Bacaterus / Film Fiksi Ilmiah / Urutan Film The Hunger Games untuk Panduan Movie Marathon

Urutan Film The Hunger Games untuk Panduan Movie Marathon

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 November 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bagi kalian pecinta film action berpadu unsur fiksi ilmiah, rangkaian tetralogi film The Hunger Games merupakan film-film yang wajib untuk kalian tonton. Film ini diadaptasi dari novel karya penulis Amerika Serikat Suzanne Collins. Novel ini terdiri dari trilogi dengan judul novel pertama The Hunger Games yang terbit tahun 2008, kemudian disusul buku kedua Catching Fire di tahun 2009.

Kisah trilogi dalam novel ditutup pada buku ketiga di tahun 2010 dengan judul Mockingjay. Novel-novel ini kemudian menjadi novel best seller di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Menyusul kesuksesan novelnya, The Hunger Games kemudian diangkat ke dalam cerita layar lebar pada tahun 2012 dan menjadi sebuah tetralogi yang terdiri dari 4 judul film.

Mungkin kamu sudah sering mendengar karakter utama dari film ini, yaitu Katniss Everdeen, seorang wanita pemberani dan jago memanah yang diperankan oleh Jennifer Lawrence. Namun apakah kamu sudah menonton seluruh filmnya dengan urutan yang tepat?

Bagi kamu yang belum sempat menonton tetralogi The Hunger Games, berikut urutan menonton The Hunger Games dari film pertama hingga film terakhir untuk panduan movie marathon-mu.

1. The Hunger Games

The Hunger Games

* sumber: www.bustle.com

  • Tahun Rilis: 2012
  • Genre: Action / Sci-fi
  • Produksi: Lionsgate Films
  • Sutradara: Gary Ross
  • Pemeran: Jennifer Lawrence, Josh Hutcherson, Liam Hemsworth, Woody Harrelson, Elizabeth Banks, Lenny Kravitz, Stanley Tucci, Donald Sutherland

Film pertama dari rangkaian film The Hunger Games dirilis pada tahun 2012 dengan judul yang sama sesuai novelnya, The Hunger Games. Dalam film ini, kita akan berkenalan dengan para karakter utamanya, yaitu Katniss Everdeen yang diperankan oleh Jennifer Lawrence, Peeta Mellark yang diperankan oleh Josh Hutcherson, dan karakter-karakter lainnya.

Dalam film pertama ini kita juga akan melihat kehidupan dalam sebuah negara yang bernama Panem. Panem merupakan sebuah negara bekas Amerika Utara yang selamat dari bencana besar yang dulunya menimpa bumi. Negara ini terdiri dari 12 distrik yang dimana ibu kota negaranya bernama Capitol.

75 tahun yang lalu pernah terjadi pemberontakan di Panem yang gagal dilakukan sehingga Capitol menyelenggarakan sebuah permainan bernama The Hunger Games. Permainan ini bertujuan untuk merekatkan hubungan antar distrik, mengingat tragedi pemberontakan, serta menunjukan betapa berkuasanya pemerintah Capitol terhadap rakyatnya.

Dalam permainan The Hunger Games, setiap distrik akan mengirimkan dua orang perwakilannya untuk berkompetisi hingga saling membunuh. Permainan tersebut akan disiarkan secara langsung layaknya sebuah reality show. Siapapun yang terpilih secara acak harus turut serta dalam kompetisi ini.

Pada rangkaian The Hunger Games ke 24, distrik 12 akhirnya mengirimkan perwakilan mereka yaitu Katniss, gadis ahli panah yang menggantikan adiknya, serta Peeta, seorang remaja pria penjual roti. Dari sinilah petualangan Katniss dan Peeta dimulai.

Dalam film pertama ini, kita akan melihat bagaimana Katniss dan Peeta berusaha bertahan hidup dalam permainan mematikan ini. Permainan The Hunger Games seharusnya hanya menyisakan satu pemenang, namun kisah cinta yang terjadi antara Katniss dan Peeta kemudian menarik perhatian publik dan membuat permainan berubah.

2. The Hunger Games: Catching Fire

The Hunger Games Catching Fire

* sumber: www.memphisflyer.com

  • Tahun Rilis: 2013
  • Genre: Action / Sci-fi
  • Produksi: Lionsgate Films
  • Sutradara: Francis Lawrence
  • Pemeran: Jennifer Lawrence, Josh Hutcherson, Liam Hemsworth, Woody Harrelson, Elizabeth Banks, Lenny Kravitz, Stanley Tucci, Donald Sutherland, Philip Seymour Hoffman, Jeffrey Wright

Sekuel kedua dari film The Hunger Games rilis satu tahun setelahnya dengan judul The Hunger Games: Catching Fire. Dalam film kedua ini, kita masih akan melihat petualangan Katniss dan Peeta yang tengah melakukan tur kemenangan yang disambut dengan banyak pemberontakan di berbagai distrik.

Secara tak terduga, Capitol kemudian menyelenggarakan edisi khusus Hunger Games ke 75, dimana para peserta yang akan bertanding adalah para peserta yang pernah mengikuti kompetisi ini selanjutnya. Keputusan ini membuat Katniss dan Peeta harus Kembali mempertaruhkan nyawa mereka di arena permainan.

Permainan The Hunger Games akhirnya dimulai dengan tetap diiringi berbagai pemberontakan yang terjadi di luar arena ataupun dari para peserta yang terlibat.

3. The Hunger Games: Mockingjay – Part 1

The Hunger Games Mockingjay – Part 1

* sumber: www.inquirer.com

  • Tahun Rilis: 2014
  • Genre: Sci-fi / Adventure
  • Produksi: Lionsgate Films
  • Sutradara: Francis Lawrence
  • Pemeran: Jennifer Lawrence, Josh Hutcherson, Liam Hemsworth, Woody Harrelson, Elizabeth Banks, Stanley Tucci, Donald Sutherland, Philip Seymour Hoffman, Jeffrey Wright, Julianne Moore

Urutan ketiga dari tetralogi ini adalah The Hunger Games: Mockingjay – Part 1 yang rilis di tahun 2014. Setting waktu film ini dikisahkan terjadi setelah Katniss diselamatkan dari arena yang hancur pada permainan The Hunger Games sebelumnya. Bersama peserta lain yang selamat, Finnick dan Beetee, Katniss dibawa ke distrik 13.

Distrik 13 sendiri merupakan distrik yang dipimpin oleh seorang pemberontak pemerintah, Alma Coin. Coin kemudian meminta Katniss untuk menjadi mockingjay, simbol pemberontakan rakyat kepada Capitol. Namun Katniss menolak dan justru teringat pada Peeta yang masih berada di Capitol.

Pada akhirnya, Katniss bersedia menjadi mockingjay dengan syarat bahwa Peeta dan pemenang lainnya akan diselamatkan jika pasukan pemberontak mampu menang melawan Capitol. Inilah awal kisah Katniss sebagai sang mockingjay untuk melawan Capitol yang selama ini bersikap semena-mena terhadap rakyat.

4. The Hunger Games: Mockingjay – Part 2

The Hunger Games Mockingjay – Part 2

  • Tahun Rilis: 2015
  • Genre: Action / Sci-fi
  • Produksi: Lionsgate Films
  • Sutradara: Francis Lawrence
  • Pemeran: Jennifer Lawrence, Josh Hutcherson, Liam Hemsworth, Woody Harrelson, Elizabeth Banks, Stanley Tucci, Donald Sutherland, Philip Seymour Hoffman, Jeffrey Wright, Julianne Moore

Film terakhir dari sekuel ini berjudul The Hunger Games : Mockingjay – Part 2 yang rilis pada tahun 2015. Film keempat ini masih melanjutkan kisah dari film sebelumnya, dimana Katniss masih melanjutkan pemberontakannya kepada Capitol. Dalam film ini, Peeta juga sudah kembali meskipun dengan kondisi psikologis yang kacau akibat proses cuci otak di Capitol.

Bersama teman-temannya, Gale dan Finnick, Katniss dan Peeta mencoba untuk menuju Capitol dan menggulingkan pemerintahan. Dalam film ini, kita akan melihat perjalanan Katniss hingga sampai di Capitol. Di akhir film ini kita juga akan melihat bagaimana akhir kisah cinta Katniss dan Peeta.

Nah, itulah urutan film The Hunger Games dari film pertama hingga terakhir untuk panduanmu menonton tetralogi film ini. Selain itu, ada kabar gembira juga bagi kamu yang belum bisa move on dari Katniss dan Peeta. Setelah cerita The Hunger Games berakhir di film keempat, kini sang sutradara Francis Lawrence tengah merencanakan prekuel dari film ini.

Film kelima dari The Hunger Games ini akan mengambil judul The Ballad of Songbirds and Snakes yang saat ini tengah dalam proses perencanaan produksi. Film yang akan diproduksi ini masih akan diadaptasi dari novel karya Suzzane Collins yang baru saja diterbitkan di tahun 2020.

Jadi, siapa yang masih penasaran dengan kelanjutan dari film The Hunger Games ini? Kita tunggu saja jadwal tayangnya ya! Sebelum menunggu film kelimanya, yuk ceritakan dulu adegan atau film The Hunger Games mana yang paling menjadi favoritmu? Ceritakan di kolom komentar ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *