bacaterus web banner retina

Review & Sinopsis Wild Wild West, Film Termahal Tahun 1999

Ditulis oleh Yanyan Andryan - Diperbaharui 21 September 2021

Film Wild Wild West diadaptasi dari sebuah serial televisi tahun 1960-an dengan judul yang sama karya Michael Garrison. Film ini dibintangi oleh aktor Will Smith sebagai Kapten Angkatan Darat AS bernama Jim T. West, dan Kevin Kline sebagai Marsekal AS, Artemus Gordon. Keduanya bekerjasama untuk melindungi Presiden Amerika, Ulysses S. Grant, dari segala macam ancaman berbahaya.

Wild Wild West menjadi film termahal di tahun 1999 karena anggaran produksinya mencapai 170 juta dollar. Namun, film ini tidak mendapatkan pendapatan yang memuaskan, di Amerika Serikat sendiri, Wild Wild West hanya meraih pemasukan 113, 8 juta dollar, dan di luar negeri meraup 108, 3 juta dollar. Film ini juga mempunyai ulasan yang beragam, dari para penonton, dan kritikus, baik secara positif maupun negatif.

Sinopsis

Review & Sinopsis Wild Wild West, Film Termahal Tahun 1999 1Sumber: forbes.com
  • Tahun Rilis: 1999
  • Genre: Western action comedy
  • Rumah Produksi: Peters Entertainment dan Sonnenfeld-Josephson Worldwide Entertainment
  • Sutradara: Barry Sonnenfeld
  • Pemeran Utama: Will Smith, Kevin Kline, Kenneth Branagh, dan Salma Hayek

Berlatar belakang di tahun 1869, Presiden Amerika Serikat, Ulysses S. Grant, memberikan misi kepada Kapten Angkatan Darat AS, James T. West, dan Marsekal AS, Artemus Gordon, untuk menemukan para ilmuwan Amerika yang telah menghilang secara misterius. Sang presiden juga mengatakan kepada keduanya jika mantan Jenderal Militer Konfederasi "Bloodbath" McGrath berbelot menjadi pengkhianat.

West dan Gordon lalu mulai melakukan investigasi, dan menemukan kepala seorang ilmuwan bernama Thaddeus Morton yang terpenggal. Dari hasil penemuannya itu, mereka kemudian bergegas menuju kediaman Dr. Arliss Loveless, mantan perwira Konfederasi.

Di tempat tersebut, West dan Gordon menyelamatkan seorang wanita bernama Rita Escobar, yang kebetulan juga ayahnya, Guillermo Escobar, adalah salah satu ilmuwan yang menghilang. Karena West dan Gordon berhasil menyusup, Loveless marah lalu menembak McGrath dengan senjata miliknya.

West, Gordon dan Rita melihat McGrath masih sekarat, lalu mengetahui jika dia ternyata dijebak oleh Loveless atas peristiwa pembantaian New Liberty. Ketiganya kemudian mengejar Loveless menggunakan kereta The Wanderer. Ketika berhasil menemukan keberadaan Loveless, ketiganya jatuh pingsan karena kecerobohan Rita yang melepaskan gas tidur di dalam kereta.

Loveless akhirnya menculik Rita, dan mengumumkan bahwa ia akan menangkap President Grant Juga. Ia kemudian menyimpan jebakan maut di dalam kereta The Wanderer, namun West dan Gordon bisa menyelamatkan diri menuju kompleks industri rahasia milik Loveless di Spider Canyon. Keduanya lalu menyaksikan jika Loveless mempunyai senjata mekanis berbentuk laba-laba yang dipersenjatai dengan meriam nitrogliserin.

Dr. Arliss Loveless selanjutnya berhasil menangkap President Grant, serta Gordon. Di lain sisi, West dinyatakan “mati” karena telah tertembak oleh senjata laba-laba milik Loveless tersebut. Ia lalu mengumumkan rencananya untuk membubarkan wilayah Amerika Serikat, namun Grant dengan tegas menolak niat jahatnya itu.

Sementara itu, West ternyata masih hidup dan berusaha menyelamatkan Gordon serta Presiden Grant. Akan tetapi, Loveless berhasil kabur dengan tetap membawa Grant Bersamanya. Gordon diselamatkan oleh West, dan mencoba membebaskan para tahanan lainnya. Selanjutnya, keduanya kini mempunyai semacam mesin terbang bernama "Air Gordon" untuk mengejar Loveless dan membebaskan Grant.

Komedi Klasik Bercampur Fiksi Ilmiah

Review & Sinopsis Wild Wild West, Film Termahal Tahun 1999 3Sumber: ew.com

Film Wild Wild West pada dasarnya menyajikan sebuah genre action dengan balutan komedi yang cukup kentara. Namun di sisi lain juga, film ini memberikan pendekatan fiksi ilmiah yang cukup imajinatif, mengingat filmnya sendiri berlatar di era 1869, dan perkembangan teknologi belum terlalu mutakhir pada waktu tersebut.

Film ini nampaknya bersusah payah untuk memaksakan kebenaran ilmiah di sepanjang jalan ceritanya, dan sedikit mengabaikan logika sains yang lebih masuk akal sesuai dengan latar waktu filmnya sendiri. Karena Wild Wild West menampikan elemen fiksi ilmiah dan unsur komedi, maka penulis film ini, dan sutradaranya beranggapan apapun bisa terjadi, meskipun mengabaikan fakta yang sebenarnya, serta akal sehat.

Barry Sonnenfeld, selaku sutradaranya, seperti bermain “aman” dalam menggarap Wild Wild West, dan ia nampaknya tidak terlalu memperdulikan hal-hal yang bersifat fakta ilmiah di film ciptaannya ini. Padahal, dengan anggaran yang cukup tinggi dalam pembuatan filmnya ini, ia beserta tim, dan rumah produksi, yang menggarap film ini, bisa lebih serius dalam pendekatan ilmiah tersebut.

Karena hal tersebut kurang digali secara maksimal, maka Wild Wild West ujung-ujungnya hanya menjadi sebuah film action comedy saja dengan tambahan elemen fiksi ilmiah sebagai bumbu ceritanya. Untuk unsur komedi, film ini memanglah cukup mumpuni, tapi tidak terlalu baik dalam mengeksekusi beberapa pendekatan sains seperti teknologi senjata laba-laba yang dimiliki oleh Loveless, hingga sepeda terbang milik Artemus Gordon.

Para Pemain Tampil Lumayan Baik

Review & Sinopsis Wild Wild West, Film Termahal Tahun 1999 5

Wild Wild West adalah film beranggaran besar dengan menampilan visual efek yang cukup baik, serta juga menghadirkan nama-nama terkenal Hollywood di era 90an mulai dari Will Smith, Kevin Kline, Kenneth Branagh, Salma Hayek dan Ted Levine. Lewat apa yang disajikannya, film ini memang terlihat mencolok dan mengundang daya tarik untuk ditonton. Tapi, jalan ceritanya sendiri cenderung biasa saja, dan mudah untuk dilupakan.

Dari segi karakter, Will Smith sebagai Jim West tampil baik menjadi protagonist utamanya. Film ini sendiri berlatar tak lama setelah peristiwa Civil War di Amerika Serikat, dan Smith, yang merupakan seorang aktor berkulit hitam, berperan bagaikan pahlawan dengan berusaha menyelamatkan Presiden Grant di film Wild Wild West ini.

Sementara itu, Kevin Kline sebagai Artemus Gordon, menjadi duet kocak yang tak jarang menimbulkan gelak tawa saat keduanya bertemu dalam satu adegan. Lewat peran yang ia mainkan tersebut, Kline mampu memberikan penampilan lucu di sepanjang jalan ceritanya. Ia cukup baik berduet dengan Smith, yang terkadang juga sering melontarkan dialog-dialog jenaka, hingga menampilkan gimmick yang jenaka.

Selain berperan sebagai Gordon, Kline di film ini mendapatkan peran ganda dengan memainkan sosok President Ulysses S. Grant. Berbeda dengan karakter Gordon yang jenaka, pendekatannya terhadap Grant jauh lebih serius, dan lumayan berwibawa. Tapi yang pasti, Kline mampu cukup baik dalam memerankan dua karakter berbeda tersebut di film Wild Wild West ini.

Lalu, aktor Inggris Kenneth Branagh sedikit terlalu berlebihan sebagai Dr. Arliss Loveless. Namun, ia tetap tampil solid, dan menambah plot cerita semakin menarik untuk diikuti. Di lain sisi, aktris Salma Hayek, yang menjadi Rita Escobar, tampil seperti pemanis cerita dengan terlalu banyak menampilkan tubuhnya yang seksi.

Hanya Film yang Menyenangkan Saja

Review & Sinopsis Wild Wild West, Film Termahal Tahun 1999 7Sumber: forbes.com

Film ini mempunyai plot yang sederhana, dimana Dr. Loveless ingin menguasai Amerika Serikat dengan menculik Presiden Grant, lalu ada duet militer Gorden dan West, yang berusaha menyelamatkan sang presiden, serta mencoba menghentikan niat jahat dari Loveless. Selanjutnya, akhir film ini mudah ditebak akan berujung seperti apa. Wild Wild West adalah sebuah film action comedy yang tidak bakalan menghadirkan ending tragis.

Karena film ini memiliki plot yang sederhana, hal itu pun berdampak pada kekosongan emosional di dalam keseluruhan jalan ceritanya. Dalam Wild Wild West Dr. Loveless adalah dalang dibalik terbunuhnya seluruh keluarga Jim West, namun situasi tersebut tidak ditampilkan mendalam kepada Loveless, dan West. Kita yang menontonnya seakan tidak benar-benar diajak untuk memahami peristiwa naas yang menimpa West.

West sepertinya tidak pernah diperlihatkan memiliki dendam atau amarah yang tinggi kepada Loveless. Mereka digambarkan hanya saling tidak menyukai satu sama lain, dan berakhir lewat adegan serta dialog yang jenaka. Film ini sepertinya sengaja tidak mengeksplorasi hal itu, dan tidak terlalu intim dalam memberikan pendekatan terhadap latar belakang West serta Loveless.

Dengan segala kekurangan dan kelebihan film ini, Wild Wild West bisa dibilang hanya menjadi sebuah tontonan yang menyenangkan serta menghibur. Terlepas dari pendekatan ilmiah yang terlalu imajinatif, toh, pada dasarnya film ini hanyalah sebuah tontonan action comedy, maka pantas untuk dinikmati tanpa harus memikirkan hal-hal rumit, hingga tidak masuk akal yang berada di dalam jalan ceritanya.

Wild Wild West
Rating: 
2.5/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram