bacaterus web banner retina

Sinopsis dan Review Drama Your Highness The Class Monitor

Ditulis oleh Suci Maharani R - Diperbaharui 1 September 2021

Menjadi ketua kelas dan harus menghadapi sekumpulan anak-anak nakal tentu bukanlah hal yang mudah. Hal ini harus dirasakan oleh Fair Xing yang harus menguatkan diri untuk bisa membawa kelasnya menjadi kelas terbaik. Belum lagi gangguan dari Niu Jun Feng si anak kaya yang awalnya bertentangan dengannya justru meluluhkan hatinya.

Your Highness: The Class Monitor bisa kamu saksikan secara gratis di YouTube Tencent Video ini memiliki total 36 episode didalamnya. Drama ini mendapatkan penilaian 7.7 dalam My Drama list dan cukup mendapatkan review kurang memuaskan.

Dari pada penasaran, kali ini kita akan mengenai Your Highness: The Class Monitor lebih detail. Kamu bisa membaca informasi lengkapnya di bawah ini ya!

Sinopsis

Sinopsis
  • Tanggal Penayangan: 30 Mei 2019 – 27 Juni 2019
  • Genre: Drama, Comedy, Romance
  • Jumlah Episode: 36 Episode
  • Pemeran: Niu Jun Feng, Xing Fei, Liu Yu Hang, Yang Xin Yin, Li Yi Ling, Wang Yi Zhou
  • Sutradara: Chen Yan Ming
  • Penulis: Tian Qing, Sun Hao Yang
  • Produksi: Tencent Penguin Pictures, New Power

Xu Nian Nian dengan terpaksa harus menerima kenyataan bahwa dirinya gagal untuk bisa masuk ke universitas besar dan ternama. Pada akhirnya Su Nian Nian harus rela untuk bisa bersekolah di salah satu universitas teknik di kota kecil. Bahkan hal yang lebih menyebalkan lagi adalah ia harus satu kelas dengan orang yang menyebabkannya gagal masuk universitas favoritnya.

Xu Nian Nian harus menjadi ketua kelas dan mengarahkan sekumpulan anak-anak nakal, plus si anak kaya arogan Gu Zi Chen. Hal ini membuat Zu Nian Nian makin berprasangka bahwa anak-anak ini bukanlah orang yang bisa diharapkan. Tapi disisi lain ia juga harus berjuang demi bisa pindah ke universitas yang lebih baik.

Xu Nian Nian mencari berbagai macam cara untuk bisa bekerjasama dengan semua anak di kelasnya. Tapi musuh terbesarnya adalah Gu Zi Chen yang sangat dulit di atur, belum lagi si ketua geng Zhao Ming Yuan yang terus merendahkannya. Kehidupan Xu Nian Nian makin sulit, apalagi perlawanan Gu Zi Chen sangalah sengit.

Hal ini membuat Nian Nian makin penasaran dengan Gu Zi Chen begitu sebaliknya, hingga keduanya berakhir dengan saling jatuh cinta. Sayangnya hubungan keduanya tidaklah berjalan dengan mulus, apalagi ketika sahabatnya sendiri He Mei ternyata berusaha mencuri pacarnya. Su Nian Nian mengalami banyak kesulitan mulai dari akademik hingga percintaan, tapi ia tidak menyerah begitu saja.

Hal ini membuat teman-teman sekelas Nian Nian secara perlahan mulai terinspirasi dan mengikuti jejaknya untuk belajar dengan giat. Tekanan lainnya datang ketika ibu Gu Zi Chen juga tidak merestui hubungan anaknya. Gu Zi Chen yang merasa dilema, benar-benar sangat tertekan dan tidak berdaya karena pengaruh orang tuanya.

Pasalnya ia mengetahui bahwa kematian ibu Su Nian Nian ternyata ada hubungannya dengan ayahnya. Gu Zi Chen berpikir bahwa Nian Nian mungkin saja adalah adik tidak sah-nya dari sang ayah. Bahkan ibu Zi Chen juga mengira bahwa Nian Nian adalah anak haram dari suaminya. Gu Zi Chen sempat menjauhi Nian Nian dan bersandiwara berpacaran dengan wanita lain yaitu He Mei.

Melihat kedekatan Gu Zi Chen dan He Mei, Nian Nian menjadi sangat terpukul dan sedih. Para sahabat Nian Nian pun tidak tinggal diam, mereka berusaha menghibur dan menjauhkan Nian Nian dari Zi Cheng dan He Mei. Namun satu persatu tabir mulai terbuka, ia mulai mengetahui bahwa pikirannya mengenai Nian Nian salah.

He Mei yang tidak terima dengan kenyataan bahwa dirinya di campakkan oleh Zi Chen membuat rencana jahat. Ia membuat skenario pura-pura menculik Nian Nian yang mengakibatkan Zi Chen dan He Mei terluka dan hilang ingatan. Nian Nian bersama seluruh temannya berusaha mengebalikan ingatan Zi Chen dengan berbagai macam cara hingga keduanya bisa kembali bersama.

Ceritanya Kurang Berkembang

Ceritanya Kurang Berkembang

Memiliki harapan lebih tentu bukan hal yang salah, dalam hal ini saya pun memiliki harapan akan drama Your Highness The Class Monitor. Berharap akan ada kejutan atau kisah romantis khas drama cina, sepertinya tidak berlebihan. Sayangnya harapan saya justru tidak terkabul sama sekali, karena setelah menonton drama ini saya merasa cukup kecewa.

Bagi saya drama cina selalu bisa membuat drama dengan kisah cinta yang klise dan monoton menjadi lebih menyenangkan untuk disaksikan. Seperti Well Intended Love (2019), kisah cinta ala cinderella ini terasa lebih menyenangkan dengan jalan cerita dan karakter utamanya yang sangat menghibur. Sayangnya di drama ini saya merasa Niu Jun Feng dan Xing Fei gagal membuat karakternya jadi lebih menghibur.

Jujur saja saya merasa bahwa Niu Jun Feng dan Xing Fei memiliki permasalahan yang sama di drama ini. Pengembangan karakter yang kurang, sehingga keduanya tidak bisa lebih menonjol dibanding yang lainnya. Keduanya seperti memiliki lintasan karakter yang sama, mereka terlihat kuat dan lemah diwaktu yang bersamaan.

Gu Zi Cheng sebenarnya adalah casanova yang bisa membuat banyak wanita jatuh hati padanya. Hanya saja karakternya justru makin terlihat lemah hingga akhir drama. Sementara Su Nian Nian sempat menunjukkan pergulatan karakter dari si lemah menjadi kuat. Sayangnya hal ini tidak bertahan lama, sehingga mereka justru kurang memberikan kesan di drama ini.

Ditambah dengan jalan cerita yang monoton, setiap plot twist yang ada seakan hanya bumbu-bumbu drama saja. Plot twist-nya kurang membuat kita merasa terkejut dan memberikan kesan baru dalam drama ini. Plotnya sangat-sangat tidak bisa diharapkan, untungnya para pemain drama ini memiliki kualitas akting yang baik.  

Kualitas Akting yang Baik

Kualitas Akting yang Baik

Bagaimanapun saya memang sangat tidak puas dengan jalan cerita dari drama Your Highness The Class Monitor ini. Tapi bukan berarti drama ini sangat buruk, karena ada beberapa aspek yang saya sukai dalam drama ini. Dimana drama ini tidak hanya menyoroti kisah Su Nian Nian dan Gu Zi Cheng saja, tapi ada aspek persahabatan erat di dalamnya.

Cerita mengenai tumbuhnya persahabatan yang erat antara Su Nian Nian dengan seluruh teman sekelasnya sangatlah bagus. Meski cerita seperti ini sudah sering kita lihat, tapi drama yang memperlihatkan duality seseorang memang unik. Dalam hal ini kita bisa melihat bagaimana ketua geng Zhao Ming Yuan bisa berdiri untuk membela Su Nian Nia.

Dua orang yang awalnya saling bertentangan dan begitu ingin menjatuhkan Su Nian Nian justru berakhir menjadi support system. Orang-orang ini menunjukkan bahwa siapa dirinya dan dengan siapa ia bergaul, ia tidak akan melupakan kebaikan seseorang. Hal ini cukup membekas di hati dan benak saya, perubahan dari geng anak-anak nakal menjadi back up untuk ketua kelasnya.

Meski begitu saya sangat menyayangkan bahwa drama ini sepertinya tidak memiliki kesan estetik. Pasalnya saya biasanya menonton drama cina yang penuh dengan cara pengambilan gambar yang indah. Tapi di drama ini saya merasa sangat kurang, terutama dalam cara pengambilan gambarnya. Tidak ada sinematografi yang indah dan memorable dalam drama ini, padahal momennya banyak.

Jika saja sinematografinya lebih baik lagi, mungkin drama ini akan memberikan rasa ketertarikan yang lebih. Untungnya drama ini memiliki rasa relatable yang lumayan, jadi masih terasa nyata dan dekat dengan kehidupan sehari-hari.

Unexpected Chemistry Antara Niu Jun Feng dan Xing Fei

Unexpected Chemistry Antara Niu Jun Feng dan Xing Fei

Melihat Niu Jun Feng dan Xing Fei dalam drama Your Highness The Class Monitor tentu membuat saya memiliki ekspektasi tersendiri. Pasalnya keduanya memang cukup sukses memberikan kesan pada penonton lewat drama-drama terpopulernya. Tapi saya cukup merasa puas setelah menonton drama ini, karena yang tidak terlalu jauh dari ekspektasi saya.

Meski harus dikatakan bahwa Your Highness The Class Monitor ini memiliki jalan cerita yang sangat membosankan. Tapi hal yang cukup membuat saya puas adalah terbangunnya kemistri yang sangat baik antara Niu Jun Feng dan Xing Fei. Berkat kemistri keduanya, saya makin bisa melepaskan karakter mereka di drama sebelumnya.

Saya merasakan bahwa keduanya dengan tulus dan baik bisa membuat orang merasakan hubungan keduanya yang rumit. Ada rasa canggung di awal, tapi semakin lama kemistri keduanya terbangun dengan baik meski tidak banyak skinship diantara mereka. Tapi rasanya saya bisa mengerti bahwa hubungan mereka bukanlah hubungan yang manis.

Saya senang karena untuk sesaat bisa mengalihkan pikiran saya mengenai kedua pemeran utamanya. Dimana Niu Jun Feng dikenal sebagai Yu Ban Shan dalam drama super hit Cina yaitu Love O2O (2016). Di sisi lain, Xing Fei mendapatkan banyak popularitas lewat perannya sebagai Si Tu Mo dalam drama Put Your Head on My Shoulder (2019).

Niu Jun Feng: Sulit Melepaskan Dirinya dari Love O2O

Niu Jun Feng: Sulit Melepaskan Dirinya Dari Love O2O

Jujur saya ketertarikan awal saya menonton drama ini karena ingin melihat Niu Jun Feng dalam posternya. Saya penasaran apakah dalam drama ini akan membuat saya tertawa seperti saya melihat Niu Jun Feng dalam drama Love O2O (2016). Tapi saya justru mendapatkan Niu Jun Feng berperan sebagai pria dengan karakter casanova dan agak arogan.

Selama saya menonton drama ini, saya mengakui bahwa akting dari Niu Jun Feng sangat baik. Saya bisa melihat kerja keras Niu Jun Feng untuk membuat penonton mengenalnya sebagai Gu Zi Chen. Sejak awal hingga akhir saya melihat karakter anak orang kaya yang urakan dan seenaknya. Jujur saja untuk 10 episode pertama saya masih kesulitan untuk bisa merasakan dia bukanlah Yu Ban Shan.

Karena karakter Yu Ban Shan benar-benar melekat dan sulit untuk saya lupakan saat melihat Niu Jun Feng. Namun di paruh kedua hingga akhir episodenya sedikit-sedikit bisa merasakan bahwa ia adalah Gu Zi Chen. Karakter ini muncul ketika Gu Zi Chen sedang dalam keadaan tertekan antara memilih ibunya atau Su Nian Nian.

Saya merasa “wah… dia benar-benar berbeda”, jujur saja saya cukup terhanyut di paruh kedua ceritanya. Karena saya merasa semua karakter dalam drama ini mulai berkembang dan menunjukkan karakter mereka masing-masing. Niu Jun Feng juga berhasil membuat kita merasakan frustasinya ketika ditekan oleh ibu sendiri dan rasa bersalahnya pada wanita yang dicintainya.

Meski saya terpukau dengan sisi lain dari Niu Jun Feng dalam drama ini, tetap saja karakternya tidak bisa mengalahkan Yu Ban Shan. Saya memang sempat teralihkan pada sisi maskulin Gu Zi Chen, tapi Yu Ban Shan yang jenaka sulit dikalahkan. Jujur saja Yu Ban Shan adalah karakter yang sudah melekat dengan Niu Jun Feng dan sulit untuk dihilangkan.

Your Highness The Class Monitor mungkin bukan drama terbaik, tapi drama ini cukup enjoyable untuk di tonton. Drama ini terkesan sangat santai, jadi kamu bisa menikmati drama ini sebagai tontonan pelepas penat.

Your Highness The Class Monitor
Rating: 
3/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram