Urutan Film Marvel Cinematic Universe Sesuai Alur Waktu

Ditulis oleh Yanyan Andryan

Selama kurun waktu 11 tahun, The Infinity Saga hadir sebagai benang merah dari semua franchise film-film superhero dalam Marvel Cinematic Universe (MCU). Dari tahun 2008 hingga 2019, MCU berhasil menciptakan semestanya untuk menampilkan jagoan-jagoannya menyatu dalam sebuah film.

Hal itu membuat efek kejut yang luar biasa, wabah demam Avengers berhasil merebak ke seluruh dunia. Fase tiga dari Marvel kini telah berakhir, dan jawaban dari semua konflik telah tuntas diselesaikan dalam Avengers Endgame.

23 film sudah diputar di layar sinema dan mewarnai perjalanan panjang MCU hingga fase 3. Seakan ingin memanjakan kembali para fansnya di seluruh belahan bumi, Marvel pun mulai merilis daftar film yang akan menjadi menu utama di fase empat.

Untuk kamu yang ingin menonton kembali film-film Marvel sesuai dengan kronologi waktunya, kali ini Bacaterus akan merangkum semuanya. Film-film yang akan dibahas diurutkan sesuai timeline jalan cerita, dan bukan merujuk dari tahun perilisannya.

Biar tidak semakin penasaran, yuk simak ulasannya dibawah ini. Selamat membaca!

1. Captain America : The First Avenger

Captain America The First Avengers

Pemimpin Hydra, Johann Schmidt atau Red Skull berhasil menemukan Tesseract di sebuah kota di Norwegia bernama Tornsberg. Ia akan menggunakannya sebagai senjata untuk memenangkan perang dunia II.

Selang beberapa tahun, Steve Rogers berhasil menjadi eksperimen dari sebuah serum super soldier. Steve bertransformasi menjadi lebih kuat, dan ia pun dikenal sebagai Captain America.

Ketika berada di pesawat Hydra, ia bertarung dengan Red Skull untuk memperebutkan Tesseract. Saat mencoba untuk memegang batu tersebut, Red Skull malah menghilang ke Planet Vormir dan Tesseract tenggelam ke dalam laut artik.

Pesawat pun jatuh di Samudera Artik, dan Captain America menghilang. Steve Rogers  yang membeku lalu ditemukan oleh SHIELD bersama Nick Fury setelah 70 tahun lamanya.

2. Captain Marvel

Captain Marvel

Tesseract yang berisikan space stone, kemudian diteliti lebih lanjut oleh SHIELD Bersama dengan NASA. Projek tersebut dinamakan dengan Pegasus dan dipimpin oleh Dr. Wendy Lawson. Ia merupakan seorang bangsa Kree yang hidup di Bumi.

Dr. Lawson ingin menggunakan kekuatan dari batu tersebut untuk menghentikan perang yang terjadi antara bangsanya melawan bangsa Skrull.

Yon-Rogg sebagai pemimpin dari pasukan kerajaan Kree ingin merebut Tesseract, namun Carol Danvers meledakannya. Radiasi dari ledakan tersebut masuk dalam tubuh Carol, tanpa sadar ia pun memiliki kekuatan super.

Di periode tahun 90-an, Carol pun menjalani perannya sebagai Captain Marvel. Ia Bersama Nick Fury menjaga Tesseract agar tidak sampai jatuh ke tangan bangsa Kree.

Di akhir cerita, sebelum Carol pergi ke luar angkasa bersama dengan bangsa Skrull, ia memberikan pager kepada Nick Fury. Pager tersebut dapat digunakannya untuk memanggil sang Captain Marvel jika Bumi berada dalam keadaan bahaya.

3. Iron Man

Iron Man

Kisah petualangan Tony Stark bersama baju besinya terjadi di waktu yang lebih modern. Sebelum dirinya mengaku sebagai Iron Man, ia mengalami perjalanan yang rumit karena diculik terlebih dulu oleh sekelompok teroris.

Selama dikurung dalam gua, ia menciptakan pakaian besi dari sebuah arc reactor. Baju super tersebut digunakannya untuk bisa melarikan diri dari cengkeraman teroris yang mengurungnya.

Formula untuk menciptakan pakaian besi tersebut ia kembangkan lagi sehingga menjadi armor yang lebih kuat. Dari situlah kemudian lahir jagoan baru bernama Iron Man.

Setelah mengalahkan musuhnya, Iron Monger, Tony Stark pun diminta oleh Nick Fury untuk bergabung dengan Avengers. Fury mengatakan bahwa Tony tidak sendiri, dan menemukan rahasia kalau ada superhero lainnya yang hidup di luar sana.

4. Iron Man 2

Iron Man 2

Setelah mengaku dirinya sebagai Iron Man, kini musuh baru bernama Ivan Vanko muncul dalam kehidupan Tony. Ia adalah seorang ilmuwan Rusia yang ingin merebut teknologi baju besi milik Tony Stark.

Untuk melancarkan niatnya itu, Ivan membuat arc reactor saingan untuk menghadapi Iron Man. Nick Fury yang kesal terhadap tingkah Tony, mengirim Natasha Romanoff atau Black Widow untuk mengawasinya.

Letkol James Rhodes yang merupakan sahabat terbaik dari Tony, kemudian mengambil salah satu kostum Iron Man ke markas militer. Ia pun merubahnya menjadi War Machine agar dapat digunakan oleh dirinya.

Untuk mengatasi niat jahat dari Ivan Vanko, Tony Stark menemukan unsur baru dari arc reactor-nya. Unsur baru tersebut ternyata dapat mengalahkan kekuatan jahat musuhnya itu.

5. The Incredible Hulk

The Incredible Hulk

Untuk mengikuti jejak terbentuknya Captain America, para ilmuwan kemudian mencoba membuat sebuah serum yang serupa. Salah satu formula yang berhasil diciptakan adalah serum sinar gamma.

Namun sayangnya, percobaan serum tersebut pada seorang ilmuwan bernama Bruce Banner gagal. Bruce pun kemudian berubah menjadi monster hijau raksasa yang dikenal dengan sebutan Hulk.

Dengan eksperimen itu, Jenderal Thunderbolt Ross ingin menjadikan Hulk sebagai senjata militer. Sadar akan hal itu, Bruce melarikan diri ke Brazil.

Untuk mencari buronannya, militer Amerika menyewa tentara bayaran bernama Emil Blonsky. Ia kemudian disuntikkan serum yang mengubah dirinya menjadi monster Abomination. Di sinilah pertempuran hebat terjadi antara Hulk dengan Abomination.

1 2345»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram