Bacaterus / Film DC Comics / Inilah Daftar Urutan Film Superman dari Masa ke Masa

Inilah Daftar Urutan Film Superman dari Masa ke Masa

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sejak pertama kali muncul dalam film layar lebar di tahun 1978, karakter Superman telah menjadi sosok superhero yang digemari di seluruh dunia. Dalam film pertamanya tersebut, mendiang aktor Christopher Reeve tampil cukup ikonik sebagai pahlawan super dari Planet Krypton.

Hingga akhirnya, generasi awal Superman ini telah menghasilkan empat film layar lebar dari periode 70an hingga tahun 1987. Sejumlah aktor pun pernah berkesempatan untuk memerankan karakter superhero dari DC Comics ini.

Sebut saja, Brandon Routh di filmnya Superman Returns, dan Henry Cavill dalam Man Of Steel, Batman V Superman serta Justice League. Walaupun belum ada kabar lagi mengenai kelanjutan filmnya, namun para penggemarnya tentu sudah tidak sabar menanti aksi terbaru dari superhero bernama asli Kal-El ini.

Film superman memang sempat vakum cukup lama setelah terakhir di produksi tahun 1987. Namun, di periode tahun 2000an sekarang ini telah hadir kembali kisahnya dengan cerita yang lebih fresh dan visual yang lebih berkualitas tentunya.

Dalam pembahasan kali ini, Bacaterus akan memberikan daftar urutan film Superman dari masa ke masa. Penasaran apa saja daftarnya? Simak ulasannya di bawah ini ya.

1. Superman (1978)

Superman (1978)

Ilmuwan dari Planet Krypton bernama Jor-El berhasil memastikan para pengkhianat yang terdiri dari Jenderal Zod, Ursa dan Non untuk dihukum selama di penjara Phantom Zone. Sementara itu, Jor-El merasa planet tempat tinggalnya akan segera musnah.

Ia lalu mengirim putra semata wayangnya, Kal-El, yang masih bayi pergi ke Bumi. Tak lama setelah itu, Planet Krypton luluh lantah hancur berkeping-keping. Pesawat yang ditumpangi oleh Kal-El berhasil mendarat di sebuah pertanian Kota Smallville.

Ia kemudian ditemukan dan dibesarkan oleh Jonathan Kent berserta istrinya Martha Kent sebagai anaknya sendiri. Kal-El kini berganti nama menjadi Clark Kent dan telah tumbuh dewasa. Setelah ayah angkatnya meninggal, ia akhirnya mengetahui asal-usulnya saat menemukan sebuah tempat bernama Fortress of Solitude.

Sebagai seorang Superman, Clark pun sadar akan tugasnya menolong manusia. Ia kemudian menyamar sekaligus bekerja sebagai jurnalis di Koran Daily Planet Kota Metropolis. Ia lalu bertemu dan tertarik kepada rekan kerjanya, Lois Lane.

Kini, ia harus menyelamatkan bumi dari ulah Lex Luthor yang ingin menghancurkan Amerika dengan gempa bumi lewat peluncuran rudal nuklir buatannya.

2. Superman II (1980)

Superman II (1980)

Jenderal Zod, Ursa dan Non akhirnya bisa melepaskan diri dari penjara Phantom Zone. Ketiga pun mendapatkan kembali kekuatannya setelah menerima suntikan energi dari sinar cahaya matahari. Di Bumi, Lois Lane sudah mencurigai jika Clark Kent adalah sosok di balik Superman.

Clark lalu membawa Lois ke Fortress of Solitude untuk menunjukkan asal usulnya yang tersimpan dalam kristal energi. Clark kemudian menyatakan perasaannya kepada Lois di sana. Ia pun menghilangkan kekuatan supernya dengan mengekspos dirinya pada sinar Krypton merah di ruang kristal dan berubah menjadi manusia seutuhnya.

Sementara itu, pasukan Jenderal Zod tengah berada di Bumi dan memaksa Presiden Amerika Serikat agar menyiarkan kedatangannya lewat siaran televisi ke seluruh penjuru dunia.

Saat Presiden memohon agar Superman menyelamatkan Bumi, Jenderal Zod langsung menuntut agar Superman datang dan berlutut di hadapannya. Clark menyadari jika kondisinya sekarang ini tidak cukup kuat untuk mengalahkan Zod. Maka dari itu, ia pun mencoba untuk mendapatkan kekuatannya kembali.

3. Superman III (1983)

Superman III (1983)

Seorang Pengusaha kaya bernama Ross Webster bekerjasama dengan ahli komputer, Gus Gorman, untuk melancarkan niat jahatnya. Ross memanfaatkan kepintaran dari Gorman untuk membantunya dalam rencananya mengontrol perekonomian dunia.

Ia lalu menyuruhnya untuk mengendalikan Vulcan, sebuah satelit cuaca, supaya bisa menciptakan tornado dan menghancurkan pertanian yang ada di Smallville.

Gorman dengan satelitnya kemudian menciptakan badai yang hampir menghancurkan pertanian. Clark Kent alias Superman yang kebetulan sedang berada di kampung halamannya berhasil menyelamatkan Smallville dari musibah tersebut.

Ross yang kesal akan kegagalan tersebut memerintahkan Gorman untuk menciptakan batu Kryptonite sintetis agar bisa melumpuhkan kekuatan dari Superman.

Batu Kryptonite yang dibuat oleh Gorman ternyata gagal membunuhnya, dan malah menciptakan Superman baru yang jahat dan kejam. Superman kini ada dua, dan Clark Kent harus mengalahkan Superman jahat yang tercipta dari hasil batu tiruan tersebut.

4. Superman IV: The Quest for Peace (1987)

Superman IV: The Quest for Peace (1987)

Lex Luthor berhasil kabur dari penjara dengan dibantu oleh keponakannya yang bernama Lenny Luthor. Keduanya kemudian mencuri sehelai rambut milik Superman yang tersimpan di sebuah museum.

Lex berencana membuat senjata nuklir yang berasal dari kekuatannya. Saat Lex ingin meluncurkan sebuah misil, Superman berhasil menggagalkan aksinya dan melempar nuklir tersebut ke dalam matahari.

Nuklir yang terdapat bagian tubuh Superman itu masuk ke dalam bola energi matahari dan malah bertransformasi menjadi makhluk super kuat. Makhluk tersebut kemudian dinamakan sebagai manusia nuklir, dan langsung pergi menuju Lex Luthor yang dianggap sebagai penciptanya.

Kali ini Clark Kent harus bertarung habis-habisan melawannya karena memiliki kekuatan yang lebih hebat dari dirinya sendiri.

5. Superman Returns (2006)

Superman Returns (2006)

Clark Kent alias Superman kini pergi dari Bumi menuju luar angkasa untuk mencari sisa-sisa kehancuran Planet Krypton. Ia berharap dapat menemukan kehidupan yang berasal dari tempat tinggalnya. Akan tetapi, Planet Krypton yang ia cari benar-benar telah hancur, dan membuat dirinya menjadi ras satu-satunya dari planet tersebut yang masih hidup.

Ia pun kini melanjutkan perjalanannya untuk kembali ke Bumi yang ternyata membutuhkan waktu lima tahun untuk sampai ke sana. Dalam kurun waktu tersebut, Bumi telah kehilangan sosok Superman.

Kepergiannya yang tanpa pamit kepada Lois Lane membuat sang kekasih kecewa berat, dan ia pun memutuskan untuk menikah dengan pria lain sehingga memiliki seorang anak dari pernikahan tersebut.

Sementara itu, Lex Luthor menuju tempat persembunyian Superman di Fortress of Solitude. Dia mencuri teknologi yang ada di sana dan mulai merencanakan aksi jahatnya untuk menguasai dunia kembali. Ia kemudian mencoba menggagalkan peluncuran pesawat luar angkasa.

Di saat yang tepat, Superman telah kembali ke bumi dan berhasil menyelamatkan pesawat tersebut dari ledakan akibat ulah Lex Luthor.

6. Man of Steel (2013)

Man of Steel (2013)

Sedari kecil, Clark Kent memang menyadari jika dirinya adalah seorang yang spesial dan berbeda dengan manusia Bumi lainnya. Lewat kekuatan yang dimilikinya, ia sering mempergunakannya untuk membantu oran-orang yang membutuhkan pertolongan.

Orang tua angkatnya, Jonathan Kent dan Martha Kent selalu berpesan kepadanya  untuk menjaga rahasia kekuatannya. Berbekal nasihat tersebut, ia kini sering berpindah tempat tinggal dan memalsukan identitas di manapun ia berada.

Akan tetapi, seorang jurnalis wanita bernama Lois Lane mulai menyelidiki keberadaannya yang cukup misterius. Sementara itu, Jenderal Zod dan pasukannya mulai datang ke Planet Bumi. Ia beserta prajuritnya akan menghancurkan Planet Bumi jika  tidak dapat menemukan Kal-El (Superman).

7. Batman VS Superman (2016)

Batman VS Superman (2016)

Bruce Wayne (Batman) harus menerima kenyataan pahit ketika Kota Gotham tempat tinggalnya luluh lantah akibat pertempuran Superman dengan Jenderal Zod. Banyak korban jiwa yang meninggal akibat peristiwa tersebut, dan dirinya tidak bisa berbuat apa-apa untuk mencegahnya. Kejadian naas itu pun menyebabkan kebencian dirinya terhadap sikap kepahlawanan yang selalu dilakukan oleh Superman.

Selepas  peristiwa tersebut, Superman menghadapi aksi mosi tidak percaya dari warga Metropolis karena tindakannya yang selalu mengakibatkan adanya korban yang tewas. Ia pun diminta kerjasama dengan pemerintah setempat agar setiap aksinya mendapatkan izin terlebih dahulu.

Di sisi lain, Lex Luthor berhasil masuk ke dalam pesawat milik Jenderal Zod untuk merencanakan sesuatu yang jahat. Pada akhirnya, ia berhasil mengadu domba antara Batman dan Superman. Keduanya pun kini harus saling bertarung dengan niatan membunuh satu sama

8. Justice League (2017)

Justice League (2017)

Di akhir film Batman VS Superman, dikisahkan jika Superman telah tewas dalam pertempuran melawan makhluk jahat bernama Doomsday. Selepas kejadian tersebut, kerusuhan dan kriminalitas terjadi di mana-mana hingga pada akhirnya muncul sebuah villain yang tangguh yakni Steppenwolf.

Ia adalah monster keji yang sedang mencari Mother Box untuk dia satukan dalam rencananya menghancurkan Planet Bumi. Batman mulai tidak percaya diri untuk melawan musuh tersebut karena kehilangan Superman.

Maka dari itu, ia membuat kelompok Justice League yang didalamnya berisikan manusia-manusia berkemampuan super. Ia akhirnya dapat mengumpulkan Wonder Woman, Aquaman, The Flash dan Cyborg.

Walaupun sudah memiliki pasukan kuat, ternyata mengalahkan Steppenwolf bukanlah perkara mudah. Batman bersama anggota Justice League lainnya kemudian berusaha membangkitkan Superman kembali. Bagi mereka, hanya dialah yang mampu menyelamatkan Bumi dari serangan Steppenwolf.

9. Smallville (TV Series 2001-2011)

Smallville (TV Series 2001-2011)

Smallville merupakan serial televisi yang menceritakan secara lengkap kisah perjalanan Kal-El dari Remaja hingga dia mendapatkan kekuatannya sebagai Superman. Serial ini cukup populer karena drama dan konflik yang dihadapi oleh Kal-El menggambarkan kehidupannya sebagai manusia Bumi.

Selama 10 Season series ini berjalan, aktor bernama Tom Welling dipercaya memerankan sosok karakter Clark Kent. Lex Luthor dalam serial ini diceritakan sebagai teman baik Clark. Namun, sikap jahatnya mulai muncul ketika mengetahui jika temannya tersebut mempunyai kekuatan superhero.

Selain harus menemukan jati diri aslinya, Clark Kent pun harus bergelut dengan kisah asmaranya bersama Lana Lang dan Lois Lane. Ia pun mempunyai sahabat perempuan yang selalu menemaninya bernama Chloe Sullivan.

Untuk kamu yang memang sangat mengidolakan karakter Superman, maka tidak boleh melewatkan serial televisi yang satu ini. Di dalamnya pun, kamu akan mendapatkan sedikit pertemuan Clark Kent dengan Barry Allen (The Flash), hingga bertemu dengan Oliver Queen (Green Arrow). Jadi, jangan sampai melewatkan serial tv Superman yang satu ini ya.

Film bertemakan superhero memang tidak akan pernah lekang oleh waktu dan selalu menarik untuk disaksikan. Nah, untuk kamu yang ingin menonton film Superman secara maraton, bisa langsung mengikuti daftar urutannya yang sudah diberikan oleh Bacaterus. Siapkan waktu luangmu yang cukup untuk mengikuti kisah petualangan dari Clark Kent ya. Selamat menonton!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *