Bacaterus / Film Spionase / Urutan Film Mission Impossible yang Rilis Sejak Tahun 1996

Urutan Film Mission Impossible yang Rilis Sejak Tahun 1996

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kalau kamu suka film-film James Bond, kemungkinan besar kamu akan menyukai film-film yang sejenis dengan itu. Salah satu yang nggak kalah seru adalah film-film Mission Impossible. Berbeda dengan James Bond yang sudah beberapa kali berganti pemeran utama, Mission Impossible tetap konsisten dengan Tom Cruise sebagai peran utamanya.

Seperti James Bond, film Mission Impossible kerap dirilis dengan cerita yang berbeda-beda tapi masih dalam satu benang merah yang sama. Ini tentang Ethan Hunt seorang anggota agen rahasia yang mencoba menyelesaikan sebuah kasus. Kasus-kasusnya itulah yang bikin penonton tertarik.

Kasusnya sudah pasti bukan kasus kriminal biasa karena seorang Ethan Hunt pun diceritakan bukan sebagai orang biasa. Dia adalah orang yang terlatih untuk menyelesaikan kasus-kasus rumit. Aksi-aksinya itulah yang kerap membuat penonton kagum, entah karena kualitas akting para pemain, atau jalan ceritanya yang memang sulit ditebak.

Sudah pernah menonton film Mission Impossible? Apa kamu sudah menonton semuanya karena sejauh ini sudah ada 6 film yang dirilis? Kalau belum, mungkin akan sangat membantu kalau kamu tahu urutan film Mission Impossible yang rilis sejak tahun 1996. Memang sebaiknya menonton film rangkaian film ini secara berurutan, inilah urutannya!

1. Mission: Impossible [1996]

Mission: Impossible [1996]

  • Tahun Rilis: 1996
  • Genre: Action, Adventure, Thriller
  • Sutradara: Brian De Palma
  • Pemeran: Tom Cruise, Jon Voight, Emmanuelle Béart
  • Perusahaan Produksi: Paramount Pictures, Cruise/Wagner Productions

Film ini adalah yang pertama dan langsung mendapat perhatian khusus di kalangan pencinta film. Tom Cruise berhasil membuktikan kalau dia memanglah layak memerankan seorang agen rahasia yang dibebani oleh tugas-tugas berat, bahkan nyaris mustahil. Kalau kamu menyukai film pembuka ini, niscaya kamu pasti akan memburu film-film selanjutnya.

Di dalam film pembuka ini, Ethan Hunt dituduh berkhianat. Dia dianggap sebagai orang paling bertanggung jawab atas kematian rekan-rekannya. Tentu saja Ethan nggak akan tinggal diam, dia berusaha memburu siapakah yang bertanggung jawab sebenarnya karena dia harus membuktikan kalau dirinya nggak bersalah.

2. Mission: Impossible II [2000]

Mission: Impossible II [2000]

  • Tahun Rilis: 2000
  • Genre: Action, Adventure, Thriller
  • Sutradara: John Woo
  • Pemeran: Tom Cruise, Dougray Scott, Thandie Newton
  • Perusahaan Produksi: Paramount Pictures, Cruise/Wagner Productions, Munich Film Partners & Company (MFP) MI2 Productions

Film kedua rilis tahun 2000, butuh waktu hingga 4 tahun setelah film pertamanya. Untuk mengeksekusi film yang bagus pasti butuh waktu yang panjang. Penantian 4 tahun para penggemar Mission Impossible dibayar tuntas dengan rilisnya film kedua ini. Ceritanya lebih intens dan menegangkan, tentu saja aksi-aksi Ethan Hunt semakin gila.

Kali ini, tugas Ethan Hunt semakin berat karena berhubungan dengan keselamatan banyak orang. Dia ditugaskan ke Sydney, Australia, untuk memburu sebuah virus mematikan yang diberi nama ‘Chimera’. Virus itu adalah virus rekayasa genetika yang membahayakan banyak orang kalau berada di tangan orang yang salah.

3. Mission: Impossible III [2006]

Mission: Impossible III [2006]

  • Tahun Rilis: 2006
  • Genre:  Action, Adventure, Thriller
  • Sutradara: J.J. Abrams
  • Pemeran: Tom Cruise, Michelle Monaghan, Ving Rhames
  • Perusahaan Produksi: Paramount Pictures, Cruise/Wagner Productions, MI 3 Film

Film ketiga butuh waktu lebih lama daripada film kedua, 6 tahun! Penonton bisa menunggu film ketiga ini sambil mendampingi anak mereka lulus SD. Dengan perkembangan jaman, film ketiga ini terlihat semakin matang. Baik dari segi cerita atau pun dari segi teknologi yang digunakan selama pembuatan film.

Di film ketiga ini, ceritanya sedikit dramatis karena melibatkan perasaan dari seorang Ethan Hunt. Sebagai agen rahasia, identitas adalah sesuatu yang betul-betul dia jaga. Kalau sampai terkuak, bukan cuma dia yang dalam bahaya tetapi juga orang-orang terdekatnya akan ikut terseret.

Ethan harus berhadapan langsung dengan pedagang senjata yang dikenal sadis dan berbahaya. Di waktu yang sama, dia juga harus melindungi kekasih hatinya supaya nggak disentuh oleh musuh-musuhnya. Selain aksi, film ini juga dibumbui dengan cinta, persahabatan, dan pengkhianatan. Karena itulah film ini lebih berbobot dibanding dua film sebelumnya.

4. Mission: Impossible — Ghost Protocol [2011]

Mission: Impossible — Ghost Protocol [2011]

  • Tahun Rilis: 2011
  • Genre: Action, Adventure, Thriller
  • Sutradara: Brad Bird
  • Pemeran: Tom Cruise, Jeremy Renner, Simon Pegg
  • Perusahaan Produksi: Paramount Pictures, Skydance Media, TC Productions

Setelah 5 tahun menunggu, akhirnya film keempat rilis! Tentu saja dengan eksekusi yang semakin baik karena teknologi yang semakin berkembang. Adegan-adegan di film keempat ini semakin greget dan aksi-aksi Ethan Hunt masih saja berhasil memukau para penggemarnya yang setia menunggu.

Konfliknya semakin berat, IMF yang merupakan organisasi tempat Ethan bekerja dibubarkan. Nggak cuma itu, mereka juga dituduh terlibat dalam aksi terorisme. Itulah yang mendasari terbentuknya Ghost Protocol. Ethan bersama tim barunya harus bekerja keras membersihkan nama organisasi mereka.

Mereka harus bekerja diam-diam karena nggak tahu siapa yang bisa mereka percaya. Maka, bergeraklah mereka sesenyap mungkin. Nggak bisa dilacak, nggak ada kontak, bisa dibayangkan keseruan mereka menyusun strategi untuk menyelesaikan misi itu? Nyaris mustahil, karena memang di situlah letak keseruannya.

 5. Mission: Impossible — Rogue Nation [2015]

Mission: Impossible — Rogue Nation [2015]

  • Tahun Rilis: 2015
  • Genre: Action, Adventure, Thriller
  • Sutradara: Christopher McQuarrie
  • Pemeran: Tom Cruise, Rebecca Ferguson, Jeremy Renner
  • Perusahaan Produksi: Paramount Pictures, Skydance Media, Bad Robot

Ethan Hunt kembali beraksi di film kelima ini. Kaii ini, dia harus mengungkap jaringan penjahat yang bertanggung jawa atas banyak kerusakan di dunia. Jaringan mereka begitu rumit selayaknya jaring laba-laba.

Namun jika dibiarkan, sindikat itu akan terus berbuat kerusakan demi keuntungan mereka sendiri. Masalahnya adalah, sindikat itu sangat misterius. Nggak ada yang bisa memastikan siapa saja orang-orang di baliknya.

Maka dimulailah perjalanan Ethan bersama timnya untuk membongkar orang-orang yang terlibat. Tugas yang berat itu bertambah berat karena IMF dibubarkan dan Ethan Hunt diburu oleh pemerintah Amerika.

6. Mission: Impossible — Fallout [2018]

Mission: Impossible — Fallout [2018]

  • Tahun Rilis: 2018
  • Genre: Action, Adventure, Thriller
  • Sutradara: Christopher McQuarrie
  • Pemeran: Tom Cruise, Henry Cavill, Ving Rhames
  • Perusahaan Produksi: Paramount Pictures, Skydance Media, TC Productions

Banyak yang bilang, kalau film Mission Impossible yang terbaru ini adalah film terbaik dari seluruh rangkaian film yang sudah dirilis. Ceritanya semakin matang, bikin tegang, tapi tetap asyik untuk disimak. Ditambah dengan adegan-adegan yang semakin berani dan didukung oleh teknologi canggih.

Kali ini, Ethan Hunt harus berpacu dengan waktu sambil menyelamatkan diri karena dia sedang diburu oleh para pembunuh sadis. Misinya berjalan di luar rencana, bahkan sampai mengancam keselamatan dunia. Ethan harus beraksi sendiri karena CIA mulai meragukan loyalitasnya. Bukan cuma diburu oleh penjahat, Ethan juga diburu oleh mantan rekan kerjanya.

Serangan datang dari berbagai arah sampai membiaskan siapa penjahat sebenarnya. Meski begitu, ceritanya nggak membosankan karena kita akan disuguhi oleh aksi-aksi keren dari sosok Ethan. Bukan cuma soal baku hantam, tapi juga soal strateginya yang seringkali nggak bisa ditebak.

Setelah menonton film-film di atas, kamu pasti akan menyadari satu hal; Tom Cruise nggak pernah menua. Dari film pertama yang rilis tahun 1996, sampai film terbaru yang rilis tahun 2018, karismanya sama sekali nggak memudar. Bahkan, kalau dibandingkan pun nggak terlalu banyak perubahan dari dulu sampai sekarang.

Umurnya mungkin bertambah, tapi wajahnya tetap sama seolah-olah dia nggak pernah ulang tahun sejak film Mission Impossible yang pertama rilis. Selain film-film yang sudah rilis di atas, film Mission Impossible 7 dan 8 pun direncanakan akan rilis pada tahun 2021 dan 2022. Kita harus sabar menunggu, kejutan apa lagi yang akan diberikan oleh Tom Cruise.

Kalau kamu tipikal orang yang gampang penasaran, kamu harus benar-benar meluangkan waktu sebelum menonton filmnya. Kalau sudah nonton yang pertama, kamu pasti ingin nonton film-film berikutnya.

Kalau sudah menonton, ayo berbagi sama pembaca yang lain dengan menuliskan 3 film Mission Impossible yang paling kamu sukai di kolom komentar.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *