Bacaterus / lagu / Bikin Haru, Inilah 10 Lagu Tentang Ibu yang Paling Menyentuh

Bikin Haru, Inilah 10 Lagu Tentang Ibu yang Paling Menyentuh

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Akan jadi apa kita tanpa ibu? Orang-orang bilang, ayah adalah tulang punggung keluarga. Kalau begitu, ibu adalah pondasi yang menjaga dan membuat rumah tetap kokoh.

Banyak sekali penyanyi yang menciptakan karyanya untuk menghormati wanita dan ada juga yang membuat lagu spesial untuk ibu masing-masing. Ini adalah cara mereka menunjukkan cinta dan rasa terima kasih pada wanita tersayangnya.

Kamu juga bisa menggunakan lagu-lagu tersebut saat hari ibu, misalnya. Atau, kalau kamu sedang kangen ibu, dengarkan lagu-lagu ini supaya hatimu menghangat kembali. Yuk, dengarkan 10 lagu tentang ibu ini!

1. Potret – Bunda

Kubuka album biru.. Penuh debu dan usang“. Kita semua tahu liriknya. Walaupun sudah cukup lama dirilis, yaitu tahun 1997, lagu ini masih hinggap di benak kita, tak mau lepas. Lagu ini dinyanyikan oleh Melly Goeslaw bersama band-nya waktu itu yang bernama Potret.

Lagu ini terdapat dalam album “Potret II”. Ada sepuluh lagu dalam album ini, diantaranya ada “Tapi Tak Mungkin”, “Salah”, dan “Bunda” yang pernah dijadikan ost. sinetron “Samudra Cinta” (2019) yang tayang di SCTV.

2. Ra.D – 엄마 (Mom)

Lee Doo Hyun, atau yang lebih dikenal dengan nama panggungnya yaitu Ra.D, adalah seorang penyanyi, penulis lagu dan produser asal Korea Selatan. Ia debut pada tahun 2002 dengan album “My Name is Ra.D”. Lagunya yang berjudul “I’m in Love” pernah memenangkan Penghargaan Musik Korea ke-7 untuk kategori Best R&B and Soul Album pada tahun 2010.

Selain “I’m in Love”, Ra.D juga punya lagu ballad yang sangat terkenal, bahkan disebut-sebut sebagai salah satu dari tiga lagu ballad terbaik Korea sepanjang masa. Lagu ini adalah ode untuk para ibu, berterimakasih untuk semua yang telah ibu lakukan untuk kita. “Mom, you’ve given me everything. My mother, the most precious person, who is more beautiful than anyone else” adalah penggalan syair-nya.

Lagu ini sudah banyak dinyanyikan ulang oleh penyanyi terkenal seperti Yang Yo Seob BEAST di acara “Immortal Songs 2” dan oleh Jin BTS. Bahkan Jin BTS membuat cover lagu ini yang bisa didengarkan secara gratis di Soundcloud official-nya BTS lewat link ini.

Fun fact: lagu “Mom” ini merupakan cover lagu yang pertama dilakukan oleh Jin. Ia merilisnya pada tanggal 8 Mei pada hari Orang Tua di Korea. Lewat akun twitter @BTS_twt, Jin mendedikasikan lagu ini untuk ibu dan ayahnya.

3. Raisa – Lagu Untukmu

* sumber: genius.com

Belum lama dirilis, Raisa mencurahkan kerinduan pada ibundanya dalam lagu berjudul “Lagu Untukmu” ini. Kerinduan anak pada sosok ibu memang tak bisa terbendung.

Raisa sendiri sangat spesifik mendeskripsikan lagu ini sebagai perasaan rindu anaknya yang sudah dewasa, tinggal jauh dari ibunya, dan sulit untuk saling bertemu. Lagu ini cocok banget didengarkan pada masa pandemi karena kita jadi tidak bisa sering-sering pulang kampung.

4. Taylor Swift – The Best Day

Sudah menonton musik video Taylor Swift yang berjudul “The Best Day”? Videonya uwu banget karena keseluruhan MV merupakan video Tay waktu masih kecil! Dan, tentunya itu adalah video kenangan-kenangan Tay bersama sang mama tercinta.

Kita bisa melihat little Tay yang bahagia dan tertawa, tanpa rasa kekhawatiran saat dewasa nanti. Lagu ini juga menceritakan bagaimana Tay remaja yang sedang mengalami hari buruk langsung merasa aman di pelukan ibu dan ayahnya.

5. Kim Sejeong – 꽃길 (Flower Road)

Sewaktu masih aktif bersama I.O.I, Kim Sejeong pernah bercerita tentang keluarganya. Katanya, masa kecilnya cukup sulit, sehingga ia harus menggunakan kartu kesejahteraan dari pemerintahan hingga ia tumbuh dewasa. Selama sekolah, ia dapat makanan dari pihak sekolah. Tapi, saat liburan sekolah, tentunya kantin sekolah juga tidak beroperasi.

Pada saat itu, ia menggunakan Hungry Child Food Card dari pemerintah. Setiap harinya ia bisa makan dengan biaya 3.500 won. Dulu, biasanya ia hanya bisa makan jjajangmyeon, kalau ia punya kupon lebih, ia bisa makan dengan tangsuyuk juga. Makanya, Sejeong merasa ia harus sukses untuk bisa membalas semua jerih payah keluarganya, apalagi ibunya.

Sekarang, Sejeong aktif bersama grup barunya, Gugudan, dan terkadang punya aktivitas sebagai solois juga. Salah satu lagu solonya berjudul 꽃길 (Flower Road) yang diproduksi oleh Zico. Lagu ini adalah surat kepada ibu mereka.

Lagu ini sempat meraih posisi tertinggi di tangga lagu juga. Wajar saja, karena liriknya dibuat dengan sepenuh hati, komposisi dan cara membawakan lagunya pun begitu menyentuh. Applause untuk Sejeong dan Zico!

6. Ari Lasso – Selamat Jalan Mama

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=IaYhu4e7RIk

Ari Lasso merupakan salah satu musisi berpengaruh di Indonesia. Dulu ia merupakan vokalis Dewa 19, namun ia memutuskan untuk keluar dan bersolo karir. Dalam album perdananya yang bertajuk “Sendiri Dulu” (2001), Ari menyelipkan lagu yang didedikasikan untuk mendiang ibunya.

Lagi tersebut berjudul “Selamat Jalan Mama”. Berbeda dengan lagu-lagu di atas, lagu ini menceritakan tentang penyesalan seorang anak yang merasa belum bisa membahagiakan ibunya semasa sang ibu masih ada.

7. J-Hope – Mama

Siapa di sini yang suka BTS? Salah satu membernya, yaitu J-Hope, membuat lagu untuk mamanya. Lagu ini merupakan kisah perjalanan karir Hoseok (nama asli J-Hope). Sejak kecil, Hoseok sangat suka menari.

Pada saat itu, ayahnya melarang Hoseok menekuni dunia tari karena ayahnya lebih ingin anaknya mendapatkan ‘pekerjaan yang pasti’. Tapi, sang ibu percaya dan mendukung anaknya. Setelah melihat kegigihan Hoseok, ayahnya pun lambat laun mengizinkan dan mendukung cita-cita anaknya sebagai entertainer.

Beruntunglah J-Hope punya orang tua yang mendukungnya, karena kalau tanpa restu orang tua jalannya pasti akan lebih sulit. Lihatlah sekarang, J-Hope bersama grupnya, BTS, bisa dikatakan sangat berhasil. “Hey, Mama, kini kau bisa tersenyum, terimakasih telah menjadikan aku darah dagingmu”, kira-kira itulah penggalan lirik lagu rap J-Hope yang bisa kamu temukan dalam album “Wings” (2016).

8. Maywood – Mother How Are You Today

“Mother How Are You Today” adalah lagu yang dinyanyikan oleh grup duo asal Belanda, Maywood. Lagu ini dirilis sebagai single pada tahun 1980. Menceritakan tentang kerinduan seorang anak terhadap ibu yang jauh darinya.

Di lagu ini, sang putri juga menyampaikan pesan agar sang ibu tidak perlu khawatir dengan putrinya. Lagu ini memiliki lirik yang sederhana tetapi penuh makna. Isi lirik lagu lebih seperti surat atau panggilan telepon dari anak perempuan ke ibunya.

9. Iwan Fals – Ibu

* sumber: www.minews.id

Siapa yang tak kenal Iwan Fals? Penyanyi legendaris Indonesia ini dikenal dengan lirik lagunya yang membawa tema berat. Tapi, beliau juga punya lagu yang sedih bertemakan ibu.

Lewat lagu ini, Iwan Fals menjabarkan bagaimana perjuangan seorang ibu yang tak pernah kenal lelah, bahkan tak pernah mengeluh. Semua dilakukan oleh ibu untuk anak dan keluarganya. “Ribuan kilo jalan yang kau tempuh, lewati rintang untuk aku, anakmu..“. Penggalan liriknya saja sudah menyentuh, kan?

10. Louis Tomlinson – Two of Us

Pada bulan Maret 2019 silam, salah satu member One Direction yaitu Louis Tomlinson, merilis lagu yang berjudul “Two of Us”. Lagu ini Louis ciptakan untuk mendiang ibunya, Johannah Pulston Deakin, yang meninggal pada tahun 2016 akibat penyakit leukemia. Penggalan liriknya seperti ini: “So I will keep you, day and night, here until the day I die. I’ll be living one life for the two of us.”.

Pada wawancaranya dengan BBC Radio 1, Louis menjelaskan kalau lagu ini sebagai ‘terapi’ tersendiri untuknya. Menurutnya, sang ibu pasti menyukai lagu ini karena almarhum suka lagu ballad. Semoga Louis dan keluarga yang ditinggalkan kuat dan bahagia selalu, ya.

Nah, itulah 10 lagu yang paling menyentuh hati dan bikin kamu kangen sama ibu. Tidak hanya dari Indonesia, lagu ibu yang paling mengharukan juga hadir dengan berbagai bahasa, baik Inggris maupun Korea. Ada salah satu lagu di atas yang bikin kamu tersentuh?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *