Bacaterus / Lagu Persahabatan / 10 Lagu Korea tentang Persahabatan yang Bikin Kangen Sahabat

10 Lagu Korea tentang Persahabatan yang Bikin Kangen Sahabat

Ditulis oleh - Diperbaharui 22 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Memiliki sahabat yang baik adalah anugerah. Tidak semua orang bisa memiliki sahabat yang benar-benar tulus dan terus berlangsung lama Jadi, kalau kamu memilikinya, tetap jaga persahabatan itu sebaik mungkin, ya. Di bawah ini, Bacaterus sudah mengumpulkan 10 lagu Korea tentang persahabatan.

Orang-orang Korea Selatan sendiri sangat mementingkan hubungan, baik itu ketika berpacaran atau ketika berteman. Semua bisa kita lihat dari vlog, acara reality televisi, drama, dan juga musik asal sana. Yuk, langsung saja dengarkan sepuluh lagu bertemakan pertemanan ini!

1. BTS R&V – 네시 (4 O’Clock)

Dalam rangka ulang tahun keempat BTS yang bertajuk “2017 BTS Festa”, boyband kesayangan ARMY merilis banyak lagu buatan mereka sendiri di Soundcloud yang terbagi dalam beberapa sub unit.

Salah satunya adalah lagu “4 O’Clock” yang diciptakan, di-co produksi , dan dinyanyikan oleh V dan RM. Lagu ini menceritakan tentang persahabatan. Lalu, ketika RM tanya, siapa sahabat yang kau bayangkan ketika menulis lagu ini, V menjawab “Jimin”.

Memang, semua anggota BTS dekat satu sama lain, tapi bisa dibilang V dan Jimin ini soulmate. Karena, selain mereka satu angkatan (95’s liner), mereka juga satu sekolah saat masih trainee.

Saking dekatnya, V dan Jimin suka ‘bertengkar’ karena hal sepele, seperti insiden mandu (dumpling) yang ceritanya sangat terkenal di fandom. Karena penasaran, ARMY sering menanyakan ada apa dengan mandu dan Vmin (panggilan untuk V dan Jimin).

Akhirnya, misteri mandu pun terjawab saat 2020 BTS Festa. Jadi, suatu hari saat sedang latihan, V lapar dan mengajak Jimin untuk makan mandu. Tapi, Jimin bilang nanti saja makannya setelah latihan selesai, sedangkan V ingin dumpling saat itu juga.

Mereka pun tidak berbicara satu sama lain selama beberapa hari. Jimin sampai mengajak Suga untuk minum (saking kesal dan frustasi karena bertengkar dengan soulmate-nya) sampai mabuk (bukan mabuk-mabukkan dalam konotasi negatif, ya).

V yang sudah beberapa hari pergi ke taman sekitar dini hari sampai subuh diketahui oleh para member, dan Jimin pun pergi menyusulnya jam 4 subuh dalam keadaan mabuk. Mereka berdua pun membicarakan masalah ini dan berdamai. Insiden yang lucu dan retrospeksi ini yang menginspirasi “4 O’Clock”.

Dumpling juga melahirkan satu lagu lagi dan ini betulan dirilis di album BTS, judulnya “Friends” yang dinyanyikan oleh para pelaku insiden, V dan Jimin! Lagu ini menceritakan tentang persahabatan mereka juga. Bahkan ada skit pertengkaran mereka tentang mandu di tengah-tengah lagu.

2. SEVENTEEN – 캠프파이어 (Campfire)

Sama seperti BTS yang merilis lagu bertema sahabat saat ulang tahun, boy group SEVENTEEN juga merilis lagu dengan tema serupa pada ultahnya yang ke-5, judulnya adalah “캠프파이어 (Campfire)”. Walaupun lagu ini bisa diinterpretasikan sebagai lagu untuk Carats (fans SEVENTEEN).

Lagu ini memberikan vibe SEVENTEEN duduk bersama dengan Carats di depan api unggun sambil berbincang tentang kehidupan mereka, hal-hal apa saja yang sudah mereka lalui bersama selama bertahun-tahun ini, layaknya teman saja bagaimana.

Tapi lagu ini juga bisa dimaknai sebagai lagu persahabatan antar member. Dan, kalau kamu merasa relate dengan liriknya, bisa jadi lagu buat kamu dan sahabatmu juga. “All the memories of the flower paths, let’s write it on a piece of paper and give it to each other. Even after today I hope you don’t forget this song we made together. We made our campfire..

3. SNSD – 단짝 (My Best Friend)

Girls’ Generation atau dikenal juga dengan nama SNSD merupakan girlband legendaris asal Korea Selatan. Mereka debut pada tahun 2007 dengan sembilan anggota, tapi sekarang hanya tinggal lima anggota saja. SNSD pernah merilis lagu berjudul “단짝” yang berarti “My Best Friend” dalam bahasa Inggris.

Namanya juga kehidupan, kadang kita memiliki masalah dengan orang lain karena salah paham. Begitu pula dalam berteman. Jadi, ketika bertengkar dengan sahabat sendiri bukan berarti kamu orang yang buruk, itu semua hal yang normal.

Walau sedang berselisih pun, yang namanya sahabat seharusnya masih selalu ada di saat senang maupun susah. Itulah inti dari lagu “My Best Friend” yang dibawakan Taeyeon, Sunny, Jessica, Tiffany, Hyoyeon, Yuri, Sooyoung, Yoona, dan Seohyun ini.

4. Kim Dong Ryul feat. Lee Sang Soon – Those Days (청춘)

Kim Dong Ryul adalah lyricist berbakat. Ia tidak menggunakan kata-kata gaul atau trendi untuk menonjol di pasar musik, tapi ia punya style-nya sendiri. Lagunya seperti cerita yang bisa di-relate oleh banyak orang. Suaranya yang soulfull menambah keindahan lagu-lagunya.

Dong Ryul menggaet Lee Sang Soon dalam lagunya yang berjudul “Those Days (청춘)”. Baik Dong Ryul maupun Sang Soon berhasil menangkap perasaan nostalgia masa lalu, ketika antar teman kehilangan kontak satu sama lain karena perubahan dalam kehidupan mereka dan juga waktu yang terus berjalan.

5. UNIQ (유니크) – Best Friend

UNIQ adalah grup vokal pria mix Tiongkok-Korea Selatan yang beranggotakan lima orang, yaitu Zhou Yixuan, Kim Sung Joo, Li Wenhan, Cho Seungyoun, dan Wang Yibo (kamu mungkin mengenal Wang Yibo dari web drama “The Untamed” yang dirilis pada tahun 2019 lalu). UNIQ debut pada tahun 2014 dengan single “Falling in Love”.

Saat UNIQ memperingati satu tahun setelah tanggal debut, mereka merilis album digital ke-2 yang bertajuk “Best Friend”. Di dalam album tersebut ada lagu yang judulnya sama dengan nama album, yaitu “Best Friend” dalam versi Jepang, Korea, dan instrumental-nya saja. Lirik lagunya seperti ini:

I remember the day we first met
I had an awkward smile, I don’t know why I was so shy

Now we punch each other, run away, tease and rub shoulders
Now I’m used to this, no matter what anyone says, it’s us

We cried, got hurt, healed but still
I’m always on your side, no matter what anyone else says

Because I’m with you, I was always smiling
You’re more precious than anyone else, my best friend

6. GOT7 – Miracle

GOT7 adalah boyband multiracial alias Anggotanya memiliki kewarganegaraan yang berbeda-beda. Mark Tuan adalah orang Thailand dengan kewarganegaraan Amerika, Wang Jackson dari Hong Kong, BamBam dari Thailand, lalu Kim Yugyeom, Im Jaebum, Choi Youngjae, dan Park Jinyoung dari Korea Selatan.

Lagu mereka yang berjudul “Miracle” ini bisa menceritakan tentang hubungan GOT7 dengan Ahgase (fans mereka), bisa juga menggambarkan tentang persahabatan antar member sendiri, atau pertemanan secara umum.

Bagaimana seseorang datang seperti seberkas cahaya, memperbaiki situasi sulit yang sedang kamu hadapi, lagu ini menggambarkan rasa terimakasih akan kehadiran teman di hidupmu.

7. GFRIEND – 기억해 (My Buddy)

Kurang lebih bermakna sama dengan lagu GOT7 di atas, GFRIEND juga punya lagu yang bertemakan sahabat, yaitu “My Buddy”. Buat yang belum tahu, Buddy itu sebutan fans-nya GFRIEND, ya. Meskipun ini adalah lagu yang didedikasikan untuk Buddy, lagu ini juga bisa dimaksudkan untuk sahabat kamu.

Karena, liriknya menceritakan kalapun segala sesuatunya dalam hidup tampak rumit, kamu masih punya teman untuk bersandar. Lagu ini juga berisi harapan untuk bisa berteman selamanya. Selain “My Buddy”, Judul lagu ini bisa diterjemahkan juga jadi “Remember”.

8. SHINee – A-Yo

Lagu tentang sahabat yang selanjutnya datang dari SHINee. Judul lagunya adalah “A-Yo”. Inti lagu ini menceritakan tentang hal-hal yang umumnya ditawarkan oleh sahabat, seperti pelukan yang menenangkan, bahu untuk menangis, telinga untuk mendengarkan, teman untuk bercanda, orang yang bisa memberikan dukungan dan semangat, dan hal lainnya.

Bring it side to side, your sad tears, all your pain, brush it off..

9. Oh My Girl – Knock Knock

Siapa, nih, penggemar cewek-cewek gemes Oh My Girl? Lagu mereka yang berjudul “Knock Knock” agak unik, nih. Memang, lagu ini menceritakan tentang teman.

Tapi, ceritanya di sini kamu adalah teman yang sedang cemburu akibat temanmu itu memiliki teman baru. “I heard you got a different friend, but you can’t live without me. I hate her so much, she should go, you have no one but me.

10. Lee Hi – 한숨 (Breathe)

Terakhir, ada lagu dari Lee Hi yang berjudul “한숨 (Breathe)“. Sebenarnya ini lebih kepada lagu kehidupan, tapi bi sajuga dinyanyikan untuk teman yang sedang membutuhkan pertolongan. Lirik lagunya sangat dalam, menyentuh, dan realistis.

Ketika hidup terlalu menyesakkan, keadaan menekan, orang-orang di sekitar pun seakan-akan acuh, semua ini akan membuat kita sulit bernapas, bukan? Lagu “Breath” akan membuatmu merasa lebih lega, tidak apa jika kamu merasa lelah, itu normal.

Tidak melulu soal lirik yang romantis dan bikin baper, lagu Korea juga punya banyak lagu yang bermakna tentang persahabatan. Dari 10 lagu pilihan kami, mana lagu yang sering kamu dengar?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *