Inilah Urutan Menonton Film Harry Potter yang Benar

Ditulis oleh Syuri

Ingin Potter marathon hari ini? Jika Anda tidak familiar dengan film Harry Potter, mungkin Anda akan kebingungan dengan urutan film yang benar. Tapi, jangan sedih, karena kadang Potterhead juga suka lupa urutannya. Wajar saja, karena filmnya ada cukup banyak, yaitu 8 film (karena film terakhirnya dibagi menjadi dua part).

Serial film Harry Potter didistribusikan oleh Warner Bros Pictures. Ketujuh filmnya didasarkan pada novel J.K. Rowling dengan judul yang sama. Semua tokoh utama filmnya dibintangi oleh Daniel Radcliffe sebagai Harry Potter, Rupert Grint sebagai Ron Weasley dan Emma Watson sebagai Hermione Granger.

Nah, Bacaterus akan membantu Anda mengurutkan film HarPot yang benar dari yang pertama hingga ke tujuh supaya Anda bisa movie marathon dengan benar dan tak pusing lagi. Inilah urutan urutan film Harry Potter yang tepat plus snippet-nya, kalau-kalau ada yang sama sekali clueless tentang cerita Harry Potter.

1. Harry Potter and the Sorcerer's Stone (2001)

Inilah Urutan Menonton Film Harry Potter yang Benar 1

Film HarPot yang pertama adalah "Harry Potter and the Sorcerer's Stone". Film ini dirilis tahun 2001! Tidak terasa, ya, serial pertama dari film ini sudah hampir berkepala dua, Hihi. Nama lain dari film ini adalah "Harry Potter and the Philosopher's Stone" yang merupakan judul novel dalam versi aslinya (versi Inggris British).

Sama seperti bukunya, film ini menceritakan tahun pertama Harry Potter di Hogwarts School of Witchcraft and Wizardry (Sekolah Ilmu Gaib dan Sihir Hogwarts). Pada ulang tahunnya yang ke-11, Harry dijemput oleh Hagrid (pengawal dan penjaga kunci Hogwarts), dan dia pun menemukan fakta bahwa dia merupakan seorang penyihir terkenal di dunianya.

Yang tentunya mengejutkan, karena seumur hidupnya Harry tak pernah tahu kalau dia seorang penyihir, melebihi yang terkenal pula, di mana di dunia muggle (non-magic: manusia biasa) dia selalu dirundung oleh keluarga bibinya terutama oleh sepupunya.

Dia terkenal sebagai "The Boy Who Lived", karena Harry adalah anak yang diramalkan untuk melawan penyihir ilmu hitam yang sangat kuat bernama Lord Voldemort, yang orang-orang sihir tak berani sebut namanya, sehingga mereka memanggilnya "You-Know-Who" atau "He Who Must Not Be Named".

Semua orang yang membantah dan tidak mau penjadi pengikut Voldemort akan dibunuhnya, kecuali Harry yang tak bisa terbunuh karena dilindungi oleh kedua orang tuanya (yang meninggal seketika tentu saja).

Di kereta menuju Hogwarts, Harry bertemu dua siswa lain: Ron Weasley, bocah laki-laki yang segera menjadi sahabatnya, serta Hermione Granger, gadis cerdas yang merupakan muggle-born (lahir dari dua orang tua non-magic).

Konflik utama setiap film tentu mengenai Voldemort. Dan, di film yang pertama ini membahas tentang Sorcerer's Stone (Batu Bertuah), sebuah benda yang bisa diracik menjadi ramuan untuk memberi keabadian. Batu ini dirumorkan diincar oleh Voldemort untuk mengembalikan fisiknya (karena ketika dia berniat membunuh Harry yang masih bayi, malah dia yang kehilangan wujud tubuhnya).

Film pertama Harry Potter ini meraup kesuksesan luar biasa, begitu pula ketujuh film lainnya yang selesai dalam kurun waktu 10 tahun. Setelah "Harry Potter and the Sorcerer's Stone", Anda harus nonton film selanjutnya yang akan dibahas di bawah ini.

2. Harry Potter and the Chamber of Secrets (2002)

Inilah Urutan Menonton Film Harry Potter yang Benar 3

Satu tahun setelah film perdananya, "Harry Potter and the Chamber of Secrets" rilis. Sekuel ini mengikuti tahun kedua Harry Potter di Hogwarts. Pada saat itu, Pewaris Salazar Slytherin (salah satu pendiri Hogwarts) membuka Kamar Rahasia, melepaskan monster yang membuat para penghuni sekolah menjadi batu.

Sebelumnya, perlu diketahui kalau Hogwarts dibagi menjadi empat House—rumah/asrama, masing-masing diambil dari nama terakhir pendirinya: Godric Gryffindor (dengan maskot singa), Salazar Slytherin (dengan maskot serpent—dianggap sebagai gabungan antara ular, kadal, atau naga), Rowena Ravenclaw (dengan maskot burung rajawali) dan Helga Hufflepuff (dengan maskot luwak).

Ketika membeli perlengkapan sekolah bersama keluarga Weasley, Harry bertemu dengan Rubeus Hagrid dan Hermione Granger. Lalu, ada orang yang kurang menyenangkan juga di sana, yaitu Draco Malfoy (musuh Harry) dan Lucius Malfoy, ayahnya Draco. Psst, diam-diam Lucius menyelipkan sesuatu ke barang milik Ginny Weasley (adik Ron), loh! Barang apakah itu?

Suatu hari, Harry terkena detensi. Ketika akan kembali ke asramanya, dia mendengar suara aneh yang membuatnya menelusuri suara tersebut. Lalu, dia menemukan kucing Argus Filch (penjaga kastil Hogwarts) membatu bersama dengan pesan yang tertulis dalam darah yang bertuliskan "Kamar Rahasia telah dibuka, musuh sang pewaris ... waspadalah".

Kamar Rahasia di sini bermaksud pada sebuah kamar yang dibangun oleh salah satu pendiri Hogwarts, Salazar Slytherin. Konon, dia menempatkan monster di dalam kamar tersebut yang hanya bisa dikendalikan oleh Pewarisnya (keturunannya). Tujuan monster tersebut adalah untuk "membersihkan" Hogwarts dari siswa kelahiran muggle.

Karena, menurut Slytherin, penyihir itu harus berdarah murni alias lahir dari dua orang tua penyihir juga. Jika penyihir tersebut berdarah campuran (muggle dan penyihir) apalagi muggle born (dua orang tua orang biasa), maka itu mencoreng nama baik penyihir.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram