Bacaterus / Lagu Keluarga / 10 Lagu yang Akan Mengingatkanmu pada Perjuangan Sang Ayah

10 Lagu yang Akan Mengingatkanmu pada Perjuangan Sang Ayah

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Orang tua merupakan sosok yang sangat penting dalam hidup kita. Selain ibu yang selalu setia memberikan kasih sayangnya pada kita, peran ayah juga tak kalah penting dalam memberi dan mengasihi. Ayah menjadi tulang punggung keluarga yang tak pernah bosan bekerja dan berjuang demi keluarga.

Setiap tenaga yang dikeluarkannya, setiap peluh yang menetes di dahinya, itu semua demi keluarga khususnya kita semua sebagai anak. Karena itu, ayah patut kita sebut sebagai pahlawan karena ayah merupakan sosok yang hebat, tegar, ikhlas dan kuat. Karena kehebatannya inilah, sosok ayah sering kali digambarkan dalam sebuah karya, salah satunya lagu.

Lagu tentang Ayah

* sumber: www.milkphotography.co.nz

Di bawah ini akan kami paparkan sederet lagu bertema ayah yang dapat membuatmu bernostalgia pada perjuangan ayah. Jangan lupa siapkan tisu karena beberapa lagu di bawah ini dapat membuatmu menangis terharu. Yuk simak pemaparannya!

1. Ayah – Rinto Harahap


Rinto Harahap, penyanyi legendaris tanah air ini memang selalu menyajikan lagu-lagu penuh makna yang enak didengar. Lagu berjudul “Ayah” yang rilis pada tahun 2003 misalnya. Lagu yang menjadi bagian dari album Rasa Cinta ini merupakan lagu bergenre pop.

Sesuai dengan judulnya, lagu “Ayah” menceritakan kerinduan seorang anak pada ayahnya yang jauh entah dimana. Kerinduan tersebut membuatnya selalu ingin bertemu dengan sang ayah meskipun pertemuan tersebut berlangsung singkat atau hanya dalam mimpi. Mengharukan, ya?

Dalam bait lagunya juga digambarkan bahwa sang anak amat menyayangi ayahnya. Buktinya, ia selalu ingin mempersembahkan sesuatu untung sang ayah, salah satunya melalui nyanyian. Tergambar pula dalam lagunya bahwa anak tersebut merupakan anak yang tegar, namun terkadang rindu tak dapat membendung tangisnya.

2. Ayah – Seventeen


Grup musik Indonesia, Seventeen memang tak ada habisnya membuat para pencinta musik jatuh hati pada setiap lagu yang dikeluarkannya. Lagu-lagu yang dinyanyikan Seventeen selalu berhasil mengundang ulasan positif dari masyarakat, salah satunya lagu yang berjudul “Ayah”.

Lagu ayah yang dinyanyikan Seventeen ini rilis pada tahun 2008. Lagu dengan aliran pop ini mampu membuat siapa saja kembali teringat  kenangan manis sang ayah sebagai penopang dan sandaran hidup. Diiringi alunan musik yang menyayat hati, lagu “Ayah” karya Seventeen acap kali dilantunkan dalam acara-acara tertentu seperti wisuda.

3. Father – Demi Lovato


Demi Lovato dengan lagunya berjudul “Father” juga mampu membangkitkan ingatan kita kepada kenangan bersama ayah. Dalam lagunya ini ada pesan tersirat bahwa bagaimanapun sosok ayah dalam hidup kita, kita harus tetap mencintai dan mendoakan yang terbaik untuknya.

Demi Lovato bercerita bahwa ada kisah sedih dibalik lagunya mengenai hubungannya dengan sang ayah. Demi berkata bahwa sosok ayah dalam hidupnya merupakan sosok yang kurang baik. Akan tetapi hal tersebut disebabkan penyakit yang ia derita.

Namun bagaimanapun, itu semua bukan sepenuhnya kesalahan sang ayah. Ia tetap ingin memberikan yang terbaik dan menjadi dirinya sendiri. Maka dari itu, dalam lagunya ia menyisipkan lirik dimana ia mengaku selalu mendoakan yang terbaik untuk ayahnya. Lagu yang cukup manis bukan?

4. Kutitip Rindu Buat Ayah – Ebiet G Ade


“Kutitip Rindu Buat Ayah” merupakan salah satu lagu yang menceritakan perjuangan ayah. Lagu karya Abid Ghoffar Aboe Dja’far atau yang akrab disapa Ebiet G Ade ini memiliki lirik yang dapat membuat para pendengarnya sedih mengingat perjuangan sang ayah.

Dalam lagu ini, tersimpan penggalan-penggalan kata yang menggambarkan perubahan fisik orang tua. Perjuangan dan kerja keras sang ayah juga tak luput hadir mewarnai liriknya. Bahkan hingga nafas tersengal, seorang ayah tetap tabah dan tegar menjalani kehidupan bagi keluarganya. Cukup sedih ya, readers?

5. Ayah – LaoNeis


Berjudul sama dengan lagu yang dibawakan Seventeen dan Rinto Harahap, lagu “Ayah” karya LaoNeis juga tak kalah recommended untuk didengarkan. Lagu yang resmi rilis sejak tahun 2017 ini termasuk dalam album Ayah yang liriknya dapat membuat siapa saja baper bahkan menitikkan air mata.

Dibalut dengan iringan musik yang khas dan menyayat hati, lagu ini menceritakan seorang anak yang tengah merindukan sosok ayahnya yang telah tiada. Segala perjuangan sang ayah kembali teringat dalam memori, namun hanya doa yang mampu diberi. Karena enak didengar, lagu ini juga banyak dinyanyikan ulang oleh penyanyi lain, lho!

Baca juga: Bikin Haru, Inilah 10 Lagu Tentang Ibu yang Paling Menyentuh

6. Yang Terbaik Bagimu – ADA Band


Semua anak tentu saja ingin memberikan yang terbaik untuk orang tuanya, khususnya pada sang ayah yang selalu bekerja keras demi anak-anaknya. Termasuk dalam lagu yang satu ini, berjudul “Yang Terbaik Untukmu”, lagu yang dinyanyikan ADA Band ini menceritakan keinginan sang anak untuk memberikan yang terbaik.

Pada awal lagunya, bisa kita lihat bahwa penyanyi membawa kita bernostalgia pada masa-masa kecil bersama ayah yang sangat menyenangkan. Beragam harapan dan cita-cita mereka tuturkan pada sang anak sehingga sang anak termotivasi untuk mewujudkan seluruh kemauan ayahnya.

Dalam lagunya ini pula, tersurat secara jelas bahwa sang anak amat menyayangi ayahnya. Secara tak langsung, lagu ini juga dapat memotivasi para pendengarnya untuk menjadi anak yang berbakti dan memberikan yang terbaik pada sang ayah ataupun orang tua.

7. Song For Dad – Keith Urban


Selanjutnya ada lagu dengan judul “Song For Dad” yang dinyanyikan oleh Keith Urban. Dari judulnya saja kita bisa tahu bahwa lagu yang satu ini dipersembahkan kepada sang ayah. Lagu ini rilis pada tahun 2002 dan menjadi bagian dari album Golden Road. Bergenre musik country, lagu yang satu ini dapat  mengingatkan kita pada sosok ayah.

Sosok ayah yang keras digambarkan dalam lagu ini. Namun perlakuan keras tersebut bertujuan membentuk sang anak agar mampu melalui berbagai lika-liku kehidupan. Hal tersebut menjadi motivasi tersendiri bagi sang anak dan ia berharap memiliki jiwa seperti ayahnya.

8. Daddy Lessons – Beyoncè Knowles


Beyoncè juga tak kalah ketinggalan menyanyikan lagu bertema ayah yang berjudul “Daddy Lessons”. Dari judulnya kita bisa menebak lagu ini berisikan pengajaran-pengajaran yang diberikan sang ayah pada anaknya. Pengajaran tersebut tentu saja ditujukan untuk membentuk sang anak menjadi pribadi yang tangguh.

Lagu ini rilis pada tahun 2016 dengan aliran musik country. Lagu ini masuk ke dalam albumnya yang bernama Lemonade. Ditulis dan diproduksi oleh Beyoncè, Wynter Gordon, Kevin Cossom, dan Alex Delicata, lagu ini digadang-gadang sebagai lagu terbaik dalam album Lemonade. Bahkan, lagu ini telah meraih beberapa penghargaan, lho!

9. Dance With My Father – Luther Vandross


Ayah memang selalu memiliki cara tersendiri untuk membuat anak-anaknya bahagia. Seperti dalam lagu yang dinyanyikan oleh Luther Vandross ini, berjudul “Dance With My Father”, lagu ini menceritakan kebahagiaan seorang anak dan ayahnya ketika masih kecil.

Sosok ayah yang selalu menemaninya menari dan membuatnya bahagia kala itu. Namun sayangnya, hal tersebut tinggallah kenangan. Kini semua hanya rindu belaka karena hal tersebut tak dapat diulangnya lagi. Hal tersebut tersisip dalam lirik lagunya yang cukup menyayat hati jika dihayati dengan dalam.

10. Tentang Rindu – Virzha


Siapa sangka bahwa lagu berjudul “Tentang Rindu” oleh Virzha merupakan lagu yang ia persembahkan pada sosok ayah tercintanya. Lagu yang penggarapannya cukup panjang ini menjadi salah satu lagu yang enak didengar dan ngena di hati para pendengarnya. Lagu ini resmi rilis pada tahun 2018 dan tetap eksis hingga saat ini.

Lagunya menceritakan tentang kerinduan terpendam sang anak pada ayahnya yang jauh dari mata. Kerinduan tersebut terasa amat berat karena bayang-bayangnya selalu hadir di kepala. Dalam lirik lagunya juga tertuang curahan hatinya yang berharap bahwa sosok yang ia rindukan hadir meski dalam mimpinya.

Lagunya ini diaransemen dengan paduan musik modern dan ambience klasik ala tahun 90-an yang semakin membuat lagunya berkarakter dan dicintai para penikmat musik.

Itulah 10 lagu bertema “Ayah” yang berhasil kami rangkum khusus untukmu. Saat mendengarkan lagu-lagu di atas, dijamin kamu akan teringat pada sosok pria tangguh dalam hidupmu yaitu ayah. Jangan lupa catat lalu simpan sederet lagu di atas dalam playlistmu dan dengarkanlah ketika kamu tengah dilanda rindu pada sosok ayah tercinta.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *