Bacaterus / Film Thriller / Gladers, Inilah Urutan Menonton Film Maze Runner yang Benar!

Gladers, Inilah Urutan Menonton Film Maze Runner yang Benar!

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 April 2020

Maze Runner adalah film trilogi ber-genre petualangan, aksi, sains-fiksi dalam masa dystopian. Ketiga film ini diangkat dari novel “The Maze Runner” karya penulis Amerika, James Dashner.

Film ini diproduksi oleh Ellen Goldsmith-Vein, didistribusikan oleh 20th Century Fox, dan semuanya disutradarai oleh Wes Ball. Untuk bintang utama filmnya ada Dylan O’Brien, Kaya Scodelario, Thomas Brodie-Sangster, Ki Hong Lee, Dexter Darden dan Patricia Clarkson.

Film pertama dari trilogi yaitu “The Maze Runner” dirilis pada 19 September 2014. Film ini menjadi sukses komersial yang meraup lebih dari $348 juta di seluruh dunia.

Film keduanya, “Maze Runner: The Scorch Trials” dirilis pada satu tepat satu tahun berikutnya tapi kurang sehari, yaitu 18 September 2015. Sequel ini termasuk sukses juga dengan meraup lebih dari $312 juta secara global. Serial film pun diakhiri dengan perilisan film ketiga, yaitu “Maze Runner: The Death Cure” pada 26 Januari 2018.

Karakter

Sebelum membahas tentang urutan Film Maze Runner, ada baiknya mengenal karakter utamanya terlebih dahulu, karena karakternya sangat-banyak-sekali. Berikut adalah beberapa tokoh penting dalam semua trilogi Maze Runner.

1. Thomas

Thomas Edison yang dimainkan oleh Dylan O’Brien adalah protagonis dari semua seri film Maze Runner. Walaupun jika Anda sudah membaca semua novelnya, maka Anda akan tahu kalau nama asli Thomas itu adalah Stephen. Karena filmnya belum sampai ke sana, maka kita tidak akan membahas itu (hihi).

Thomas adalah seorang Glader (seseorang yang tinggal, atau lebih tepatnya dimasukkan secara paksa dan sebelumnya telah dihilangkan ingatannya) di area tertutup tembok tinggi yang dikelilingi oleh labirin yang berubah setiap malam. Di dalam labirin penuh dengan makhluk mengerikan yang dikenal sebagai Grievers.

Baik The Glade, labirin dan monster Grievers diciptakan oleh WCKD (dibaca wicked). Semua ini adalah fase pertama eksperimen WCKD untuk membantu menyelamatkan umat manusia setelah terjadi malapetaka besar di seluruh dunia dan banyak manusia yang terjangkit penyakit “the flare”. Penyakit ini membuat manusia yang terkena menjadi seperti zombie.

Semua anggota Gladers itu laki-laki. Ada yang sudah bertahun-tahun tinggal di dalamnya, ada juga yang baru beberapa bulan atau bahkan hitungan hari, tapi karena mereka semua tidak bisa keluar maka mereka pun merasa seperti keluarga. Keluarga Gladers bermimpi suatu hari bisa keluar dari The Glade dan maze (labirin) yang mengurung mereka.

Thomas baru beberapa hari tinggal di dalam Glade, tapi dia penasaran ingin tahu misteri labirin tersebut dan ingin mengeluarkan semua orang yang terjebak di dalamnya. Hal ini memicu konflik internal antara Thomas dan Gladers lainnya, yaitu Gally. Masalah semakin memanas ketika ada Glader terakhir yang dikirim WICKED, dan anehnya orang terakhir itu perempuan, bukannya laki-laki.

2. Teresa

Kaya Scodelario memainkan tokoh penting dalam serial film Maze Runner. Dia berperan sebagai Teresa Agnes (yang pada novel prequel akhirnya diketahui kalau nama aslinya adalah Deedee). Dia adalah si perempuan sekaligus Glader terakhir yang dikirim WICKED ke dalam The Glade.

Ketika tiba di The Glade, Teresa juga kehilangan ingatannya, sama seperti Gladers lainnya. Anda akan berpikir kalau Teresa adalah karakter yang inosen, tapi, setelah film terakhir Anda akan terkaget-kaget dibuatnya. Gadis ini penuh misteri!

3. Minho

Minho, seorang Glader dan juga the Keeper of the Runners. Jadi, ada perbedaan antara Glader dan Runner. Kalau Glader itu semua orang yang tinggal di dalam lahan dengan tembok tinggi, kalau Runner adalah orang-orang terpilih (yang larinya cepat dan skill bertahan hidupnya tinggi) untuk mencari tahu misteri labirin dan memetakan pergerakan labirin karena setiap bloknya selalu berubah setiap hari.

Nah, Minho itu penjaga atau ketua dari para Runner. Dia termasuk salah satu Glader yang langsung menerima dan menjadi teman Thomas. Hingga akhir trilogi, Minho dan Thomas pun menjadi sahabat dekat. Karakter Minho dimainkan oleh Ki Hong Lee.

4. Newt

Newt adalah seorang Glader dan juga wakil pemimpin di The Glade. Dia memiliki kaki yang pincang karena percobaan bunuh dirinya saat dia menjadi seorang Runner. Karakter Newt yang diperankan oleh Thomas Brodie-Sangster mendapatkan respon yang baik dari para kritikus dan penonton. Dia dianggap sebagai salah satu karakter terbaik dalam seri ini.

5. Gally

Gally adalah rival-nya Thomas dalam film pertama. Bukan cuma Glader biasa, dia adalah seorang Keeper of the Builders. Di dalam Glade, semua orang mendapatkan perannya masing-masing, yang paling penting adalah Runner, Keeper, dan Builder (orang yang membangun sebagian besar hal di dalam Glade, seperti rumah, jemuran, kursi, meja dll).

Sejak awal kedatangan Thomas, Gally tidak pernah akrab dengannya. Apalagi setelah rencana Thomas yang ingin menjadi Runner dan mengeluarkan semua Glader dari The Glade, padahal dia masih ‘anak kemarin’. Tapi, jangan benci Gally dulu, ya, dia punya alasan untuk bersikap seperti itu.

6. Ava Paige

Ava Paige adalah kanselir WCKD. Dari awal film hingga sequel Anda akan dibuat bingung dengan WCKD. Slogan perusahaan ini adalah “Wicked is good”, tapi, apakah benar begitu? Anda akan mengetahui jawabannya jika menonton semua triloginya.

Urutan Film Maze Runner

Ya, itulah beberapa karakter penting dalam film trilogi Maze Runner. Sekarang, Bacaterus akan membahas mengenai ketiga filmnya. Yuk, langsung saja disimak!

1. The Maze Runner (2014)

* sumber: stts21.blogspot.com

Awal film dimulai dengan Thomas yang tiba-tiba terbangun di dalam labirin dengan sekelompok anak lelaki lain. Thomas tidak memiliki ingatan akan dunia luar, akan kehidupannya yang sebelumnya, setibanya dia di The Glade. Well, selain dari mimpi tentang sebuah organisasi yang dikenal sebagai WCKD a.k.a World Catastrophe Killzone Department (Departemen Killzone Bencana Dunia).

Dengan mengumpulkan potongan-potongan masa lalu dari mimpinya, serta petunjuk-petunjuk yang ditemukan di dalam labirin, Thomas berharap bisa melarikan diri dari labirin bersama dengan teman-temannya.

Namun, bagaimana bisa Thomas yang baru beberapa hari dilempar ke The Glade ingin mengeluarkan mereka semua dari sana, sedangkan para Glader (anak-anak lelaki yang tinggal di dalam The Glade) selama ini telah berusaha mencari jalan keluar dari labirin yang terus berubah.

Para Glader tak memiliki pilihan selain melanjutkan hidup dan membentuk masyarakat di dalam The Glade. Setiap orang memiliki peranannya masing-masing, ada yang jadi penjaga, ada yang jadi pembuat sesuatu, dan yang paling mencolok adalah para runner (pelari). Tugas runner adalah mencari tahu misteri, pola dan jalan keluar dari labirin yang memerangkap mereka.

Tapi, mereka harus kembali sebelum matahari terbenam karena pintu tembok tinggi yang membatasi The Glade dan labirin akan tertutup. Yang membuat film ini lebih terasa tidak adil lagi, di dalam labirin ada monster besar pemakan manusia. Makanya hanya orang-orang terpilih yang bisa menjadi runner.

Thomas membuat beberapa orang tak nyaman ketika mengatakan ia ingin menjadi runner, kendati ia masih anak bawang di The Glade. Tapi, cuma satu anak lelaki yang benar-benar kentara menunjukkan kebenciannya pada Thomas, yaitu Gally.

Kondisi diperparah dengan kedatangan anak baru di The Glade, dan itu bukan seorang laki-laki. Semuanya bingung karena selama ini yang datang selalu anak laki-laki. Apalagi gadis misterius itu datang dengan secarik kertas bertuliskan “Ini yang terakhir.” dan ketika terbangun, kata yang paling pertama diucap gadis itu adalah “Thomas”.

2. Maze Runner: The Scorch Trials (2015)

Pada akhirnya, setelah petualangan besar yang dialami para Glader untuk keluar dari labirin, mereka harus menjalani hari-hari yang lebih buruk lagi. Di luar sana, di Scorch, merupakan bentang alam yang rusak dan berbahaya.

Selain mencari tahu ada apa di balik WCKD, Glader yang tersisa (Thomas, Teresa, Newt, Minho, Frypan dan Winston) juga harus terus berlari dari Cranks, manusia yang terjangkit virus flare, membuat mereka menjadi seperti apa yang kita kenal dengan zombie.

Glader ‘diselamatkan’ oleh Mr. Janson dan dibawa ke fasilitas yang katanya merupakan tempat yang aman, bebas dari WCKD, virus flare dan tentunya cranks.

Tapi, Thomas menemukan kejanggalan di fasilitas tersebut. Ia pun menyelidikinya dibantu oleh Aris, orang yang pertama kali tiba di fasilitas. Di film yang ke-2 ini, kita semua menjadi tahu kalau The Glade itu tidak cuma satu, tapi ratusan, mungkin ribuan. Ada Glade yang isinya perempuan saja, ada yang campuran, lalu ada juga yang seperti Thomas yang isinya laki-laki semua sampai Teresa datang.

Akhirnya, Thomas pun mengetahui kalau leader WCKD, Ava Paige, masih hidup. Dan, Mr. Janson bekerja untuk WCKD. Ava dan Janson ternyata sedang melakukan eksperimen tentang “immunes”, yang Thomas dan Glader lainnya belum pahami.

Thomas menguping Janson mengatakan tentang Right Arm, yaitu kelompok yang melawan WCKD. Kabarnya, mereka ada di pegunungan. Thomas bersama Glader lainnya, ditambah Aris, pun melarikan diri ke luar dari fasilitas tertutup itu untuk mencari Right Arm.

3. Maze Runner: The Death Cure (2018)

Jarak antara film pertama dan kedua hanya satu tahun, sehingga ingatan penonton masih fresh. Tapi, filmnya yang ke-3 ini dirilis tiga tahun setelah sequelnya. Entah apa yang membuat film ini begitu terlambat, tapi setidaknya penonton jadi tahu ending dari filmnya, jika tidak membaca novelnya.

Di tengah maraknya film terakhir dibagi menjadi dua part, Wes Ball (sutradara semua film Maze Runner) memilih untuk menjadikannya satu part saja. Maze Runner: The Death Cure adalah akhir kisah perjalanan Thomas dkk. Untuk menyelamatkan yang lain, Thomas, Glader dan Right Arm harus masuk ke Last City yang legendaris.

Ini adalah sebuah labirin yang dikendalikan WCKD, menjadi labirin yang paling mematikan dari semua labirin lainnya. Siapa pun yang berhasil keluar hidup-hidup akan mendapatkan jawaban atas pertanyaan yang diajukan Glader sejak mereka pertama kali tiba di labirin. *Tidak akan ada spoiler untuk film yang terakhir ini, silakan tonton saja.*

4. Film Prequel

Jika Anda membaca novelnya, Anda pasti tahu kalau Maze Runner ada tiga buku, lalu dilanjut dengan dua buku prequel alias cerita sebelum Maze Runner. Lalu, apakah buku prequel-nya akan difilmkan juga? Mungkin, di waktu yang akan datang.

Menyusul akuisisi 21st Century Fox oleh Disney pada Maret 2019, satu bulan setelahnya Disney mengkonfirmasi bahwa film-film Maze Runner baru sedang dalam pengembangan.

Jadi, kalau pun ada film setelah Maze Runner, itu akan menjadi kilas balik, jauh sebelum The Glade ada. Bahkan mungkin sebelum Thomas lahir. Walaupun begitu, jika Anda Gladers (sebutan fans Maze Runner) sejati, Anda pasti akan sangat menanti film prequel-nya, dong?

Oh iya, selain membahas soal Maze Runner, Bacaterus juga mengulas film lainnya, seperti Urutan Film Superman, Urutan Film Underworld, hingga Urutan Anime Fate. Silakan ditonton semua filmnya, ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *