Bacaterus / Film Marvel / Urutan Film Captain America dari Marvel Cinematic Universe

Urutan Film Captain America dari Marvel Cinematic Universe

Ditulis oleh - Diperbaharui 21 Januari 2020

Merasa iri dengan temannya Bucky Barnes yang diterima di militer Angkatan Darat A.S., Steve Rogers yang lemah secara fisik melakukan satu upaya lagi untuk bergabung dengan prajurit lainnya untuk berperang demi negara. Steve pun mendapatkan perhatian ilmuwan Dr. Abraham Erskine, yang memiliki proyek Army’s Super-Soldier.

Jadilah Captain America yang sekarang, penerima serum Super-Soldier, pahlawan Perang Dunia II. Steve Rogers berjuang untuk cita-cita Amerika sebagai salah satu pahlawan terkuat di dunia. Selain menjadi Captain America, dia juga pemimpin Avengers di MCU.

Apakah Captain America karakter favorit Anda? Ingin maraton menonton semua filmnya? Inilah urutan film Captain America dari pertama sampai terakhir, spesial dari Bacaterus untuk Anda fans Steve Rogers.

1. Captain America: The First Avenger (2011)

Anda mungkin sudah mengenal anggota Avenger dari Marvel Cinematic Universe (MCU), seperti Iron Man, Hulk, Black Widow, dkk. Tapi, apakah Anda tahu siapa Avenger pertama di muka bumi ini? Adalah Steve Rogers! Bagaimanakah cerita tentang kisah hidupnya? Akan diceritakan di film Captain America: The First Avenger. Ceritanya begini:

Di New York City, Steve Rogers ditolak untuk rekrutmen militer Perang Dunia II karena berbagai masalah kesehatan dan fisiknya yang lemah. Saat menghadiri pameran teknologi masa depan bersama dengan temannya yang sudah lebih dulu diterima di militer, Sersan James Barnes atau yang sering dipanggil Bucky, Steve mencoba mendaftar dengan memalsukan datanya (karena dia sudah berkali-kali ditolak).

Tak sengaja mendengar percakapan Steve dan Bucky tentang keinginan tulus Steve untuk membantu perang, Dr. Abraham Erskine akhirnya mengundang Steve dan memberikan approval untuknya menjadi tentara.

Akan tetapi, dia direkrut ke bagian Strategic Scientific Reserve (Cadangan Ilmiah Strategis) sebagai percobaan “tentara super” di bawah Dr. Erskine, Kolonel Chester Phillips dan agen Inggris Peggy Carter (yang kemudian menjadi love interest Steve).

Semua orang menyangsikan pilihan Dr. Erskine, karena dilihat dari fisiknya Steve sangat lemah. Akan tetapi, setelah melihat Rogers melakukan tindakan berani mengorbankan diri ketika ada granat palsu yang dilempar Peggy, akhirnya semua orang pun paham kenapa harus Steve yang melakukannya.

Sebelumnya, Amerika memang sedang berperang melawan Nazi Jerman di Perang Dunia II. Pelaku utamanya adalah Schmidt dan Dr. Arnim Zola yang memanfaatkan energi dari Tesseract (tonton Thor supaya tahu apa itu). Mereka berniat menggunakan kekuatan Tesseract untuk penemuan Dr. Zola, yaitu alat untuk melakukan serangan yang akan mengubah dunia.

Ketika Steve sedang dalam program penyuntikan serum khusus untuk menjadi prajurit super, terjadi kekacauan dan serum yang satunya lagi dicuri oleh bawahan Schmidt yang menyamar. Formula super-prajurit lainnya hilang dan Erskine mati tertembak, Senator Brandt pun meminta Steve berkeliling negara dengan kostum ikonik warna biru, putih dan merahnya sebagai “Kapten Amerika”.

Tujuannya adalah untuk mempromosikan ikatan perang sementara para ilmuwan mempelajari dan berupaya merekayasa ulang formula tersebut. Pada tahun 1943, saat dalam tur di Italia, Steve mendengar kabar unit Sersan Barnes menghilang ketika dalam pertempuran melawan pasukan Schmidt.

Menolak untuk percaya bahwa sahabatnya sudah mati, Steve kabur dari tugasnya dan menjalankan tugasnya yang sebenarnya, yaitu berperang melawan kejahatan, bukan sebagai ikon Amerika saja.

2. Captain America: The Winter Soldier (2014)

Tiga tahun kemudian, film solo Captain America rilis lagi dengan judul Captain America: The Winter Soldier. Sebelumnya, supaya Anda lebih paham jalan ceritanya, simak kilas balik semua MCU berikut ini:

  • Captain America: The First Avenger terjadi selama Perang Dunia II.
  • Captain Marvel terjadi pada tahun 1995.
  • Iron Man terjadi pada tahun 2010.
  • Iron Man 2 adalah kelanjutan film pertamanya, jarak waktunya tak jauh.
  • The Incredible Hulk tidak diketahui dengan pasti waktu tepatnya, tapi yang jelas sebelum Avengers terbentuk.
  • Thor juga sama dengan Hulk, waktu tepatnya unspecified, tapi terjadi sebelum Avengers.
  • The Avengers terjadi pada tahun 2012.
  • Iron Man 3 terjadi enam bulan setelah The Avengers.
  • Thor: Dark World terjadi setelah Avengers, tapi sebelum Ultron.

Baru, deh, Anda nonton Captain America: The Winter Soldier! Mengisahkan dua tahun setelah Pertempuran New York, Steve Rogers bekerja bersama S.H.I.E.L.D. di bawah Direktur Nick Fury.

Lalu, Steve dan Agen Natasha Romanoff (Black Widow) dikirim pada misi di atas kapal. Walaupun telah dipastikan akan menang, Natasha masih sibuk sendiri karena ternyata dia memiliki misi lain, yaitu mengekstraksi data dari komputer kapal untuk Nick Fury tanpa sepengetahuan siapapun (kecuali Steve yang tidak sengaja melihat karena menghampiri Nat).

Konflik utama film Captain America yang ke-2 ini masih tentang Hydra. Setelah Nick Fury di”bunuh” oleh sekelompok tentara tidak dikenal, Fury yang berhasil menyelamatkan diri pun tetap berpura-pura mati dan memerintahkan Steve serta Nat untuk mencari tahu akar masalah ini.

Ternyata, bukan cuma Fury saja yang menjadi target, tapi Steve dan Nat juga. Karena, mereka dibom misil yang ternyata datang dari S.H.I.E.L.D. Apakah ada mata-mata Hydra yang menyusup ke S.H.I.E.L.D.? Lalu, tentu saja kita tidak bisa melupakan sub judul dari film ini, “The Winter Soldier”. Siapakah dia?

3. Captain America: Civil War (2016)

Dua tahun setelah Winter Soldier, ada Captain America: Civil War. Tapi, lagi-lagi untuk memahami jalan ceritanya, Anda harus menonton film MCU lainnya secara berurutan:

  • Guardians of the Galaxy (terjadi pada tahun 2014).
  • Guardians of the Galaxy Vol. 2 (waktunya masih di sekitar setelah film Guardians yang pertama).
  • Avengers: Age of Ultron (terjadi pada tahun 2015).
  • Ant-Man (terjadi pada tahun 2015).
  • Captain America: Civil War (setelah Ultron, sebelum Infinity War).

Kenapa harus menonton film-film lainnya dulu? Karena semua kejadian di MCU itu berhubungan. Jika Anda sudah sampai di film ini, tentu sudah tahu siapa Winter Soldier? Dia adalah Bucky, sahabat Steve. Sedikit flashback: pada tahun 1991, tentara super yang dicuci otak, James Barnes, dikirim dari sebuah pangkalan Hydra di Siberia untuk mencegat sebuah mobil yang membawa satu kotak serum super-soldier.

Kembali lagi ke masa sekarang, tepatnya satu tahun setelah kekalahan Ultron di negara Sokovia di tangan para Avengers. Steve Rogers, Natasha Romanoff, Sam Wilson (Falcon) dan Wanda Maximoff (Scarlet Witch) berkelahi melawan Brock Rumlow (infiltrator Hydra yang menyamar sebagai agen S.H.I.E.L.D.).

Rumlow ingin mencuri senjata biologis dari laboratorium di Lagos, akan tetapi dikalahkan oleh Avengers yang ada di sana. Rumlow pun meledakkan dirinya, sambil sekaligus berusaha membunuh Rogers.

Akan tetapi, Wanda melemparkan isi ledakan ke atas untuk menyelamatkan Steve, yang secara tidak sengaja mengenai gedung dan membunuh beberapa pekerja kemanusiaan dari Wakanda (tonton Black Panther setelah film ini!).

Karena hal ini, PBB membuat Kesepakatan Sokovia, yang berarti semua kegiatan Avengers (beserta para anggotanya) dalam kontrol pemerintahan. Ada member yang setuju dengan hal ini dan ada yang tidak suka.

Tim Avengers pun terbagi menjadi tim Tony (Iron Man) dan tim Steve (Captain America). Di tim Tony ada Natasha, Rhodey (Iron Patriot), Vision dan Black Phanter. Di tim Steve ada Sam, Wanda, Clint Barton (Hawkeye) dan tentunya Bucky.

Tim Tony adalah yang setuju dengan kesepakatan PBB, sedangkan tim Steve adalah yang tidak setuju. Hal ini dikarenakan Steve lebih percaya penilaian Avengers ketika mengatasi musuh daripada penilaian pemerintah. Dan, Steve ingin melindungi Bucky yang dianggap sebagai musuh karena titelnya sebagai Winter Soldier. Padahal, Bucky tidak pernah menginginkannya.

Sebagaimana telah kita ketahui, Bucky dicuci otak dan dijadikan mesin pembunuh oleh Hydra. Ada cara untuk mengaktifkan kembali sisi Winter Soldier-nya, yaitu dengan dibacakan kata-kata pemicu yang ada di buku khusus.

Kata-kata tersebut adalah: longing, rusted, furnace, daybreak, seventeen, benign, nine, homecoming, one, freight car. Dan, ada satu orang yang mengaktifkan mode Winter Soldier, yaitu Helmut Zemo.

Zemo bukan superhero, bukan dari pemerintahan, atau pun orang kaya. Dia cuma warga biasa yang sakit hati akibat perbuatan Avengers di Sokovia. Dia sengaja memecah belah Avengers karena dia percaya, moto Avengers adalah “bersatu kita teguh bercerai kita runtuh”. Dan, dia berhasil melakukannya.

Ya, sejauh ini film dengan centric Captain America cuma tiga. Tapi, dia selalu muncul di hampir semua film MCU lainnya. Bahkan dia juga pernah jadi kameo di film Thor yang pertama. Sayangnya, sepertinya kita tidak akan mendapatkan film tentangnya atau pun keberadaannya di film-film Marvel mendatang. Karena, (SPOILER ALERT), bagi yang telah menonton Avengers: End Game pasti tahu kenapa.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *