Bacaterus / Film DC Comics / Pencinta Batman Wajib Tahu Daftar Urutan Film Batman Ini

Pencinta Batman Wajib Tahu Daftar Urutan Film Batman Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 Maret 2020

Batman merupakan salah satu karakter superhero yang cukup unik. Ia tidak mempunyai kekuatan super power yang dimiliki oleh pahlawan super pada umumnya. Sang “manusia kelelawar” ini menggunakan ketangkasan fisik, teknologi, dan kejeniusannya dalam memerangi semua tindakan kejahatan di Gotham City.

Identitas asli dari Batman sendiri adalah seorang pengusaha yang kaya raya bernama Bruce Wayne. Karakter Batman tercipta dari tangan dingin seorang komikus Amerika, Bob kane dan penulis bernama Bill Finger.

Cerita Bruce Wayne sebagai seorang Batman lalu diadaptasi ke layar lebar pada tahun 1989. Pada waktu itu, sutradara terkenal bernama Tim Burton mempercayakan aktor Michael Keaton untuk memerankan sosok superhero tersebut.

Hingga sampai sekarang, Batman telah diperankan oleh beragam aktor terkenal seperti, Val Kilmer, George Clooney, Christian Bale dan Ben Affleck. Nah, untuk kamu yang ingin menonton keseluruhan film Live Action dari Batman, Bacaterus akan memberikan daftar ulasannya di bawah ini. Yuk, kita simak ulasannya berikut ini!

1. Batman (1989)

Batman (1989)

Film Batman arahan Tim Burton ini mendapatkan kesuksesan secara kritik dan finansial. Pada waktu itu, film ini masuk ke dalam jajaran box office dengan pendapatan lebih dari 400 juta dollar Amerika, dan menjadi film terlaris kelima saat perilisannya di tahun 1989.

Pencapain luar biasa yang didapatkan film Batman ini kemudian berlanjut dengan meraih piala Oscar di kategori best art direction. Michael Keaton memerankan karakter Bruce Wayne/Batman, sedangkan sosok villain joker diperankan aktor bernama Jack Nicholson.

Selepas kematian kedua orang tuanya yang terlihat di depan matanya sendiri, Bruce pun tumbuh menjadi dewasa dan berusaha membersihkan para penjahat. Masalah rumit pun muncul saat seorang badut kriminal yang dikenal sebagai Joker membuat ulah di Gotham City.

2. Batman Returns (1992)

Batman Returns (1992)

Cerita Batman yang diperankan oleh Michael Keaton pun berlanjut di sekuel keduanya ini. Sang sutradara, Tim Burton, membuat film Batman Returns ini jauh lebih gelap dari film pertamanya. Meskipun begitu, film ini tetap mendapatkan apresiasi yang positif dengan masuk dalam nominasi Oscar untuk kategori efek visual terbaik dan makeup terbaik.

Jika di film pertamanya Bruce harus menghadapi kejahatan yang dilakukan oleh Joker. Kali ini, ia mesti berhadapan dengan seorang psikopat yang bernamakan Penguin. Sang villain tersebut bersama seorang pengusaha yang bernama Max Shreck saling bekerja sama untuk menguasai Kota Gotham. Di sisi lain, munculnya Catwoman membuat Batman semakin kewalahan dalam memberantas kejahatan di kotanya.

 3. Batman Forever (1995)

Batman Forever (1995)

Dalam film yang satu ini, Val Kilmer dipercayakan untuk memerankan sosok karakter Bruce Wayne. Batman Forever diisi oleh aktor dan aktris yang sedang terkenal pada zamannya. Mereka adalah Jim Carrey yang berakting sebagai The Riddle, Tommy Lee Jones menjadi Harvel Dent/Two Faces, serta perempuan cantik Nicole Kidman yang berperan menjadi Dr. Chase Meridian.

Batman diceritakan harus menghadapi seorang musuh yang merupakan mantan karyawannya. Musuhnya tersebut adalah seorang ilmuwan gila bernama Edward Ngyma. Ia lalu mengubah identitasnya menjadi The Riddle dan mengacak-ngacak Gotham City. Sementara itu, Harvey Dent yang setengah wajahnya terluka parah menamakan dirinya sebagai Two Face dan berniat membalaskan dendam kepada Batman.

4. Batman & Robin (1997)

Batman & Robin (1997)

Batman & Robin merupakan seri keempat sekaligus edisi terakhir yang diproduksi oleh Warner Bros pada waktu tersebut. Hanya Michael Keaton yang mampu membintangi dua film Batman. Di film selanjutnya, karakter Bruce Wayne selalu diperankan oleh aktor yang berbeda.

Termasuk juga dalam film yang satu ini, aktor George Clooney kemudian dipilih untuk memerankan sang milyuner dari Gotham City ini. Sang superhero yang berjuluk The Dark Night ini bekerjasama dengan rekannya, Robin, untuk meredam kejahatan yang dilakukan oleh Mister Freeze dan Poison Ivy.

Kedua musuh itu berencana menghancurkan dunia dengan tanaman mutan serta membekukan semua manusia hingga tewas. Film ini menghadrikan karakter Batgirl sebagai sidekick untuk membantu Batman melawan ancaman berbahaya tersebut.

5. Batman Begins (2005)

Batman Begins (2005)

Sutradara handal, Christopher Nolan, adalah orang dibalik kesuksesan besar film yang satu ini. Tak hanya Batman Begins, ia pun menyutradarai sekuel kedua dan ketiganya, yakni The Dark Night dan The Dark Night Rises.

Ketiga film tersebut kemudian dikenal sebagai Trilogy The Dark Night. Christian Bale yang berperan sebagai Bruce Wayne pun tampil cukup superior hingga membuat ketiga filmnya fenomenal.

Dalam Batman Begins, diceritakan bahwa Bruce Wayne bergabung dengan League of Shadow yang dipimpin oleh Ra’s al Ghul. Di sana, ia berlatih ketangkasan fisik dan mental untuk membasmi semua kejahatan. Ia lalu kembali ke Gotham City sebagai seorang Batman. Namun, seorang prajurit dari League of Shadow, Henri Ducard, menjadi mimpi buruk Bruce karena ia ingin menghancurkan Kota Gotham.

6. The Dark Night (2008)

The Dark Night (2008)

The Dark Night menjadi sebuah film yang memorable untuk karakter Joker yang diperankan oleh mendiang Heath Ledger. Sang aktor nyatanya mampu menggambarkan karakter Joker yang liar dan penuh intimidasi.

Cerita film ini mengisahkan tentang kondisi Kota Gotham yang masih belum pulih dari ancaman kriminalitas. Sekelompok penjahat bebas berkeliaran dan melakukan perampokan serta pembunuhan.

Dalam kondisi kacau tersebut, hadirlah sosok Joker bersama para mafia untuk membuat keonaran lebih brutal lagi. Batman lalu membentuk kerjasama dengan Letnan James Gordon untuk menyingkirkan mereka dari Kota Gotham.

Masalah lalu menjadi rumit, Joker meminta kepada Batman untuk membuka identitasnya di depan publik, jika tidak menurutinya maka akan ada orang yang tewas setiap harinya.

7. The Dark Night Rises (2012)

The Dark Night Rises (2012)

Sebagai film Batman terakhir dari Christopher Nolan, film yang satu ini menjadi penutup sempurna dalam trilogi The Dark Night. Film ketiga ini berlatarkan waktu delapan tahun setelah kejadian di film keduanya.

Kini, situasi Kota Gotham sudah menjadi lebih baik. Namun, masyarakatnya kehilangan akan sosok Batman. Bruce Wayne membuang alter egonya tersebut karena kekasihnya, Rachel, telah meninggal.

Sementara itu, sosok teroris yang berbahaya bernama Bane mulai meneror Kota Gotham. Ia bersama pasukannya berencana menghancurkan kota tempat tinggal Batman tersebut dengan nuklir.

Di tempat lain, seorang perempuan misterius yang dikenal dengan Catwoman muncul di tengah kekacauan. Bruce Wayne kini mesti bangkit kembali menjadi Batman untuk dapat mengalahkan musuh terkuatnya, Bane.

8. Batman V Superman: Dawn of Justice (2016)

Batman V Superman: Dawn of Justice (2016)

Cerita film ini merupakan kelanjutan dari kisah Superman di film Man of Steel pada tahun 2013. Batman V Superman menghadirkan aktor Ben Affleck sebagai sosok Bruce Wayne. Konflik keduanya diawali saat Bruce merasa Superman adalah ancaman berbahaya bagi umat manusia.

Hal itu dirasakan olehnya ketika sebagian warga Gotham menjadi korban akibat pertempuran antara Superman dengan Jenderal Zod. Masalah semakin meruncing ketika Lex Luthor berhasil memprovokasi keduanya untuk saling membunuh.

Ketika mereka saling bertarung satu sama lain, ancaman yang lebih berbahaya kemudian muncul. Luthor berhasil membangkitkan sesosok monster yang lahir dari DNA milik Jenderal Zod. Batman dan Superman yang sadar telah diadu domba kini harus beraliansi untuk mengalahkan monster mengerikan tersebut.

9. Justice League (2017)

Justice League (2017)

Sekelompok pasukan monster Parademons yang dipimpin oleh Steppenwolf menginvasi Bumi dan mengancam keselamatan seluruh umat manusia. Tujuan mereka adalah untuk mencari tiga Mother Boxes yang berada di Planet Bumi.

Setelah mendapatkan benda tersebut, Steppenwolf akan menggunakannya untuk meluluhlantahkan Bumi berserta isinya hingga tidak ada yang tersisa sedikit pun. Selepas kehilangan Superman, Bruce Wayne bersama dengan Diana Prince (Wonder Woman) kemudian mengumpulkan manusia terkuat yang ada di Bumi.

Bruce lalu menemukan Arthur Curry (Aquaman), Barry Allen (The Flash), dan Victor Stone (Cyborg). Sejak saat itu, kelompok superhero yang bernamakan Justice League pun hadir. Mereka pun langsung berhadapan dengan Steppenwolf untuk menyelamatkan Bumi.

Sebagai obat penawar rindu, tidak ada salahnya menonton terlebih dulu urutan film Batman yang sudah dibahas di atas ya. Selamat menonton!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *