bacaterus web banner retina

10 Serial Barat Terbaru yang Wajib Kalian Tonton di 2024

Ditulis oleh Dhany Wahyudi

Industri perfilman Hollywood adalah kiblat perfilman dunia. Tapi Hollywood tidak hanya memproduksi film saja, melainkan juga serial. Sejak era 1950-an sudah banyak serial yang ditayangkan di berbagai stasiun televisi, seperti NBC, ABC dan CBS.

Format serialnya dibuat per-season, dimana dalam satu season berisi 20-25 episode. Format seperti ini bertahan cukup lama di layar kaca.

Baca Juga: 20 Drama Seri Indonesia Terbaru yang Wajib Ditonton di 2023

Memasuki era 2000-an, dimana televisi kabel mulai banyak penggunanya, mereka pun mulai memproduksi dan menayangkan serial juga. Formatnya cenderung sama hanya saja memiliki jumlah episode yang lebih sedikit dan desain produksinya lebih mendekati konsep sebuah film.

Beberapa channel TV terkenal, seperti HBO, AMC dan Showtime, memiliki banyak serial bagus dalam katalognya.

Dan di era 2010-an, mulailah bermunculan TV streaming yang membuat pelanggannya bebas menonton film dan serial dari ponsel pintar mereka. Netflix dan Amazon Prime Video menjadi pionir dengan menampilkan deretan serial dengan kualitas yang sangat bagus.

Hingga kini, semakin banyak TV streaming bermunculan yang membuat kita memiliki banyak pilihan film dan serial yang hendak ditonton.

Setiap tahunnya banyak serial terbaru yang dirilis. Berikut ini adalah beberapa serial terbaru yang wajib ditonton.

1. Shrinking

Shringking_Poster (Copy)

Jimmy Laird masih berduka atas kematian istrinya dan tidak bisa dekat dengan putrinya. Sebagai seorang psikolog, dia kini ingin lebih terlibat dalam kehidupan pribadi para pasiennya dan menerapkan metode yang tidak biasa. Meski cenderung berhasil, namun hal ini menimbulkan banyak masalah dalam hubungan antar pasien.

Serial drama komedi yang tayang di Apple TV+ ini memiliki ide yang kelam dalam menampilkan masalah kejiwaan para karakternya.

Performa akting Jason Segel dan Harrison Ford yang prima membuat kita betah untuk terus menyimak kisah mereka hingga akhir. Mendapat cap certified fresh dari Rotten Tomatoes, serial ini akan berlanjut ke season 2.

2. Daisy Jones & The Six

Daisy Jones & The Six_Poster (Copy)

Daisy, Billy dan para personil The Six diwawancarai setelah 20 tahun bubarnya band mereka di tahun 1977. Daisy mengawali kisahnya sebagai penyanyi solo yang susah menembus dunia rekaman.

Selaras dengan itu Billy menceritakan perjuangan dia dan bandnya hijrah dari Pittsburgh ke Los Angeles demi mengejar karir musik yang lebih baik.

Takdir mempertemukan Daisy dan The Six dalam sebuah rekaman. Daisy diminta produsernya untuk menyanyikan lagu ciptaan Billy yang kemudian merekamnya secara duet.

Pihak produser dan fans mereka yang terpukau dengan popularitas dan aksi panggung mereka yang enerjik, mendesak The Six menjadikan Daisy sebagai personil inti band.

Namun masalah pribadi, antar personil dan kehidupan bintang rock yang kelam membuat proses rekaman album mereka tertunda cukup lama. Setelah sempat pecah karena masalah ketidakjujuran, The Six kembali bersatu untuk rangkaian tur demi mempromosikan album baru mereka sekaligus yang terakhir.

Miniseri drama dengan latar belakang dunia musik era 1970-an ini tayang di Prime Video. Dibintangi oleh Riley Keough dan Sam Claflin, serial ini menceritakan perjalanan band fiktif dalam mencapai puncak karir bermusik mereka.

Problematika khas anak band kembali dipaparkan dengan olahan cerita yang cukup menarik, terutama karena penampilan prima dan chemistry dua pemeran utamanya.

3. Dear Edward

Dear Edward_Poster (Copy)

Sebuah kecelakaan pesawat terbang hanya menyisakan Edward sebagai satu-satunya penumpang yang selamat. Karena kedua orang tuanya telah tewas, Edward dirawat dalam pengasuhan bibinya, Lacey, yang pernikahannya sedang bermasalah.

Selagi Lacey berusaha menguatkan diri dan Edward untuk menjalani hidup, Dee Dee mencoba menguak misteri dari kecelakaan yang menewaskan suaminya itu. Serial drama yang tayang di Apple TV+ ini merupakan adaptasi novel karya Ann Napolitano.

Kekuatan utama serial ini adalah akting tulus para pemerannya yang meyakinkan yang membuat hati kita tergerak untuk terus mengikuti kisah yang temponya berjalan lumayan lambat ini.

Menghadirkan nuansa melodrama yang kental, mungkin membuat serial ini hanya akan digemari oleh para penonton berhati mellow. Serial ini sangat cocok untuk melembutkan hati kita yang keras dan menumbuhkan sikap empati pada para karakternya.

4. Servant [Season 4]

Servant Season 4_Poster (Copy)

Teror Leanne Grayson kepada keluarga yang mempekerjakannya sebagai pengasuh terus berlanjut di season finale ini. Obsesinya untuk merasakan kasih sayang Dorothy yang dianggapnya sosok ibu baginya semakin kuat dan membuat Dorothy tidak nyaman berada di rumah.

Ketika Sean dan Julian menemukan fakta sebenarnya tentang masalah kejiwaan Leanne dari masa lalu, sang pengasuh pun murka.

Season 4 serial psychological horror ini tampil lebih kelam dengan kesan gothic yang kental daripada season sebelumnya. Dan pengungkapan misteri masa lalu Leanne pada akhirnya berhasil menjelaskan tanda tanya besar yang tersimpan selama ini.

Bersiaplah dengan twist di episode terakhir yang menggambarkan ambiguitas dan penyesalan pada diri Julian terkait kematian Leanne.

5. Swarm

Swarm_Poster (Copy)

Andrea “Dre” Green sangat terobsesi dengan Ni’Jah, seorang penyanyi terkenal. Karena banyak komentar negatif tentang idolanya itu saat perilisan album barunya, Dre menempuh perjalanan ke berbagai kota di Amerika untuk membunuh orang-orang tersebut.

Dia sampai harus mencari pekerjaan sendiri untuk membiayai petualangannya ini yang berhubungan dengan target yang diburu. Serial psychological thriller dengan bumbu komedi satir ini tayang di Prime Video pada 17 Maret 2023 sebanyak 7 episode.

Secara visual, mungkin serial ini tidak akan disukai oleh penonton umum, terutama karena nuansa kelam dan kesadisan adegan pembunuhannya. Tapi performa Dominique Fishback patut mendapat apresiasi tinggi karena berhasil membawakan karakternya dengan baik dan meyakinkan.

6. The Last of Us

The Last of Us_Poster (Copy)

20 tahun setelah bumi dilanda bencana jamur yang bisa mengubah orang menjadi zombie, Joel mendapat tugas mengantar Tess melintasi Amerika untuk mencapai daerah yang aman. Mereka bertemu para penyintas di setiap kota yang disinggahi.

Ada yang baik, ada pula yang jahat. Mereka pun memasuki zona berbahaya demi mencapai tempat tujuan. Serial drama dengan latar belakang pasca kiamat ini merupakan adaptasi video game yang sangat setia dengan sumber aslinya.

Meski begitu ada beberapa perbedaan yang membuat jalan ceritanya semakin menegangkan. Kehadiran Christine Hakim di salah satu episodenya membuat masyarakat Indonesia bangga. Belum selesai terkesima dengan akhir ceritanya, season 2 sudah siap digarap.

7. Poker Face

Poker Face_Poster (Copy)

Charlie Cale hanyalah seorang pelayan di sebuah casino, tapi dia memiliki kemampuan untuk membaca kejujuran seseorang. Diminta bantuannya untuk menipu seorang tamu, Charlie justru berada dalam situasi genting yang mengancam nyawanya.

Dia lalu melarikan diri dari kota ke kota sembari mencoba kehidupan baru dan membongkar perkara misterius dalam perjalanannya. Serial drama kriminal karya Rian Johnson ini memiliki alur cerita yang sebenarnya cenderung biasa.

Di setiap episode, Charlie memecahkan kasus misterius dengan kejeliannya dalam mengamati kebohongan orang lain. Menampilkan performa powerful Natasha Lyonne, serial yang tayang di Peacock ini juga dihadiri oleh para aktor dan aktris ternama sebagai bintang tamunya.

Serial ini mendapat cap certified fresh dari Rotten Tomatoes dengan rating 99% menjadikan Poker Face sebagai salah satu serial terbaik di tahun 2023. Mendapat respon positif dari berbagai kalangan, serial ini ini siap berlanjut ke season 2.

8. Mayfair Witches

Mayfair Witches_Poster (Copy)

Rowan Fielding, seorang dokter bedah syaraf, baru menyadari bahwa dia memiliki kekuatan supranatural yang dianggapnya beban. Dia mencari jawaban atas kondisinya ini kepada keluarga barunya yang penuh misteri.

Rowan tenggelam dalam kehidupan keluarga Mayfair yang terkenal akan ilmu sihirnya. Ternyata dia memiliki peran penting dalam ramalan keluarga tersebut.

Serial drama thriller dengan latar belakang dunia sihir ini merupakan adaptasi dari trilogi novel karya Anne Rice yang menjadi serial adaptasi kedua dari penulis yang sama setelah Interview with the Vampire. Dibintangi Alexandra Daddario yang tampil apik, serial ini tayang di channel AMC.

Meski akan berlanjut ke season berikutnya, serial ini terlalu banyak mengusung hal klise seputar dunia sihir.

9. The Consultant

The Consultant_Poster (Copy)

Kematian CEO perusahaan gaming menghadirkan Regus Patoff, sosok misterius yang mengambil alih kursi tertinggi. Dia sering bertingkah aneh yang membuat para karyawannya kebingungan. Ternyata Regus memiliki saham di perusahaan tersebut.

Beberapa karyawan mulai mencari tahu sosok eksentrik ini. Tidak disangka, Regus menggelar permainan pikiran yang melibatkan keluarga karyawannya.

Semakin Craig mendalami profil Regus, dia malah semakin bingung. Dengan kemisteriusan sosoknya ini, Regus ternyata sukses menyelamatkan perusahaan itu dari keruntuhan dan produk terbarunya laris di pasaran. Saat para karyawan gamang dengan rasa tidak percaya, Regus melirik perusahaan lain untuk dikelola.

The Consultant adalah serial thriller yang tayang di Prime Video. Dibintangi oleh Christoph Waltz, serial ini merupakan adaptasi dari novel karya Bentley Little.

Christoph Waltz mampu menampilkan karakter kharismatik yang intimidatif. Dengan presentasi yang apik, kurang dalamnya penggalian cerita bisa tertutupi dengan twist yang mencengangkan.

10. Hunters [Season 2]

Hunters_Poster (Copy)

Dua tahun setelah misi yang gagal membuat The Hunters pecah, Jonah yang kini tinggal di Paris bersama tunangannya, Clara, mendapat informasi penting tentang keberadaan Adolf Hitler di Argentina.

Dia kemudian berusaha mengumpulkan kembali para anggota The Hunters untuk memulai misi baru menangkap mantan pemimpin Nazi tersebut.

Hunters adalah serial drama konspirasi yang tayang di Prime Video. Dibintangi oleh Al Pacino dan Logan Lerman, serial ini bercerita tentang sejarah alternatif dimana Adolf Hitler masih hidup setelah Perang Dunia II berakhir dan berusaha membuat kekuatan baru di era 1970an.

Tidak disangka, di atas segala ketidakmampuan kreatornya untuk memaksimalkan potensi yang ada, season 2 tampil lebih baik daripada season perdananya. Ceritanya lebih seru dan performa akting para pemerannya lebih kuat dalam membawakan karakter masing-masing.

Walau akhir kisah masih dibuat menggantung, season 2 adalah penutup dari serial yang diproduseri oleh Jordan Peele ini.

Itulah 10 serial terbaru yang sudah tayang di tahun 2023. Beberapa diantaranya memiliki kualitas yang sangat bagus dan sudah memiliki rencana untuk dibuat season selanjutnya. Sedangkan serial lainnya menjadi season finale yang menutup kisahnya dengan apik.

Dari deretan serial ini, ada yang sudah kalian tonton? Kalau belum mulai ditonton sekarang juga, ya! Selamat menyaksikan.

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram