Bacaterus / Lagu Persahabatan / 10 Rekomendasi Lagu Tentang Sahabat untuk Perpisahan Sekolah

10 Rekomendasi Lagu Tentang Sahabat untuk Perpisahan Sekolah

Ditulis oleh - Diperbaharui 22 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Perpisahan sekolah adalah saat-saat paling mengharukan. Ketika kita sudah sangat nyaman dengan teman-teman di sana, tapi akhirnya harus berpisah dan bertemu dengan teman-teman yang baru, adalah momen yang menyedihkan sekaligus mendebarkan.

Berikut sudah Bacaterus kumpulkan untuk memeriahkan acara perpisahan sekolahmu. Inilah 10 lagu tentang perpisahan sahabat yang paling mengharukan.

1. Project Pop – Ingatlah Hari Ini

Project Pop adalah band paling unik di dunia, sih, kalau menurut author. Mereka itu grup musik, tapi bergenre komedi. Coba, grup mana lagi yang seperti Project Pop? Anggotanya banyak, tapi kita kenal semuanya karena mereka benar-benar bersahabat baik dan pembagian lirik di setiap lagunya juga adil. Pembawaan lagu mereka selalu fun dengan lirik yang jenaka juga yang membuat mereka unik.

Bahkan ketika mereka tampil di acara WIB TV Show Tokopedia pada bulan Juli 2020 lalu, banyak fans international yang menonton karena ada BTS-nya, tapi mereka jatuh cinta pada performance Project Pop karena lagunya sangat ear-catching dan penampilan mereka juga menyedot atensi sekali. Sampai Project Pop pun trending di Twitter dan di cari di platform musik seperti YouTube, Spotify, dan MelOn.

Lagu “Ingatlah Hari Ini” cocok banget dinyanyikan saat detik-detik akhir acara perpisahan sekolahmu. Pasti teman-teman dan bahkan guru-guru bisa ikut menangis mendengarkan lagu ini sambil mengenang masa lalu.

Awalnya liriknya seperti saling mengejek (Tapi antar teman, bukan untuk menghina), tapi mereka tidak peduli karena “Kau slalu di hati.. Kamu sangat berarti, istimewa di hati Selamanya rasa ini“. Mereka juga berjanji “Jika tua nanti kita telah hidup masing-masing, Ingatlah hari ini“.

2. Sheila On 7 – Sebuah Kisah Klasik

Ini lagu benar-benar klasik, sih. Author inget banget waktu SMP karaoke-an sama teman-teman nyanyi ini sambil nangis (haha). Sheila On 7 memang punya banyak lagu yang melegenda,  seperti “Dan”, “Sephia”, “Berhenti Berharap”, “Yang Terlewatkan”, dan masih banyak lagi.

Lagu band zaman dulu emang enak-enak, ya? Band asal Yogyakarta ini juga punya segudang lagu tentang sahabat juga. Salah satunya “Sebuah Kisah Klasik”. Begini liriknya:

Jabat tanganku mungkin untuk yang terakhir kali
Kita berbincang tentang memori di masa itu
Peluk tubuhku usapkan juga air mataku
Kita terharu seakan tidak bertemu lagi
Bersenang-senanglah
Karna hari ini yang kan kita rindukan
Di hari nanti sebuah kisah klasik untuk masa depan
Bersenang-senanglah
Karna waktu ini yang kan kita banggakan di hari tua
Sampai jumpa kawanku
Smoga kita selalu
Menjadi sebuah kisah klasik untuk masa depan

3. Iwan Fals ft. All Star – Kemesraan

Ini kayaknya lagu wajib buat perpisahan sekolah, kampus, atau pun di kantor. Kamu mungkin sudah tahu lagu “Kemesraan” tapi tidak tahu siapa yang menyanyikannya. Lagu ini pertama kali dinyanyikan oleh Franky Sahilatua dan Jane Sahilatua.

Mereka adalah kakak beradik yang famous pada era 1970-an. Tapi, lagu “Kemesraan” yang mereka bawakan tidak terlalu dikenal. Kemudian, lagu ini dinyanyikan oleh Iwan Fals feat. Titiek Hamzah, namun lagi-lagi kurang berhasil.

Ketika Iwan Fals menggaet artis-artis Musica Studios, yang dilabeli All Star saking banyaknya, barulah lagu “Kemesraan” ini sebooming sekarang. Walaupun judulnya “Kemesraan”, lagu ini bukan berarti untuk cinta sepasang kekasih saja, justru lebih kepada kekeluargaan dan persahabatan antar manusia.

Kemesraan ini Janganlah cepat berlalu. Kemesraan ini Inginku kenang selalu. Hatiku damai Jiwaku tentram di samping mu..”

4. Wiz Khalifa – See You Again ft. Charlie Puth

Lagu “See You Again” yang dinyanyikan Wiz Khalifa dan Charlie Puth ini dipersembahkan untuk mendiang Paul Walker. Lagu ini juga menjadi soundtrack filmFast & Furious 7″ yang menjadi film terakhir Paul, karena Paul meninggal akibat kecelakaan mobil di mana proses syuting belum rampung.

Perannya sebagai Brian O’Conner pun dilanjutkan oleh sepupunya yang paling mirip dengan Paul, tapi setelah itu karakter Brian tidak ada lagi di film-film selanjutnya.

Liriknya dalam, melodinya sendu dicampur upbeat dari rap-nya Wiz Khalifa. Lagu ini bisa banget membawa suasana haru saat perpisahan sekolahmu nanti. Lagu ini juga bisa didengarkan untuk mengenang orang-orang tersayang yang sudah tiada.

Lagu ini menceritakan tentang sahabat yang sudah pergi, atau pergi untuk selama-lamanya jika mengikuti konteks lagunya. Lagu ini juga berisi harapan untuk bisa bertemu lagi di kehidupan yang selanjutnya.

5. TULUS – Monokrom

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=QqJ-Vp8mvbk

Penyanyi kelahiran 1987 ini bernama asli Muhammad Tulus. Lagu-lagu yang ia nyanyikan banyak juga yang ia ciptakan sendiri, loh. Tak hanya berprofesi sebagai penyanyi, Tulus juga ternyata bekerja sebagai arsitek setelah mendapatkan gelarnya dari UNPAR alias Universitas Katolik Parahyangan. Tulus dikenal dengan lagunya yang metafor, membahas isu penting, menenangkan, dan juga romantis.

Lagu TULUS yang berjudul “Monokrom” menceritakan tentang kenangan masa lalu dan keinginan untuk berterimakasih pada orang-orang yang selalu ada menemani selama ini. Kata monokrom sendiri menggambarkan foto zaman dulu yang masih hitam putih. “Lembaran foto hitam putih, Aku coba ingat lagi. Di manapun kalian berada, Kukirimkan terima kasih Untuk warna dalam hidupku“.

6. Mocca – I Remember

Aduh, siapa yang kangen nonton Mocca manggung? Sama, dong, kalau begitu! Mocca adalah grup musik indie yang berasal dari Bandung. Anggotanya ada Arina Ephipania sebagai vokal dan pemain flute, Riko Prayitno sebagai gitaris, Achmad Pratama sebagai pemain bass, dan Indra Massad drummer-nya. Mereka termasuk lengend juga, loh! Berdiri sejak tahun 1997, Mereka masih aktif sampai sekarang.

Uniknya, Mocca justru lebih ngehits di luar negeri daripada di negeri sendiri, loh. Mereka sering tur ke Singapura dan Korea Selatan. Bahkan lagu-lagu Mocca pernah menjadi OST. drakor “Personal Taste”, “Flower Boy Ramen Shop”, dan juga acara reality show Korea.

Ada salah satu lagu Mocca yang sangat terkenal, yaitu “I Remember”. Lagu ini pas banget dinyanyikan saat acara perpisahan sekolah. liriknya menceritakan tentang flashback masa-masa menyenangkan bersama teman, walaupun bisa juga dinyanyikan untuk pacar. “I remember All the things that we shared, and the promise we made, just you and I“.

7. Slank – Terlalu Manis

Slank Balikin

Slank adalah musisi ternama di Indonesia. Mereka memiliki fanbase yang sangat besar dan tersebar di mana-mana. Meski mereka sudah aktif sejak Desember 1983, tapi fans-nya rasanya semakin bertambah saja.

Slank biasanya menciptakan lagu-lagu yang ‘berat’, seperti lagu yang pro-KPK hingga pernah digugat DPR. Tapi, Slank yang kelihatan sangar-sangar ini juga punya banyak lagu cinta yang romantis seperti “Terlalu Manis”!

Lagu ini dirilis dalam dua versi, yaitu yang dinyanyikan oleh Slank saja dan yang featuring musisi Indonesia yang go international, Agnez Mo. Liriknya seperti puisi, melodinya manis dan sangat mudah terkenang. “Terlalu manis untuk dilupakan, Kenangan yang indah bersamamu, Tinggallah mimpi..

8. Rihanna – Farewell

* sumber: genius.com

Ini adalah sebuah balada sedih yang dibawakan Rihanna. Berjudul “Farewell”, lagu ini emrupakan penutup dari albumnnya yang berjudul “Talk That Talk”. Sebenarnya lagu ini lebih kepada selamat tinggal pada kekasih hati.

Lagu Rihanna yang kurang terkenal ini cocok juga dinyanyikan saat berpamitan dengan teman sekolahmu, kok! “Wherever you’re going, I wanna go. Farewell, Somebody is gonna miss you, Somebody is gonna wish that you were here“.

9. The Beatles – Hello, Goodbye

Beatlemania (penggemar The Beatles), mana suaranya? Band rock asal Liverpool, Inggris, ini pertama kali dibentuk pada tahun 1960 dan aktif sebagai grup hingga sepuluh tahun kemudian.

Selama dua tahun awal karir mereka, The Beatles hanya main ke klub-klub saja. Tapi, pada 1962 mereka dilirik oleh produser George Martin dan akhirnya debut secara komersil di seluruh Britania Raya dengan lagu “Love Me Do”.

Semenjak itu, nama The Beatles dikenal tak hanya di Inggris tapi secara global. Mereka melakukan tur keliling dunia hingga tahun 1966. Setelah bubar pada tahun 1970, para anggotanya aktif berkarir solo dan terbilang sukses semua. Sayangnya John Lennon terbunuh pada tahun 1980 dan George Harrison meninggal pada tahun 2001 akibat kanker. Kini, Paul McCartney dan Ringo Starr masih aktif bermusik.

Walaupun begitu, The Beatles masih dianggap sebagai salah satu band paling tersohor di dunia dan lagu-lagunya masih di perdengarkan hingga kini. Jika kamu ingin mendengarkan lagu The Beatles tentang perpisahan antar sahabat, coba dengarkan “Hello, Goodbye”.

Lagu ini dirilis saat The Beatles sedang bereksperimen dengan ‘randomness’ dalam musik mereka. Lagu ini juga pernah dibawakan oleh Paul seorang dan di-cover oleh Glee Cast.

10. BTS – 이사 (Moving On)

Terakhir, ada lagu dari BTS yang berjudul “이사 (Moving On)“. Lagu-lagu BTS memang dikenal tidak melulu cinta-cintaan seperti kebanyakan musisi lainnya. Ada lagu tentang politik, kehidupan, persahabatan, dan lain-lainnya.

Nah, kalau lagu yang berjudul “Moving On” ini sebenarnya menceritakan kisah ketika mereka masih trainee (sebelum debut). Tapi, kita bisa mengambil maknanya sebagai lagu tentang persahabatan yang sama-sama mau berjuang menuju kehidupan yang lebih baik.

Berpisah dengan sahabat memang menyedihkan, tapi kamu masih bisa tetap saling berkomunikasi meski jarang bertemu. Jika rindu, bisa hubungi via sosmed atau dengarkan 10 lagu di atas tadi, ya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *