bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Zodiac, Kasus Pembunuhan yang Tak Terpecahkan

Zodiac merupakan film thriller misteri yang digarap oleh David Fincher sebagai sutradara dan James Vanderbilt yang bertindak sebagai penulis naskah. Jalan cerita film ini sendiri didasarkan pada buku non-fiksi berjudul Zodiac dan Zodiac Unmasked karya Robert Graysmith yang terbit pada tahun 1986 serta 2002.

Aktor Robert Downey Jr. bermain dalam film ini sebagai seorang wartawan kriminal bernama Paul Avery. Lalu, ada Jake Gyllenhaal yang menjadi Robert Graysmith, seorang komikus di sebuah surat kabar, Mark Ruffalo sebagai detektif Dave Toschi, serta Anthony Edwards sebagai detektif Bill Armstrong yang merupakan rekan kerja Toschi.

Baca juga: Sinopsis & Review Chimera, Misteri Pembunuhan Berantai

Sinopsis

Zodiac__

Pada bulan Juli tahun 1969 di Vallejo, California, seorang pria misterius menyerang sepasang kekasih, Darlene Ferrin dan Mike Mageau, yang sedang berpacaran di dalam mobil. Darlene terbunuh dalam serangan tersebut sedangkan Mike mampu bertahan hidup dari kematian.

Berselang satu bulan kemudian, surat kabar San Francisco Chronicle menerima sebuah surat yang ditulis oleh seorang pembunuh berantai yang menamakan dirinya sebagai “Zodiac”.

Surat tersebut berisikan pesan berkode yang harus dipecahkan. Jika kode itu tidak bisa diurai dan dipublikasikan ke dalam koran mereka, maka Zodiac akan melakukan pembunuhan kepada orang-orang secara acak.

Wartawan kriminal, Paul Avery, dan kartunis, Robert Graysmith, kemudian mengikuti rapat bersama dengan tim redaksi untuk membahas permasalahan tersebut. Pesan berkode dari Zodiac lalu diterbitkan dalam San Francisco Chronicle dan berita tentang sang pembunuh berantai pun dirilis.

Beberapa waktu kemudian, pesan berkode berhasil dipecahkan oleh suami istri yang membaca koran San Francisco Chronicle. Akan tetapi, Zodiac tetap melakukan aksi pembunuhan dengan menikam sepasang kekasih, Bryan Hartnell dan Cecelia Shepard, di sebuah danau di Napa County.

Graysmith mencoba untuk berbagi informasi tentang kasus Zodiac kepada Avery. Namun, Avery tidak mempedulikannya dan kembali menulis berita tentang sang pembunuh berantai tersebut. Dua minggu kemudian, aksi pembunuhan kembali terjadi dan kali ini korbannya adalah seorang sopir taksi yang bernama Paul Stine.

Inspektur detektif San Francisco, Dave Toschi dan rekannya, Bill Armstong, ditugaskan untuk menyelidiki kasus pembunuhan berantai Zodiac. Keduanya lalu bekerjasama dengan polisi dari Vallejo, Jack Mulanax, dan Ken Narlow dari Napa Country.

Pada tahun 1971, setelah melakukan berbagai macam penyelidikan dan menemukan beberapa bukti, Toschi, Armstrong, serta Mulanax melakukan wawancara dengan Arthur Leigh Allen, seorang pekerja pabrik yang diduga terlibat dalam kasus pembunuhan di Vallejo.

Di sisi lain, Avery sering menerima surat misterius yang mengancam keselamatan hidupnya. Kasus Zodiac pada akhirnya masih belum terselesaikan dan membuatnya menjadi ketakutan hingga putus asa. Di tahun 1978, Avery kehilangan pekerjaannya di San Francisco Chronicle dan ia kini menjadi seorang pemabuk serta pecandu narkoba.

Graysmith masih tetap menyelidiki kasus Zodiac. Ia berusaha mendekati Toschi untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat.

Toschi pun terkesan dengan pengetahuan Graysmith yang benar-benar mendalami kasus pembunuhan berantai tersebut. Namun, Toschi tidak bisa memberikan akses kepadanya untuk masuk ke dalam kepolisian.

Ia lalu menyuruh Graysmith untuk menemui Mulanax di Vallejo agar bisa melakukan investigasi di tempat pertama kali pembunuhan itu terjadi. Graysmith lalu masuk ke dalam ruangan arsip di kepolisian Vallejo dan ia langsung mencari bukti-bukti terkait kasus Zodiac.

Graysmith selanjutnya semakin terobsesi dengan kasus Zodiac yang masih belum terungkap. Namun, ia mulai mendapatkan panggilan telepon misterius yang mengancam dirinya.

Kesibukannya dalam menyelidiki Zodiac kemudian membuat kehidupan pribadinya berantakan. Istrinya, Melanie, meninggalkannya dan ia pun sudah tidak bekerja lagi di San Francisco Chronicle.

Intensitas Ketegangan yang Naik Turun

Zodiac_Intensitas Ketegangan Naik Turun_

Satu jam pertama dalam film ini berjalan sangat seru dan mendebarkan. Sepanjang waktu tersebut, Zodiac terasa menjanjikan sebagai film pembunuhan berantai yang benar-benar mencekam.

Intensitas dimulai dengan surat berkode rahasia yang harus dipecahkan. Lalu alur ceritanya langsung menegangkan karena jumlah korban pembunuhan bertambah banyak dari minggu ke minggu.

Bukan hanya itu, aksi investigasi yang dilakukan oleh Avery (Robert Downey Jr.), Graysmith (Jake Gyllenhaal), Toschi (Mark Ruffalo), dan Armstrong (Anthony Edwards) berjalan sangat memikat perhatian. Lewat pekerjaannya masing-masing, mereka bertindak dengan cara yang tidak ceroboh dan nampak berhati-hati.

Tetapi, Toschi dan Armstrong tentunya dua langkah lebih maju dalam proses penyelidikan. Keduanya adalah seorang detektif yang bekerja dengan sangat baik.

Di sisi lain, Avery menggunakan keahliannya sebagai wartawan kriminal dengan melakukan peliputan secara mendalam, sedangkan Graysmith lebih mengandalkan wawasannya yang pintar dan banyak mencari informasi dari buku-buku kriminal.

Meskipun begitu, intensitas kemudian mulai menurun ketika para karakter perlahan-lahan mulai menyerah dengan kasus Zodiac. Kurangnya bukti yang benar-benar akurat untuk menghukum seorang tersangka membuat mereka akhirnya menjadi frustasi.

Namun, di sekitar 45 menit terakhir, film ini kembali jadi menegangkan lagi karena Graysmith masih berkomitmen untuk mengungkap sang pelaku sebenarnya.

Para Karakter Jatuh Dalam Rasa Frustasi

Zodiac_Para Karakter Jatuh Dalam Rasa Frustasi_

Zodiac memiliki durasi tayang sekitar dua jam setengah dan sebagian besar diisi oleh adegan-adegan investigasi, pembicaraan antar karakter, serta momen pembunuhan lebih intens ditampilkan pada satu jam pertama.

Film Ini berjalan cukup detail karena banyak menyuguhkan momen-momen yang hidup seperti interogasi tersangka, mewawancarai saksi, hingga penyelidikan di departemen kepolisian.

Selain itu, proses editing yang dilakukan oleh Angus Wall terhadap film ini terlihat cukup memadai. Meskipun durasinya sangat panjang, tetapi jalan ceritanya berjalan lumayan padat, dinamis, dan mampu memberikan rasa ketegangan secara baik.

Lalu, visual sinematografi yang dikerjakan oleh Harris Savides membuat Zodiac terasa cemerlang lewat sudut pandang kamera yang apik dan jernih.

Sedangkan untuk para pemerannya, Mark Ruffalo, Anthony Edwards, Jake Gyllenhaal, dan Robert Downey Jr. bermain luar biasa. Mereka memerankan karakter dengan latar belakang masing-masing yang berbeda. Semuanya berkembang dengan baik dalam menangani kasus lewat cara mereka sendiri.

Karakter Bill Armstrong tidak menyesali bahwa ia menyerah dalam penanganan kasus Zodiac. Ia terus bergerak maju untuk melanjutkan hidupnya.

Dave Toschi sedikit lebih “menderita” karena tidak dapat menerima fakta bahwa dirinya gagal melakukan pekerjaannya untuk menyelesaikan kasus pembunuhan tersebut. Namun, Paul Avery jauh lebih parah.

Ia tidak mampu menghadapi tekanan, stres, serta frustrasi dalam kasus Zodiac. Paul mengalami kondisi mental yang kacau hingga akhirnya harus kecanduan alkohol dan narkoba.

Robert Graysmith membiarkan obsesinya terhadap Zodiac menghancurkan kehidupan rumah tangganya. Meski ia mampu menemukan identitas asli dari sang pelaku pembunuh berantai, namun ia harus mengorbankan pekerjaan, istri, dan anak-anaknya.

Film Ikonik dan Populer

Zodiac_Film Ikonik dan Populer_

Secara keseluruhan, Zodiac menjadi film berdasarkan kisah nyata tentang pembunuhan berantai yang bisa memacu adrenalin dan sangat memikat perhatian untuk ditonton. Ceritanya berjalan dinamis dan menegangkan. Para karakternya pun bermain menawan, otentik, juga berkembang sangat baik sepanjang film.

Film ini memang memiliki durasi yang terbilang sangat lama, namun kita tidak akan pernah merasa bosan untuk mengikut jalan ceritanya. Intensitas ketegangan yang disuguhkan mampu membuat perasaan kita naik turun.

Momen-momen mendebarkan dari sang pelaku pembunuhan dan juga aksi investigasi dari para karakter tidak pernah membuat kita kecewa untuk melihatnya. Pendekatan realistis dan emosional dari para pemainnya membuat Zodiac semakin mengesankan.

Pada akhirnya, Zodiac adalah film misteri thriller yang sangat ikonik dan populer hingga sekarang. Film ini juga harus diakui menjadi salah satu film pembunuhan berantai yang terbaik dan selalu menjadi pilihan rekomendasi yang tepat untuk ditonton kembali.

Zodiac
Rating: 
4/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram