7 Hal Menarik Tentang Bullwhip Indiana Jones, Harganya Mencapai Ratusan Juta!

Ditulis oleh Desi Puji Lestari

Siapa tak mengenal sosok arkeolog legendaris Indiana Jones? Selain Star Wars dia adalah tokoh fiktif paling terkenal karya George Lucas. Petualangan mencari artefak-artefak kuno yang penuh tantangan selalu suguhkan cerita seru dalam setiap filmnya.

Perjalanan hidup Indiana Jones dan fakta-fakta di sekitarnya pun menjadi sesuatu yang menarik untuk dicari tahu. Tidak ketinggalan ‘senjata’ andalannya berupa bullwhip, yang tak kalah melegenda.

Jika kamu tertarik dengan serba-serbi bullwhip Indiana Jones, artikel ini memuat beberapa info seru, mulai dari jenis bullwhip yang dipakai Indy sampai bahan untuk membuat cambuk legendaris itu. Penasaran? Mari simak bersama!

Baca juga: Sinopsis & Review Indiana Jones and the Last Crusade (1989)

1. Asal-usul Bullwhip Jadi ‘Senjata’ Indiana Jones

Asal-usul Bullwhip Jadi ‘Senjata’ Indiana Jones

Hubungan istimewa antara Indiana Jones dan bullwhip yang selalu dibawa kemana pun dimulai saat usianya masih tujuh tahun. Saat itu dia tertarik untuk pertama kalinya terhadap bullwhip setelah menyaksikan pertunjukan aksi di sebuah sirkus keliling.

Dari sanalah perkenalan pertama Indiana Jones dengan bullwhip sebelum akhirnya berkesempatan untuk memegangnya.

Kesempatan pertama yang diperoleh Indiana Jones untuk memegang bullwhip terjadi di atas kereta sirkus milik Dunn & Dufy Combined. Ketika itu tahun 1912, dia melarikan diri dari kejaran Geng Fedora lalu tanpa sengaja terjatuh ke dalam kereta yang tengah memuat singa. Indy lantas melihat cambuk yang dipakai untuk mengendalikan singa lalu mengambilnya.

Dia memakai itu untuk mengusir singa, tetapi karena kurang berpengalaman dalam memegang dan memakainya, cambuk itu malah mengenai bagian bibir bawah Indy. Alhasil hal itu meninggalkan bekas luka permanen di dagunya. Jodohnya dengan cambuk berlanjut setahun kemudian ketika dia menemukannya di dalam makam Tutankhamun.

Baru pada tahun 1922, Indiana Jones akhirnya memiliki bullwhip pribadi. Pada tahun yang sama, dia memutuskan membawa cambuknya tersebut dalam setiap penggalian arkeolog yang dilakukan.

Indy menyadari bahwa alat itu sangat ideal untuk menyelamatkan nyawanya dari situasi berbahaya yang dihadapi, termasuk ketika dia hampir tewas terjatuh dalam jurang.

2. Jenis Bullwhip yang Dipakai Indiana Jones

Jenis Bullwhip yang Dipakai Indiana Jones

Bicara mengenai serba-serbi bullwhip Indiana Jones, tak lengkap tanpa membicarakan pembuatnya, yaitu David Morgan. Dari David Morgan diperoleh informasi bahwa paling tidak ada tiga puluh bullwhip yang dia pasok untuk mendukung karakter Indiana Jones dalam setiap filmnya.

Dia menyediakan aneka ukuran bullwhip, mulai dari yang memiliki panjang 6 kaki hingga 16 kaki. Cambuk yang paling sering dipakai untuk kebutuhan film adalah cambuk berukuran 8 sampai 10 kaki.

Harrison Ford sebagai pemeran Indiana Jones lebih banyak membawa whip berukuran 10 kaki, tetapi juga menggunakan ukuran 8 kaki untuk beberapa aksinya. Jenis bullwhip yang digunakan Indy terbuat dari kip hide dan kulit kanguru.

Desain bullwhip Indiana Jones sendiri adalah tipikal cambuk gaya Amerika klasik yang berat dan bergagang pendek. Selama bertahun-tahun, desain bullwhip milik Indy mengalami perubahan dan perbaikan. Perbedaan paling mencolok dari cambuk lama dan baru ada pada panjang gagangnya.

3. Kenapa Indiana Jones Selalu Membawa Bullwhip?

Kenapa Indiana Jones Selalu Membawa Bullwhip

Hubungan Indiana Jones dengan bullwhip seperti sahabat karib. Seja menyadari bahwa cambuk bisa menyelamatkan nyawanya, Indy tak pernah meninggalkan bullwhip miliknya.

Tentu saja itu bermakna bahwa alat tersebut memang sangat berharga untuknya. Bagi Indiana Jones, bullwhip bukan sekadar alat untuk melawan hewan atau muduh, tetapi untuk membantunya dalam hal-hal tak terduga.

Cambuk miliknya sangat serbaguna karena dia juga bisa diandalkan sebagai alat untuk bergelantungan di sebuah tebing, untuk menyebrangi jurang dan membantunya menarik tuas dari kejauhan. Jadi alasan mengapa Indiana Jones selalu membawa bullwhip cukup jelas, karena alat itu sangat berguna dan berharga.

4. Bagaimana Cara Indiana Jones Memakai Bullwhip-nya?

Bagaimana Cara Indiana Jones Memakai Bullwhip-nya

Jika kamu merupakan penggemar setia film-film Indiana Jones, sedikit banyak pasti hafal dengan caranya memakai bullwhip dan alat-alat lain yang dia bawa. Di dalam film yang dia mainkan, Indy membawa cambuk dan tas di pinggul bagian kiri dan pada bahu kanannya terdapat tali pengikat.

Indiana Jones selalu menyimpan pistol di pinggul sebelah kanan, sehingga memudahkannya menembak orang dengan cepat. Saat memakai bullwhip dia menarik alat itu dari pinggul kiri menggunakan tangan kanannya, sehingga secara cepat cambuk bisa digunakan.

5. Kapan Saja Indiana Jones Memakai Bullwhip-nya?

Kapan Saja Indiana Jones Memakai Bullwhip-nya

Indy atau Indiana Jones memakai bullwhip-nya dalam banyak kesempatan. Dia pernah memakainya untuk melawan Gustav von Trappen dan melucuti senjata milik pengawalnya. Pada tahun 1916, Indiana Jones menggunakan whip Mexico di rumah Demetrios setelah pencuri tersebut mendapati Indy membobol lemari artefak arkeologi miliknya.

Secara bersamaan Indy kembali menemukan bullwhip dan menggunakan alat itu untuk menangkis serangan pencuri tersebut. Selama Perang Dunia I, Indiana Jones juga menggunakan cambuk untuk melakukan misinya di London, Lhasa, Kairo dan Bombay. Menariknya di kesempatan itu dia tidak menggunakan cambuk sebagai senjata, melainkan alat untuk memanjat.

6. Terbuat dari Apa Bullwhip Milik Indiana Jones?

Terbuat Dari Apa Bullwhip Milik Indiana Jones

Saking seringnya Indiana Jones membawa bullwhip, rasa penasaran terhadap alat itu cukup besar, terutama untuk para penggemarnya. Kamu mungkin penasaran mengenai bahan yang dipakai untuk membuat cambuk sang arkeolog tersebut. Lalu terbuat dari apa sebenarnya bullwhip milik Indiana Jones?

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram