Bacaterus / Film Fiksi Ilmiah / Suka Film Transformer? Lihat Urutan Filmnya Dulu Yuk!

Suka Film Transformer? Lihat Urutan Filmnya Dulu Yuk!

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 Februari 2020

“To Protect and Serve” hayo, ada yang kenal dengan slogan ini? Memiliki genre sci-fi atau SF (science fiction), film ini punya banyak penggemar di seluruh penjuru dunia. Transformers, pertama kali dirilis tahun 2007 film ini diadaptasi dari mainan yang diproduksi oleh Tomy dan Hasbro dengan nama mainan yang sama.

Dibuat di Jepang tahun 80-an, robot-robot yang bisa berubah bentuk ini mulai mengambil alih pasar mainan Amerika. Tak hanya dalam bentuk mainan, mereka juga telah membintangi kartun yang ditayangkan untuk penonton Amerika dan Jepang. Seri lainnya adalah buku komik dari Marvel Comics dan IDW Publishing.

Popularitas itulah yang melatar belakangi dibuatnya film live-action yang kini memiliki total 6 sekuel film. Transformers sendiri didefinisikan sebagai serangkaian robot luar angkasa (alien) dengan kemampuan berubah bentuk menjadi kendaraan seperti mobil, truk, pesawat, dan lain-lain, yang terdiri dari Autobots dan Decepticons.

Kamu tertarik menonton seri film ini dari awal? Urutan film Transformer di bawah ini bisa jadi referensi seri mana yang sebaiknya kamu tonton lho.

1. Transformers (2007)

Transformers (2007)

Menjadi film pertama dari seri Transformers, film ini disutradarai oleh Michael Bay. Memadukan CGI dengan laga hidup, film ini dimulai oleh Optimus Prime yang menceritakan peperangan di planet Cybertron, antara Autobot dan Decepticon. Dimana dua fraksi alien ini memperebutkan kendali dari AllSpark.

AllSpark adalah benda yang menciptakan kehidupan bangsa mereka, dimana Decepticon ingin menggunakanya untuk merebut planet Bumi dari manusia. Memiliki slogan terkenal “Their war, our world.”, film ini menghadirkan Sam Witwicky seorang remaja yang membantu Autobots untuk menyelamatkan Bumi.

2. Transformers: Revenge of the Fallen (2009)

Transformers: Revenge of the Fallen (2009)

Merupakan sekuel dari Transformers Movie, Transformers: Revenge of the Fallen dirilis tahun 2009. Melanjutkan film sebelumnya, masih dengan Sam Witwicky sebagai karakter utama, dimana Sam yang menyimpan potongan AllSpark dari pertarungan sebelumnya menjadi incaran Decepticon.

AllSpark yang direbut pun berhasil membangkitkan Megatron, yang membawanya bertarung dengan Prime dan membuat Prime tewas. Disinilah peran Sam dibutuhkan, dengan informasi yang dia miliki, Sam mencari Matrix of Leadership yang menjadi kunci dari Energon juga membangkitkan Prime.

Melalui banyak rintangan, Sam berhasil dan mulai membangkitkan Prime, namun Fallen yang merupakan pimpinan tertinggi Decepticon juga saudara Optimus Prime datang merebut Matrix tersebut. Dibantu oleh Jetfire, Prime bangkit kembali dan berbalik melawan Fallen dan menghancurkan wajahnya.

“I rise, You fall”. adalah kata terakhir yang dikatakan Prime, sebelum menghancurkan Fallen. Kata-kata itupun menjadi slogan yang populer di kalangan penggemar. Selain itu, band kenamaan Linkin Park juga mengisi soundtrack film ini dengan lagu New Divide.

3. Transformers: Dark of the Moon (2011)

Transformers: Dark of the Moon (2011)

Film aksi fiksi ilmiah seri ketiga dari Transformer ini menggunakan banyak lokasi syuting, yakni di Chicago, Florida, Washington DC, Indiana, hingga Moskow. Menggunakan kamera film 35mm reguler dan khusus dikembangkan 3-D kamera, dengan efek visual yang terlibat dengan robot lebih kompleks sehingga dibutuhkan waktu lebih lama untuk render.

Meski membutuhkan waktu yang lama, film ini berhasil menjadi film paling sukses kelima sepanjang masa pada tahun tersebut. Sam Witwicky diperankan oleh Shia LaBeouf, masih dipercaya sebagai karakter utama pria. Namun karakter utama wanita kali ini diperankan oleh model Inggris Rosie Huntington Whiteley.

Kali ini Transformers berkisah 3 tahun setelah peperangan di bumi, terjadilah peperangan di planet mereka sendiri, Cybertron. Autobots kalah jumlah dan melarikan diri membawa kargo rahasia yang menjadi kunci keutuhan Cybertron, namun diserang Decepticons yang berakibat jatuhnya kargo ke bulan.

Tak disangka, ternyata kargo tersebut berisi Sentinel Prime yang merupakan saudara Optimus dan pilar-pilar jembatan waktu yang dibuat oleh Sentinel dengan tujuan membawa Cybertron ke bumi dan membuat jembatan untuk Decepticon datang ke bumi. Disinilah Optimus Prime dan Autobots mencegah dan bertarung sengit.

4. Transformers: Age of Extiction (2014)

Transformers: Age of Extiction (2014)

Menjadi penggarapan keempat seri Transformers, film ini mengambil masa empat tahun setelah invasi di Chicago. Masih di sutradarai oleh Michael Bay dan Steven Spielberg sebagai eksekutif produser, sekuel kali ini tidak mengikutsertakan Shia LaBeouf juga pertama kalinya diperankan oleh keseluruhan pemeran baru.

Mark Wahlberg dipercaya menjadi karakter utama Cade Yeager, kisahnya dimulai ketika Cade dan temannya Lucas membeli truk tua untuk dibongkar dan dijual suku cadangnya namun ia menyadari truk yang ia beli adalah Transpormers, Optimus Prime.

Mengetahui kehadiran Prime di Texas, ‘Cementery Wind’ unit elit CIA bergegas memburu Prime secara diam-diam. Optimus Prime langsung menemui para Autobots yang tersisa, Bumblebee, Hound, Drift, dan Crosshairs. Kepala perusahaan KSI, Joshua Joyce, mengatakan bahwa manusia tidak membutuhkan Autobots.

Perusahaan KSI menciptakan Transformersnya sendiri, Galvatron, dibuat menggunakan data dari kepala Megatron. Dalam seri kali ini dimunculkan Dinobots, yakni robot dengan bentuk Dinosaurus, yang ikut dalam peperangan.

5. Transformers: The Last Knight (2017)

Transformers: The Last Knight (2017)

Melibatkan pertempuran di masa lampau oleh Raja Arthur dan kesatrianya yang melawan Saxon, Merlin meminta bantuan dari Knights of Iacon. Mengambil masa 3 tahun setelah pertempuran di Hongkong yang terjadi dalam seri sebelumnya, kini semakin banyak Transformers datang ke bumi.

Sementara itu, tanduk-tanduk metalic terus bermunculan di berbagai belahan dunia. Cade Yeager yang sibuk melarikan diri bersama Autobots tak sengaja menemukan robot kesatria di kapal. Robot kesatria menempelkan semacam jimat pada lengan Cade.

Robot-robot kesatria inilah yang dicari Quintessa untuk membantunya memulihkan planet Cybertron dengan menyerap energi bumi. Cerita berlanjut dimana Viviane, keturunan terakhir Merlin diharuskan menemukan dan menggunakan sebuah tongkat warisan untuk mencegah kehancuran bumi.

Seri kelima Transformers ini adalah seri terakhir yang disutradarai oleh Michael Bay. Dirilis tahun 2017 oleh Paramount Pictures, film ini mengambil banyak lokasi di beberapa negara. Rupanya Bay masih bersama Light & Magic Industrial sebagai perusahaam efek visual utama untuk Transformers.

6. Bumblebee (2018)

Bumblebee (2018)

Merupakan live-action Transformers series yang disuguhkan sebagai spin-off dan prequel dari series Transformers. Dalam film ini Hailee Steinfeld dipilih sebagai karakter utama Charlie Watson. Cerita dimulai ketika ia tak senganja menemukan Bumblebee yang menyamar dalam bentuk Volkswagen Beetle kuning.

Dikarenakan peperangan di planet Cybertron, Optimus Prime mengirimkan Autobots B-127 (Bumblebee) ke bumi dengan tujuan mengatur basis operasi dimana Autobots dapat bergabung kembali. Namun, Bee tertangkap oleh Decepticons yang membuntutinya ke bumi, Bee kehilangan suara dan memorinya.

Charlie yang tertarik dengan otomotif, membawa pulang Bee dari tempat rongsokan dan mulai memperbaikinya. Ia tak sengaja mengaktifkan sinyal homing yang dideteksi oleh Decepticons. Decepticons bekerjasama dengan Jack Burns agen Sektor 7 untuk memburu Bee dengan dalih Bee adalah musuh berbahaya manusia.

Peperangan dan konflik pun mulai memasuki babak baru dimana Bee dibantu Charlie dan juga temannya Memo melindungi bumi melawan Decepticons. Burns yang sadar bahwa Bee bukanlah musuh manusia membantu Charlie dan Bee untuk kabur saat disekap.

Peperangan sengit pun usai, Charlie menyadari bahwa Bee datang ke Bumi dengan tujuan yang besar, ia pun melepas kepergian Bee. Bee bergabung kembali dengan Prime dan Autobots lainnya yang tiba di bumi.

Disutradarai oleh Travis Knight, Bumblebee menjadi film live-action pertamanya. Bumblebee menjadi film terlaris terendah dalam waralaba tetapi mendapat kesuksesan di Box Office. Berbagai ulasan positif datang dari para kritikus, menyebutnya sebagai angsuran terbaik dari franchise Transformers.

Nah, urutan sudah didapat, lalu apa lagi yang kamu tunggu? Buat kamu yang nunggu sekuel selanjutnya dari Transformers, agaknya kamu harus bersabar.

Banyak yang berspekulasi bahwa kemungkinan Transformers 7 akan dirilis sekitar akhir tahun 2020 atau pertengahan tahun 2021. Wah, semoga cepat rilis dan tayang ya. Bisa dikatakan The Transformers adalah film favorit sepanjang masa, pertarungan, ledakan, serta actions yang membawa penontonya ke dunia imajinasi yang tak disadari.

Tak heran jika film ini selalu ditunggu para penggemar, buat kamu yang punya pertanyaan juga kritik dan saran untuk artikel ini, kamu boleh menuliskannya di kolom komentar, dan jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya dari Bacaterus.com. Salam damai bersama Autobots!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *