabat Sejati juga pernah diaransemen ulang untuk menjadi soundtrack film Filosofi Kopi 2 di tahun 2015. Lirik dari lagu menceritakan mengenai perjalanan persahabatan yang akan saling mendukung dan mengigatkan satu sama lain serta menceritakan mengenai masa-masa indah persahabatan yang akan selalu dipertahankan selamanya.

2. Arti Sahabat – Nidji


Kau masih berdiri, kita masih disini

Tunjukkan pada dunia arti sahabat

Kau teman sehati, kita teman sejati

Hadapilah dunia, genggam tanganku

Lagu ini merupakan lagu dari band Nidji yang dirilis pada tahun 2008. Arti Sahabat diciptakan oleh sang drummer dari band Nidji, Adri Prakarsa. Lagu ini juga menjadi salah satu single dari album kedua Nidji yang bertajuk Top Up. Arti Sahabat bahkan menjadi judul dari konser tunggal yang digelar oleh Nidji pada tahun 2017.

Lirik lagu Arti Sahabat memiliki arti yang mendalam mengenai persahabatan. Lagu ini bercerita tentang bagaimana persahabatan yang kuat akan mampu mengalahkan rintangan apapun. Bersama sahabat, kamu pasti bisa melewati seberat apapun masalah yang datang.

3. Sahabat – Peterpan


Ingatkanku semua, wahai sahabat

Kita untuk slamanya, kita percaya

Kita tebarkan arah dan tak pernah lelah

Ingatkanku semua, wahai sahabat

Peterpan yang kini sudah berganti nama menjadi Noah Band merupakan salah satu grup band yang paling populer di Indonesia. Peterpan memiliki banyak lagu yang menjadi hits, salah satunya adalah lagu yang mengisahkan tentang persahabatan dengan judul Sahabat. Bahkan, para fans Peterpan juga memiliki sebutan Sahabat Peterpan yang diambil dari judul lagu ini.

Lagu yang diciptakan oleh Ariel, Lukman, dan Uki ini dirilis pada tahun 2003 dan menjadi salah satu lagu dalam album Taman Langit. Lagu Sahabat memiliki lirik yang mendalam dengan untaian kata yang indah mengenai betapa bermaknanya seorang sahabat Dari lagu ini, kamu bisa merasakan betapa pentingnya kehadiran seorang sahabat.

4. Kepompong – Sindentosca


Persahabatan bagai kepompong

Mengubah ulat menjadi menjadi kupu-kupu

Persahabatan bagai kepompong

Hal yang tak mudah berubah jadi indah

Kamu pasti ingat dengan lagu berjudul Kepompong dari grup band Sindentosca. Sindentosca sendiri sebenarnya adalah grup band indie yang cukup unik karena hanya memiliki satu orang personil, yaitu Jalu. Lagu kepompong merupakan single dari Sindentosca yang dirilis pada tahun 2008.

Lagu ini memang memiliki lirik dan musik yang easy listening. Lirik lagunya mengibaratkan persahabatan yang bagaikan kepompong, dimana menjalin persahabatan merupakan fase dari ulat yang buruk menjadi kupu-kupu yang cantik. Memang tidak mudah untuk mempertahankan suatu persahabatan, namun dengan tetap bersama, segalanya akan menjadi lebih indah.

5. Untuk Sahabat – Audy ft Nindy


Aku bernyanyi untuk sahabat

Aku berbagi untuk sahabat

Kita bisa jika bersama

Lagu Untuk Sahabat dinyanyikan secara duet oleh dua orang penyanyi solo wanita, Audy Item dan Nindy. Lagu ini menjadi salah satu single dalam album musik ketiga Audy yang dirilis pada tahun 2006 dengan judul album 23-03.

Untuk Sahabat bercerita mengenai kisah persahabatan yang saling mendukung mimpi satu sama lain dan selalu bersama serta percaya untuk saling mewujudkan impian. Lagu yang dinyanyikan secara duet ini menambah kesan persahabatan yang sangat erat.

Baca juga: 10 Lagu Anime Tersedih yang Bisa Bikin Menitikkan Air Mata

6. Sahabat Setia – Andien


Berbagi semua kisah, canda tawa serta ceria

Air mata dalam duka kita masih bersama

Rajut mimpi-mimpi indah, menghias dunia kita

Berjanji di dalam cita, sahabat yang setia

Sahabat Setia merupakan lagu tentang persahabatan yang dinyanyikan oleh salah satu penyanyi jazz wanita Indonesia, Andien. Lagu ini dirilis pada tahun 2002 dan menjadi salah satu lagu dala album musik kedua Andien yang berjudul Kinanti.

Dengan irama musik pop jazz yang dinamis, lagu Sahabat Setia mengisahkan tentang bahagianya memiliki sahabat yang bisa menjadi tempat berbagi dalam suka dan duka. Musiknya yang ceria akan mengingatkan kamu dengan waktu-waktu menyenangkan yang kamu habiskan dengan sahabat.

7. Teman Sejati – Hivi!


Meski tak ada yang abadi

Tapi kamu kan selalu dihati

Kemanapun dua kaki ini melangkah nanti

Kuingin kau mengerti bagiku kau teman sejati

Persahabatan masa SMA memang menjadi momen yang akan selalu dikenang. Hal itulah yang diceritakan grup band Hivi!. Lagu ini diciptakan oleh Nino Kayam dan sang gitaris dari Hivi!, Febrian Nindyo Purbowiseso. Teman Sejati menjadi salah satu lagu dalam album Ceritera yang rilis tahun 2019.

Dengan musik yang ceria, lagu Teman Sejati akan mengingatkan kamu pada persahabatan masa SMA yang dipenuhi cerita seru. Lagu ini juga akan mengingatkan kamu bahwa meskipun kamu dan sahabat akan berpisah nantinya, namun persahabatan kalian akan tetap abadi dan selalu tersimpan di hati.

8. Janger Persahabatan – NEV+, Ariel, Dea


Kita kuat karena bersatu

Kita bersatu karena kuat

Persahabatan kita dalam persatuan

Persatuan kita dalam persahabatan

Lagu Janger Persahabatan merupakan salah satu lagu yang menjadi alah satu theme song dalam Asian Games 2018 dimana Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggara. Lagu ini dibawakan oleh NEV+ atau Nidji Electronic Version Plus, yang merupakan proyek dari band Nidji setelah ditinggal sang vokalis serta berkolaborasi dengan Ariel Noah dan Dea Dalila, eks vokalis Hivi!.

Lirik lagu ini diciptakan oleh Guruh Soearnoputra. Lirik dan musiknya terinspirasi dari semangat masyarakat Indonesia dalam keragaman budaya dan etnis. Lagu ini akan membuat kamu semangat untuk meraih impian dengan hadirnya sahabat yang akan membuat kamu semakin kuat menggapai mimpi.

9. Sahabat Selamanya – Padi


Sahabat untuk selamanya

Berbagi dan saling menjaga

Kau dan aku sahabat

Untuk selamanya, selama-lamanya

Kamu pasti sering mendengar lagu ini saat menonton film animasi dari Malaysia Upin & Ipin. Lagu yang dinyanyikan oleh grup band Padi dan diciptakan oleh sang vokalis, Fadly ini memang menjadi soundtrack dari film animasi tersebut. Fadly menciptakan lagu ini setelah melihat sedikitnya lagu anak yang ada saat ini.

Lagu ini dirilis pada tahun 2010. Lagu Sahabat Selamanya memiliki lirik yang sederhana namun kamu bisa melihat pesan yang mendalam mengenai persahabatan. Lirik lagu ini menceritakan tentang sahabat yang berjanji untuk selalu bersama dan menghadapi segala rintangan bersama-sama.

10. Ingatlah Hari Ini – Project Pop


Kamu sangat berarti istimewa di hati

Slamanya rasa ini

Jika tua nanti kita tlah hidup masing-masing

Ingatlah hari ini

Selain mengingatkan tentang persahabatan, lagu dari grup vocal Project Pop ini juga seringkali diputar dalam acara perpisahan dengan sahabat. Lagu Ingatlah Hari ini diciptakan oleh dua personil Project Pop, Yosi dan Udjo. Lagu ini dirilis pada tahun 2003 dan menjadi salah satu lagu dalam album keempat Project Pop. Pop OK.

Musiknya yang ceria dan lirik lagunya yang sedikit jenaka akan membuat kamu mengingat momen-momen seru bersama sahabatmu. Lagu ini juga memiliki pesan untuk selalu mengingat hari-hari indah yang kamu lewati bersama sahabat.

Ternyata lagu-lagu yang mengangkat tema persahabatan juga bisa menjadi lagu yang keren dengan pesan yang menyentuh ya! Apakah kamu juga memiliki lagu yang selalu mengingatkanmu dengan sahabat terbaikmu? Ceritakan kisah persahabatanmu yang tak terlupakan di kolom komentar!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *