Bacaterus / Film Marvel / Urutan Film Marvel Cinematic Universe Sesuai Alur Waktu

Urutan Film Marvel Cinematic Universe Sesuai Alur Waktu

Ditulis oleh - Diperbaharui 21 Januari 2020

Selama kurun waktu 11 tahun, The Infinity Saga hadir sebagai benang merah dari semua franchise film-film superhero dalam Marvel Cinematic Universe (MCU). Dari tahun 2008 hingga 2019, MCU berhasil menciptakan semestanya untuk menampilkan jagoan-jagoannya menyatu dalam sebuah film. Hal itu membuat efek kejut yang luar biasa, wabah demam Avengers berhasil merebak ke seluruh dunia.

Fase tiga dari Marvel kini telah berakhir, dan jawaban dari semua konflik telah tuntas diselesaikan dalam Avengers Endgame. 23 film sudah diputar di layar sinema dan mewarnai perjalanan panjang MCU selama ini. Seakan ingin memanjakan kembali para fansnya di seluruh belahan bumi, Marvel pun sudah mengumumkan daftar film yang akan menjadi menu utama di fase empat nantinya.

Untuk kamu yang ingin menonton kembali film-film Marvel sesuai dengan kronologi waktunya, kali ini Bacaterus akan merangkum semuanya. Film-film yang akan dibahas diurutkan sesuai timeline jalan cerita, dan bukan merujuk dari tahun perilisannya. Biar tidak semakin penasaran, yuk simak ulasannya dibawah ini. Selamat membaca!

1. Captain America : The First Avengers (Periode 1940-an)

Captain America The First Avengers

* sumber: www.denofgeek.com

Pemimpin Hydra, Johann Schmidt atau Red Skull berhasil menemukan Tesseract di sebuah kota di Norwegia bernama Tornsberg. Ia akan menggunakannya sebagai senjata untuk memenangkan perang dunia II. Selang beberapa tahun, Steve Rogers berhasil menjadi eksperimen dari sebuah serum super soldier. Steve bertransformasi menjadi lebih kuat, dan ia pun dikenal sebagai Captain America.

Ketika berada di pesawat Hydra, ia bertarung dengan Red Skull untuk memperebutkan Tesseract. Saat mencoba untuk memegang batu tersebut, Red Skull malah menghilang ke Planet Vormir dan Tesseract tenggelam ke dalam laut artik. Pesawat pun jatuh di Samudera Artik, dan Captain America menghilang. Steve Rogers  yang membeku lalu ditemukan oleh SHIELD bersama Nick Fury setelah 70 tahun lamanya.

2. Captain Marvel (Periode 1990-an)

Captain Marvel

* sumber: www.empireonline.com

Tesseract yang berisikan space stone, kemudian diteliti lebih lanjut oleh SHIELD Bersama dengan NASA. Projek tersebut dinamakan dengan Pegasus, dan dipimpin oleh Dr. Wendy Lawson. Ia merupakan seorang bangsa Kree yang hidup di Bumi. Dr. Lawson ingin menggunakan kekuatan dari batu tersebut untuk menghentikan perang yang terjadi antara bangsanya melawan bangsa Skrull.

Yon-Rogg sebagai pemimpin dari pasukan kerajaan Kree ingin merebut Tesseract, namun Carol Danvers meledakannya. Radiasi dari ledakan tersebut masuk dalam tubuh Carol, tanpa sadar ia pun memiliki kekuatan super. Di periode tahun 90-an, Carol pun menjalani perannya sebagai Captain Marvel. Ia Bersama Nick Fury menjaga Tesseract agar tidak sampai jatuh ke tangan bangsa Kree.

Di akhir cerita, sebelum Carol pergi ke luar angkasa bersama dengan bangsa Skrull, ia memberikan pager kepada Nick Fury. Pager tersebut dapat digunakannya untuk memanggil sang Captain Marvel jika Bumi berada dalam keadaan bahaya.

3. Iron Man (2010)

Iron Man

* sumber: popaxiom.com

Kisah petualangan Tony Stark bersama baju besinya terjadi di waktu yang lebih modern. Sebelum dirinya mengaku sebagai Iron Man, ia mengalami perjalanan yang rumit karena diculik terlebih dulu oleh sekelompok teroris.  Selama dikurung dalam gua, ia menciptakan pakaian besi dari sebuah arc reactor. Baju super tersebut digunakannya untuk bisa melarikan diri dari cengkraman teroris yang mengurungnya.

Formula untuk menciptakan pakaian besi tersebut ia kembangkan lagi sehingga menjadi armor yang lebih kuat. Dari situlah kemudian lahir jagoan baru bernama Iron Man. Setelah mengalahkan musuhnya, Iron Monger, Tony Stark pun diminta oleh Nick Fury untuk bergabung dengan Avengers. Fury mengatakan bahwa Tony tidak sendiri, dan menemukan rahasia kalau ada superhero lainnya yang hidup di luar sana.

4. Iron Man 2 (2011)

Iron Man 2

* sumber: medium.com

Setelah mengaku dirinya sebagai Iron Man, kini musuh baru bernama Ivan Vanko muncul dalam kehidupan Tony. Ia adalah seorang ilmuwan Rusia yang ingin merebut teknologi baju besi milik Tony Stark. Untuk melancarkan niatnya itu, Ivan membuat arc reactor saingan untuk menghadapi Iron Man. Nick Fury yang kesal terhadap tingkah Tony, mengirim Natasha Romanoff atau Black Widow untuk mengawasinya.

Letkol James Rhodes yang merupakan sahabat terbaik dari Tony, kemudian mengambil salah satu kostum Iron Man ke markas militer. Ia pun merubahnya menjadi War Machine agar dapat digunakan oleh dirinya. Untuk mengatasi niat jahat dari Ivan Vanko, Tony Stark menemukan unsur baru dari arc reactor-nya. Unsur baru tersebut ternyata dapat mengalahkan kekuatan jahat musuhnya itu.

5. The Incredible Hulk (2011)

The Incredible Hulk

* sumber: lameazoid.com

Untuk mengikuti jejak terbentuknya Captain America, para ilmuwan kemudian mencoba membuat sebuah serum yang serupa. Salah satu formula yang berhasil diciptakan adalah serum sinar gamma. Namun sayangnya, percobaan serum tersebut pada seorang ilmuwan bernama Bruce Banner gagal. Bruce pun kemudian berubah menjadi monster hijau raksasa yang dikenal dengan sebutan Hulk.

Dengan eksperimen itu, Jenderal Thunderbolt Ross ingin menjadikan Hulk sebagai senjata militer. Sadar akan hal itu, Bruce melarikan diri ke Brazil. Untuk mencari buronannya, militer Amerika menyewa tentara bayaran bernama Emil Blonsky. Ia kemudian disuntikkan serum yang mengubah dirinya menjadi monster Abomination. Disinilah pertempuran hebat terjadi antara Hulk dengan Abomination.

6. Thor (2011)

Thor

* sumber: prodigalfilmstudent.files.wordpress.com

Atas kesombongannya dalam bertindak, Odin sang penguasa Asgard mengusir anaknya Thor ke Bumi. Dia kehilangan kekuatannya beserta Palu Mjolnir senjatanya. Di Bumi ia diselamatkan oleh Jane Foster, Dr. Erik Selvig dan Darcy. Setelah mengetahui keberadaan dari Mjolnir yang dijaga oleh SHIELD, Thor pun bergegas ke lokasi tersebut. Clint Barton atau Hawkeye bersiaga akan kedatangan dari sang dewa petir.

Setelah Thor dilempar ke Bumi, Loki bersiasat untuk merebut takhta kerajaan Asgard. Ia mengirimkan destroyer untuk membunuh Thor di Bumi. Dengan pengorbanan yang Thor lakukan, akhirnya Mjolnir bisa kembali ke tangannya. Ia pun mendapatkan kekuatannya kembali dan mengalahkan destroyer. Sang dewa petir kembali ke Asgard untuk menghentikan rencana jahat adik angkatnya Loki.

Di akhir cerita, Dr. Erik Selvig datang ke markas SHIELD untuk menemui Nick Fury. Ia diminta untuk meneliti lebih lanjut benda kosmik bernama Tesseract. Namun, Loki berhasil menghasut Dr. Selvig untuk menerima tawaran melakukan penelitian tersebut. Rencana Loki mempergunakan Tesseract untuk menguasai Bumi dimulai saat itu juga.

7. The Avengers (2012)

The Avengers

* sumber: theoutline.com

Sesudah berhasil mengendalikan Tesseract, Loki menyuruh Dr. Selvig untuk membuka portal di atas Stark Tower. Ketika portal dibuka, pasukan Chitauri datang dan langsung menginvasi Kota Newyork. Untuk menguasai Bumi, Loki meminta bantuan pasukan tempur dari Thanos. Sebagai imbalannya, ia akan menyerahkan Tesseract yang berisikan space stone kepada Thanos.

Captain America, Iron Man, Thor, Hulk, Black Widow dan Hawkeye, kemudian bergabung dalam proyek Avengers untuk bertarung melawan Loki dan pasukannya. Usaha sang dewa penipu ini akhirnya gagal. Iron Man mengirimkan nuklir ke pasukan Chitauri lewat portal yang telah dibuka, dan Black Widow menutup portal dimensi tersebut dengan menggunakan tongkat Loki.

8. Iron Man 3 (2013)

Iron Man 3

* sumber: www.theatlantic.com

Fase kedua dari MCU dibuka dengan film Iron Man 3. Sejak menghadapi pertempuran dengan pasukan Chitauri, Tony Stark mengalami gejala traumatik yang mendera dirinya. Stress dan waspada terhadap bahaya yang akan menimpa Bumi lagi, ia pun mulai meningkatkan kekuatan dari baju besinya. Di sisi lain, seorang teroris yang mengaku bernama Mandarin mulai membuat onar dengan serangan bomnya.

Aksi pengeboman yang menewaskan salah satu pegawai Stark Industries membuat Tony geram. Ia kemudian menantang Mandarin, dan sang teroris pun menjawabnya dengan meluluhlantakkan kediaman Tony beserta baju zirahnya. Tony masih bisa diselamatkan lewat suit Iron Man yang dikenakannya. Kini ia harus menghentikan rencana jahat dari Mandarin, dan menguak dalang dari aksi pengeboman tersebut.

9. Thor : The Dark World (2013)

Thor The Dark World

* sumber: screencrush.com

Selesai memenangkan pertempuran di New York, Thor membawa kembali Tesseract ke Asgard. Loki pun menjalani hukuman penjara akibat tindakannya. Ketika Thor sedang bertugas menjaga kedamaian di Sembilan Dunia, sebuah portal misterius muncul di Bumi. Jane Foster yang tertarik akan hal itu mulai meneliti. Tanpa disangka, Jane malah dirasuki oleh Aether yang masuk ke dalam tubuhnya.

Setelah terinfeksi oleh Aether yang mengandung reality stone, Thor pun mengajaknya ke Asgard untuk disembuhkan. Kehadiran Aether membangkitkan Dark Elf bernama Malekith. Ia kemudian mengumpulkan pasukannya untuk menyerang Asgard, serta mengambil Aether dalam tubuh Jane Foster. Dalam penyerangan tersebut, ibu kandung dari Thor tewas terbunuh oleh Malekith.

10. Captain America : The Winter Soldier (2014)

Captain America The Winter Soldier

* sumber: filmschoolrejects.com

Merasa ada yang janggal dengan projek operasi Insight, Nick Fury meminta kepada Dewan Pimpinan SHIELD untuk menunda projek tersebut. Dalam perjalanan pulang, Fury diserang oleh sekelompok orang yang tidak dikenal. Ia terluka parah dan melarikan diri ke rumah Steve Rogers. Namun naas, ketika bertemu dengan Captain America di rumahnya, sang musuh telah menembak Fury hingga tewas.

Steve Rogers bersama dengan Natasha Romanoff sudah mengetahui jika SHIELD telah disusupi oleh HYDRA. Dengan bantuan Sam Wilson (Falcon) dan Maria Hill, mereka mencoba menghentikan HYDRA yang akan menggunakan operasi Insight untuk menguasai dunia. Sementara itu, sang Captain America harus berhadapan dengan Winter Soldier yang ternyata adalah sahabatnya, Bucky Barnes.

11. Guardian Of The Galaxy (2014)

Guardian Of The Galaxy

* sumber: www.empireonline.com

Di sebuah galaksi yang jauh dari Bumi, Peter Quill (Star Lord) sedang mencari sebuah orb di planet Morag. Setelah mendapatkan bola tersebut, ia pergi ke planet Xandar untuk menjualnya. Namun usaha Quill digagalkan oleh Gamora yang mengincar artefak itu juga. Rocket dan Groot kemudian terlibat dalam pertengkaran tersebut. Mereka kemudian dipenjara dan merencanakan kabur bersama dengan Drax.

Thanos mengincar power stone yang berada di dalam orb tersebut. Ia pun mengirim Ronan untuk dapat mengambil bola itu dari tangan Quill. Ronan berkhianat kepada Thanos, dan menginginkan batu tersebut untuk dirinya sendiri. Namun dalam pertempuran, Ronan dan pasukannya kalah diserang oleh Nova Corps beserta Quill dan kawan-kawannya. Akhirnya power stone diputuskan untuk disimpan di planet Xandar.

12. Guardian Of The Galaxy Vol: 2 (2014)

Guardian Of The Galaxy Vol 2

* sumber: www.nytimes.com

Selepas mengamankan power stone di Planet Xandar, para penjaga galaksi kini mendapatkan sebuah misi dari bangsa Sovereign. Sang Ratu bernama Ayesha meminta Star-Lord dan kawan-kawannya mengalahkan monster yang mencuri baterai milik planetnya. Sebagai imbalannya, mereka mendapatkan Nebula yang sebelumnya telah ditahan oleh sang ratu.

Misi mengalahkan monster telah dituntaskan, namun Rokcet malah membuat onar dengan mencuri beberapa baterai milik Sovereign. Murka akan hal itu, sang ratu menyewa Yondu beserta pasukannya The Ravagers untuk memburu para penjaga galaksi. Selama diburu oleh Yondu dan bangsa Sovereign, mereka bertemu dengan Ego. Ia pun kemudian mengaku sebagai ayah kandung dari Peter Quill.

13. Avengers : Age Of Ultron (2015)

Avengers Age Of Ultron

* sumber: www.syfy.com

Saat menjalankan misi di Sokovia, para Avengers berhasil merebut kembali tongkat Loki yang dicuri oleh HYDRA. Tony Stark dan Bruce Banner lalu meneliti kekuatan mind stone yang berada dalam tongkat itu. Tony berencana memanfaatkan kekuatan tersebut untuk membuat sebuah perangkat keamanan dunia yang bernama Ultron. Namun sialnya, Ultron yang ia rancang malah menjadi berbahaya.

Ultron berniat untuk memusnahkan eksistensi manusia dari Bumi. Tony tidak tinggal diam, ia bersama Bruce lalu menaruh JARVIS ke tubuh sintesis dan menempelkan mind stone dari tongkat Loki. Tindakan itu memunculkan makhluk bernama Vision yang menjadi bagian Avengers. Si kembar Maximoff, Wanda dan Pietro kini bergabung dengan para superhero untuk melawan Ultron serta pasukannya di Sokovia.

14. Ant-Man (2015)

Ant-Man

* sumber: www.vox.com

Akibat sebuah aksi pencurian, ilmuwan bernama Dr. Hank Pym mempercayakan kostum Ant-Man dikenakan oleh Scott Lang. Ia meminta anaknya, Hope Van Dyne, melatih Lang agar bisa bertarung dan mengontrol semut. Untuk menyempurnakan kostum yang ia ciptakan, sang ilmuwan meminta Lang pergi ke markas Avengers mencuri sebuah perangkat. Namun aksinya itu diketahui oleh Wilson (Falcon).

Darren Cross yang merupakan anak didik dari Dr. Pym, menciptakan sebuah kostum serupa bernama Yellowjacket. Dengan fungsi yang lebih berbahaya, ia berniat untuk menjual teknologi tersebut kepada HYDRA. Selain itu, Cross pun ingin mencuri teknologi Ant-Man yang diciptakan oleh Dr.Pym. Untuk menghentikan langkahnya itu, Scott Lang kemudian bertarung melawan sang musuh Darren Cross.

15. Captain America : Civil War (2016)

Captain America Civil War

* sumber: www.denofgeek.com

Konflik antara Captain America dengan Iron Man mengawali fase ketiga MCU. Akibat kekacauan yang terjadi di New York, Washington DC dan Sokovia, Jenderal Ross menuntut Avengers untuk menandatangani perjanjian Sokovia. Steve bersama Falcon, Hawkeye, Scarlet Witch tidak setuju dengan konsep tersebut, sedangkan Tony, Black Widow, War Machine dan Vision justru mendukung usulan itu.

Masalah semakin meruncing ketika sebuah bom menewaskan Raja Wakanda. Aksi tersebut dilakukan oleh Winter Soldier yang dipengaruhi oleh anggota HYDRA, Helmut Zemo. Captain America kemudian menjadi buronan karena berusaha menyembunyikan Bucky Barnes. Perseteruan antara Tony dan Steve tak bisa dihindarkan. Tony akhirnya mengetahui jika Bucky adalah orang yang membunuh orang tuanya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *