Bacaterus / Film Vampire / Ini Urutan Film Underworld yang Dibintangi Kate Beckinsale

Ini Urutan Film Underworld yang Dibintangi Kate Beckinsale

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sejak pertama kali dirilis pada tahun 2003 silam, film Underworld menjadi salah satu tontonan yang cukup ikonik. Film ini hadir dengan mengusung cerita tentang pertarungan antara bangsa vampir melawan ras manusia serigala yang disebut Lycan.

Karena menawarkan konsep cerita seperti itu, film bergenre action horror ini sangat mudah diterima oleh para penonton dan industri perfilman pada waktu tersebut.

Dalam edisi pertamanya, film Underworld mampu berada di jajaran box office dan mendapatkan keuntungan sebesar 100 juta dollar Amerika. Film yang disutradarai oleh Len Wiseman ini pun berhasil mengangkat pamor aktris Kate Beckinsale yang memerankan karakter utama bernama Selene. Lewat perannya itu, aktris asal Inggris ini bermain di semua film Underworld dari tahun 2003 hingga 2016.

Kini, film Underworld telah menghasilkan lima sekuel yang tentunya sangat seru untuk disaksikan. Jika kamu belum sempat menonton film yang satu ini, Bacaterus akan memberikan daftar urutan filmnya. Langsung saja simak ulasannya di bawah ini ya.

1. Underworld (2003)

Underworld (2003)

Perseteruan antara bangsa vampir dan lycan sudah terjadi sejak ratusan tahun lalu, dan hingga kini keduanya tetap saling bermusuhan. Konflik mulai memanas saat pemimpin bangsa Lycan, Lucian, telah ditewas dibunuh oleh penguasa vampir, Kraven.

Sementara itu, seorang prajurit vampir bernama Selene sedang melakukan penyelidikan terhadap seorang manusia yang bernama Michael Corvin. Selene menemukan fakta bahwa Michael memiliki darah yang spesial karena tidak menjadi monster saat digigit oleh lycan. Akibat hal tersebut, ia pun menjadi buruan dari kedua bangsa penghisap darah ini.

Di saat yang bersamaan, Selene mengetahui jika Lucian masih hidup dan mencurigai jika ada vampir pengkhianat di dalam bangsanya. Kini, ia berusaha melindungi Michael dari incaran para monster serigala.

Semakin dekat hubungannya dengan Michael, Selene pun perlahan mulai jatuh hati kepada pria dari ras manusia tersebut. Sembari melindunginya dari kejaran Lucian, ia pun berusaha mengungkap fakta sebenarnya yang terjadi antara bangsanya dengan lycan. Hasil investigasinya itu kemudian membawa dirinya kepada penemuan tentang asal muasal dirinya yang bisa menjadi makhluk penghisap darah ini.

Kate Beckinsale yang memerankan karakter Selena tersebut nyatanya mampu tampil baik. Sebagai seorang prajurit dari bangsa Vampir, ia berhasil membangun kesan yang garang namun tetap anggun di sisi lainnya. Film pertama dari franchise Underworld ini cukup apik dalam menciptakan pertarungan yang epik di antara bangsa vampir dan bangsa lycan.

2. Underworld: Evolution (2006)

Underworld: Evolution (2006)

Cerita sekuel film Underworld ini dibuka dengan kisah dari dua bangsawan vampir bernama Viktor dan Marcus. Keduanya hidup di tanah Inggris pada abad pertengahan. Mereka pun mempunyai rencana untuk memburu seorang Lycan bernama William yang sedang bersembunyi di sebuah desa.

Seluruh warga desa tersebut telah berubah menjadi Lycan, keduanya tanpa ampun membunuh mereka dan William juga. Selanjutnya, cerita beralih ke masa sekarang yang berfokus kepada Selene dan Michael.

Keduanya akhirnya berhasil lolos dari peperangan antara bangsa vampir dan lycan. Michael kini berubah menjadi seorang Hybrid (campuran vampire dan lycan), dan ia pun memiliki kekuatan yang luar biasa. Sementara itu, Selene mempunya firasat buruk akan adanya bahaya yang dapat mengancam nyawanya dan Michael.

Di suatu tempat, penguasa vampir yang bernama Kraven ternyata masih hidup dan lolos dari maut saat bertempur dengan lycan. Ia kemudian membangkitkan leluhur bangsa Vampir, Marcus, yang telah tidur selama berabad-abad.

Namun sayangnya, Marcus malah membunuh Kraven saat itu juga. Dirinya lalu berusaha memburu Michael dan Selene untuk mendapatkan sesuatu yang ada dalam tubuh keduanya. Setelah mengetahui kebangkitan dari Marcus, Selene dan Michael memutuskan untuk mencari leluhur dari bangsa vampir dan lycan bernama Alexander Corvinus.

Keduanya kemudian mengetahui jika Marcus sedang mencari kuburan William untuk membangkitkannya kembali. Rencana jahat tersebut mau tidak mau harus dihentikan oleh Selene dan Michael walau kematian menjadi taruhan kedua pasangan ini.

3. Underworld: Rise of the Lycans (2009)

Underworld: Rise of the Lycans (2009)

Berbeda dari dua film sebelumnya, film ketiga ini menceritakan tentang peristiwa yang memicu terciptanya perang besar antara bangsa vampir dengan lycan. Dikisahkan bahwa saat dunia dikuasai oleh vampir, bangsa manusia setengah serigala atau lycan hanya menjadi budak-budak para vampir.

Status sosial tersebut tidak berubah dan terjadi turun-temurun dari satu generasi ke generasi selanjutnya. Namun, seorang lycan bernama Lucian muncul dan menjadi harapan bagi bangsanya untuk merubuhkan tradisi tersebut.

Akibat keberaniannya, maka hubungan kedua bangsa ini di ujung tanduk dengan saling bermusuhan selama berabad-abad kemudian. Semuanya berawal saat Lucian menjalin hubungan dengan seorang perempuan bernama Sonja yang merupakan anak dari pemimpin bangsa vampir bernama Viktor.

Tak terima dengan hubungan yang dilakukan keduanya, Victor lalu memerintahkan para pasukannya untuk menangkap Lucian. Victor merupakan seorang pemimpin yang ditakuti, dan dirinya tidak ingin keturunannya ternodai oleh darah seorang budak dari bangsa lycan.

Sementara itu, Sonja yang sudah jatuh hati kepada Lucian berusaha memberontak dan menyelamatkan nyawa dari kekasihnya tersebut. Viktor kemudian berhasil menangkap dan menyiksa Lucian. Ia lalu mengatakan kepadanya untuk segera mengakhiri hubungannya dengan Sonja.

Perilaku kejam tersebut lalu tersebar kepada semua bangsa lycan. Mereka tidak terima atas tindakan sewenang-sewang yang dilakukan oleh Viktor. Kini, bangsa manusia setengah serigala ini memutuskan untuk memberontak dan peperangan akan segera dimulai.

4. Underworld: Awakening (2012)

Underworld: Awakening (2012)

Sekuel film keempat dari franchise Underworld ini berhasil mendapatkan pendapatan sebanyak 160 juta dollar Amerika. Pencapaian tersebut menjadi keuntungan paling besar dari semua film Underworld yang telah diproduksi.

Selain hal itu, film ini juga menjadi ajang kembalinya karakter Selene. Sebelumnya, sosok prajurit vampir ini tampil cukup sedikit di film ketiganya, Underworld: Rise of the Lycan.

Alur film ini mengambil waktu 15 tahun setelah pertarungan hebat antara Selene, dan Michael melawan Marcus. Kini, masyarakat dunia menyadari akan keberadaan bangsa vampir dan lycan di tengah-tengah mereka.

Akibatnya, sekelompok manusia mulai mengambil tindakan agresif dengan memerangi kedua bangsa tersebut. Mereka akan melakukan genosida dan menghanguskan bangsa vampire dan lycan.

Sementara itu, perusahaan bernama Antigen berhasil membuat obat penawar racun dari vampir dan lycan. Berkat obat tersebut, Selene dijadikan objek penelitian dengan membuatnya tertidur dalam waktu yang cukup lama.

Selain itu juga, Antigen menciptakan sekelompok spesies baru yang dinamakan ultimate lycan. Mereka ditugaskan untuk membunuh para vampir dan mengontrol semua bangsa lycan.

Di lain sisi, Selena kemudian terbangun dari tidurnya yang panjang. Ia lalu mencoba menyelidiki hasil penelitian yang dilakukan manusia terhadap dirinya. Selena menemukan fakta bahwa dirinya ternyata mempunyai seorang anak bernama Eve dari hasil hubungannya dengan kekasihnya terdahulu, Michael Corvin. 

5. Underworld: Blood Wars (2016)

Underworld: Blood Wars (2016)

Underworld: Blood Wars menjadi cerita penutup perjalanan Selene dalam menuntaskan peperangan di antara bangsa vampir dan lycan. Di film kelimanya ini, perseteruan kedua ras tersebut masih belum usai.

Konflik pun semakin menarik karena hadirnya anak Selene yang bernama Eve. Putri dari Selene ini menjadi incaran bangsa lycan karena memilik darah hibrida (campuran vampir dan lycan). Selena sekarang telah menjadi seorang buronan dari lycan dan bahkan bangsanya sendiri sekalipun.

Dirinya diincar karena telah menyembunyikan keberadaan dari putrinya sendiri. Ia tidak ingin melibatkan anak semata wayangnya itu ke dalam peperangan yang akan terjadi nantinya. Selama dalam pelariannya, ia kemudian bertemu dengan seorang vampir bernama David.

Jalan hidup Selene kemudian berubah saat ayah dari David menyuruhnya untuk melatih para vampir muda agar bisa memenangkan peperangan melawan lycan.

Sementara itu, bangsa Lycan yang sekarang dipimpin oleh Marius semakin kuat dan memiliki armada yang bersiap untuk berperang. Ia pun terus mencari keberadaan anak dari Selene untuk diambil darahnya agar dirinya menjadi tidak terkalahkan.

Nuansa horror dan tegang yang diperlihatkan dalam semua film Underworld diracik sedemikian rupa sehingga sangat seru untuk diikuti alur ceritanya. Untuk kamu yang menyukai kisah-kisah vampir dan manusia serigala, kelima film di atas tidak boleh dilewatkan dari daftar tontonanmu. Jika kamu penasaran dengan cerita lengkapnya, jangan lupa untuk langsung menyaksikannya ya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *