Bacaterus / FIlm zombie / Urutan Film Resident Evil dari Live Action hingga Animasi

Urutan Film Resident Evil dari Live Action hingga Animasi

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kesuksesan game Resident Evil yang hadir di tahun 90-an membuat game survival horror tersebut diangkat ke layar lebar untuk pertama kalinya pada tahun 2002. Pihak studio film Screen Gems mempercayakan Paul WS Anderson sebagai penulis dan produser untuk mengerjakan enam film adaptasi dari permainan milik Capcom ini. Film terakhir yang berjudul Resident Evil: The Final Chapter dirilis pada tahun 2016 lalu.

Berbeda dari versi originalnya, film ini menghadirkan karakter baru bernama Alice sebagai jagoan utamanya. Tokoh-tokoh ikonik dari gamenya, seperti Jill Valentine, Leon Kennedy, Claire Redfield dan Chris Redfield muncul sebagai pemanis belaka. Meski begitu, untuk yang menyukai film zombie dengan kondisi dunia apokaliptik, seri live action Resident Evil ini tidak boleh terlewatkan dari daftar tontonanmu.

Selain versi Live action, Capcom bekerjasama dengan Sony Pictures Entertainment Jepang membuat film animasi CGI dari Resident Evil. Film animasi tersebut mempunyai jalan cerita yang sama dengan seri video game originalnya. Hingga sampai saat ini, mereka sudah memproduksi tiga film dengan sosok Leon Kennedy dan Chris Redfield menjadi protagonis utamanya.

Untuk kamu yang ingin menonton seri live action dan versi animasinya, Bacaterus akan merangkum daftar urutan film-filmnya.  Supaya tidak penasaran, langsung saja simak pembahasannya di bawah ini ya.

1. Resident Evil (2002)

Resident Evil

Milla Jovovich memerankan sosok Alice dalam semua franchise live action dari Resident Evil. Diceritakan jika Alice adalah seorang petugas keamanan buatan Umbrella Corporation yang terkena amnesia. Ia lalu bertemu dengan pasukan militer dari tempatnya bekerja untuk menyelidiki sebuah laboratorium bawah tanah. Tempat tersebut ternyata berubah menjadi sarang zombie akibat penyebaran T-Virus.

Edisi pertama dari waralaba Resident Evil ini mendapatkan ulasan yang beragam, baik secara positif maupun negatif. Setelah masa penayangannya, film ini kemudian meraup lebih dari 100 juta dollar di seluruh dunia. Pada ajang 29th Saturn Awards di tahun 2013, film ini masuk nominasi sebagai Best Horror Film, dan Best Actress untuk Milla Jovovich.

2. Resident Evil: Apocalypse (2004)

Resident Evil: Apocalypse

Di sekuel keduanya, film ini mengambil konten dari game Resident Evil 3 dengan menghadirkan anggota Special Tactics and Rescue Service (STARS) Jill Valentine, dan pasukan The Umbrella Biohazard Countermeasure Service (UBCS) Carlos Olivera. Lalu ada juga Nemesis yang menjadi sosok monster mengerikan sekaligus musuh terkuat di game-nya itu sendiri.

Berkat kemunculan mereka di Resident Evil: Apocalypse, film ini menjadi sukses dan berada dalam daftar box office Amerika Serikat selama satu minggu lamanya. Di beberapa negara lainnya, film ini bahkan bisa bertahan sampai dua minggu lebih.

T-Virus yang sudah menyebar di fasilitas bawah tanah milik Umbrella, kini malah merebak muncul ke permukaan Kota Raccoon. Akibatnya, sejumlah warga berubah menjadi makhluk pemangsa manusia. Di lain sisi, Alice bertemu dengan Jill beserta Carlos, dan mereka bekerjasama untuk mencari jalan keluar sebelum Kota Raccoon hancur diledakan oleh misil karena seluruh warganya sudah menjadi zombie.

3. Resident Evil: Extinction (2007)

Resident Evil Extinction

* sumber: www.wallpaperflare.com

Selepas kehancuran Kota Raccoon oleh pemerintah Amerika Serikat, dampak penyebaran T-Virus tidak lantas langsung berhenti begitu saja. Kini, virus mematikan tersebut menjadi wabah yang telah merubah warga dunia menjadi zombie. Bumi sekarang menjadi rumah yang nyaman bagi para makhluk-makhluk pemangsa manusia tersebut.

Sementara itu, Alice kembali beraksi lagi dengan berusaha menghancurkan semua fasilitas markas Umbrella yang tersisa di muka bumi. Di lain sisi, salah satu ilmuwan dari Umbrella, Dr. Isaacs, tengah mengincar Alice yang di dalam tubuhnya terdapat antivirus untuk menetralkan pengaruh dari T-Virus itu sendiri.

Resident Evil: Extinction kembali menghadirkan karakter ikonik dari seri game originalnya, yaitu Claire Redfield. Di film ini, sosok tersebut diperankan oleh aktris Ali Larter, sedangkan Carlos yang berada di film sebelumnya tetap mengisi film ketiga ini, namun tidak dengan Jill Valentine. Film ini lalu meraup pendapatan dengan total 148,4 juta dollar di seluruh dunia.

4. Resident Evil: Afterlife (2010)

Resident Evil Afterlife

* sumber: www.t-online.de

Perjalanan Alice dalam memusnahkan sisa-sisa keberadaan Umbrella membawanya untuk berada di Kota Los Angeles. Ia bersama para survivor yang selamat beserta Claire Redfield harus bekerja sama untuk melawan petinggi dari Umbrella Corporation, Albert Wesker. Usaha mereka tidak mudah karena mesti menghadapi para zombie yang kini sudah bermutasi menjadi lebih mengerikan dan menakutkan.

Sosok Albert Wesker di film ini merupakan salah satu karakter original dari game Resident Evil, dan menjadi musuh yang paling kuat dan sulit untuk dikalahkan. Selain itu, karakter Chris Redfield yang diperankan oleh Wentworth Miller pun muncul dalam Resident Evil: Afterlife. Sekuel keempat ini meraup 60 juta dollar di Amerika Serikat, dan mendapatkan total pendapatan 300 juta dollar di seluruh dunia.

5. Resident Evil: Retribution (2012)

Resident Evil Retribution

* sumber: busy.org

Resident Evil: Retribution menampilkan beberapa konten yang ada dalam game Resident Evil 4 seperti parasit Las Plagas yang membuat zombie sedikit lebih pintar dengan bisa menggunakan senjata api. Selain itu, hadirnya Jill dengan rambut pirang panjangnya beserta sebuah alat yang menempel di dadanya merupakan penggambaran yang sama persis dalam versi gamenya sendiri di Resident Evil 5.

Selain Jill Valentine yang muncul kembali, edisi kelima ini juga menghadirkan karakter original lainnya seperti Leon Kennedy, Ada Wong dan Barry Burton. Dalam film Resident Evil: Retribution, Alice harus menghadapi musuh baru, yaitu sebuah supercomputer bernama Red Queen yang berhasil mengambil alih Umbrella Corporation. Ia bertekad untuk membunuh semua manusia yang selamat di muka bumi.

6. Resident Evil: The Final Chapter (2016)

Resident Evil The Final Chapter

Seri keenam ini menjadi sekuel penutup dari franchise film live action Resident Evil. Melanjutkan cerita dari film sebelumnya, Alice kembali harus berhadapan dengan Albert Wesker dan Dr. Isaacs setelah Red Queen berkhianat kepada Umbrella. Atas desakan dari Red Queen, Alice lalu pergi menuju The Hive yang ada di Kota Raccoon untuk mencegah pemusnahan masal yang akan dilakukan oleh Umbrella Corporation.

Film ini tetap menampilkan karakter Claire Redfield, namun untuk karakter lainnya seperti Jill Valentine, Leon Kennedy dan Chris Redfield tidak dimunculkan lagi. Resident Evil: The Final Chapter meraup 26,8 juta dollar di Amerika Serikat, dan mendapatkan keuntungan cukup besar di seluruh dunia dengan total 312,2 juta dollar dari anggaran produksi yang hanya sebanyak 40 juta dollar.

7. Resident Evil: Degenaration (Animasi CGI – 2008)

Resident Evil Degenaration

* sumber: vistapointe.net

Film ini merupakan seri pertama dari animasi CGI Resident Evil yang diproduksi oleh Capcom bersama Sony Entertainment Jepang. Resident Evil: Degeneration menampilkan kembali Leon Kennedy dan Claire Redfield. Selepas kejadian yang mengerikan di Raccoon City pada tahun 1998, Leon sekarang menjadi agen federal Amerika Serikat, sedangkan Claire bergabung dengan organisasi kemanusian TerraSave.

Mimpi buruk penyebaran T-Virus kembali menghantui, kali ini pandemik mematikan tersebut menyebar di sebuah bandara bernama Harvardville di Amerika. Pasukan militer dari Special Response Team (SRT) lalu meminta bantuan Leon untuk menyelesaikan masalah tersebut. Sementara itu di tempat yang sama, Claire terjebak dalam situasi yang mengingatkan kepada peristiwa horror di Raccoon City 10 tahun lalu.

8. Resident Evil: Damnation (Animasi CGI – 2012)

Resident Evil Damnation

Empat tahun selepas kejadian di Harvardville, Pemerintah Amerika Serikat mengirim Leon untuk menyelidiki adanya penggunan Bio-Organic Weapon (BOW) yang digunakan selama perang saudara di Republik Slavia Timur. Di lain sisi, agen rahasia Ada Wong, menyamar menjadi anggota Bioterrorism Security Assessment Alliance (BSSA) untuk mencuri sampel parasit Las Plagas yang ada di negara tersebut.

Resident Evil: Damnation mengambil cerita sebelum kejadian yang ada dalam game Resident Evil seri ke-6. Untuk film ini sendiri berhasil mendapatkan respon positif dari Rotten Tomatoes dengan penilaian akhir mencapai angka 72%. Sementara itu, pertemuan Leon dan Ada Wong menjadi reuni klasik yang terakhir kali terjadi pada game Resident Evil 4 yang rilis pada tahun 2005 lalu.

9. Resident Evil: Vendetta (Animasi CGI – 2017)

Resident Evil Vendetta

* sumber: www.syfy.com

Dua jagoan utama dari seri original game Resident Evil, yakni Chris Redfield dan Leon Kennedy dipertemukan dalam film ini. Selain mereka berdua, mantan anggota STARS bernama Rebecca Chambers yang menjadi karakter utama di game Resident Evil Zero turut hadir di film yang disutradarai oleh Takanori Tsujimoto ini.

Diceritakan bahwa agen BSAA Chris Redfield bersama pasukannya tengah melacak keberadaan Glenn Arias yang merupakan seorang mantan agen CIA. Ia diketahui sedang mengembangkan Bio-Organic Weapon (BOW) untuk meneror dan membalas dendam kepada Pemerintah Amerika Serikat.

Sementara itu, Professor Rebecca Chambers mempelajari virus baru bernama A-Virus yang mampu mengubah manusia menjadi zombie. Ia kemudian menemukan fakta bahwa virus tersebut mempunyai kesamaan dengan parasit Las Plagas yang ditemukan Leon beberapa tahun lalu di sebuah desa di Spanyol.

Rebecca dan Chris kemudian menemui Leon untuk membantu menyelesaikan wabah virus baru ini. Mereka kemudian bergelut dengan waktu sebelum Glenn Arias menjadikan seluruh warga Kota New York berubah menjadi zombie.

Itulah daftar film Resident Evil dari versi live action hingga seri animasi CGI yang pernah rilis di layar sinema bioskop. Studio Constantin Film yang mempunyai hak adaptasi dari game ini rencananya akan melakukan reboot untuk film Resident Evil. Johannes Roberts kemudian ditunjuk menjadi penulis naskah sekaligus sutradaranya.

Sebelum menunggu kabar terbaru dari kelanjutan reboot tersebut, jangan lupa juga untuk menyaksikan film-film Resident Evil yang sudah dibahas di atas ya. Selamat menonton! Simak pula artikel film zombie paling ngeri ini, yuk!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *