Bacaterus / Lagu Keluarga / 10 Lagu Tentang Orang Tua yang Wajib Ada dalam Playlistmu

10 Lagu Tentang Orang Tua yang Wajib Ada dalam Playlistmu

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Orang tua menjadi sosok yang amat penting dalam hidup kita. Orang tua juga menjadi sosok yang paling berjasa karena orang tua lah yang menyayangi dan membesarkan kita tanpa pamrih. Sejak pertama kali kita dilahirkan, orang tua menjadi orang pertama yang memberikan cinta kasihnya pada kita semua.

Orang tua yaitu ibu dan ayah, selalu memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya. Maka dari itu, orang tua dapat dikatakan sebagai sebenar-benarnya pahlawan. Tak ada yang dapat membalas ketulusan yang diberikan orang tua. Namun sebagai anak, kita berkewajiban berbakti dan mengasihi orang tua hingga akhir hayat.

Lagu untuk Orang Tua

* sumber: www.sheknows.com

Ketulusan serta kasih sayang orang tua memang patut untuk diapresiasi. Beragam cara dapat kita lakukan untuk mengekspresikan apresiasi terhadap jasa-jasa yang diberikan orang tua. Salah satunya melalui lagu dan nyanyian. Banyak sekali lagu-lagu bertema orang tua yang enak didengar. Di bawah ini akan kami paparkan lagu-lagu tentang orang tua yang wajib ada dalam playlistmu!

1. Andai Aku Besar Nanti – Sherina Munaf


Bagi kamu anak tahun 2000-an tentu saja lagu “Andai Aku Besar Nanti” yang dinyanyikan oleh Sherina Munaf tak asing lagi didengar, bukan? Lagu ini resmi rilis pada tahun 1999 dan menjadi salah satu lagu yang cukup populer pada masanya. Lagu bergenre pop ini masuk dalam album “Andai Aku Besar Nanti”.

Lagu yang bertemakan orang tua ini berhasil memperoleh penghargaan AMI Award untuk kategori lagu anak-anak. Dalam liriknya menceritakan harapan seorang anak jika telah dewasa kelak. Ia membayangkan ketika telah dewasa, ia akan memberikan cinta kasih yang tulus sebagaimana yang orang tuanya berikan.

2. Bunda – Potret


Lagu-lagu milik band Potret memang selalu berhasil dicintai para penikmat musik tanah air. Selain alunan musiknya yang enak didengar, lagu-lagunya pun selalu memiliki makna yang indah di dalamnya. Salah satu lagunya yang paling populer adalah lagu berjudul “Bunda”.

Lagu ini menjadi salah satu singel dalam album Potret II yang paling populer. Bahkan hingga saat ini, lagu tersebut terus mempertahankan eksistensinya. Sesuai dengan judulnya, lagu ini mengambil tema tentang orang tua, khususnya bunda. Liriknya memiliki makna yang amat dalam sehingga jika dihayati, maka akan membuatmu menangis.

Tak heran, lagu yang rilis pada tahun 1997 ini banyak dinyanyikan dalam acara-acara tertentu seperti wisuda atau perayaan hari ibu. Hal ini karena lagu “Bunda” mampu menghipnotis para pendengarnya untuk merasakan kembali ketulusan orang tua yang pernah kita rasakan.

3. Satu Rindu – Opick


Setelah sukses dengan album pertamanya yaitu “Istighfar”, Opick resmi mengeluarkan album keduanya yang bernama “Semesta Bertasbih” pada 2006. Dalam albumnya tersebut terdapat lagu “Satu Rindu” yang menjadi salah satu lagu yang paling bersinar pada masanya.

Lagu “Satu Rindu” menceritakan suatu kerinduan seorang anak pada masa lalu ketika ia merasakan hangatnya kasih sayang orang tua, khususnya ibu. Dalam lagunya tersebut juga berisi harapan-harapan yang luar biasa seorang anak terhadap orang tuanya yang tak lain ingin membahagiakannya.

4. Kasih Sayang Kepada Orang Tua – Mawang


Mawang merupakan salah satu penyanyi berbakat yang tengah naik daun berkat lagunya yang berjudul “Kasih Sayang Kepada Orang Tua”. Dari judulnya mungkin lagu ini terlihat berisikan lirik sedih dan menyayat hati. Namun pikiran tersebut kadang sirna ketika kamu telah mendengarkan lagunya.

Sering kali dianggap memiliki lirik yang aneh dan tak jelas, ternyata lagu “Kasih Sayang Kepada Orang Tua” ini memiliki makna yang cukup dalam. Menurut Mawang, mengungkapkan kasih sayang kepada orang tua bukanlah perkara mudah.

Jika kita dengarkan secara saksama, liriknya berisi curahan hati tentang kerinduannya pada orang tua. Dalam liriknya juga kita bisa dengar secara jelas ucapan kasih sayang dalam bahasa inggris yang menjadi bukti kasih sayang anak terhadap orang tuanya.

5. The Best Day – Taylor Swift


Selanjutnya ada lagu “The Best Day” karya Taylor Swift yang menceritakan kisah masa kecilnya yang dipenuhi kebahagiaan bersama kedua orang tuanya. Ibunya selalu membuatnya merasa bahagia dan selalu membuatnya tersenyum lebar. Bahkan saat ia menangis karena teman-temannya, sosok ibulah yang berhasil menenangkannya.

Sosok ayah dalam hidupnya juga merupakan ayah yang hebat. Yang selalu membentuknya menjadi pribadi yang tegar. Kisahnya tersebut dituangkan melalui lirik-lirik indah dalam lagunya yang rilis pada tahun 2008. Dalam lagunya itu dapat kita ketahui bahwa orang tua merupakan sosok yang amat tulus menyayangi anaknya.

Baca juga: Bikin Haru, Inilah 10 Lagu Tentang Ibu yang Paling Menyentuh

6. Di Doa Ibuku Namaku Disebut – Natashia Nikita


Salah satu doa terbaik adalah doa dari kedua orang tua khususnya ibu. Tentu saja, nama anaknya sering kali terucap dalam doa-doa yang mereka panjatkan. Seperti lagu yang dinyanyikan Natashia Nikita ini, berjudul “Di Doa Ibuku Namaku Disebut”, lagu ini menceritakan seorang anak yang mendengar namanya disebut dalam doa sang ibu.

Sungguh hal yang sangat manis dan romantis, bukan ketika nama kita disebut dalam doa yang dipanjatkan ibu pada Tuhan? Lagu bergenre pop ini resmi rilis pada tahun 2014 dalam albumnya yang berjudul “The Journey”. Liriknya yang memiliki makna cukup dalam ini dapat membuat para pendengarnya menitikkan air mata.

7. Ayah – Rinto Harahap


Siapa sih yang tak sedih mendengar lagu “Ayah” yang dinyanyikan oleh Rinto Harahap? Liriknya yang memiliki makna mendalam ini mampu membuat siapa saja menangis tersedu-sedu. Sesuai judulnya, lagu “Ayah” menceritakan kerinduan seorang anak pada ayahnya yang jauh antah berantah.

Kerinduan yang begitu dalam dan menyiksa membuat sang anak berharap bisa kembali bertemu dengan ayah tercinta. Lagu yang rilis pada tahun 2003 dengan bergenre pop ini masih tetap populer dinyanyikan hingga saat ini. Hal itu karena liriknya yang sederhana nan penuh makna sehingga terus hidup seiring zaman.

8. The Father’s Eye – Eric Clapton


The Father’s Eye” merupakan salah satu lagu yang ditulis dan dinyanyikan Eric Clapton. Meski ia tak pernah bertemu dengan ayahnya, namun ia selalu berharap dapat bertemu dengan sang ayah. Melalui lagunya yang resmi rilis pada tahun 1998 itulah, harapannya dituangkan.

Lagu yang berhasil meraih penghargaan Grammy itu juga mengacu pada anaknya yang meninggal pada tahun 1991. Dengan menatap mata sang anak, ia mencoba merasakan pertemuannya dengan sang ayah melalui rantai darah yang saling terkait satu sama lain. Cukup tragis dan menyedihkan, ya?

9. Mama – Spice Girls


Lagu berjudul “Mama” yang dinyanyikan grup musik wanita bernama “Spice Girls” juga tak kalah worth it untuk kamu dengarkan. Dari judulnya kita dibuat tahu bahwa lagu ini berisi lirik yang bertemakan orang tua, khususnya mama. Ya, lagu ini menceritakan kehidupan seorang anak yang menganggap mamanya adalah musuh.

Namun seiring waktu, anggapan tersebut berubah karena ia sadar bahwa apa yang mamanya lakukan merupakan ungkapan cinta orang tua pada anaknya. Setelah menyadarinya, anggapan musuh berubah menjadi anggapan teman sejati. Dalam lagunya juga berisi lirik berupa ungkapan cinta dan kasih sayang anak pada sang mama.

Meski lagu ini dirilis pada tahun 1996, akan tetapi liriknya yang mudah dihafal dan penuh makna ini membuat lagu “Mama” tetap diputar hingga saat ini.

10. Doa Untuk Ibu – Ungu


Lagu tentang orang tua yang terakhir ada “Doa Untuk Ibu” yang dinyanyikan oleh Ungu. Lagu yang satu ini cukup recommended untuk kamu dengarkan ketika tengah rindu pada sang ibu. Liriknya menggambarkan kasih sayang orang tua, khususnya ibu yang tak pernah usai dan tak pernah tergantikan.

Ucapan terima kasih yang amat mendalam dari sang anak kepada orang tuanya juga terkandung dalam liriknya yang menyayat hati. Dijamin, kamu akan menangis jika menghayati lagu yang satu ini. “Doa Untuk Ibu” rilis pada tahun 2010 dan menjadi bagian dari album berjudul “1000 Kisah Satu Hati”.

Itu dia 10 lagu yang enak didengar bertema orang tua. Lagu-lagu diatas memiliki makna mendalam yang dapat menyadarkan kita betapa tulusnya kasih sayang orang tua yaitu ibu dan ayah. Saking bermaknanya, lagu-lagu di atas dapat membuat para pendengarnya menitikkan air mata, lho! Pastikan sederet lagu-lagu tersebut tersimpan dalam playlistmu ya, readers!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *