Bacaterus / Film Vampire / Inilah Urutan yang Benar saat Menonton Film Twilight Saga!

Inilah Urutan yang Benar saat Menonton Film Twilight Saga!

Ditulis oleh - Diperbaharui 18 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

“Twilight Saga” adalah lima film fantasi romantis yang didasarkan dari empat novel karya penulis Amerika, Stephenie Meyer. Bintang utama semua filmnya dimainkan oleh Kristen Stewart sebagai Bella Swan (gadis remaja-manusia), Robert Pattinson sebagai Edward Cullen (vampir) dan Taylor Lautner sebagai Jacob Black (therianthrope yang dapat berubah bentuk menjadi serigala).

Film serial ini telah meraup lebih dari $3,3 miliar dari seluruh dunia. Film pertamanya berjudul “Twilight” dirilis pada 21 November 2008. Sequel-nya berjudul “New Moon” dan dirilis pada 20 November 2009, film ini memecahkan rekor box office sebagai pemutaran tengah malam terbesar dan hari pembukaan dalam sejarah, menghasilkan sekitar $72,7 juta!

Lanjut ke film ketiga, “Eclipse” yang dirilis pada 30 Juni 2010, ini merupakan film Twilight pertama yang dirilis di IMAX. Film terakhir Twilight adalah Breaking Dawn – Part 1 pada tahun 2011 dan Breaking Dawn – Part 2 pada tahun berikutnya.

Sebenarnya mereka mengacu ke satu novel tapi film akhirnya dijadikan dua. Nah, sekarang Bacaterus mau memberi tahu Anda menonton urutan film Twilight yang benar dan sinopsis ceritanya. Yuk, disimak!

1. Twilight (2008)

  • Tahun Rilis: 2008
  • Genre: Adventure, Drama, Fantasy
  • Sutradara: Catherine Hardwicke
  • Pemeran: Kristen Stewart, Robert Pattinson, Billy Burke
  • Perusahaan Produksi: Summit Entertainment, Temple Hill Entertainment, Maverick Films

Film pertama Twilight ternyata sudah lama sekali, ya, yaitu dirilis pada tahun 2008. Waktu itu author masih SMP, kalau Anda usia berapa waktu film ini muncul? Hihi. Film ini berfokus pada pengembangan hubungan antara Bella Swan yang mana seorang manusia biasa dengan Edward Cullen yang merupakan seorang vampir. Tapi, apakah benar Bella hanya manusia biasa?

Karena ibunya telah menikah lagi, Bella pun memutuskan untuk tinggal bersama ayahnya di Forks, sebuah kota kecil di Washington. Di sana Bella bertemu lagi dengan teman masa lalunya, Jacob Black. Jacob adalah seorang Native American.

Dia tinggal bersama ayahnya di Quileute Indian Reservation di dekat Forks. Di sekolah barunya, Bella melihat ada keluarga nyentrik dan misterius bernama Cullen. Mereka selalu sendiri, tak pernah berbaur dengan teman-teman lainnya.

Tadinya Bella tak mau berurusan dengan salah satu pun dari mereka, tapi ternyata Bella satu kelas dengan salah satu Cullen di kelas biologinya. Karena mereka menjadi partner lab, mau tak mau Bella berusaha berbicara padanya, tapi ternyata Edward Cullen malah mendiamkannya dan menatapnya jijik.

Satu minggu bolos, Edward kembali ke sekolah lalu tiba-tiba berbicara pada Bella, seolah-olah menyesal dengan aksinya yang lalu dan ingin mencoba berteman. Hari pun berlalu seperti biasa.

Tapi, beberapa hari setelahnya, Bella hampir ditabrak oleh sebuah mobil di tempat parkir sekolah. Entah bagaimana Edward secara instan bisa berada di samping Bella, menyelamatkannya dengan menahan mobil tersebut.

Mobil itu bahkan sampai penyok! Itu tidak mungkin dilakukan oleh manusia sekuat apapun juga. Menolak memberi penjelasan, Edward malah memperingatkan Bella untuk tidak berteman dengannya.

Kembali lagi ke titik nol, Bella curhat pada temannya, Jacob. Bella dibuat semakin bingung ketika Jacob mengatakan kalau clan-nya Quileutes dan keluarga Cullen pernah bermusuhan, dan bahkan masih sampai sekarang, tapi lebih kepada saling ignore saja. Jacob pun menyarankan Bella untuk tidak dekat-dekat dengan Cullen.

Setelah mencari-cari informasi, Bella menyimpulkan bahwa Edward memiliki kekuatan misterius yang menyerupai vampir. Bella mengkonfrontasi Edward dan akhirnya mendapatkan pengakuan kalau Cullen memang vampir. Akan tetapi, mereka tidak mengonsumsi darah manusia seperti yang orang-orang pikir tentang vampir. Mereka hanya minum darah hewan.

Waktu berlalu, dan Bella dan Edward pun jatuh cinta. Suatu hari, Edward memperkenalkan Bella pada Cullen lainnya, keluarga vampirnya. Carlisle Cullen, kepala keluarga, adalah seorang dokter di rumah sakit Forks.

Esme adalah istri Carlisle. Alice, Jasper, Emmett dan Rosalie adalah “anak-anak” mereka yang diadopsi secara informal, begitu pula dengan Edward. Reaksi keluarga Cullen terhadap Bella beragam, beberapa khawatir rahasia keluarga bisa terungkap, tapi ada juga yang menyukai Bella apa adanya.

Semua nampak adem ayem, kan? Tapi tidak lagi setelah datang tiga vampir jahat bernama James, Victoria dan Laurent. Mereka masih meminum darah manusia, tidak seperti Cullen.

James adalah vampir pelacak dengan naluri berburu luar biasa tinggi. Dia mencium aroma Bella yang berbeda dengan manusia lainnya, dan langsung terobsesi dengannya untuk memburunya. Bagaimana dengan nasib Bella selanjutnya?

2. The Twilight Saga: New Moon (2009)

  • Tahun Rilis: 2009
  • Genre: Adventure, Drama, Fantasy
  • Sutradara: Chris Weitz
  • Pemeran: Kristen Stewart, Robert Pattinson, Taylor Lautner
  • Perusahaan Produksi: Temple Hill Entertainment, Maverick Films, Imprint Entertainment

Pada 2009, sequel-nya hadir dengan judul The Twilight Saga: New Moon. Pada pesta ulang tahun Bella yang ke-18 yang diadakan Cullen, terjadi kejadian di mana Bella melukai jarinya, mengeluarkan sedikit darah. Itu membuat Jasper, “adik” Edward, menjadi lupa diri.

Percaya bahwa Edward dan keluarganya membahayakan hidup Bella, Edward mengakhiri hubungan mereka, lalu keluarga Cullen pun meninggalkan Forks.

Bella merasa sangat stres dan mengisolasi dirinya selama berbulan-bulan. Charlie, ayah Bella, pun memberi usul agar Bella kembali tinggal di Florida bersama ibunya, karena khawatir Bella stress akibat lingkungan dan sekolah. Akan tetapi, Bella tidak mau, dan berjanji pada ayahnya untuk lebih banyak menghabiskan waktu di luar berinteraksi dengan teman-temannya.

Teman Bella, Jacob, membantu meringankan rasa patah hatinya dengan mengajak Bella dalam berbagai kegiatan. Ada sesuatu yang menarik yang terjadi pada Jacob. Tiba-tiba dia memotong rambutnya menjadi cepak dan ada tato di lengan kanan atasnya yang menandakan kalau dia bagian dari suku Quileute.

Ketika Bella mendaki ke padang rumput yang sering dia dan Edward kunjungi, dia bertemu dengan Laurent (vampir jahat di film pertama). Lalu, tak lama kemudian pack serigala muncul dan menyerang vampir itu.

Bella akhirnya mengetahui bahwa pack serigala besar itu adalah Jacob dan anggota sukunya. Serigala dan Vampir merupakan musuh bebuyutan sejak zaman kuno. Akan tetapi, ada perjanjian khusus dengan keluarga Cullen yang membuat mereka tidak saling membunuh.

Pack Jacob masih bersiaga melindungi Bella dari ancaman Victoria. Vampir jahat itu memiliki dendam yang besar akibat pasangannya, James, dibunuh oleh Edward untuk melindungi Bella. Sedangkan Jacob tidak bisa melindungi Bella terus-terusan, karena dia masih beradaptasi dengan kekuatannya. Karena tak ada teman, Bella pun lengah dan bisa didekati oleh Victoria.

Victoria mengirim penglihatan palsu, sehingga Edward berpikir kalau Bella telah tewas bunuh diri. Edward, yang tidak sanggup hidup abadi tanpa Bella, pun pergi ke Italia untuk meminta Volturi (penguasa vampir) untuk mengakhiri hidupnya.

Sementara itu, Alice (adik Edward), kembali ke Forks dan terkejut mengetahui Bella masih hidup. Alice dan Bella pun melakukan perjalanan ke Italia untuk menyelamatkan Edward. Apakah mereka tiba tepat pada waktunya?

3. The Twilight Saga: Eclipse (2010)

  • Tahun Rilis: 2010
  • Genre: Adventure, Drama, Fantasy
  • Sutradara: David Slade
  • Pemeran: Kristen Stewart, Robert Pattinson, Taylor Lautner
  • Perusahaan Produksi: Summit Entertainment, Temple Hill Entertainment, Maverick Films

Karena dendamnya belum terbalaskan, Victoria menggigit seorang manusia dan menjadikannya “bayi vampir” alias vampir yang masih baru, belum terlatih untuk menahan hawa nafsu terhadap darah manusia. Victoria ingin membuat tentara vampir untuk menghancurkan Bella, Edward dan Cullen lainnya.

Sementara itu, di film sebelumnya Bella “diampuni” oleh Volturi (penguasa Vampir) walaupun dia manusia tapi mengetahui keberadaan vampir. PIlihannya hanya dua, yaitu membunuh Bella atau menjadikan Bella vampir. Semua Cullen setuju menjadikan Bella vampir kecuali Edward dan Rosalie (kakak Edward).

Jacob mengetahui keinginan Bella untuk berubah menjadi vampir, dan dia tidak setuju. Jacob mengingatkan Edward bahwa “perjanjian lama dengan Quileute” akan dilanggar jika ada seorang Cullen yang menggigit manusia, baik itu untuk mengonsumsi darahnya atau pun untuk mengubahnya menjadi vampir.

Bella membela, mengatakan kalau menjadi vampir adalah pilihannya sendiri. Akhirnya Edward pun setuju untuk mengubah Bella, asalkan mereka menikah dulu.

Jadi, di film The Twilight Saga: Eclipse ini akan ada pembahasan tentang pernikahan dan bagaimana menjadi vampir. Di sini juga mulai ada bumbu-bumbu cinta segitiga antara Edward, Bella dan Jacob. Karena, ternyata Jacob mencintai Bella.

Alice adalah vampir yang memiliki kekuatan vision (bisa melihat masa lalu, masa sekarang dan masa depan). Dia melihat sebuah visi ada tentara vampir baru lahir yang menyerang Forks. Karena ancaman ini, Jacob dan pack serigalanya pun membentuk aliansi dengan Cullen.

Edward dan Bella pun berkemah di pegunungan untuk menyembunyikan Bella dari vampir baru lahir yang haus darah. Di sana ada Jacob juga. Pada malam hari, Bella menguping percakapan antara Edward dan Jacob.

Ternyata mereka mengesampingkan kebencian mereka terhadap satu sama lain sementara, karena melindungi Bella adalah prioritas mereka berdua. Walaupun mencoba menyembunyikan Bella, para tentara vampir baru tetap menemukannya dan perang pun terjadi. Akahkah Bella selamat?

4. The Twilight Saga: Breaking Dawn – Part 1 (2011)

  • Tahun Rilis: 2011
  • Genre: Adventure, Drama, Fantasy
  • Sutradara: Bill Condon
  • Pemeran: Kristen Stewart, Robert Pattinson, Taylor Lautner
  • Perusahaan Produksi: Summit Entertainment, Sunswept Entertainment, TSBD Canada Productions

Ini adalah serial terakhir dari The Twilight Saga. Judulnya “Breaking Dawn – Part 1” karena film ini dibagi dua. Di awal film, Bella kembali berhubungan dengan Jacob. Kalau Anda sudah sampai film ini, berarti Anda tahu kalau Jacob “mundur” dan tak akan menjadi orang ketiga di hubungan Bella dan Edward.

Akan tetapi, Bella bercerita pada Jacob, walaupun setelah menikah, Bella tak langsung diubah menjadi vampir, dan akan melakukan seks pertamanya selama masih menjadi manusia.

Jacob marah karena hal itu bisa membunuh Bella. Akan tetapi, pack serigala berhasil mencegah Jacob untuk shifting menjadi wolf. Hari berlalu, pernikahan Bella dan Edward tetap berlangsung tanpa Jacob bisa ikut campur. Pasangan yang baru menikah itu menghabiskan bulan madu di Isle Esme, tempat mereka bercinta untuk pertama kalinya.

Keesokan paginya, Edward menyadari bahwa Bella memiliki banyak memar dan marah pada dirinya sendiri karena telah menyakitinya, meskipun Bella bersikeras bahwa dia tidak apa-apa. Edward pun bersumpah untuk tidak bercinta lagi sampai Bella menjadi vampir. Dua minggu setelah pernikahan, Bella muntah setelah bangun tidur dan menyadari bahwa haidnya terlambat.

Edward sangat khawatir, dia memprediksi bahwa Bella tidak akan selamat dari kehamilan, karena bagaimana pun juga ayah dari bayi tersebut merupakan seorang vampir, sedangkan ibunya manusia.

Edward menyarankan Bella untuk menggugurkan kandungannya, tapi Bella menolak. Mereka pun pulang ke Forks untuk menjaga kandungannya.

Anehnya, meskipun Bella baru hamil selama dua minggu, bayinya tumbuh dengan cepat. Ternyata, memang periode hamil di dunia mereka tak sama dengan manusia. Jacob yang mengetahui kehamilan Bella pun segera datang ke kediaman Cullen.

Bella yang hamil terlihat seperti tidak bernyawa. Dia kurus, pucat, seperti orang sekarat. Ternyata, setelah Bella mengonsumsi darah, dia menjadi lebih segar dan bayinya pun tumbuh lebih cepat.

Sampai suatu ketika tiba-tiba tulang punggung Bella patah karena dia tak sanggup menopang bayinya yang sangat besar. Bella pun pingsan dan bisa dibilang koma. Jika dibiarkan, Bella bisa mati lemas. Karenanya, operasi sesar pun dilakukan.

Rosalie yang melakukannya, padahal selama ini dia paling tidak suka dengan Bella, mungkin karena dia selalu menginginkan anak dan semenjak kehamilan Bella dia merasa sayang sekali dengan calon keponakannya yang belum lahir itu.

Tak kunjung sadar, Edward pun menyuntikkan racun vampir untuk mengubah istrinya menjadi seperti dirinya. Akan tetapi, Bella masih koma juga walaupun bayinya telah berhasil diselamatkan. Edward yang kalut pun menggigiti Bella dengan harapan racun vampir darinya berhasil membangunkan Bella. Lalu, apakah Bella bisa bangkit dari kematiannya? Bagaimana dengan bayinya?

5. The Twilight Saga: Breaking Dawn – Part 2 (2012)

  • Tahun Rilis: 2012
  • Genre: Adventure, Drama, Fantasy
  • Sutradara: Bill Condon
  • Pemeran: Kristen Stewart, Robert Pattinson, Taylor Lautner
  • Perusahaan Produksi: Summit Entertainment, Temple Hill Entertainment, Sunswept Entertainment

Masih dari buku yang sama, “Breaking Dawn”, tapi filmnya dibagi dua. Ternyata Jacob dan Renesmee (anak Bella dan Edward) memiliki bonding. Ketika wolf memiliki bonding dengan siapapun juga, maka koneksi itu tidak akan berubah dan tidak bisa diganggu gugat oleh siapapun.

Bisa dibilang Jacob adalah soulmate anak Bella. Ini memicu konflik juga di mana Bella dan Jacob pernah ada history, lalu masalah antara pack serigala dan vampir juga masih belum selesai.

Apalagi Renesmee yang merupakan anak ajaib, campuran 1/2 vampir dan 1/2 manusia. Bella akhirnya terbangun dari transformasi manusia ke vampir dan bertemu dengan putrinya.

Ketika Jacob bertindak secara posesif terhadap Renesmee, Bella mengetahui bahwa Jacob telah meninggalkan print (imprinted) pada anaknya. Tadinya Bella sangat emosi, tapi akhirnya membiarkan, karena berarti Jacob akan melindungi anaknya sampai mati.

Beberapa bulan berlalu dan pertumbuhan Renesmee berlangsung sangat cepat. Ketika sedang jalan-jalan di hutan, seorang vampir vegetarian bernama Irina melihat Renesmee dari kejauhan dan berasumsi bahwa dia adalah “anak abadi” karena melihatnya terbang.

Anak abadi adalah vampir yang diubah pada masa kanak-kanak, dan karena mereka tidak bisa dilatih atau ditahan, mereka bisa menghabiskan satu kota tanpa sisa.

Para anak abadi harus dibinasakan, begitu pula “orang tua” yang menciptakan mereka. Karena penciptaan anak abadi dilarang, Irina pun pergi ke Volturi untuk melaporkan apa yang telah dilihatnya. Alice melihat vision bahwa Volturi dan Irina datang untuk membunuh Renesmee dan seluruh keluarga Cullen, dan menginstruksikan untuk mengumpulkan saksi bahwa Renesmee bukan anak abadi.

Keluarga Cullen mulai memanggil saksi, seperti keluarga Denali. Salah satu Denali, Eleazar, kemudian menemukan bahwa Bella memiliki kemampuan khusus: perisai mental yang kuat yang telah melindunginya dari Edward untuk membaca pikirannya, bahkan ketika dia masih manusia. Bella pun dilatih untuk memperluas kekuatannya agar bisa melindungi orang-orang yang dia sayang.

Akan tetapi, saksi-saksi mereka diserang dan dicegah mendukung Cullen. Carlisle dan Edward pun menyadari bahwa mereka harus melawan Volturi. Ternyata, Volturi memang datang dengan siap berperang, bersama dengan pasukannya.

Bagaimana kelanjutannya? Tentu Anda harus menonton semua saga Twilight untuk mengerti jalan cerita dan bagaimana endingnya. Selamat marathon!

Oh iya, selain urutan film Twilight, kami juga punya beberapa urutan film lainnya, seperti Urutan Film Marvel, Urutan Film Captain America, hingga Urutan Film Thor. Jadi, kalau Anda ingin marathon film seru dan bingung urutan menonton yang benar, bisa kunjungi artikel-artikel tadi, ya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *