bacaterus web banner retina

Review dan Sinopsis Serial Marvel WandaVision (2021)

Ditulis oleh Sri Sulistiyani - Diperbaharui 9 Agustus 2021

Karakter Wanda Maximoff atau Scarlet Witch dan Vision telah dikenal sebagai anggota Avengers. Keduanya juga diceritakan saling jatuh cinta dan akhirnya menjadi sepasang kekasih. Namun dalam film terakhir Avengers, keduanya harus terpisahkan saat Vision tewas terbunuh oleh Thanos yang mengingingkan infinity stone yang ada di kepala Vision.

Setelah kehilangan Wanda akan Vision di film terakhir Avengers, kisah keduanya pun berlanjut pada serial WandaVision. Berikut review dan sinopsis dari WandaVision, sebuah serial tentang dua Avengers yang mencoba menjalani kehidupan normal di realitas mereka.

Sinopsis

Sinopsis
  • Tahun rilis: 2021
  • Genre: Sitcom, Action, Superhero
  • Produksi: Marvel Studios / Disney Platform Distribution
  • Sutradara: Matt Shakman
  • Pemeran: Elizabeth Olsen, Paul Bettany, Debra Jo Rupp

WandaVision merupakan serial dari Marvel Studios yang tayang di platform streaming Disney. Serial ini terdiri dari satu musim dengan total Sembilan episode. Seperti judulnya, serial ini mengisahkan tentang dua orang karakter Avengers, Wanda Maximoff atau Scarlet Witch dan Vision. Setting waktu serial ini mengambil waktu pasca peristiwa yang terjadi dalam film Avengers: Endgame.

Serial ini juga mengangkat konsep komedi situasi atau sitcom di beberapa episode awalnya. Serial ini dimulai dengan cerita berkonsep sitcom hitam putih ala tahun 50an. Dikisahkan Wanda dan Vision adalah seorang pengantin baru yang pindah ke rumah mereka di Westview. Mereka pun menjalani kehidupan pernikahan mereka seperti layaknya orang normal.

Wanda dan Vision juga memiliki tetangga yang selalu membantu mereka, Agnes. Sementara Wanda mengurus rumah, Vision bekerja sebagai karyawan kantoran. Wanda kemudian hamil dan melahirkan dalam waktu singkat. Anak kembar mereka dinamakan Tommy dan Billy. Setelah kehamilan dan kelahiran anak-anaknya, konsep sitcom berubah menjadi tema sitcom 70an.

Rupanya semua kehidupan tersebut adalah sebuah peristiwa yang terjadi di realitas alternatif yang dibuat oleh Wanda yang disebut The Hex. Di dunia nyata, para ahli yang tergabung dalam agen S.W.O.R.D meneliti mengenai The Hex tersebut. The Hex yang diciptakan Wanda terus membesar dan membuat semua orang yang terjebak di dalamnya berubah peran menjadi tetangga Wanda.

Orang-orang yang berada dalam the Hex tak bisa mengendalikan tubuh dan pikirannya. Mereka terjebak untuk berpura-pura menjadi warga Westview. Wanda menyembunyikan hal tersebut dari Vision agar Vision tetap menduga bahwa semua kehidupannya adalah kehidupan yang normal. Namun Vision yang curiga akhirnya mencari tahu sendiri hingga ke ujung Westiview.

Vision mencoba untuk meminta bantuan pada agen S.W.O.R.D yang berjaga di luar The Hex untuk menolong orang-orang di Westview. Namun Vision tak bisa keluar dari The Hex karena tubuhnya seketika hancur. Saat mengetahui Vision dalam bahaya, Wanda segera memperluas jangkauan The Hex hingga membuat para agen S.W.O.R.D ikut terjebak di Westview.

Semua teka-teki tersebut akhirnya terungkap saat tetangga Wanda, Agnes, menunjukkan sosoknya yang sebenarnya. Ia adalah Agatha Harkness, seorang penyihir jahat yang selama ini turut mengatur Wanda agar tetap berada di Westview. Agatha Harkness kemudian mengungkap bahwa apa yang dilakukan Wanda adalah sebuah chaos magic.

Agatha Harkness juga mengungkap bahwa nama Scarlet Witch telah tertulis dalam buku penyihir sejak lama. Wanda pun mengungkap semuanya bahwa Westview tercipta atas kemarahannya pada dunia saat ia kehilangan Vision dan semua keluarganya. Kemarahan tersebut juga yang kemudian menciptakan Vision dalam bentuk baru yang hidup sebagai suaminya di Westview.

Wanda kemudian berusaha untuk mengendalikan kekuatannya dan mengalahkan Agatha Harkness. Ia juga kemudian mengendalikan kekuatan tersebut untuk menghancurkan The Hex dan membebaskan orang-orang yang terjebak di sana. Namun saat The Hex hancur, Wanda pun harus rela kehilangan Vision dan dua anak kembarnya yang turut hancur.

Konsep yang Unik dari Sebuah Film Superhero

Konsep yang Unik dari Sebuah Film Superhero

Serial WandaVision menyajikan konsep yang unik dan cukup berbeda dengan film-film superhero lainnya, terutama pada episode-episode awal. Gabungan konsep komedi situasi atau sitcom yang disajikan di awal serial ini memperlihatkan nuansa yang sangat berbeda dan baru dari film-film superhero Marvel sebelumnya.

Konsep sitcom yang ditampilkan juga tampak begitu mirip dengan sitcom aslinya. Visual sitcom dibuat dengan konsep dari hitam putih hingga berwarna lengkap dengan efek suara tawa penonton yang khas dan komedi-komedinya. Bahkan, tak terlihat bahwa serial ini adalah kelanjutan dari film Avengers yang diproduksi Marvel.

Konsep sitcom yang diperlihatkan pada episode awal serial WandaVision juga tak hanya sekedar hiburan belaka, melainkan juga menyiratkan makna yang mendalam. Pada episode akhir, terungkap bahwa tayangan sitcom tersebut diciptakan oleh Wanda untuk menutupi kesedihannya dan imajinasi masa kecilnya akan kehidupan manusia normal yang penuh tawa.

Mengungkap Sisi Lain Seorang Superhero

Mengungkap Sisi Lain Seorang Superhero

Sosok pahlawan super atau superhero selalu identik dengan kesan hebat, gagah, tangguh, kuat, dan kesan-kesan heroik lainnya. Namun pada serial WandaVision, kita akan melihat sisi lain dari seorang superhero pada diri Wanda. Wanda yang diceritakan memiliki kekuatan besar nyatanya tak sanggup menahan kesedihannya saat ia harus kehilangan semua orang-orang yang disayanginya.

Bahkan, kesedihan Wanda tersebut lah yang menjadi tema besar semua peristiwa yang terjadi pada serial WandaVision ini. Sosok Wanda sebagai superhero dalam serial ini tak digambarkan sempurna, namun hal tersebutlah yang justru membuat kisah superhero dalam serial ini berbeda dan semakim menarik untuk diikuti.

Menjadi Serial Pembuka Marvel Cinematic Universe Fase

Menjadi Serial Pembuka Marvel Cinematic Universe Fase

Serial WandaVision juga menjadi serial pembuka menuju rangkaian film-film lain di Marvel Cinematic Universe fase 4. Sebelumnya, film Avengers: Endgame sukses menutup rangkaian Marvel Cinematic Universe Fase 3 dengan kisah yang epik sekalgus juga mengharukan dari pertarungan para superhero melawan Thanos.

Sebagai serial pembuka, serial WandaVision juga sukses menarik perhatian para fans Marvel dengan rangkaian alur ceritanya. Film ini juga menyisipkan banyak easter eggs atau pesan-pesan tersembunyi yang menjadi bocoran atau pengantar film-film Marvel lainnya. Tak hanya easter eggs, serial WandaVision juga memperkenalkan beberapa karakter baru Marvel.

Serial ini memperkenalkan karakter Monica Rambeau, seorang agen S.W.O.R.D yang mendapat kekuatan super setelah berulang kali menembus The Hex. Selain Monica Rambeau, serial ini juga memperkenalkan sosok Tommy dan Billy. Pada komik Marvel, anak kembar Wanda dan Vision ini akan menjadi anggota Avengers Junior, Speed dan Wican.

Karakter-karakter baru ini tampaknya akan kembali mendapat peran dalam film-film Marvel selanjutnya yang tentunya patut dinantikan. Jadi, jangan lewatkan serial WandaVision untuk memasuki rangkaian Marvel Cinematic Universe Fase 4, terutama bagi kamu para fans Marvel.

Apakah kamu sudah menamatkan serial WandaVision ini? Apa hal favorit yang paling berkesan untukmu dari kisah Wanda dan Vision ini? Ceritakan di kolom komentar ya!

WandaVision
8 / 10 Bacaterus.com
Rating

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram