bacaterus web banner retina

10 Sutradara Terbaik di Dunia Penghasil Film Berkualitas

Ditulis oleh Sri Sulistiyani - Diperbaharui 9 Februari 2021

Dalam sebuah produksi film, seorang sutradara memiliki peranan yang sangat penting. Sutradara menjadi orang yang memimpin sebuah tim produksi sekaligus bertanggung jawab atas karya film yang dihasilkan, baik dari segi cerita, audio, hingga visual. Ia juga akan turut serta dalam seluruh proses produksi film, mulai dari pra produksi hingga pasca produksi.

Dari sekian banyak sosok sutradara hebat yang berada di balik layar sebuah film, beberapa nama sutradara ini begitu dikenal karena selalu memiliki ide-ide cemerlang yang mereka tuangkan menjadi sebuah karya film yang keren dan berkualitas. Inilah 10 sutradara terbaik dunia yang karya-karyanya wajib kamu tonton.

1. Quentin Tarantino

Quentin Tarantino

* sumber: www.indiewire.com

Quentin Tarantino dikenal dengan karya-karya filmnya yang seringkali bertema non-linear dan penuh unsur satir. Ia memulai karir sutradaranya sejak era 1980-an. Pada tahun 1994, karirnya menanjak setelah menyutradari film Pulp Fiction, film black-comedy yang menjadi salah satu film paling berpengaruh di dunia perfilman modern.

Quentin Tarantino sudah menyutradarai 11 judul film. Film-film Tarantino lainnya yang sukses di pasaran ialah Kill Bill, Django Unchained, dan Once Upon a Time in Hollywood. Tarantino juga sukses meraih 2 Piala Oscar, 2 Golden Globe Awards, dan 2 BAFTA Awards. Pada 2015, ia juga masuk dalam 100 Most Influental People In The World versi Times.

2. James Cameron

James Cameron

* sumber: www.vanityfair.com

James Cameron merupakan sutradara berkebangsaan Kanada yang sudah memulai karir filmnya sejak tahun 1978. Sebagai sutradara, ia telah menyutradarai 17 judul film. Hampir semua filmnya menjadi box office di pasaran. Filmnya yang paling sukses diantaranya adalah Titanic, Avatar dan The Terminator.

James Cameron menjadi salah satu tokoh dalam 100 Most Influental People In The World versi majalah Times di tahun 2010. Namanya juga sudah diabadikan pada Hollywood Walk of Fame. Ia juga sudah memenangkan banyak penghargaan, diantaranya 21 penghargaan di Academy Awards, 5 penghargaan BAFTA Awards, dan 7 penghargaan Golden Globe Awards.

3. Christopher Nolan

Christopher Nolan

* sumber: www.vanityfair.com

Christopher Nolan merupakan sutradara berkebangsaan Inggris yang memulai karirnya sejak tahun 1989. Nolan juga menjadi salah satu sutradara berpenghasilan tertinggi di dunia dan disebut-sebut sebagai salah satu sutradara paling berpengaruh di era abad 21. Namanya juga masuk dalam 100 Most Influental People In The World versi Times 2015.

Film-film Christopher Nolan identik dengan konsep-konsep filosofis serta mengeksplorasi moral manusia, konstruksi waktu, hingga identitas personal manusia. Ia juga dikenal dengan film-filmnya yang memiliki alur cerita mind blowing. Beberapa film Nolan yang sukses di pasaran ialah Memento, Inception, Interstellar, dan trilogi The Dark Knight.

4. Steven Spielberg

Steven Spielberg

* sumber: www.vanityfair.com

Steven Spielberg merupakan sutradara yang berasal dari Ohio, Amerika Serikat. Karirnya sebagai sutradara sudah dimulai sejak tahun 1968. Hingga saat ini, Spielberg telah menyutradarai lebih dari 30 judul film. Film-filmnya meraih 34 penghargaan Academy Awards, 22 penghargaan BAFTA Awards, dan 66 penghargaan Golden Globe Awards.

Steven Spielberg juga mencatatkan Namanya sebagai Best Director di ajang Academy Awards sebanyak 2 kali. Namanya juga tercatat di Hollywood Walk of Fame dan Grauman’s Chinese Theatre. Film-filmnya yang sangat sukses di pasaran diantaranya Saving Private Ryan, Jurassic Park, Jaws, Schindler’s List, dan trilogi Indiana Jones.

5. Martin Scorsese

Martin Scorsese

* sumber: www.highsnobiety.com

Martin Scorsese merupakan sutradara yang berasal dari Amerika dan sering disebut-sebut sebagai salah satu sutradara yang cukup berpengaruh dalam perkembangan perfilman dunia. Karir sutradaranya sudah dimulai sejak tahun 1967 dan hingga kini telah menyutradarai sekitar 25 judul film.

Nama Martin Scorsese masuk ke dalam 100 Most Influential People In The World versi Times di tahun 2007 dan menjadi salah satu dari Greatest Director of All Time versi Total Film Magazine. Scorsese juga meraih penghargaan Best Director pada Academy Awards 2007. Film-filmnya yang sukses di pasaran diantaranya Shutter Island dan The Departed.

6. Alfred Hitchcock

Alfred Hitchcock

* sumber: www.tcm.com

Alfred Hitchcock adalah sutradara yang berasal dari Inggris dan sangat berpengaruh pada perfilman dunia selama enam dekade. Ia telah memulai karirnya sebagai sutradara pada tahun 1939. Hingga sekitar tahun 70-an, Hitchcock telah menyutradarai lebih dari 50 film. Ia juga dikenal dengan film-filmnya yang banyak mengangkat genre thriller.

Sepanjang karirnya, Alfred Hitchcock telah meraih 11 nominasi Oscar, 2 piala Golden Globes, serta 5 Lifetime Achievement Awards. Film-filmnya juga disimpan di Academy Film Archive Hollywood, California. Film-filmnya juga masih sering ditonton hingga saat ini, seperti Psycho, Family Plot, dan The Birds.

7. Akira Kurosawa

Akira Kurosawa

* sumber: www.mirror.co.uk

Akira Kurosawa adalah sutradara yang berasal dari Jepang yang menjadi salah satu sutradara paling berpengaruh di dunia. Ia memulai karir sutradaranya di tahun 1943 dan telah menyutradari tak kurang dari 30 judul film sepanjang 57 tahun karirnya. Pada 1989, ia mendapat Lifetime Achievement dari Academy Awards untuk prestasi sinematiknya.

Akira Kurosawa juga menjadi salah satu dari Five People Who Most Prominently Contributed to The Improvement of Asia in The 20th Century versi CNN dan Asianweek. Beberapa filmnya yang masih mendapatkan banyak apresiasi hingga kini diantaranya Ran, Seven Samurai, dan Tora! Tora! Tora!.

8. David Fincher

David Fincher

* sumber: www.empireonline.com

David Fincher adalah sutradara berkebangsaan Amerika Serikat yang memulai karirnya sebagai sutradara film di tahun 1992. Ia juga dikenal dengan film-filmnya yang seringkali mengandung plot twist tak terduga. Hingga kini, David Fincher telah menyutradarai 10 judul film, dimana film-filmnya seringkali sukses dan menjadi box office.

Sepanjang karirnya, Fincher juga sudah mengantarkan film-filmnya meraih 7 piala Oscar, 6 piala BAFTA Awards, dan 4 piala Golden Globe Awards. Dua filmnya juga masuk dalam daftar 100 Greatest Films of The 21st Century versi BBC. Film-film terbaik Fincher diantaranya Gone Girl, The Social Network, The Curious Case of Benjamin Button, Se7en, dan Fight Club.

9. Ridley Scott

Ridley Scott

* sumber: www.theguardian.com

Ridley Scott merupakan seorang sutradara dari Britania Raya yang sudah memulai karir sutradaranya di tahun 1977. Sepanjang karirnya, Ridley sudah mengantarkan film-filmnya meraih 9 penghargaan Academy Awards, 9 penghargaan BAFTA Awards, dan 5 penghargaan Golden Globe Awards.

Ia juga meraih 3 nominasi sebagai Best Director untuk tiga filmnya di Academy Awards. Sepanjang karirnya, Ridley telah menyutradarai tidak kurang dari 25 judul film. Film-film Ridley Scott yang meraih sukses di pasaran diantaranya adalah Black Hawk Down, Kingdon of Heaven, dan Gladiator.

10. Tim Burton

Tim Burton

* sumber: www.independent.co.uk

Tim Burton adalah sutradara dari Amerika Serikat yang banyak dikenal dengan film-filmnya yang memiliki kesan gothic atau noir. Sepanjang karirnya sebagai sutradara, Tim Burton telah mengantarkan film-filmnya meraih 8 penghargaan Academy Awards, 6 penghargaan BAFTA Awards, serta 4 penghargaan Golden Globe Awards.

Sepanjang karirnya, Tim Burton telah menyutradarai sekitar 19 film. Film-film terbaik dari Tim Burton diantaranya adalah Batman Returns, Alice in Wonderland, Charlie and the Chocolate Factory, dan Batman Returns.

Itulah 10 sutradara terbaik di dunia yang telah menghasilkan banyak karya dan prestasi. Mereka adalah para sutradara yang layak diberikan apresiasi tinggi atas karya-karya mereka. Siapakah diantaranya yang menjadi sutradara favoritmu? Ceritakan di kolom komentar ya!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram