bacaterus web banner retina
Bacaterus / Hiburan / Bikin Adem, Ini 10 Lagu Tentang Keluarga yang Enak Didengar

Bikin Adem, Ini 10 Lagu Tentang Keluarga yang Enak Didengar

Ditulis oleh Aditya Putra - Diperbaharui 2 November 2020

Keluarga secara sederhana diartikan sebagai orang-orang yang mempunyai kedekatan karena hubungan darah dan ikatan emosional. Sosok ayah dan ibu merupakan orang-orang yang paling berjasa dalam hidup kebanyakan orang. Jangan dilewatkan juga peran saudara, walau kadang nggak akur tapi sebenarnya dia atau mereka juga menyayangi kita sepenuh hatinya.

Lagu tentang Keluarga

* sumber: www.atlantaparent.com

Karya seni sering dianggap sebagai hasil dari pemikiran dan keresahan penciptanya. Karya yang bagus biasanya mengambil tema yang terasa dekat dengan kehidupan kita. Salah satunya adalah keluarga yang nggak bisa dipisahkan dari kehidupan seorang manusia.

Apa saja lagu-lagu yang bertema tentang keluarga? Ini 10 lagu tentang keluarga yang enak didengar!

1. Bunga Citra Lestari – Harta Berharga


Bagi generasi 90-an pasti nggak asing dengan sinetron berjudul Keluarga Cemara. Sinetron bertema keluarga itu bercerita tentang perjuangan sebuah keluarga dalam menghadapi berbagai rintangan yang datang pada mereka. Diadaptasi dari cerita bersambung di majalah Hai, tulisan tersebut sempat diubah menjadi novel sebelum menjadi sinetron dan film.

Lagu bisa menjadi salah satu unsur yang ikonik dalam sebuah sinetron dan film. Keluarga Cemara punya lagu berjudul Harta Berharga. Sinetron Keluarga Cemara dibuat dalam versi film di tahun 2019 lalu. Pun lagunya yang dibawakan kembali oleh Bunga Citra Lestari. Lirik sederhana menjadi kekuatan tersendiri yang membahas tentang betapa berharganya keluarga.

2. Kenny Rogers – Through the Years


Nama Kenny Rogers bukanlah nama sembarangan bagi penggemar musik country dan pop. Sejak tahun 1976 sampai 2015, dia produktif merilis karya-karyanya. Bahkan jumlah albumnya sudah mencapai puluhan. Lagu Through The Years dirilis pada tahun 1981 sebagai single keempat dari albumnya yang berjudul Share Your Love.

Through The Years menceritakan tentang gejolak sebuah hubungan yang pasti mengalami fase naik dan turun. Dengan nada yang manis, lagu ini bisa diinterpretasikan tentang keluarga walau pencipta lagunya nggak secara khusus menyebutkannya. Bagaimanapun, keluarga merupakan tempat kita berlindung. Lagu ini merupakan wujud syukur tentang kehadiran mereka.

3. Dialog Dini Hari – Tentang Rumahku


Bagi penggemar musik folk, mungkin pernah mendengar nama band Dialog Dini Hari. Band asal Bali ini berasal dari dua band besar yaitu Navicula dan Kaimsasikun yang melebur menjadi satu. Sejauh ini, mereka sudah merilis dua album dan dua buah EP. Mereka banyak mengambil tema tentang lingkungan dan isu sosial.

Tentang Rumahku merupakan lagu dari Dialog Dini Hari dari album berjudul Tentang Rumahku yang dirilis pada 2014 yang lalu. Dengan gitar akustik, mereka seperti bercerita tentang berbagai hal yang pernah terjadi di rumah. Lagu ini bisa menjadi pengiring kita kalau ingin mengingat memori tentang rumah dan keluarga.

4. The Rain – Untuk Ayah dan Ibuku


The Rain mulai mengemuka di belantika musik Indonesia sejak tahun 2000-an. Ketika itu, lagu berjudul Dengar Bisikku banyak diputar di radio di seantero negeri. Mereka dikenal dengan lagu-lagu dengan nada yang mudah diingat dan lirik yang sederhana tapi menyentuh. Sampai sekarang, band asal Yogyakarta ini sudah merilis enam buah album.

Untuk Ayah dan Ibuku diambil dari album The Rain yang berjudul Jabat Erat. Liriknya bercerita tentang perasaan rindu pada sosok ayah dan ibu. Kadang, semakin dewasa kita sering lupa betapa berharganya mereka sampai tiba di titik kita membutuhkan mereka. Bagi yang berjauhan dengan orang tua, lagu ini mengandung bawang, teman-teman.

5. The Jackson 5 – I’ll Be There


The Jacksons pada awalnya bernama The Jackson 5. Mereka merupakan sebuah grup yang dibentuk oleh lima anak dari keluarga Jackson. Mereka adalah Jackie, Tito, Jermaine, Marlon dan Michael. Nama terakhir karirnya semakin menanjak sebagai penyanyi dan dikenal dengan The King of Pop. I’ll Be There merupakan lagu dari album ketiga mereka yang berjudul Third Album.

Liriknya bercerita tentang kerelaan seseorang untuk hadir bagi orang yang disayangi. Sebagai anak atau saudara, kita tentu punya keinginan untuk hadir ketika dibutuhkan. Lagu bergenre soul ini bisa dijadikan ungkapan yang tepat. Apalagi lagu ini dibawakan oleh musisi yang masih satu keluarga. Kehangatannya bisa tersampaikan dengan mudah.

Baca juga: 10 Lagu yang Akan Mengingatkanmu pada Perjuangan Sang Ayah

6. Andien – Halo Sayangku


Siapa yang nggak kenal dengan Andien? Penyanyi jazz dan pop ini sudah berkiprah di dunia musik dari tahun 2000. Sepanjang karirnya, dia sudah menelurkan tujuh buah album. Suara indah dan lagu-lagu bernada indah merupakan beberapa ciri dari penyanyi kelahiran Jakarta ini. Nggak heran kalau sampai saat ini dia masih aktif bermusik.

Lagu Halo Sayangku diambil dari album Metamorfosa yang dirilis pada 2017 yang lalu. Lagu ciptaan Rika Roeslan ini bercerita tentang kebahagiaan yang sederhana. Di musik video, Andien menggambarkan keluarganya sebagai sosok pembawa kebahagiaan tersebut. Lagu ini bisa dijadikan opsi untuk didengar ketika merasa bahagia akan kehadiran keluarga di hidup kita.

7. Cat Stevens – Father and Son


Di akhir dekade 60-an, Cat Stevens menyeruak dengan lagu-lagunya yang bergenre folk. Sampai tahun 1978, dia sudah merilis 11 album. Pada tahun 1978, dia memutuskan untuk mengganti namanya menjadi Yusuf Islam setelah mendalami agama Islam. Sempat berhenti dalam waktu yang lama, tahun 2006, dia memilih nama Yusuf sebagai nama panggungnya.

Father and Sons adalah lagu dari album Cat Stevens yang berjudul Tea for the Tillerman. Liriknya bercerita tentang hubungan ayah dan anak yang menjauh ketika sang anak beranjak dewasa. Uniknya lagu ini mengambil dua sudut pandang tersebut seakan-akan kita disajikan perbincangan yang nyata.

8. Johnny Cash – Daddy Sang Bass


Johnny Cash dikenal sebagai musisi yang bisa bermain di berbagai genre. Blues, country, rock and roll, rockabilly sampai folk bisa dia mainkan dengan baik. Karena kemampuannya itu, dia menjadi musisi dengan penjualan album dan single tertinggi sepanjang sejarah. Total 90 juta kopi karyanya sudah terjual di seluruh dunia.

Daddy Sang Bass diambil dari album The Holy Land. Lagu bergenre country dan gospel ini mempunyai nada yang cukup ceria. Tapi jangan salah, liriknya malah terasa menyentuh. Bercerita tentang optimisme ketika sedang berada dalam masalah. Optimisme itu ada karena kehadiran sosok-sosok yang dicintainya yaitu keluarga.

9. Fleetwood Mac – Family Man


Fleetwood Mac adalah band yang dibentuk di London dan mencuat di akhir dekade 60-an bahkan sampai sekarang mereka masih aktif. Mereka secara total sudah merilis 17 album. Kesuksesan mereka bukannya tanpa hambatan. Bongkar pasang anggota harus mereka lalui sampai hanya menyisakan dua personil aslinya saja.

Family Man merupakan lagu dari album Tango in the Night. Lagu ini didominasi oleh suara synthesizers dengan petikan gitar sebagai pengiringnya. Walau nggak terdengar sendu tapi liriknya terasa dalam. Liriknya bercerita tentang betapa berharganya arti keluarga ketika kita sedang menjalani fase yang berat.

10. Liam Gallagher – One of Us


Liam Gallagher dikenal sebagai vokalis Oasis yang bubar pada 2009 lalu. Sempat melanjutkan karir sebagai vokalis di band Beady Eye, di tahun 2017 dia memutuskan untuk solo karir. Dia dan saudara kandungnya, Noel, punya reputasi sebagai kakak-adik arogan yang kerap bermasalah. Pun bubarnya Oasis adalah karena hubungan mereka yang nggak akur.

One of Us diambil dari album Why Me, Why Not yang dirilis pada 2019 lalu. Liriknya bercerita tentang kerinduan seseorang pada saudaranya. Banyak yang mengaitkan lagu ini sebagai pesan dari Liam untuk Noel sebagaimana hubungan keduanya yang retak. Hal itu diperkuat dengan banyaknya keterkaitan mereka yang ditampilkan dalam musik video lagu ini.

Itu dia lagu-lagu bertema keluarga. Semuanya punya pesan yang positif tentang keluarga. Malah beberapa sangat menyentuh sampai-sampai bisa membuat kita ingin menangis. Apakah ada lagu tentang keluarga favoritmu yang belum masuk ke daftar di atas? Kalau ada, bagikan di kolom komentar saja teman-teman.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram