bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Vikings S6, Akhir Kisah Putra Ragnar

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 23 September 2021

Sepeninggalnya Ragnar Lothbrok di musim ke empat, serial ini sempat ditinggalkan para penontonnya. Sebagian besar beranggapan, karakter lain yang masih hidup tidak akan mampu membangun cerita. Faktanya? Jalan cerita bukan hanya semakin seru melainkan juga penuh haru.

Pasalnya, pada Vikings Season 6, pertempuran yang disuguhkan adalah antara anak-anak Ragnar dari Lagertha dan Aslaug. Daripada semakin penasaran, Anda bisa membaca sinopsis dan ulasannya terlebih dahulu sebelum mulai menonton. Sudah siap menerima bocoran Vikings musim terakhir? Kalau begitu lanjutkan membaca ulasan berikut ini yuk!

Sinopsis

Sinopsis & Review Vikings S6, Akhir Kisah Putra Ragnar 1Sumber: primevideo.com
  • Tanggal/Tahun Penayangan: 4 Desember 2019 – 30 Desember 2020
  • Genre: Historical Drama, Fantasi
  • Jumlah Episode: 20
  • Pemain: Katheryn Winnick, Alexander Ludwig, Alex Høgh Andersen, Marco Ilsø, Jordan Patrick Smith
  • Sutradara: Steve Saint Leger, David Frazee, Katheryn Winnick, Daniel Grou, Helen Shaver, Paddy Breathnach
  • Produksi: TM Productions, Take 5 Productions

Kisah Ragnar Lothbrok (Travis Fimmel), seorang petani biasa dari bangsa Nordik yang punya mimpi berlayar hingga ke luar Skandinavia harus berakhir di Vikings musim ke empat. Beberapa tokoh lainnya juga tidak tewas dibunuh atau hilang dan tidak terlihat lagi, seperti Floki (Gustaf Skarsgảrd) sang pembuat kapal yang pertama kali memberi Ragnar The Conqueror untuk berlayar ke Inggris  dan Rollo (Clive Standen).

Mereka yang tersisa dan melanjutkan perjuangan adalah empat bersaudara, yaitu Bjorn Ironside (Alexander Ludwig), Ivar the Boneless (Alex Høgh Andersen), Ubbe (Jordan Patrick Smith) dan Hvitserk (Marco Ilsø). Tiga di antaranya adalah anak dari Ragnar dan Aslaug dan satu lagi merupakan putra Ragnar dan Lagertha. Walau bersaudara, anak-anak Ragnar kerap bertarung hingga memecahkan perang saudara.

Musim ke enam episode satu dimulai dengan Ivar dan Vigrid (Martin Maloney), pengawalnya, melakukan perjalalan di Jalur Sutra. Saat keduanya memasuki Kievan Rus’, mereka ditangkap oleh orang-orang yang setia terhadap Oleg the Prophet (Danila Kozlovsky). Nahas, Vigrid harus tewas setelah disiksa dan mayatnya dipotong-potong, sementara Ivar selamat.

Oleg memberi sebuah tawaran kerjasama kepada Ivar agar dia mau bergabung merebut kembali tanah leluhur masyarakat Rus’ di Skandinavia. Sementara itu, di Kattegat, Bjorn melarang White Hair dan pengikut Ivar yang tersisa. Tak lama utusan yang dikirimnya tiba dan memberi tahu Bjorn bahwa Raja Olaf (Steven Berkoff) telah menduduki kerajaan Raja Harald (Peter Franzén) lantas menahannya.

King Olaf yang sudah menyelamatkan nyawa Bjorn sebanyak dua kali meminta bantuan untuk merebut kembali kebebasan dan tanahnya. Namun, Bjorn justru memutuskan untuk pergi membantu Harald. Hal ini bertentangan dengan nasihat ibunya, Lagertha (Katheryn Winnick). Cerita berlanjut ketika Kjetil (Adam Copeland) kembali ke Kattegat guna mencari pemukim baru untuk membangun Islandia.

Sinopsis & Review Vikings S6, Akhir Kisah Putra Ragnar 3Sumber: variety.com

Mengetahui hal tersebut Ubbe merasa tertarik kemudian mengikutinya. Ini karena Kjetill mengklaim bahwa salah satu pemukim baru yang dia miliki adalah Othere (Ray Stevenson) yang terkenal. Kjetill juga mengatakan bahwa Floki telah menghilang dan hal tersebut membuat kecurigaan pada Bjorn meningkat.

Bjorn lalu meminta Kjetill bergabung dengan rombongan perangnya. Sementara itu di Kievan Rus’, Oleg dan Ivar pergi ke Novgorod untuk bertemu saudara laki-laki Oleg bernama Askold (Blake Kubena) dan menjemput keponakan Oleg bernama Igor (Oran Glynn O’Donovan), sang pewaris kerajaan.

Dengan sifat serakahnya, Oleg meracuni Askold. Di sisi lain, Ivar menjalin hubungan dengan Igor. Akibat ulahnya, Oleg diburu oleh Dir (Lenn Kudrjawizki), saudara laki-lakinya yang lain. Namun, bermodal kekuatan profetik yang dia miliki, Oleg berhasil lepas.

Setelah kembali ke Kyiv bersama Igor dan Ivar, Oleg menyerang, memenjarakan dan membunuh Dir. Hal ini membuat Igor terlihat senang sementara Ivar merasa terganggu. Di Kattegat sendiri, Bjorn tengah menghadapi rayuan dari pelayan Gunnhild bernama Ingrid. Ketika dia pergi guna menyelamatkan Harald, dia memerintah Ubbe sebagai komando. Bagaimana kelanjutan musim terakhir dari serial Vikings ini?

Terbagi Menjadi Dua Bagian

Sinopsis & Review Vikings S6, Akhir Kisah Putra Ragnar 5Sumber: gamespot.com

Sebagai informasi, Vikings Season 6, yang merupakan musim terakhir dari serial Vikings, terbagi menjadi dua bagian. Bagian pertama mulai tayang pada 4 Desember 2019 hingga 5 Februari 2020. Bagian dua, ia tayang hampir satu tahun setelahnya, yaitu pada 30 Desember 2020. Dua bagian dari musim enam ini juga masing-masing disiarkan di dua saluran berbeda, yakni History dan Prime Video.

Bagian satu dari musim ke enam dari serial Vikings ini bercerita tentang petualangan Ivar the Boneless yang terpaksa harus bergabung dengan Oleg. Pada bagian ini, Anda juga akan melihat upaya Bjorn menyelamatkan Raja Harald. Bjorn akhirnya menjadi King Kattegat. Sayang nasibnya belum diketahui pasca ditikam oleh Ivar di akhir bagian satu ini.

Pada bagian satu musim ke enam, Anda akan melihat banyak pertumpahan darah antara anak-anak Ragnar. Setelah Ivar menusuk Bjorn, giliran sang ibu, Lagertha yang dihabisi oleh Hvitserk bersama para sekutunya. Akhir bagian pertama yang tragis membuat cerita di bagian dua akan lebih seru. Siapa pemenang dari pertempuran ini hanya bisa Anda temukan jawabannya saat menonton Vikings Season 6 secara langsung.

Baca juga: Film tentang Viking bagi Penggemar Mitologi dan Perang

Kematian Beberapa Tokoh Penting

Sinopsis & Review Vikings S6, Akhir Kisah Putra Ragnar 7Sumber: express.co.uk

Jika Anda sangat mengidolakan salah satu karakter sepanjang lima musim lalu, bersiap saja untuk kecewa di musim terakhir ini. Pasalnya, siapa tahu jagoan Anda tersebut menjadi salah satu yang tewas dalam pertempuran. Musim terakhir ini, suka tidak suka, diwarnai oleh kematian beberapa karakter yang cukup penting. Selayaknya musim terakhir, Vikings Season 6 sangat emosional.

Kematian karakter dalam sebuah serial, memang kerap mematahkan hati. Terutama karena karakter tersebut biasanya dikenal sebagai sosok protagonis yang berani berjuang dan menyerahkan nyawanya untuk kemenangan dan kebaikan. Siapa yang bisa sampai terbawa perasaan ketika menonton sebuah serial karena karakter jagoannya tewas?

Tetap Seru Sepeninggalnya Ragnar

Sinopsis & Review Vikings S6, Akhir Kisah Putra Ragnar 9

Tokoh utama dalam sebuah film atau serial memang menjadi daya tarik terkuat yang membuat penonton tetap setia mengikuti ceritanya. Ketika tokoh tersebut mati, tidak sedikit yang ikut pergi. Hal ini terjadi juga pada serial Vikings. Semenjak Ragnar ditiadakan di musim ke empat, tidak sedikit yang kecewa dan tidak lagi mengikuti ceritanya.

Mereka beranggapan bahwa karakter-karakter yang masih tersisa, tidak memiliki kemampuan apalagi kekuatan untuk membangun cerita. Tidak terkecuali karakter anak-anak Ragnar yang saling bertempur dan membuat jalan cerita jadi sama serunya. Di musim terakhir ini, siapa karakter paling kuat di Vikings akan diketahui.

Persaudaraan yang Memancing Emosi

Sinopsis & Review Vikings S6, Akhir Kisah Putra Ragnar 11Sumber: monstersandcritics.com

Hubungan persaudaraan antara anak-anak Ragnar menjadi titik paling emosional selama Vikings Season 6 berlangsung. Bagaimana mereka saling menyerang dan akhirnya saling melindungi akan membuat Anda terbawa perasaan. Seperti ketika Ivar meminta Hvitserk untuk meninggalkan pertempuran dan menyelamatkan diri. Sejuru kemudian, Anda akan ikut terharu ketika melihat Hvitserk menggendong Ivar yang sekarat.

Serial mengenai pertempuran dan perebutan kekuasaan tidak selamanya dibuat dengan alur cerita yang dingin tanpa belas kasih. Di antaranya pasti ada sesuatu yang menghangatkan hati. Terbukti melalui serial Vikings musim terakhir ini; kematian, rasa peduli pada persaudaraan, serta kerinduan terhadap kedamaian adalah akhirnya.

Vikings Season 6 melengkapi musim-musim sebelumnya hingga cerita yang dibuat berdasarkan sejarah ini selesai dengan baik. Dibuat dari tahun 2013, serial karya Michael Hirst ini akhirnya selesai pada 2020 lalu. Perjalanan panjang untuk menciptakan sebuah serial yang menakjubkan pun berakhir. Bagaimana? Apakah sudah siap menjadi saksi akhir perjalanan para keturunan Ragnar?

Vikings Season 6
Rating: 
3.7/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram